SEO WordPress: 20+ Cara dan Trik Optimasi Terbaiknya

SEO WordPress

Search Engine Optimization (SEO) merupakan serangkaian teknik optimasi website dengan tujuan memperoleh trafik dan ranking di mesin pencari. Salah satu praktik umum yang digunakan oleh praktisi adalah optimasi SEO WordPress.

WordPress sendiri merupakan sistem manajemen konten (CMS) populer untuk membuat website dan blog.

Ketika membuat website di WordPress, maka melakukan optimasi SEO adalah hal yang wajib dilakukan untuk mendongkrak ranking website di mesin pencari.

Untungnya, ada banyak trik yang bisa kamu terapkan di artikel ini, Sob. Caranya juga tidak rumit. Mari pelajari hal-hal dasarnya agar bisa langsung mengaplikasikan pada website milikmu.

Cara Optimasi SEO WordPress

Secara ringkas, SEO adalah strategi yang digunakan pemilik website untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak dengan meraih ranking tinggi pada mesin pencarian.

WordPress sebenarnya sudah teroptimasi SEO secara default. Jadi, bisa dibilang sudah SEO friendly.

Meski begitu, kamu sebaiknya menerapkan lebih banyak optimasi jika ingin memaksimalkan upaya SEO website milikmu.

Langsung saja, berikut beberapa cara optimasi SEO WordPress:

1. Mengecek Pengaturan WordPress Visibility

cek search engine visibility

Sedikit info buat kamu yang baru belajar SEO WordPress, CMS ini memiliki opsi built-in untuk menyembunyikan website kamu dari mesin pencari.

Tujuannya untuk memberikan waktu menyelesaikan pengerjaan website hingga siap untuk dipublikasikan. Namun, terkadang opsi tersebut bisa terpilih secara tidak sengaja, sehingga web kamu tidak muncul pada hasil pencarian.

Maka dari itu, pastikan untuk mengecek pengaturannya dulu. Caranya sebagai berikut:

  • Login ke admin area pada WordPress kamu
  • Masuk ke menu Settings, lalu pilih Reading
  • Gulir halaman ke bawah sampai menemukan bagian Search Engine Visibility
  • Pastikan bahwa tidak terdapat tanda centang pada kotak di sebelah keterangan “Discourage search engines from indexing this site”
  • Klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan
update struktur internal link

Permalink adalah URL permanen yang mengarah ke postingan atau halaman tertentu pada website milikmu. Link ini menyatakan dengan jelas mengenai postingan atau halaman yang dituju.

Selain itu, permalink juga memiliki fungsi untuk meningkatkan SEO. Pasalnya, mesin pencari akan membaca permalink untuk menentukan apakah website kamu sesuai dengan pencarian tertentu.

Contoh permalink yang SEO friendly: 

https://www.jagoanhosting.com/blog/proposal-pembuatan-website/

  • Kamu bisa mengubah permalink melalui langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke Settings atau Pengaturan
  • Pilih Permalinks
  • Kemudian pilih opsi Post Name
  • Klik Save Changes

3. Mengatur Sertifikat SSL

Cara mengoptimalkan SEO di WordPress selanjutnya adalah menggunakan koneksi HTTPS yang aman. Pasalnya, keamanan termasuk faktor ranking yang akan membuat website kamu muncul pada halaman awal Google.

Terlebih lagi, web yang tidak menggunakan HTTPS akan muncul sebagai halaman yang “Tidak Aman” pada browser.

Cara mengamankan koneksi website kamu adalah dengan mengenkripsikan dengan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Login dan masuk ke panel admin dari penyedia layanan hosting yang kamu pakai
  • Cari pengaturan Security atau SSL certificate.
  • Pilih dan instal sertifikat

4. Pasang Plugin SEO

Plugin dapat menambahkan fitur ekstra sehingga meningkatkan fungsionalitas dari website kamu. Lagipula, penggunaannya mudah, bahkan untuk pemula dalam SEO WordPress.

Cek Konten Lainnya:
Tips dan Trik Mempercepat Wordpress Website Toko Online

Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan dari plugin antara lain optimasi judul dan konten, serta implementasi tag dan kategori.

Contoh plugin SEO yang paling umum digunakan, yaitu Yoast SEO, Rank Math, dan All in One SEO.

5. Gunakan Hosting yang Berkualitas

Mengutip laman Blog Semrush, hosting mempengaruhi banyak hal terkait SEO, terutama kecepatan situs, uptime, dan keamanan.

Oleh karena itu, kamu perlu cermat dalam memilih penyedia layanan hosting. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih penyedia hosting:

  • Uptime tinggi: downtime dapat terjadi pada hosting mana pun. Meski begitu, penting untuk memilih hosting dengan jaminan uptime. Pasalnya, web yang sering tidak bisa diakses akan berdampak buruk bagi bisnis.
  • SSL: fitur sertifikat SSL merupakan hal yang wajib kamu perhatikan saat memilih hosting. Fitur ini memungkinkan enkripsi HTTPS aman pada website kamu.
  • Mendukung WordPress: hosting harus kompatibel dengan website WordPress. Dengan demikian, kamu bisa melakukan pengaturan dengan lebih mudah, termasuk optimasi SEO.
  • Dukungan teknis: adanya dukungan teknis yang responsif dari penyedia hosting akan sangat membantu apabila terjadi gangguan atau kendala tertentu.
hosting yang SEO Friendly

Nah, kamu bisa mendapatkan layanan hosting dengan semua kriteria tersebut dari Jagoan Hosting yang menyediakan berbagai layanan Hosting seperti.

Bukan itu saja, layanan dari Jagoan Hosting juga sudah teroptimasi WordPress dan mendukung plugin premium untuk performa SEO di WordPress. 

6. Gunakan Sitemaps XML

Sitemap XML adalah suatu file berisi kode pada server web kamu yang mencakup daftar setiap halaman dari website. Penggunaan XML membantu mesin pencari untuk menemukan, mengevaluasi, dan meranking konten pada website milikmu.

WordPress telah membuat sitemap secara otomatis. Untuk menemukannya, kunjungi link ini:

https://www.namawebkamu.com/wp-sitemap.xml

Cara lain untuk mendapatkan sitemap XML dengan menambahkan plugin seperti Google XML Sitemaps. Atau kamu juga bisa membuatnya secara manual jika memiliki kemampuan coding yang memadai.

7. Submit Situs ke Google Search Console

Google Search Console memungkinkan kamu untuk mengecek bagaimana konten milikmu terlihat oleh mesin pencari.

Dengan melakukan submit situs ke tool Google ini, kamu bisa memantau progress SEO website milikmu. Pemantauan sebaiknya dilakukan secara berkala disertai upaya peningkatan optimasi.

Pertama-tama, kamu perlu menambahkan website ke Google Search Console. Setelah itu, pilih opsi Sitemap pada menu, lalu tempelkan bagian terakhir dari sitemap URL website kamu. Terakhir, klik tombol Submit.

8. Optimasi Konten untuk SEO

Melansir dari WPBeginner, pemula sering kali membuat kesalahan karena berpikir SEO website sudah beres dengan menginstal dan melakukan aktivasi plugin WordPress SEO.

Pemikiran tersebut keliru, ya, Sob. Pasalnya, SEO merupakan proses yang berkelanjutan, sehingga kamu perlu terus menerapkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Nah, salah satu cara meningkatkan SEO WordPress adalah dengan menerapkan on-page SEO. Dengan kata lain, kamu perlu membuat konten yang teroptimasi SEO.

Caranya banyak, mulai dari optimasi judul dan meta deskripsi, riset keyword, hingga konten yang berkualitas. Mari kita bahas satu per satu.

9. Optimasi Judul dan Meta Deskripsi

optimasi meta title dan deskripsi

Mengoptimasi judul dan deskripsi dapat membantu website kamu untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Biasanya, plugin SEO sudah dilengkapi dengan fitur SEO title, meta description, dan keyword utama. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk meningkatkan ranking web.

Selain itu, pastikan kamu membuat judul yang menarik dan eye catching. Usahakan meletakkan target keyword pada bagian awal judul.

Kemudian supaya lebih menarik, kamu juga bisa menggunakan kata-kata persuasive, seperti terbaik atau terbaru. Judul dengan tambahan angka juga dapat terkesan lebih unik.

Setelah judul selesai, buatlah meta deskripsi yang unik.

Meskipun tidak termasuk faktor ranking, meta deskripsi berpengaruh pada CTR (click-through rate). Sehingga meta deskripsi yang bagus dapat membuat lebih banyak orang mengklik link website kamu dalam hasil pencarian.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Local SEO? Ini Manfaat & Strategi Mengoptimalkannya!

10. Riset Keyword

Keyword atau kata kunci adalah frasa yang dimasukkan pengguna internet pada mesin pencari. Jadi, kamu perlu menggunakan keyword yang tepat supaya audiens dapat menemukan konten website milikmu.

Penggunaan keyword yang tepat juga dapat mendatangkan traffic yang lebih tinggi pada website. Untuk menemukan keyword, kamu bisa menggunakan tool riset keyword, seperti Semrush, Ahrefs, Keywordtool.io, dan banyak lagi.

Riset keyword termasuk keterampilan yang perlu kamu asah. Jadi, cobalah menggunakan tool tersebut sambil terus belajar bagaimana cara memilih keyword.

Menambahkan link internal termasuk trik SEO WordPress yang ampuh.

Melansir dari laman Blog Semrush, salah satu cara utama mesin pencari menentukan otoritas situs adalah melalui jumlah internal link ke halaman, postingan, ataupun konten lain dari web.

Internal link juga dapat meningkatkan pageviews dan lama pengguna internet mengunjungi website milikmu.

12. Buat Konten yang Bagus

Secara umum, konten yang berkualitas memang merupakan kebutuhan penting dalam SEO. Jadi, tidak terbatas pada website berbasis WordPress saja.

Lantas, seperti apa konten yang bagus? Apakah tidak cukup dengan mencantumkan keyword saja?

Ya, tidak cukup, Sob. Untuk membuat konten yang bagus ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Memahami search intent. Artinya mengetahui apa yang pengguna internet cari menggunakan keyword tertentu. Kamu bisa memulainya dengan menganalisa SERP dari target keyword.
  • Setelah menganalisis SERP, kamu dapat menentukan jenis konten yang sesuai dengan keyword tersebut dan memahami topik terkait
  • Selanjutnya, coba analisis konten milik kompetitor untuk mencari inspirasi dan menyajikan konten sejenis dengan cara berbeda
  • Pastikan konten menyediakan informasi yang terpercaya

13. Gunakan Kategori dan Tag

Kategori dan tag membantu untuk mengelompokkan halaman dan konten website kamu.

Penggunaan kategori dan tag memungkinkan mesin pencari untuk memahami struktur dan konten dari website milikmu. Alhasil, meningkatkan SEO WordPress.

Selain itu, kategori dan tag juga memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang mereka inginkan.

14. Optimasi Gambar

Gambar termasuk faktor yang penting untuk meningkatkan SEO. Untungnya, WordPress memungkinkan pengguna untuk melakukan optimasi gambar. Caranya yaitu dengan menggunakan Image-Alt-Text.

Image-Alt-Text berisi deskripsi tentang suatu gambar. Nantinya, mesin pencari akan membaca Image-Alt-Text untuk menentukan apakah gambar pada web kamu memiliki informasi terkait pencarian.

Untuk meningkatkan SEO, sebaiknya kamu menggunakan Image-Alt-Text yang bersifat deskriptif.

Selain menambahkan Alt Text, kamu juga dapat mengoptimasi gambar dengan mengatur ukurannya. Apalagi, gambar berukuran besar sudah umum menjadi penyebab suatu web lama memuat.

Jadi, kamu bisa memasukkan gambar yang telah melalui kompresi untuk mengurangi ukuran file. Opsi lainnya adalah dengan menambahkan plugin untuk mengoptimasi gambar.

15. Optimasi Komentar

Komentar dapat menjadi indikasi mengenai engagement pengunjung dengan website milikmu. Makin tinggi tingkat engagement, maka artinya makin banyak link ke website, sehingga traffic lebih tinggi dan SEO meningkat.

Namun, kamu perlu memastikan bahwa komentar hanya berasal dari orang-orang nyata. Dengan kata lain, bukan spam. Pasalnya, spam bisa menurunkan SEO dan ranking website pada hasil pencarian.

Sebagai solusi, kamu bisa menginstal plugin untuk memblokir komentar spam, seperti Anti Spam, All in One WordPress Security & Firewall, dan Spam Protection.

16. Gunakan Tema yang SEO-Friendly

Kecepatan muat halaman berpengaruh penting pada performa suatu website, sehingga berpengaruh juga terhadap SEO. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih tema WordPress yang ringan dan loading cepat.

Opsi lainnya adalah menggunakan tema WordPress yang telah teroptimasi SEO.

Berikut tips untuk memilih tema yang loading cepat:

  • Cari situs demo tema, biasanya terdapat pada website resminya.
  • Salin lalu tempelkan URL ke Google PageSpeed Insight. Kemudian jalankan tool tersebut untuk mengetes kecepatan tema.

Sebagai tambahan, tema yang ringan akan menampilkan hasil Google PageSpeed Insight dengan skor 90 atau lebih tinggi.

17. Gunakan Header dengan Benar

Mesin pencari seperti Google melakukan pengecekan pada tag header. Sehingga kamu bisa memanfaatkan header dalam optimasi SEO WordPress.

Cek Konten Lainnya:
10+ Plugin Chat Whatsapp Wordpress Buat Web Bisnismu

Header memiliki banyak fungsi sebagai bagian dari halaman, meliputi:

  • Menciptakan hirarki yang jelas dari isi atau konten halaman
  • Memberitahukan tentang isi halaman
  • Memisahkan teks sehingga lebih mudah dibaca

Sama halnya seperti internal link, menyisipkan external link dapat meningkatkan otoritas. Bedanya, kamu memberikan otoritas tersebut ke halaman web lain, bukan milikmu.

Nah, Nofollow External Link dapat mencegah mesin pencari mengikuti link terkait ke website lain. Dengan demikian, kamu hanya meningkatkan SEO dari web milikmu.

Sekarang ini, semua link pada komentar WordPress telah diatur sebagai nofollow secara default. Meski begitu, terkadang masih ada juga spammer yang mencoba menambahkan external link ke komentar.

Untungnya, ada satu solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya ialah dengan mengubah pengaturan komentar menjadi “disetujui secara manual”. Opsi tersebut bisa kamu temukan dengan masuk menu Settings, lalu klik Discussion.

19. Pengaturan Keamanan

Mesin pencari mengutamakan website yang aman. Untuk alasan inilah kamu memerlukan sertifikat SSL. Kamu bisa dapatkan SSL Grade A Gratis dengan pakai layanan dari Jagoan Hosting.

Namun, tergantung website WordPress yang digunakan, kamu mungkin memerlukan keamanan tambahan.

Untungnya, terdapat beberapa plugin untuk meningkatkan perlindungan website yang bisa kamu gunakan, seperti All In One Security dan Wordfence.

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan, yaitu melakukan update software secara berkala. Pasalnya, software yang sudah lama berisiko lebih tinggi terekspos serangan.

20. Tingkatkan Kecepatan Website

Website yang perlu waktu lama memuat akan memiliki ranking yang rendah dalam hasil pencarian. Pasalnya, kecepatan termasuk faktor penentu ranking.

Terlebih lagi, website yang lama memuat kemungkinan besar akan ditinggalkan oleh pengguna internet. Hal ini bahkan sudah terbukti dalam suatu studi yang dilakukan oleh Google.

Kamu dapat meningkatkan kecepatan website dengan beberapa trik berikut:

  • Menggunakan CDN (Content Delivery Network), yang mana mampu mendistribusikan konten web ke berbagai server untuk meningkatkan loading time.
  • Menginstal caching plugin
  • Membuat source code yang lebih kecil
website wordpress cepat

Pastikan Website WordPressmu Cepat untuk Dukung Performa SEO yang Maksimal

Jagoan Hosting menawarkan Cloud Hosting Murah Terbaik yang telah dioptimalkan untuk performa SEO tinggi. Kami mengerti bahwa kecepatan, keamanan, dan plugin SEO Premium adalah kunci sukses optimasi SEO websitemu. Dengan Jagoan Hosting, kamu akan mendapatkan:

  • Kecepatan Website yang Luar Biasa
  • Perlindungan Keamanan Tingkat Tinggi
  • Akses ke Plugin SEO Premium
  • Dukungan Ahli 24/7

Dengan Jagoan Hosting kamu tidak perlu lagi khawatir tentang performa websitemu.

21. Rutin Update Konten Website

Konten website sebaiknya juga kamu update secara berkala. Hal ini supaya website selalu memiliki konten baru dan relevan.

Selain update dengan rutin, ada baiknya kamu menunjukkan tanggal dari setiap konten. Dengan demikian, pengunjung dan mesin pencari dapat mengetahui bahwa konten web kamu masih baru.

FAQ

Apa itu SEO WordPress?

Proses untuk meningkatkan traffic organic website berbasis WordPress dengan meningkatkan ranking dan visibilitas pada mesin pencari.

Apakah WordPress sudah dioptimalkan untuk SEO?

Ya. WordPress sudah teroptimasi SEO.

Apa saja plugin SEO terbaik untuk WordPress?

Ada banyak sekali plugin SEO yang populer untuk WordPress yaitu Yoast SEO, All-in-One SEO, dan Rank Math.

Bagaimana cara mengoptimalkan gambar di WordPress agar SEO-friendly?

Dengan menambahkan Image Alt Text yang bersifat deskriptif dan menambahkan plugin.

Apakah memilih tema WordPress yang responsif berpengaruh pada SEO?

Ya. Tingkat responsivitas tema berpengaruh pada SEO. Hal ini karena SEO memperhitungkan performa website.

Apakah menulis konten yang berkualitas tinggi berpengaruh pada SEO WordPress?

Ya. Konten dengan kualitas tinggi mempengaruhi SEO WordPress. Bahkan sebenarnya, kualitas konten berpengaruh pada SEO semua jenis website.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
SEO
Read More
Apa itu SEO? Cara Kerja, Fungsi & Strateginya
SEO adalah sebuah strategi yang bermanfaat untuk seorang pemilik situs. Cara seperti ini, sebenarnya bisa membantu agar menaikkan…
Page Builder Wordpress - jagoanhosting.com
Read More
9 Plugin Page Builder WordPress Terbaik Untuk Websitemu!
Tahukah kamu jika sekarang telah hadir cara membuat website yang mudah dan praktis? Yup, dengan bantuan plugin page…