Inilah 10+ CMS Website Terbaik untuk Buat Website

cms website

Memilih CMS website menjadi begitu penting dalam kaitannya dengan berbagai fitur sebuah situs. Pengelolaan dalam website semakin mudah dengan CMS yang lengkap fiturnya sekaligus tampilan lebih keren dan bagus.

Sebetulnya apa itu pengertian CMS dan apa saja pilihan CMS yang dapat menunjang sebuah situs menjadi lebih menarik?

Pengertian Apa Itu CMS Website

Terdapat CMS open source terbaik dengan berbagai keunggulan masing-masing dan berguna bagi pengelolaan suatu website. Sebelum meningkat lebih lanjut tentang CMS ada baiknya mengetahui sebetulnya apa itu CMS.

CMS adalah salah satu software dengan fitur sederhana untuk mengelola dan membuat suatu situs. CMS singkatan dari Content Management System, secara umum menunya terdiri dari dashboard yang telah terpublikasi. 

Content Management System akan menyimpan tulisan sebagai arsip pengguna ketika telah memposting atau baru berupa draft. Sebagai pemilik situs, dapat mengubahnya kembali sesuai keinginan dan kebutuhan.

Pengguna dapat pula melihat ketersediaan template yang dapat diubah sewaktu-waktu. Pilihan template dalam CMS website memberi penawaran menarik dengan berbagai kreasi sesuai kategori isi. 

Masih banyak lagi fitur lain dalam CMS yang memberi pengalaman baru untuk pengguna agar situs menjadi lebih bagus lagi. Berbagai kemudahan untuk memaksimalkan bisnis atau situs perorangan bisa melalui pilihan CMS yang paling banyak penggunanya.

Jika banyak yang memakai artinya CMS memang bagus dan mudah untuk pengelolaan, sistem kerja dan mengaplikasikan sesuai kebutuhan.

Sistem Kerja CMS Website

Sederhananya, CMS yang digunakan untuk pembelajaran online adalah yang mudah dipahami pengguna. Pemahaman mencakup sistem kerja dengan berbagai fitur dalam suatu CMS. Dari CMS ini maka pengguna dapat mengedit situs tanpa proses coding terlebih dahulu.

CMS langsung preview dan memberi peluang pengguna dalam mengubah tata letak, tampilan konten, warna dan desainnya secara langsung. Cara membuat tampilan yang bagus dapat menyesuaikan dengan konten yang bakal tayang.

Setelah melakukan pengeditan dan cek dahulu dengan preview bisa langsung diterbitkan begitu saja. Misalnya ada kesalahan, bisa melakukan pengeditan atau bahkan menghapus konten tersebut secara langsung.

Langkah berikutnya adalah menyimpan perubahan secara langsung. Pengguna tidak perlu mengunggah file CSS hingga HTML yang membingungkan. Apabila ingin mengubah HTML, bisa langsung  pula mengubahnya secara manual.

Tentunya tergantung pengguna apakah paham coding atau tidak. Masalahnya tidak semua pengguna memahami bahasa coding dengan baik. 

Sistem kerja CMS website sangat mudah ini membuat pemilik website atau pengguna lebih mudah dalam menayangkan atau membuat konten di situs.

10+ CMS Website Terbaik untuk Buat Website dengan Mudah

Tidak semua pengguna paham bahasa pemrograman dengan baik dan benar. Bahkan banyak yang tidak paham sama sekali meskipun memiliki blog personal atau website skala kecil dalam bisnis sederhana.

CMS bisa disebut sebagai langkah mudah membangun website dari nol tanpa harus tahu bahasa pemrograman yang membingungkan. CMS website gratis banyak dipilih untuk memulai langkah menggunakan website dengan baik.

Jika ingin mulai membangun jaringan situs dalam skala kecil dan sederhana, perlu memilih yang simpel dan mudah digunakan. Agar tidak bingung, berikut macam macam CMS dengan fitur mudah dipahami walaupun untuk pemula sekalipun, yaitu:

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Domain untuk Pendidikan, Manfaat & Contohnya

1. Shopify

shopify

Salah satu CMS yang paling populer di kalangan pengguna yang merintis bisnis toko online adalah Shopify. Namanya saja sudah menunjukkan sebuah toko secara mudah dan praktis. Fitur dalam Shopify lengkap selayaknya e-commerce populer.

Misalnya saja adanya tool penjualan, manajemen produk, pembayaran, pengiriman barang lengkap dengan transaksi penjualan. Dengan kelengkapan fitur toko online, maka sangat pas bagi yang akan membuat situs penjualan baik skala kecil atau besar sekalipun.

Lengkapnya fitur akan menciptakan kesan toko online berkualitas dan profesional. Namun, perlu diingat bagi pengguna yang akan menggunakan CMS website Shopify perlu membayar terlebih dahulu.

2. GetSimple

getsimple

GetSimple salah satu CMS berbasis open source dengan database MySQL. Web hosting Indonesia dengan sistem sederhana dan khusus untuk pengelolaan situs dalam skala kecil. 

Untuk mengunduh dan mengistalnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih hanya 5 menit saja. Jika pengguna mencari CMS gratis, GetSimple adalah salah satu pilihan tepat dan praktis.

3. Zimplit

Selain GetSimple terdapat layanan hosting murah yang bersifat open source lain yaitu Zimplit. Keunggulan utama pada Zimplit adalah pemilik situs atau penggunanya dapat melakukan pengeditan web tanpa harus akses admin area.

Zimplit juga memberi pilihan pengguna untuk menghilangkan merk yang tertera. Namun, untuk menghilangkannya perlu membayar sejumlah uang dengan hitungan jumlah penggunaan situs.

4. Perch

CMS website berikutnya yang sering digunakan adalah Perch. Untuk mengaktifkan domain perlu membayar lisensi dengan jumlah tertentu. 

Kelebihan pada CMS Perch adalah pengguna bebas tags PGP dalam pengelolaan area khusus. Selain itu bisa melakukan setting antarmuka sesuai keinginan.

5. CushyCMS

cushycms

Untuk menggunakan CushyCMS perlu membayar sebesar 28 dollar tiap bulannya. Jika telah melakukan pembayaran dapat menggunakan versinya gratis tanpa perlu custom CMS website.

CushyCMS sangat mudah penggunaannya dan mengedit konten lebih cepat dan praktis. Bahkan melakukan edit sangat cepat hanya butuh beberapa menit saja agar konten yang diunggah lebih bagus dan maksimal tampilannya.

6. Squarespace

squarespace

CMS adalah berbagai fitur dalam suatu website agar lebih mudah dalam mengelolanya dan Squarespace salah satunya. Squarespace dapat digunakan dalam berbagai skala website termudah untuk berbagai kebutuhan.

Contoh untuk membuat blog sederhana, toko online andalan hingga bisnis rumahan yang simpel. Keunggulan CMS memiliki sistem interface intuitif dan unggul untuk penerbitan web baru. Desain layout memiliki banyak pilihan agar menghasilkan desain kreatif dan keren.

7. WordPress

wordpress

Selama ini WordPress menjadi idola banyak kalangan pemilik blog atau situs karena memang istimewa dan bagus. WordPress diklaim sebagai CMS terbaik untuk company profile dengan berbagai plugin pilihan.

CMS memiliki banyak pengguna dari berbagai belahan penjuru dunia dengan berbagai kelebihan dan keunggulan. Salah satu keunggulannya open source. Pengguna dapat mengaplikasikan kebutuhan maksimal dan mendukung penayangan dari CMS WordPress. 

Beberapa kelebihan lain CMS website yang paling populer WordPress adalah:

  • Mudah dalam mengubah tampilan website.
  • Sifatnya open source sehingga mudah pengembangannya sesuai kebutuhan pengguna.
  • Backup konten otomatis dan kemudahan dalam mengubah tampilan situs.
  • Penggunaan umum untuk berbagai keperluan, baik toko online, blog pribadi, company profil dan  masih banyak lagi yang lain.

Agar WordPress berjalan lebih optimal, pengguna hanya perlu membeli domain agar lebih estetik dan terlihat profesional. 

8. Joomla

joomla

Joomla adalah CMS website berikutnya yang mudah dalam mengaplikasikan. Pada umumnya Joomla digunakan untuk membuat website toko online agar banyak konsumen yang datang berkunjung. 

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Domain .ID, Harga dan Syaratnya

Joomla adalah salah satu CMS terbaik walaupun belum seterkenal WordPress bisa jadi opsi pembuatan website. Penggunanya membludak mencapai 1,5 juta situs sedunia. 

Fitur unggulannya banyak dengan kustom tak kalah lengkap dengan WordPress. Hanya saja membutuhkan waktu untuk memahami sistem kerja dan pengelolaannya dengan baik.

Walau demikian Joomla adalah pilihan terbaik untuk memaksimalkan website dan fleksibel untuk segala kebutuhan pengguna.

9. Drupal

drupal

Memilih CMS website gratis tidak perlu bingung karena ada Drupal dengan berbagai keunggulan. CMS berbasis open source dengan pilihan tema beragam yang akan membuat tampilan website semakin menarik.

Kustomisasi juga beragam akan memudahkan pengguna dalam memaksimalkan situs. Dalam perjalanan sejarah CMS, Drupal memiliki potensi bagus untuk mendatangkan traffic lebih banyak untuk website.

Hanya saja, jika memutuskan memilih CMS website Drupal, pastikan memahami dengan baik sistem pengelolaannya. Dengan demikian dapat memaksimalkan performa web.

10. WIX

Sebagai perusahaan besar dalam dunia support situs, Wix menawarkan CMS yang keren dan bagus bagi para profesional. CMS terintegrasi dengan pengguna lebih dari 4,5 juta pengguna di seluruh dunia.

Wix berbeda dengan Drupal, Joomla dan WordPress karena ketiga CMS tersebut membutuhkan pihak ketiga dalam pelayanan hosting. Kelebihan CMS Wix adalah pengguna bisa mendapatkan satu paket sekaligus untuk domain dan hosting. 

Tentu hal tersebut memberi berbagai kelonggaran dan mudahnya pengguna karena tidak perlu repot mencari pihak ketiga. Hanya saja Wix tidak dapat digunakan secara gratis tapi harus membayar sejumlah uang untuk berlangganan kelengkapan fiturnya yang keren tersebut.

11. Magento

Selama ini WordPress dan Drupal terkenal sebagai CMS yang fleksibel dalam penggunaannya. Untuk kategori website jenis apa saja cocok seperti blog pribadi, toko online bahkan perusahaan kecil hingga besar.

Khusus untuk Magento, CMS website memiliki kategori khusus dan lebih spesifik. Magento paling sesuai dan pas jika pengguna ingin membuka toko online. Tujuannya agar bisnis berkembang praktis dan berfungsi secara optimal.

Fitur dalam penjualan lengkap sebagaimana e-commerce lainnya. Fitur unggulan Magento antara lain katalog barang untuk promosi, harga produk secara detail, laporan rutin berupa jumlah pengguna, pesanan masuk hingga jumlah penjualan.

Fitur bawaan inilah yang membuat Magento menjadi pilihan beberapa bisnis skala rumahan hingga kalangan profesional. Memaksimalkan fitur dalam CMS Magento akan mendapatkan segala keuntungan dalam bidang penjualan online.

12. Opencart

Jenis jenis CMS berikutnya yang cocok untuk website jualan adalah Opencart. Seperti halnya Shopify dan Magento, Opencart lengkap dengan berbagai fitur yang dapat memaksimalkan transaksi jual. 

Fitur utama dalam Opencart antara lain:

  • Memiliki persediaan template dengan banyak pilihan baik gratis atau berbayar.
  • Apabila ingin menjual produk dalam jumlah banyak sekalipun tidak masalah karena fitur fleksibel meskipun banyak sekali kategori barang.
  • Memiliki kelengkapan fitur dalam penjualan yang bagus berupa wishlist dan compare. Kedua fitur tersebut membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan transaksi pembelian. 
  • Guna mempermudah manajemen toko online dengan baik, tersedia fitur report dan tax tanpa batas halaman. Fitur penting agar pengguna bisa memantau online shop lebih optimal.

Opencart berbasis open course dan penggunaan gratis jika telah mempunyai web serta domain.

13. PrestaShop

Salah satu CMS yang mudah digunakan untuk membuat website sederhana adalah PrestaShop. Seperti halnya Opencart, PrestaShop bersifat open source

CMS berbasis open source lebih bebas dan gampang ketika pengguna akan membangun website sesuai kebutuhan serta kekinian.

Cek Konten Lainnya:
7 Tugas Full Stack Developer yang Wajib Kamu Tahu!

PrestaShop sendiri dikhususkan untuk pembuatan toko online yang fleksibel dengan berbagai fitur andalan. Adapun fitur utama berguna dalam memaksimalkan bisnis, yaitu:

  • Dashboard bersifat intuitif agar pengguna dari berbagai level dapat menggunakan dengan cepat, praktis dan gampang dipahami.
  • Website bersifat store builder, artinya mudah untuk diakses bagi segala level user.
  • Fitur yang tak kalah menarik adalah adanya payment gateway dengan 50 pilihan lebih.
  • Pengguna akan mudah dalam menganalisa toko online karena adanya report lengkap. 

Report lengkap dapat menjadi batu loncatan untuk mengatur strategi bisnis lebih lanjut.

14. Moodle

moodle

Moodle merupakan CMS website yang penggunaan platformnya khusus aplikasi e-learning. Fitur e-course lengkap mencakup online test hingga forum. 

Platform memang sedikit rumit tapi lengkap dan jika sudah paham mudah dalam mengoperasikannya.

Berbagai fitur unggulan dalam Moodle antara  lain:

  • Drag and drop file yang mempermudah untuk manajemen file dalam platform.
  • Dashboard lengkap sebagai informasi khusus berupa kalender kegiatan, hasil list, pengumuman dan pengguna aktif yang masuk list khusus.
  • Adanya progress tracking untuk mengawasi sekaligus melakukan evaluasi setiap proses pembelajaran secara mobile.
  • Platform mendukung integrasi untuk proses pembelajaran kekinian dan tidak membosankan.

Menggunakan CMS Moodle dapat support bisnis e-learning yang sekarang semakin booming.

15. BigCommerce

Masih ada satu lagi CMS yang bisa digunakan sebagai dasar pembuatan toko online yaitu BigCommerce. CMS ini memiliki begitu banyak fitur yang akan melengkapi toko online pengguna.

Selain itu dapat memaksimalkan penjualan lewat sosial media dan tersedia domain gratis. Tentu hal ini akan memudahkan pengguna untuk support bisnis yang sedang dijalankan baik skala kecil atau besar.

Begitu banyak pilihan CMS untuk website dengan fitur lengkap dan mudah penggunaannya. Namun ada pula yang menanyakan tentang blogger. 

Sebetulnya blogger adalah CMS yang dikeluarkan oleh Pyra Labs. Kemudian dibeli oleh Google dengan fitur lengkap dan mudah.

Keberadaan CMS website lebih mudah membuat situs tanpa coding dan pengelolaan lebih mudah. Jika bergerak dalam bidang bisnis sangat membantu memaksimalkan dalam promosi dan data dengan report lengkap.

FAQ

Terkait dengan CMS website, beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah sebagai berikut:

1. Apa Keunggulan WordPress dibanding CMS lainnya?

Sebagai CMS terpopuler, WordPress dapat menjadi host multimedia files. Bedanya dengan CMS lain adalah WordPres dapat menambahkan beberapa kebutuhan yang disesuaikan oleh pengguna. Seperti suara, gambar, video dan yang lainnya. 

Dengan adanya tambahan keistimewaan tersebut maka lebih banyak pembaca yang tertarik dan menaikkan traffic. Selain itu melakukan editing juga mudah dan tidak ribet.

2. Apa yang dimaksud dengan CMS website?

Content Management System bisa pula dengan disebut lebih praktis CMS adalah sistem manajemen konten. Sebagai salah satu perangkat lunak atau software guna menambahkan, mengubah, melakukan pengeditan pada sebuah website.

3. Sebutkan Jenis-Jenis CMS!

CMS sebagai salah satu sistem dalam membantu mengatur dan mengubah konten suatu situs website. Jenis CMS yang sering digunakan antara lain WordPress, Shopify, Drupal, Magento dan Opencart.

Terdapat berbagai macam jenis CMS website yang dapat dipilih pengguna untuk personal atau bisnis. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Dengan adanya CMS maka pengelolaan website bisa tanpa coding dan lebih mudah dengan hasil optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
SFTP
Read More
SFTP: Definisi, Manfaat & Cara Menggunakan [Lengkap]
SFTP adalah singkatan dari SSH File Transfer Protocol. Fungsi utamanya yakni membuat aktivitas pentransferan data antara client dan…
core web vitals
Read More
Core Web Vitals: Definisi, Metrik, dan Tools
User experience dalam website, seringkali jadi pertimbangan untuk menentukan peringkat website. Maka dari itu, pembelajaran tentang core web…