10+ Cara Membuat Website untuk Bisnis Paling Mudah

cara buat website bisnis

Dunia digital saat ini sudah memakan banyak sektor, jadi untuk memasarkan sebuah produk tentu lebih efektif apabila dilakukan secara online daripada offline. Sehingga, banyak sekali cara membuat website yang diincar oleh pelaku usaha.

Apalagi hampir dari 85,4% pengguna internet selalu melakukan transaksi paling tidak satu bulan sekali. Nilai persentase itu untuk satu orang, bayangkan jika 70% penduduk Indonesia melakukan hal yang sama? Bukankah menjalankan bisnis online akan meraup keuntungan?

Oleh karena itu penting sekali untuk tahu bagaimana cara pembuatannya. Agar kamu bisa tahu seperti apa sih website bisnis. Meskipun secara sederhana website bisnis adalah sebuah wadah untuk melakukan transaksi usaha secara online.

Cara Membuat Website Bisnis Paling Mudah

Meskipun banyak sekali cara membuat web gratis yang bisa kamu lakukan. Tetapi, jika ingin membangun sebuah website bisnis dengan tujuan membangun usaha lebih meningkat, kami sarankan kamu mampu mengambil langkah yang bijak.

Salah satunya dengan menggunakan sebuah layanan jasa yang sudah berkecimpung dan berpengalaman langsung dalam mengatasi masalah perdagangan digital.

Tetapi sebelum itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara membuatnya, antara lain :

1. Rancang Struktur Terlebih Dahulu

Ingin memulai usaha secara online dengan memanfaatkan sebuah website, sebaiknya atur rancangan terlebih dahulu. Pastikan struktur website sudah sesuai dengan kaidah yang akan membawa pelanggan penasaran dengan produk jualan.

Lakukan riset yang tepat, apakah identitas perusahaan dan target audiens sudah cocok dan sinkron? Akankah terjadi hubungan interaktif atau terkesan sangat formal?

Nah, sebelum itu semua, kamu bisa mencoba merancang perkiraan di atas kertas terlebih dahulu. Atau cara paling mudah apabila kamu belum berpengalaman dalam membuat desain situs web, bisa memanfaatkan template yang banyak tersedia di internet.

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Jualan Online Laris Bagi Pemula di 2024

2. Gunakan Domain yang Mudah Pelanggan Ingat

Membangun website pasti membutuhkan sebuah domain. Untuk memancing rasa penasaran dan pelanggan tetap, maka pilih domain yang mudah pelanggan ingat. Meskipun kamu juga bisa menggunakan nama brand sebagai domain.

Agar membuat pelanggan melihat kesungguhanmu dalam membuat website online, maka bisa dengan menggunakan top-level domain seperti .com ataupun .co.id. Nah, nantinya domain dan top-level domain akan digabung membentuk sebuah URL.

domain

Kamu bisa segera cek nama domain di Jagoan Hosting yang cocok untuk nama bisnismu.

3. Pilih Web Hosting Kredibel untuk Bisnis

Maraknya bisnis digital membuat penyedia layanan web hosting sangat banyak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berhati-hati dan pilih yang paling terpercaya.

Jika belum tahu web hosting adalah sebuah platform untuk menyimpan data website agar bisa diakses secara online.

Penggunaan web hosting ini pun ada layanan berbayar dan juga gratis. Tetapi untuk mencari keamanannya, kamu perlu memperhatikan track record secara detail.

hosting untuk website bisnis

Untuk memenuhi kriteria website bisnis yang harus mampu menampung traffic tinggi, keamanan tinggi dan performa yang maksimal.

Kamu bisa pilih dedicated server hosting dari Jagoan Hosting yang memang dibuat khusus untuk website bisnis skala besar dan prioritas.

4. Pakai Platform dengan Pengelolaan yang Mudah

Hal yang wajib kamu perhatikan dalam membangun situs untuk usaha ini adalah cara mengelola website bisnis. Di mana, platform ini hanya menjadi layanan yang mudah terakses dan dikelola.

Ketika memilih website bisnis, paling tidak kamu paham pengaturan yang biasanya di dalamnya terdapat dashboard. Memanfaatkan dashboard akan ada administrator website untuk mengubah tampilan dengan mudah.

5. Jangan Lupa Manajemen Konten

Membuat website tanpa memiliki manajemen konten yang baik hanya akan membuat blog jadi mati. Nah, pastikan kamu menerapkannya secara terstruktur. Salah satunya dengan memanfaatkan CMS (Content Management System).

Di mana CMS ini merupakan sebuah alat untuk membuat dan mengatur konten yang ada di situs website. Keberadaannya memang bertujuan untuk membantu proses pengembangan website bisnis.

Cek Konten Lainnya:
10+ Manfaat SSL untuk Keamanan Website

Saat ini, platform web hosting pun sudah menyediakan layanan tersebut, ada yang berbayar dan juga tidak. Salah satunya WordPress yang menyediakan platform CMS.

Kamu bisa mempertimbangkannya karena WordPress sangat cocok untuk berbisnis.

6. Buat Strategi yang Bagus

Setelah kamu mempraktikkan cara membuat website bisnis dan berhasil dibuat, kamu juga membutuhkan sebuah strategi untuk pengembangan program selanjutnya. Tujuannya agar website selalu update dan menghasilkan leads.

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan terkait website bisnis ini adalah keberadaan tombol untuk klik pembelian, optimasi SEO, dan juga adanya pemasaran yang sudah terintegrasi dengan media sosial.

7. Tambahkan Katalog Produk di Website

Untuk membangun usaha digital melalui sebuah blog, maka kamu perlu mengenal fitur website bisnis, salah satunya penambahan katalog untuk proses pembelian online. Tujuannya untuk memudahkan pembeli mengenali produk yang kamu jual.

Buat katalog yang menampilkan foto barang atau jasa dengan deskripsi produk yang jelas. Tuliskan pelayanan dan keuntungan yang bisa pelanggan dapatkan apabila membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis kamu.

8. Masukkan Informasi Kontak Bisnis

Bagaimana calon pelanggan bisa mengenali kamu sebagai pemilik toko? Caranya dengan memasukkan informasi kontak bisnis ke dalam website atau biasanya dalam halaman tentang kami. Jika memungkinkan jangan hanya nomor WA saja tetapi juga alamat email agar mudah dihubungi.

9. Pilih Desain Website yang SEO Friendly

Salah satu manfaat website untuk bisnis adalah bisa menjangkau pasar lebih luas. Meskipun di media sosial pun memungkinkan seseorang dari berbagai kota bisa mengenal produk yang kamu jual, tetapi menggunakan website profesionalitasnya lebih terjamin.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu asal memilih desain website. Pastikan tampilan yang terlihat ketika calon pembeli membuka website ini memiliki keserasian dan komponen pas. Mulai dari elemen visual seperti gambar, ilustrasi, warna, hingga tipografi.

Selain itu, buatkan copywriter yang menarik agar pelanggan lebih tertantang dan penasaran dengan kualitas produk. Sehingga memutuskan membeli dan bisa menjadi salah satu branding seseorang mulai mengenal seperti apa bisnis yang kamu miliki.

10. Buat Lingkaran Penjualan yang Cantik

Digital marketing harus kamu tonjolkan ketika sudah yakin ingin membuat website bisnis. Tidak hanya mengandalkan perdagangan melalui website yang fokus untuk pageone saja, kamu bisa membuat lingkaran penjualan.

Cek Konten Lainnya:
Yuk Ketahui Cara Meningkatkan Murid Kursus Online Kamu

Bagaimana maksudnya? Kamu bisa saling tarik menarik antara website, situs e-commerce, dan juga sosial media brand perusahaan.

Sehingga pelanggan tahu mengenai informasi tersebut, sehingga menganggap bisnis kamu sangat besar dan percaya dengan kualitasnya.

11. Buat Promosi Besar-Besaran

Saat pertama kali membangun website bisnis, jangan hanya berpangku tangan pengunjung akan datang. Semarakkan dengan membangun promosi besar-besaran.

Caranya dengan menggunakan TikTok maupun Instagram yang memiliki pengguna sangat banyak.

Dengan begitu tidak hanya lancar dalam membuat website bisnis saja. Kamu juga akan meraup keuntungan besar karena website telah berhasil mendatangkan pelanggan secara continue.

Manfaat Website untuk Bisnis, Apa saja?

Setiap keputusan baik selalu memiliki manfaat tersendiri. Salah satunya manfaat dari pembuatan website bisnis bagi pelaku usaha maupun perusahaan besar. Penasaran apa saja manfaat dari pembuatan website bisnis? Antara lain berikut ini :

  • Sebagai media untuk membangun branding perusahaan
  • Cara untuk menciptakan kredibilitas bisnis
  • Portofolio perusahaan ataupun layanan jasa
  • Dapat menjangkau market lebih luas lagi
  • Memiliki akses yang mudah
  • Membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
  • Memberikan informasi kontak dan alamat
  • Memanfaatkan website untuk beriklan secara profesional
  • Hemat uang karena tidak perlu menyediakan toko secara offline

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara membuat website bisnis, manfaat pembuatan dan langkah pengelolaan yang tepat ke depannya.

Pastikan ketika sudah mengambil keputusan, lanjutkan dengan matang untuk membuat bisnis jadi lebih unggul dan terkenal.

Tunggu apalagi, segera buat website bisnis perusahaan kamu bersama layanan hosting terpercaya di jagoanhosting.com.

FAQ

Domain apa yang cocok untuk website bisnis?

Domain yang mudah diingat dengan ekstensi minimal .com yang bisa didapatkan di Domain Murah dari Jagoan Hosting

Jenis hosting apa yang cocok untuk website bisnis?

Shared hosting, cloud hosting, dedicated hosting, dan virtual private server (VPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tantangan sekolah online saat pandemi
Read More
Dear Guru, Simak 6 Kiat Sukses Kelas Online!
Kiat Sukses Kelas Online – Menyiapkan kelas online tentulah bukan hal yang mudah! Apalagi jika sekolah Anda tidak…
Hal yang Harus dan Jangan dilakukan Ketika Menggunakan Facebook untuk Promosi
Read More
6 Hal yang Harus dan Jangan dilakukan Ketika Menggunakan Facebook untuk Promosi
Sebagai pebisnis yang juga berkecimpung di Facebook, tentu nya Anda sekalian menginginkan banyak pelanggan yang datang bukan? Pengguna…