Developer Website – Saat ini semuanya serba online. Tinggal buka website atau aplikasi, kita udah bisa beli ini itu. Makanya, saat ini banyak banget pengusaha yang membuat website untuk mempromosikan usaha mereka.

Nah, buat kamu yang bekerja sebagai developer website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat website. Untuk itu, berikut adalah 5 hal penting saat membuat website.

1. Pertama, developer website harus menentukan nama domain dulu

Sebelum membuat website, sangat penting Sob memilih nama domain yang tepat. Sebab, domain inilah yang menjadi identitas kita di dunia maya, entah sebagai pemilik usaha ataupun hanya personal.

Dengan nama yang tepat, orang akan mudah mengingat website kita. Pilihlah nama yang jelas, singkat dan berkesan.

Lalu, pilihlah ekstensi yang sesuai. Misalnya untuk perusahaan maka bisa memilih co.id, bersifat universal maka kamu bisa memilih ekstensi .com. Sementara .gov digunakan untuk ekstensi website pemerintah.

2. Memilih hosting

Sob, setelah menentukan nama domain sebuah website, langkah yang harus diperhatikan adalah memilih hosting untuk website kita.

Layanan hosting merupakan rumah bagi sebuah website. Untuk itulah kamu perlu ekstra berhati-hati dalam memilihnya. Agar tak salah memilih hosting, berikut adalah empat aspek yang wajib untuk kamu pertimbangkan:

  1. Kecepatan. Kamu perlu menilai bagaimana performa server yang bisa mempengaruhi kecepatan website kamu. Misalnya saja seperti storage, bandwidth, dan plugin optimasi.
  2. Keamanan. Pastikan ya jika hosting yang kamu pilih bisa menjamin keamanan website kamu. Misalnya saja web hosting sudah dilengkapi dengan proteksi DDoS, malware, serta SSL gratis.
  3. Kapasitas. Karena kamu mau membuat website dari nol, maka kamu butuh perhitungan yang akurat untuk menentukan kapasitas hosting yang dibutuhkan. Nah, kamu bisa pilih cloud hosting terbaik yaitu Mix & Match. Hosting ini bisa kamu atur resource-nya sesuai kebutuhan. Jadi, bayarnya pun sesuai sama apa yang kamu gunakan saja. Lebih hemat dan efisien.
  4. Support. Pastikan kalau layanan cloud menyediakan support yang tersedia untukmu. Misalnya saja ada email, phone support, atau 24/7 live chat. Jadi, kalau ada gangguan, kamu tidak perlu bingung harus konsultasikan kemana.

3. Memilih platform

developer website
Photo by Christina Morillo from Pexels

Sangat penting bagi developer website untuk melakukan perencanaan yang matang dalam mengembangkan website. Nah, ada 4 tool yang biasanya digunakan saat buat website, diantaranya:

  1. Sistem manajemen konten atau yang juga disebut dengan CMS. Ini bisa jadi pilihan  terbaik buat website dan blog yang menyajikan berbagai artikel. Contoh dari CMS misalnya Joomla, WordpRess, dan Drupal.
  2. Script e-commerce, biasanya digunakan untuk membuat toko online. Pilihan yang tersedia antara lain Magento, WooCommerce, dan PrestaShop.
  3. Self-coded. Kalau developer website yang sudah handal pastinya akan memilih langkah ini. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, fitur apapun bisa disesuaikan sendiri dalam mengembangkan website itu.
  4. Website builder yang biasa digunakan untuk pemula, developer website tidak harus menguasai bahasa pemrograman. Mereka biasanya memanfaatkan fitur drop-and-drop yang tersedia dalam website builder.

Demikian 3 hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika membuat website. Sekarang kamu sudah siap menjadi developer website. Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam pembuatan website, kamu masih bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website. Nah, seperti yang tadi sudah disebutkan kalau dalam membuat website, sangatlah penting untuk memilih hosting yang tepat.

Kamu bisa pilih cloud hosting terbaik miliknya Jagoan Hosting. Hosting ini punya kecepatan stabil untuk website kamu. Apalagi kalau kamu mau bikin website portfolio, pasti banyak klien yang bisa tertarik dengan kemampuan kamu. Makanya, buruan kepoin, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like