Kini, website menjadi kebutuhan setiap orang untuk berbisnis. Akan tetapi, masih banyak pebisnis di luar sana sedang kesulitan dan mencari cara membuat website sendiri gratis yang praktis. Padahal sebenarnya, cara membuat website itu sangat mudah jika kamu tahu shortcut-nya.

Ingin tahu bagaimana cara membuat website sendiri gratis tanpa coding secara mudah dan cepat? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Bagi yang masih awal di dunia per website-an, membuat website mungkin adalah hal yang cukup rumit karena berurusan dengan hal teknis. Padahal cara membuat website sendiri cukup mudah meski belum memiliki keahlian teknis.

Cara membuat website gratis di Google bisa kamu mulai dari cara berikut.

1. Tentukan Jenis Website

Cara membuat website sendiri gratis pertama kali diawali dengan menentukan jenis website seperti apa yang ingin kamu buat. Dengan menentukan website yang tepat, kamu jadi punya bayangan konsep website yang ingin dibangun. Sebab hal tersebut nantinya berpengaruh terhadap pemilihan domain, hosting, dan tema yang akan digunakan.

2. Tentukan Platform Website

Kedua, cara membuat website gratis di Google bisa kamu lakukan dengan menentukan platform website. Kamu bisa membuat web tanpa perlu ngoding sama sekali loh! Bagaimana bisa? Yup, menggunakan wordpress. Bahkan, dengan wordpress kamu pun bisa menerapkan cara membuat website di HP secara mudah tanpa harus repot mempelajari coding. 

Banyak kok perusahaan besar seperti SONY music, Microsoft new center, The New York Times Company, dan The Walt Disney Company sudah mempercayakan websitenya kepada wordpress.

3. Tentukan Nama Domain

Setelah menentukan platform website, langkah selanjutnya sebagai cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula yakni memikirkan konten seperti apa yang akan kamu masukkan ke website.

Nah, karena kebanyakan orang yang sudah memiliki website masih belum punya tujuan dan planning tepat untuk bisnisnya, akhirnya banyak dari mereka yang menyia-nyiakan domainnya dan dibiarkan seadanya.

Maka dari itu, Sobat Jagoan sebelumnya harus punya nama domain sesuai dengan produk ataupun merk yang akan Sobat sampaikan ke user nantinya, ya. Berikut beberapa tips menentukan nama domain:

  • Memilih hosting

Kini saatnya kamu memilih hosting untuk website kamu. Hosting ini memiliki fungsi untuk menyimpan semua file website seperti tema, plugin, teks, media, kode HTML, dan draft konten dapat diakses secara online. Ada beberapa jenis layanan hosting yang bisa kamu pilih, yaitu shared hosting, cloud hosting, VPS hosting, dan masih banyak lagi. Jika kamu masih belum paham tentang perhostingan, bisa banget nih mengkonsultasikannya dengan Jagoan Hosting!

  • Menentukan nama domain

Sob, kamu perlu memberi nama domain yang menarik sebab domain adalah alamat website yang akan orang-orang gunakan untuk dapat mengakses websitemu. Misal ketika akan mengunjungi website Jagoan Hosting, maka orang-orang akan mengetikkan www.jagoanhosting.com di browser lalu muncul website Jagoan Hosting. 

Sementara itu, berikut tips memilih nama domain:

  1. Menentukan nama yang mudah diingat
  2. Kamu bisa berkreasi dengan ekstensi lainnya, tidak harus selalu .com
  3. Hindari penggunaan simbol dan angka
  4. Buat nama yang singkat, padat, dan jelas
  5. Sesuaikan dengan target pengunjung

4. Tentukan Hosting & Website Building Platform

Ini merupakan langkah lanjutan dari cara membuat website sendiri gratis agar website mu bisa go online. Karena hosting merupakan rumah website mu, jadi pastikan kamu menentukan hosting yang benar-benar berkualitas. Berikut 3 jenis hosting yang paling sering digunakan.

Shared hosting

Shared hosting adalah pilihan paling tepat ketika kamu akan membuat website sederhana. Hosting ini mengharuskan kamu berbagi dengan user lain. Namun, harganya yang terjangkau membuat shared hosting cocok dijadikan pilihan bagi pemula.

Cloud hosting

Cloud hosting cocok untuk kamu yang membuat website toko online, website berita online yang menyediakan informasi up to date, dan proyek berskala besar. Cara kerja cloud hosting yaitu dengan menyimpan salinan file dan resource di beberapa server fisik yang saling bekerja sama. Jadi, jika salah satu server down, maka server lainnya bisa menjadi penopang agar website tetap berjalan.

VPS hosting

VPS hosting cocok untuk website berskala besar yang nantinya akan dioptimasi penuh.  Namun, guna menjalankannya kamu harus mempunyai skill manajemen dan tahu cara mengoperasikan terminal.

Nah, diantara ketiga contoh jenis hosting di atas, kamu bisa mempelajarinya lebih dulu mana yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa memilih produk hosting murah dengan kualitas yang tidak murahan di Jagoan Hosting! Menariknya, sekarang ini Jagoan Hosting sedang ada promo besar-besaran spesial untuk kamu. Jangan sampai kelewatan dan cek promonya di sini

Kalau kamu masih kebingungan untuk memilih hosting yang cocok dengan keperluan kamu, mungkin artikel Tips Memilih Hosting akan cocok untuk kamu baca.

Kalau kamu ingin hosting kamu sesuai dengan kapasitas hosting website yang mumpuni yang berbasis cloud hosting dan memiliki storage SSD NVME serta Unlimited Bandwidth, dengan harga hosting termurah dan bisa menyesuaikan dengan dengan budget mu, maka Jagoan Hosting merupakan solusi yang tepat buat mu. Karena di sini kamu bisa beli hosting dengan harga mulai 5rb/bulan Sob, bahkan lebih murah dari pada nasi pecel sepiring kan?

Untuk informasi lebih lanjut tentang hosting idaman ini kamu langsung bisa mengakses nya di bawah ini, Sob!

5. Setup, Edit, dan Kostumisasi Website

Nah, setelah kamu membeli hosting, kamu akan menerima email dari hostingan website bahwa kamu harus mengakses member area dulu sebelum kamu bisa mengaktifkan website kamu. Caranya adalah:

  1. Login cpanel

Login ke cpanel melalui tautan yang diinformasikan melalui email. Biasanya tautan tersebut seperti http://namadomain/cpanel

  1. Buka softaculous installer

Pada bagian ini, klik logo wordpress

  1. Klik install now
  2. Pilih domain

Pilih domainmu pada kolom Choose Domain, dan untuk kolom In Directory kamu bisa mengosongkannya

  1. Isi detail website

Isi nama websitemu beserta deskripsinya pada kolom Site Name dan Site Description

  1. Masukkan username dan password

Masukkan username dan password untuk login ke dashboard wordpress mu. Lalu, instalasi selesai!

Setelah kamu berhasil masuk ke dalam member area, cari menu service yang berisi masuk cpanel, dan jika kamu sudah login cpanel kamu, ini langkah-langkah untuk setup cepat website kamu.

cara membuat website
Photo by Igor Miske on Unsplash

1. Install SSL Certificate

Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah untuk menginstall SSL sesuai dengan nama domain yang akan kamu install SSL mulai dari Private keys -> Certificate Signing Request -> Certificates -> Install and Manage SSL for your site.

2. Install Content Management System (CMS) Melalui Softaculous

Saran Jaghost, cara membuat website sendiri menjadi lebih efisien, kamu harus menggunakan softaculous untuk setup website kamu menggunakan CMS, karena prosesnya singkat dan sangat mudah bagi kamu yang mungkin belum familiar dengan setup website pada umumnya.

Kalau kamu menggunakan hosting dari Jagoan Hosting, kamu tidak perlu mengikuti cara membuat website melalui cpanel ini, karena jika kamu kesulitan, kamu akan di bantu team support kami yang siap melayanimu 24 jam, Sob!

3. Kostumisasi website kamu

Nah, setelah kamu selesai setup website dan telah menggunakan cms, langkah selanjutnya adalah mengkostumisasi website kamu dengan beberapa theme kece serta plugin-plugin yang kamu butuhkan untuk mempercantik website kamu.

Untuk kostumisasi plugin dan theme, kamu kamu harus login terlebih dahulu ke wordpress ataupun cms yang telah kamu pasang sebelumnya.

Jika kamu memakai wordpress, setelah kamu login, kamu akan melihat menu halaman admin dari website kamu. Nah, disini lah kamu mungkin perlu menggunakan beberapa fitur untuk menyesuaikannya dengan tampilan website yang kamu inginkan, yaitu:

  1. Pilih tema

Pada cara membuat website gratis menggunakan wordpress, ketika kamu menginstall wordpress tanpa memilih tema, maka website akan otomatis memasang tema default. Apabila kamu merasa tema default tersebut kurang cocok, kamu bisa mengubahnya. Namun hindari penggunaan tema bajakan yang akan membahayakan websitemu. 

Untuk menggantinya, buka dashboard website, klik menu Appearance -> Themes -> Add New. Lalu, cari tema yang kamu inginkan di search bar dan klik Install

  1. Buat sitemap

Sitemap adalah file berisi daftar dari halaman penting website yang bisa diakses oleh user dan search engine. Ada beberapa cara membuat sitemap, yaitu dengan menggunakan Yoast SEO dan sitemap XML.

  1. Ubah permalink

Google lebih suka permalink yang pendek dan mengandung judul atau keyword. Ketika menentukan permalink, kamu bisa menggunakan Post Name. Dengan cara tersebut keyword lebih mudah terlihat saat website tampil.

Contohnya : https://www.jagoanhosting.com/blog/campaign-adalah/

Permalink bisa diubah melalui Settings -> Permalinks, kemudian pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

  1. Install plugin SEO

Plugin SEO akan memudahkanmu untuk membangun SEO di website. Maka dari itu, kamu wajib menginstall Yoast SEO dan SEO internal link. 

  1. Atur keamanan WordPress

Sob, jangan sampai website milikmu terkena serangan virus, hacker, malware, atau serangan berbahaya lainnya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keamanan wordpress, yaitu menggunakan password yang rumit, mengubah URL login, dan mengamankan file serta database.

  1. Install plugin backup

Untuk menghindari kehilangan data-data yang penting, kamu perlu melakukan langkah pencegahan dengan menyiapkan backup. Kamu dapat melakukan backup secara otomatis seperti memasang plugin backup semacam UpdraftPlus.

  1. Install Google Analytics

Cara membuat website yang terakhir adalah dengan menginstal Google Analytics guna membantumu memahami pengunjung website atau blog. Insight dari apa yang mereka cari, artikel mana yang paling banyak pembacanya, artikel mana yang rendah peminatnya, serta berapa lama pengunjung membaca blog dapat kamu manfaatkan untuk menyediakan konten lebih baik lagi.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat website sendiri secara gratis? Nah, agar kamu tidak kesulitan, kamu bisa mengajukan pertanyaan seputar website pada kolom komentar di bawah ini. Cari tahu juga solusi permasalahan website lainnya hanya di tutorial Jagoan Hosting!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like