WordPress menjadi salah satu CMS yang menurut banyak orang paling mudah untuk optimasi SEO nya. Namun beberapa dari kita yang masih pemula merasa kesulitan karena sebagian besar panduan SEO yang ada terlalu bersifat teknis, Sehingga Bagi pengguna baru yang ingin memulai akan merasa kesulitan.

Kamu tak perlu khawatir, Karena kami akan membagikan kiat-kiat Panduan SEO WordPress Yang mudah untuk diterapkan dan dapat meningkat SEO website serta mendapatkan lebih banyak trafik organik di website kamu.

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik atau strategi untuk mendapatkan lebih banyak trafik organik dengan mempermudah website untuk ditemukan dan memaksimalkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Tujuan SEO yaitu memudahkan mesin pencari untuk menemukan website kamu, SEO sendiri bukan tentang menipu Google atau mempermainkan sistem. SEO yaitu tentang bagaimana pemilik situs melakukan optimasi pada kode maupun pemformatan nya.

Semakin Optimal konten dan website kamu, Maka website kamu akan muncul lebih baik di hasil pencarian, dan tentunya kamu akan mendapatkan lebih banyak trafik organik ke situs web kamu.

Mengapa SEO itu Penting?

Berdasarkan riset, Search Engine merupakan sumber trafik terbesar untuk sebagian besar situs web. Hal tersebut tentunya sangatlah tepat, Karena kita sendiri saat mencari informasidi internet tentunya melalui search engine.

Google dan search engine lainnya memiliki cara tersendiri untuk menilai dan memahami sebuah situs dan memberi peringkat halaman secara tepat dalam hasil pencarian. Mereka(search engine) menggunakan algoritma yang canggih untuk memberikan konten terbaik kepada pengguna.

Maka dari itu, Konten kamu harus dioptimalkan dengan sebaik mungkin. Jika tidak maka search engine tidak akan tahu bagaimana memberikan peringkat pada website kamu. Ketika Orang mencari topik yang kamu tulis, situs web kamu tidak akan muncul di hasil pencarian,Sehingga konten yang kamu buat sia-sia.

Dasar-Dasar SEO WordPress

Untuk belajar SEO WordPress, Tak perlu mengerti banyak hal tentang teknis. kamu cukup belajar beberapa dasar SEO tentang bagaimana mengoptimalkan website kamu dan mendapatkan traffic ke website kamu melalui search engine.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan website untuk search engine? Yuk Ketahui tentang Dasar SEO WordPress untuk mengoptimalkan website kamu di hasil pencarian.

1. Pastikan Website kamu dapat Terindex Mesin Pencari 

Pastikan website wordpress kamu dapat di crawl/dirayapi oleh search engine, Dengan begitu maka website kamu akan dapat diindex oleh search engine. Index search engine sendiri berfungsi untuk menampilkan konten kamu di hasil pencarian.

Search engine visibility untuk SEO WordPress
Search engine visibility

Untuk memastikan website kamu terindex, Periksa pengaturan visibilitas website wordpress kamu. Kamu bisa memeriksanya pada dashboard situs wordpress dan klik pada menu Settings​ >> ​Reading​. Setelah masuk laman tersebut, Pastikan jika pada opsi “​Search Engine Visibility​” tidak tercentang.

Cek Index SEO WordPress
Cek Index Website

Cara lainnya untuk memastikan website kamu dapat terindex yaitu dengan memanfaatkan browser. Cukup ketikkan “site:namadomainkamu.com” pada browser dan tekan enter, Jika Muncul hasil pencarian tentang website kamu, maka website kamu sudah dapat terindex oleh search engine.

2. Gunakan Struktur URL yang SEO Friendly 

Struktur Permalink untuk SEO WordPress
Struktur Permalink untuk SEO WordPress

URL yang SEO friendly yaitu pendek, menjelaskan isi konten, dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari. Atau sesuai dengan kata kunci yang akan kamu gunakan.Berikut beberapa contoh URL SEO friendly:

  • https://www.namadomain.com/panduan-seo-wordpress
  • https://www.namadomain.com/belajar-seo
  • https://www.namadomain.com/cara-install-wordpress

Pastikan jika URL yang digunakan dapat dibaca dan pengguna dapat menebak apa yangakan mereka lihat di halaman hanya dengan melihat teks URL saja.

Menggunakan struktur permalink yang ramah terhadap SEO sangat membantu kamu dalam meningkatkan peluang untuk mendapatkan posisi peringkat yang lebih baik dalam hasilpencarian.

Untuk mengatur permalink situs website wordpress kamu, Cukup dengan klik Menu ​Settings>> ​Permalinks​ kemudian pilih opsi permalink yang ingin gunakan.Sebaiknya kamu menggunakan permalink tipe Postname, Tipe ini memungkinkan kamumenggunakan url ​namadomain.com/sample-post​ Url tipe ini sangat mudah untuk diingatdan diketik.

Plugin SEO WordPress Terbaik

Plugin akan membantu kamu dalam mengoptimalkan SEO website wordpress kamu, Saat inibanyak tersedia plugin SEO yang tersedia di wordpress baik yang gratis maupun berbayar.Namun kami akan membantu kamu dalam menentukan Plugin SEO gratis terbaik.

1. Menentukan Plugin SEO WordPress Terbaik 

Saat ini untuk plugin SEO yang terpopuler yaitu Yoast SEO,All In One SEOPack, dan Rank Math SEO.​ Ketiga plugin SEO tersebut merupakan plugin gratis yang memiliki banyak fitur dan yang paling banyak direkomendasikan.

Ketiganya merupakan solusi yang efektif dalam mengoptimalkan website kamu, Kamu bisa menggunakan salah satu dari ketiga rekomendasi plugin SEO wordpress diatas. Namun Untuk saat ini yang paling banyak digunakan yaitu ​Yoast SEO​.

2. Tambahkan Website kamu ke Google Search Console

Search Console untuk SEO WordPress
Menambahkan domain pada Search Console

Google Search Console adalah sebuah tools gratis yang disediakan oleh google untuk para webmaster yang dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan website dan memantau performa website.

Google Search Console akan memberikan laporan dan data untuk membantu kamu dalam memahami bagaimana halaman website kamu muncul di hasil pencarian. kamu akan dapatmemperoleh banyak informasi untuk mengoptimalkan website kamu.

Tools ini akan memberikan informasi tentang apa saja yang berfungsi dalam website kamu,Dan akan memperingatkan kamu ketika ada sesuatu yang salah dengan situs web kamu,Misalnya saat crawler search engine tidak dapat mengakses website kamu, menemukan konten duplikat, atau saat website kamu down karena resource yang terbatas.

3. Menambahkan XML Sitemap pada Google Search Console

Add Sitemap untuk SEO WOrdpress
Sitemap pada Google search console

XML Sitemap adalah sebuah file yang diformat khusus yang berisi semua URL setiap halaman di situs web kamu. XML sitemap memudahkan search engine untuk menemukan semua konten dalam website kamu.

XML Sitemap akan membantu website kamu lebih cepat terindex oleh search engine, Dalam Segi SEO hal ini tidak dapat meningkatkan peringkat pencarian website kamu. Namun Sangat membantu kamu untuk mempercepat index website, Terutama jika kamu baru membuat website.

Dari ketiga plugin SEO wordpress di atas, Semua memiliki fitur otomatis membuat XML Sitemap website. kamu bisa memanfaatkan XML Sitemap yang sudah dibuat tadi untuk mempercepat index website.

Untuk menambahkan XML sitemap pada google search console kamu cukup masuk pada dashboard google search console dan klik pada menu Sitemap. Kemudian ketikkan url sitemap kamu lalu tekan add.

4. Mengoptimalkan Posting Blog kamu untuk SEO 

mengoptimalkan konten untuk SEO WordPress
Mengoptimalkan Konten untuk SEO

Kamu bisa memanfaatkan plugin SEO yang sudah kamu gunakan untuk mengoptimalkan postingan blog kamu. Plugin SEO tersebut dapat membantu kamu untuk membuat konten yang sesuai dengan standar SEO, Sehingga konten kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan peringkat website.

Dengan plugin SEO memungkinkan kamu untuk menambahkan/mengganti judul, deskripsi,dan fokus keyword ke setiap posting dan halaman blog. Plugin SEO akan memberikan indikator tentang kualitas SEO konten yang kamu buat. Hal tersebut tentunya akan membantu kamu dalam membuat konten yang berkualitas.

Praktik Terbaik SEO WordPress

Jika kamu sudah mulai mencoba panduan dasar-dasar SEO diatasi, Dan kamu Menginginkan hasil yang lebih baik dihasil pencarian Google, maka kamu perlu mengikuti praktik terbaik SEO WordPress di bawah ini.

1. Gunakan Kategori dan Tag yang Sesuai dengan Konten

WordPress sendiri memungkinkan kamu untuk menambahkan kategori dan tag pada postingan konten kamu. Kategori dan Tag tersebut berfungsi untuk mengelola konten kamu Berdasarkan topik, dan bagi pengunjung website berfungsi untuk memudahkan menemukan konten yang mereka cari.

Dalam wordpress, Kategori merupakan pengelompokan yang luas dari posting atau konten yang kamu buat. Sedangkan tag adalah kata kunci yang lebih spesifik dan menggambarkan tentang konten dari setiap postingan.

Pastikan jika kategori dan tag yang digunakan related dengan konten yang kamu buat,Karena kategori dan tag juga membantu search engine memahami struktur dan konten website kamu.

2. Tambahkan Tautan Internal dalam Postingan

Tautan internal sangat membantu dalam mengoptimalkan konten website kamu, Tautan Internal bertujuan untuk membangun struktur website yang maksimal, Mendistribusikan Otoritas ke halaman lain website, dan memudahkan navigasi pengunjung website.

Pastikan saat membuat konten kamu harus menautkan setidaknya 3 buah tautan internal,Dan pastikan jika tautan tersebut related dengan konten yang sedang kamu buat.Dengan menautkan internal link akan membantu kamu dalam meningkatkan tampilan halaman kamu lainya,dan pada akhirnya akan meningkatkan SEO setiap posting dan halaman blog kamu.

3. Tambahkan Tautan Eksternal dalam Postingan

Jika sebelumnya kamu harus menambahkan internal link, Maka tidak lupa pula kamu harus menambahkan tautan eksternal pada postingan. Menambahkan Eksternal link menjadi salah satu nilai plus dalam segi SEO, Maka dari itu plugin SEO seperti Yoast SEO merekomendasikan menambahkan Eksternal Link.

Untuk Memperkuat SEO WordPress kamu, Pastikan jika kamu menambahkan tautan eksternal yang related dari postingan yang dibuat dan berasal dari website yang memiliki authority lebih tinggi.

Optimasi Kecepatan dan Keamanan SEO WordPress

Kecepatan load website dan keamanan website sangat penting, Karena berdampak pada SEO website kamu. Dalam panduan SEO WordPress ini, kamu bisa belajar SEO menerapkan beberapa cara untuk mencegah situs kamu dari kehilangan trafik organik karena load website yang lama atau keamanan website yang lemah.

1. Optimalkan Kecepatan dan Kinerja website

Pastikan jika website kamu memiliki load website yang sangat cepat, Menurut beberapa pakar web kamu hanya memiliki waktu sekian detik untuk menyajikan konten kamu pada pengunjung.

Website yang memiliki load time yang tinggi cenderung akan ditinggal oleh visitor, Search Engine seperti Google telah mengakui jika salah satu faktor penentu peringkat website adalah kecepatan load website. Google sendiri menyarankan jika sebuah website maksimal memiliki load time lima detik, Jadi pastikan website kamu memiliki load time dibawah lima detik.

Untuk optimasi website agar cepat, Salah Satu faktor penentu kecepatan website adalah hosting yang digunakan, Pastikan kamu menggunakan hosting yang memiliki performa dan kinerja yang baik. 

Dalam urusan hosting kamu bisa menggunakan jagoan hosting, Karena hosting dari jagoan hosting memiliki perfoma yang sangat baik sehingga saat website yang diakses akan lebih cepat. 

2. Mengoptimalkan Gambar di WordPress untuk SEO

Mempercepat website untuk SEO WordPress
Compress gambar dengan TinyPNG

Kamu bisa melakukan compress gambar untuk membuat website kamu lebih cepat dan page size website lebih kecil. Kamu bisa memanfaatkan beberapa tools untuk compress gambar secara online.

Sebaiknya untuk resolusi gambar sesuai dengan layout website yang sedang digunakan,Pastikan resolusi gambar tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika kamu tidak memperhatikan ukuran dan kualitas gambar, maka mereka dapat memperlambat situs web kamu.

Cara lain untuk mengoptimalkan gambar yaitu dengan menambahkan judul deskriptif dan tag alt pada gambar. Tag ini membantu mesin pencari memahami tentang gambar yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan banyak gambar maka sebaiknya kamu menggunakan Lazy Load, Lazy load adalah fitur untuk menunda inisialisasi suatu objek seperti gambar, video, dll sampai pada titik dibutuhkannya. Jadi website kamu akan lebih cepat diakses, Karena Hanya gambar yang dibutuhkan saja yang terload.

3. Mulai Gunakan SSL / HTTPS

Banyak yang berpendapat jika SSL/HTTPS merupakan salah satu faktor yang menentukan peringkat website kamu. Keamanan adalah prioritas utama bagi Google, Maka dari itu google ingin memastikan jika penggunanya aman saat berselancar dari internet.

Banyak riset yang dilakukan oleh beberapa orang yang profesional dalam bidang SEO untuk menguji apakah SSL mempengaruhi SEO WordPress. Dan Hasilnya menunjukkan jika SSL mempengaruhi sebuah peringkat sebuah website.

Maka dari itu pastikan jika website kamu telah memasang SSL, kamu dapat menggunakan SSL gratis yang sudah tersedia pada hosting Jagoan Hosting

4. Pastikan Website Aman dari Malware

Setiap hari, Google membuat daftar hitam ribuan website yang terkena malware, Ketika Situs kamu dimasukkan dalam daftar hitam, Maka website kamu tidak akan muncul di hasil pencarian apapun.

Ini berarti keamanan website WordPress kamu sangat penting, kamu tentunya tidak ingin semua kerja keras kamu tentang SEO sia-sia karena website kamu masuk daftar hitam google sehingga tidak dapat muncul di hasil pencarian Google.

kamu bisa menggunakan plugin security website wordpress untuk melakukan pengecekan terhadap website kamu, Apakah aman dari malware atau hal buruk lainnya yang dapat mempengaruhi peringkat website kamu.

Kami berharap Panduan SEO WordPress ini berguna bagi kamu dalam mengoptimalkan dan meningkatkan peringkat website kamu. Jangan lupa untuk menerapkannya dan kamu akan melihat peningkatan traffic pada website kamu secara perlahan.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like