Wix Website: Builder yang Terkenal dengan Berbagai Kelebihan

wix website

Seperti halnya WordPress, Wix website merupakan builder gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat website. Wix adalah layanan tepat bagi kamu yang masih awam dalam pembuatan website.

Di dalamnya telah tersedia beragam Wix website template yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan, Sob. Nah, jika kamu berminat membuat website dan ingin mempelajari tentang Wix, maka langkahmu saat ini sudah tepat, yuk simak pembahasannya di sini!

Apa itu Wix Website?

Wix website adalah sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk membuat website canggih dan profesional tanpa perlu mempelajari tentang coding. Wix adalah solusi tepat untukmu yang ingin membuat website sendiri tanpa perlu ribet.

Wix telah mengklaim bahwa mereka adalah website builder yang sangat canggih karena dilengkapi berbagai tools yang ramah penggunaannya bagi para kaum awam. Terdapat pula beberapa wix website template yang siap membantu kamu untuk mempercantik website buatanmu.

Wix Vs WordPress, Pilih yang Mana?

Setelah membahas tentang apa itu Wix, tentu kamu penasaran tentang perbandingan website builder ini dengan WordPress yang notabene sudah lebih lazim digunakan oleh orang awam untuk membuat website.

Sebelum menjelaskan perbedaannya, mari bahas sedikit mengenai WordPress. WordPress adalah bagian dari Content Management System (CMS) yang dibuat pada tahun 2003. Sudah banyak website yang menggunakan WordPress sebagai aktor utama dibalik kesuksesannya.

Konsep tagline dari penggunaan WordPress adalah menjunjung tinggi kebebasan, yaitu “Democratize Publishing”. Tagline ini berarti kebebasan dalam membuat, mengubah, dan menyebarkan.

Mari simak berbagai perbedaan yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membuat website sesuai keinginan kamu. Yuk disimak!

1. Tahap awal

Cara penggunaan Wix dinilai cukup mudah lho, Sob. Kamu cukup mengisi email dan password seperti halnya mendaftar sosial media. Kemudian, kamu akan diberikan berbagai pertanyaan tentang kecenderungan gaya kamu dalam membuat website untuk menentukan Wix website template yang sesuai untukmu.

Cek Konten Lainnya:
5 Tips Jitu Coding Arduino Buat Pemula

Untuk urusan domain, kamu bisa memilih antara wix.com atau custom domain yang kamu miliki. Namun, jika kamu memilih custom domain, kamu tetap tidak bisa membuat self hosting karena semuanya sudah dimiliki oleh Wix sehingga tidak bisa berpindah tangan.

Sementara untuk WordPress kamu harus menyewa hosting sendiri guna mendapatkan custom domain dan hosting yang sesuai. Tapi, kamu tidak perlu bingung, karena Jagoan Hosting menyediakan hosting terbaik untuk kamu yang membutuhkannya hanya dengan Rp9.000 saja setiap bulannya.

2. Plugin

Wix menawarkan berbagai aplikasi pendukung yang bisa meningkatkan daya saing dari website kamu. Wix adalah solusi tepat buat kamu yang membutuhkan berbagai aplikasi pendukung yang sudah terjamin langsung oleh platform website builder.

Meskipun hanya menawarkan berbagai fitur seperti chat, online store, blog, member’s area, bookings, forum, paid plans, instagram feed, music, video, events, dan bandsintown, tapi fitur tersebut sudah langsung dijamin oleh Wix akan kualitasnya, lho. Jadi, kamu tidak perlu khawatir!

Berbeda dengan Wix website yang hanya menyediakan plugin terbatas, WordPress sebagai perangkat lunak open source menyediakan 55.037 plugin yang bisa kamu akses untuk website mu.

Namun, karena bersifat open source, semua orang bisa mengunggah plugin buatan mereka pada WordPress, sehingga tidak ada jaminan kualitas yang diberikan. Pastikan kamu memilih plugin dengan benar dan bijak, ya!

3. Kustomisasi Desain

Jika kamu sudah tidak asing dengan Microsoft Power Point dan Tumblr, maka kamu tidak akan kesusahan dalam menggunakan Wix website. Kamu hanya perlu mengklik tombol Edit kemudian Design, maka kamu sudah bisa mulai mengkostumisasi websitemu.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai halaman untuk template yang kamu inginkan, seperti About me, Testimonials, Quotes, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan Wix Website Editor untuk tampilan yang lebih oke lagi.

Selanjutnya, mari kita bahas tentang WordPress. Template yang ditawarkan oleh WordPress ada beraneka macam, Sob. Mulai dari yang berbayar hingga gratis, semua bisa kamu temukan di sini sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamu juga dapat mengkostumisasi berbagai tema yang sudah kamu terapkan, serta menambahkan beragam fitur yang kamu inginkan.

Baca juga: 15 Aplikasi Website Gratis Terbaik Tanpa Coding, Wajib Tahu!

4. Layanan Pelanggan

Terdapat 3 layanan pelanggan yang akan membantumu ketika ada kesulitan atau kesalahan dalam penggunaan Wix website. Layanan pelanggan tersebut adalah Online Help Center, Call Center, dan Sosial Media Wix.

Semua bisa kamu hubungi sesuai kebutuhanmu. Dengan Online Help Center, kamu akan menemukan berbagai keyword yang sesuai dengan masalahmu. Namun, jika belum merasa puas, kamu dapat menghubungi Call Center ataupun sosial media resmi mereka.

Cek Konten Lainnya:
22+ Contoh Website Toko Online yang Elegan dan Menarik

Sementara itu, WordPress menawarkan knowledge base dan forum. Perbedaan yang mencolok terdapat pada forum, dimana forum ini berisi pengguna WordPress dari seluruh dunia yang akan menjawab segala pertanyaan yang kamu ajukan tentang WordPress.

Sedangkan, knowledge base adalah fitur tempat kamu menemukan berbagai tutorial dan pertanyaan penting yang mungkin menjawab kebingunganmu. Kamu dapat mencari sesuai keyword yang ingin kamu cari.

5. Kemudahan Pemakaian

Wix website akan selalu unggul dengan kelebihannya untuk menciptakan website impianmu tanpa perlu mempelajari coding. Kamu hanya perlu sisi artistik kamu dan website mu akan menjadi website impian yang telah lama kamu idam-idamkan.

Sedangkan WordPress masih memiliki beberapa bagian yang membutuhkan coding di dalamnya, walau mungkin cukup simple. Dan juga, kamu harus mempelajari adanya update baru jika memang terdapat pembaharuan dari WordPress.

6. Keamanan

Untuk masalah keamanan, Wix website lebih unggul daripada website. Karena Wix tidak memperbolehkan kamu untuk mengedit fungsionalitas dari perangkat lunak tersebut, sehingga akan jauh lebih aman dari kejahatan internet.

Sedangkan pada WordPress, dengan keberadaannya sebagai open source, maka akan lebih mudah diretas karena ada berbagai jenis internet yang ikut bergabung dalam platform ini.

7. SEO

Saat ini banyak orang yang membutuhkan optimasi SEO. Wix website bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu, Sob. Platform ini telah dilengkapi fitur untuk mengubah judul halaman, heading tag, dan juga meta description sehingga dapat memaksimalkan SEO dari website kamu.

Sedangkan WordPress lebih membebaskan kamu dalam mengatur berbagai tools SEO. dengan begitu kamu akan lebih mudah mengatur SEO sedemikian rupa agar kontenmu menjadi lebih menarik.

Cara Membuat Website di Wix

Setelah mempelajari berbagai perbandingannya dengan WordPress, mari melanjutkannya dengan cara membuat website di Wix. Pastinya mudah, sehingga kalian yang masih awam teknologi tak perlu takut mencobanya.

1. Buat akun, bisa gratis atau premium

Dalam langkah ini, kamu cukup menuliskan alamat email dan password kamu ya, Sob! Atau bisa juga dengan akun Google atau Facebook kamu.

2. Tentukan jenis website

Langkah berikutnya adalah kamu tinggal memilih jenis website yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Klik edit dan pilih template sesuai selera

Kamu bisa memilih untuk mengedit Wix dengan editor supaya kamu dapat mengeditnya sesuai keinginanmu, Sobat Jagoan! Nanti, kamu cukup mengedit template yang sudah kamu pilih sebelumnya. Kamu cukup mengikuti cara download template di Wix.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu JavaScript di Website? Yuk Cek Contoh hingga Fungsinya!

4. Atur tampilan website

Setelah masuk di dashboard, kamu cukup mengedit berbagai tampilan yang kamu inginkan untuk Wix website kamu. Mulai dari tema yang digunakan, warna, dan sebagainya akan mulai diatur melalui dashboard ini.

5. Buat postingan pertama

Setelah semua persiapan beres, kamu bisa mulai membuat konten yang kamu inginkan! Sama seperti website builder lainnya, kamu cukup mengklik ‘My Blog’ kemudian pilih ‘Create a Post’. Kamu dapat mengatur semua hal tentang postinganmu tanpa menggunakan coding lho, Sob. Terlebih lagi, kamu juga bisa mengatur SEO di sini.

6. Publish konten

Setelah semua selesai, kamu tinggal klik untuk publish postingan. Dan selesai! Postingan kamu sudah terpampang cantik dalam website buatanmu. Terlebih lagi, kamu juga dapat melihat bentuk postinganmu saat di cek melalui ponsel, lho. Keren, kan?

Baca juga: Developer Website Kumpul! Ini 3 Hal Penting Saat Membuat Website

Kelebihan Wix Website

Karena sudah memiliki banyak pengguna, tentu Wix memiliki berbagai kelebihan yang telah dijagokan di bidangnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Wix Website.

1. Memiliki fitur drag and drop yang gampang digunakan

Jika kamu seorang pemula, makan kamu akan sangat diuntungkan dengan fitur ini. Tanpa perlu ribet mikirin coding, kamu cukup menggeser dan meletakkan konten serta plugin yang kamu inginkan.

2. Kecepatannya sudah sangat baik

Tidak hanya mudah dalam pembuatannya, kecepatan website buatan Wix ini juga dinilai sudah termasuk cepat lho, Sob! Bisa dibilang, sudah mencapai nilai A+ jika dicek melalui Web Page Test.

3. Menyediakan berbagai template menarik

Untuk kamu yang suka bingung menentukan ide desain yang menarik, tentu menggunakan template adalah jawabannya. Wix website template yang banyak dan menarik ini tentu akan menjadi jawaban tepat buat masalah websitemu.

4. Sudah dilengkapi tools SEO

SEO harus optimal agar website bisa muncul pada mesin pencarian Google. Kabar baiknya, Wix telah dilengkapi berbagai tools SEO yang memudahkan kamu mengatur SEO yang sesuai untuk website mu sehingga menjadi maksimal, Sob.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu Wix website. Meski sebagian besar lebih mengenal WordPress, namun builder yang satu ini juga tak kalah bagus lho Sob! So, silahkan memilih sesuai kebutuhan kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
navigasi website
Read More
Apa itu Navigasi Website? Contoh & Cara Buatnya
Salah satu hal yang wajib kamu perhatikan saat membuat website adalah soal navigasi website. Keberadaannya sangat berperan penting…
figma
Read More
Apa itu Mockup? Fungsi, dan Contoh Aplikasi
Mockup adalah bentuk visualisasi yang merepresentasikan desain sebuah produk sebelum direalisasikan. Biasanya mockup digunakan saat melakukan presentasi atau…