Apa itu SEO? Cara Kerja, Fungsi & Strateginya

apa itu seo
seo

SEO adalah sebuah strategi yang bermanfaat untuk seorang pemilik situs. Cara seperti ini, sebenarnya bisa membantu agar menaikkan traffic pengunjung. Oleh karena itu, penerapan SEO penting untuk kesuksesan sebuah situs.

Jika penerapan SEO kamu bagus, terdapat peluang besar situs milikmu akan muncul di halaman pertama sebuah mesin pencari seperti Google. Pengunjung mungkin saja akan mengklik link menuju situsmu dan akhirnya traffic naik.

Tidak melulu soal traffic, SEO juga bisa membantu meningkatkan kualitas situsmu lho. Tentunya, setiap halaman pertama di sebuah mesin pencari memuat setiap link menuju situs berkualitas dan sekadar tidak abal-abal.

Terdengar mudah, tapi ternyata masih banyak yang bingung cara menerapkan strategi tersebut. Tenang dulu, Sob! Artikel ini akan secara rinci menjelaskan SEO atau search engine optimization, mulai dari definisi, cara kerja, hingga penerapannya.

Apa Itu SEO?

seo adalah

Sebelum mengenal SEO, ada baiknya kamu mengerti definisinya dulu. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. Ini berarti SEO menjadi praktik untuk optimasi situs di search engine.

Cara ini bertujuan agar situs kamu dapat lebih terlihat di mesin pencari seperti Google. Pasalnya, SEO bisa meningkatkan peluang halaman sebuah situs kamu lebih terlihat berdasarkan kata kunci atau keyword pilihan yang sesuai.

Jika pengguna memasukkan kata kunci mesin pencari, mereka pasti mengklik link baris pertama di halaman pertama pencarian kan? Ini menjadi suatu hal idaman oleh setiap pemilik situs, yaitu melihat halaman situs mereka di posisi teratas mesin pencari.

Kalau banyak yang mengklik link menuju sebuah situs pada mesin pencari, situs itu akan meningkat traffic-nya. Jika penerapan SEO sudah sangat baik, terdapat peluang sebuah situs akan mencapai jumlah traffic yang sangat besar.

Bukan hanya traffic, SEO bisa berfungsi untuk menunjukkan kualitas sebuah situs sesuai tujuan. Pengunjung tentu ingin kata kuncinya dalam mesin pencari menuju sebuah link sesuai tujuan dan informasi yang diperlukan.

Perbedaan SEO dan SEM

Pernahkah kamu dengan istilah SEM? Mungkin istilah itu serupa dengan SEO mengingat tujuan keduanya kurang lebih sama. Namun ternyata, SEO dan SEM memiliki fungsi yang berbeda.

SEO adalah sebuah strategi dalam mengoptimalkan situsmu demi mendapat peringkat teratas di laman mesin pencarian sesuai keyword. SEM sendiri mengandalkan cara berbayar demi mendapat peringkat teratas di mesin pencarian.

Dari singkatannya, SEM berarti Search Engine Marketing. Strategi ini mengandalkan digital marketing demi meningkatkan traffic berbayar. Dalam menerapkan cara ini, kamu dapat menggunakan jasa untuk “mengiklankan” situs kamu di mesin pencari.

Karena SEM pada dasarnya merupakan cara lewat iklan, situs kamu mungkin bisa muncul di laman pertama mesin pencari secara instan. Alhasil, traffic situs kamu juga bisa naik dengan cepat.

Namun, SEM memiliki kekurangannya tersendiri. Banyak pengguna sering sekali enggan mengklik konten berembel-embel iklan. Mereka lebih memilih konten yang naik secara organik di mesin pencari.

Jika SEM bisa menghasilkan traffic lebih tinggi secara instan, SEO membutuhkan waktu untuk mendapat peringkat teratas di sebuah laman pencarian keyword. Setidaknya, SEO adalah cara gratis untuk meningkatkan traffic sebuah situs.

Terakhir, penerapan SEO berdampak jangka panjang, sementara dampak SEM justru akan meredup cepat jika durasi iklan sudah habis. Dampak jangka panjang SEO hanya bisa didapat jika optimasi situsmu bagus.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan 10+ Contohnya

Tiga Teknik SEO

teknik SEO

Search engine optimization terbagi menjadi tiga elemen utama dilansir Semrush, yaitu on page, off page, dan technical. Masing-masing jenis ini memiliki keuntungannya dalam mengoptimalkan situs kamu, terutama SEO marketing.

Seperti yang sudah disebutkan, SEO menjadi cara gratis untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs. Dengan kata lain, SEO menjadi cara untuk memasarkan atau marketing sebuah situs.

Secara sederhana, SEO marketing adalah teknik pemasaran dengan mengandalkan teknik SEO. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk meningkatkan traffic organik di luar iklan pengunjung berbayar dan traffic langsung.

Berikut adalah penjelasan tiga jenis teknik utama SEO, yaitu on page, off page, dan technical.

1. On page

SEO on page merupakan cara optimasi situs secara langsung di setiap halamannya. Tujuannya agar pengunjung yang menjadi target pasar dapat menemukan konten situs dengan mudah sehingga dapat meningkatkan peringkat traffic.

Caranya kamu harus mengoptimalkan pencarian yang bisa kamu kendalikan di situsmu. Aspek-aspek tersebut bisa berupa konten, kata kunci, tag, image alt text, dan meta description.

Setiap search engine, terutama Google, otomatis menilai kualitas konten dalam setiap website. Misalnya, Google melakukan hal itu menggunakan framework E-E-A-T (experience, expertise, authoritativeness, dan trustworthiness).

Berdasarkan penilaian tersebut, sudah pasti konten berkualitas tinggi buatan seorang author, termasuk pemilik situs itu sendiri, dapat terpercaya. Jika hal itu terjadi, konten tersebut akan diprioritaskan masuk halaman pertama laman pencarian keyword.

Kamu juga harus menentukan kata kunci atau keyword yang pas untuk kontenmu. Ini akan mempermudah algoritma mesin pencari mengidentifikasi isi konten yang sesuai. Lalu buatlah konten dengan mengandalkan kata kunci itu.

Jangan terlalu banyak menempatkan kata kunci di dalam sebuah konten. Ini dapat mengurangi peluang situs kamu muncul di mesin pencarian.

Judul halaman atau title tag harus memuat kata kunci, singkat, dan menarik. Gunakan header tag untuk membagi segmen konten. Kedua tag ini akan membantu mesin pencari menyesuaikan informasi sesuai pencarian pengguna.

Image alt text dan meta description di SEO adalah salah satu elemen penting. Image alt text dalam SEO mendeskripsikan gambar dengan kata kunci. Sementara, meta description berupa informasi singkat sebuah halaman yang muncul di search engine.

2. Off page

SEO off page merupakan cara mengoptimalkan situs dari area luar. Caranya bisa menggunakan backlink dari situs lain atau link building. Mengapa situs dengan backlink dapat berdampak pada optimasi SEO?

Backlink dari situs lain bisa berupa referensi dari konten yang kamu tulis, Sob. Tujuan metode ini untuk meningkatkan kredibilitas situsmu di mata pembaca dan juga mesin pencari. Namun, setiap backlink itu harus dari situs yang memiliki reputasi terpercaya.

Tentunya, banyaknya backlink berkualitas di sebuah situs bisa menjadi tolak ukur bahwa website tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi. Dengan demikian, situs yang memiliki backlink berkualitas berjumlah banyak seperti ini cenderung menduduki peringkat traffic lebih baik.

Link building bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan off page SEO situsmu. Kamu juga bisa mengandalkan media sosial untuk mempromosikan konten terbaru. Cara ini bisa membantu agar banyak orang mengunjungi situsmu.

3. Technical

Setelah on page SEO dan off page SEO, situsmu wajib berfungsi dan berkualitas secara teknis. Kamu harus mengandalkan technical SEO untuk menyesuaikan dengan kriteria dari mesin pencari.

Technical search engine optimization adalah sebuah cara mengoptimasi struktur situs agar performanya maksimal menurut mesin pencari. Technical SEO juga dapat membantu agar pengunjung nyaman dan betah saat mengunjungi situsmu.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Toko Online: 8 Langkah Mudah!

Jika elemen technical SEO teroptimasi sangat baik, semakin besar peluang situsmu akan muncul di halaman teratas pencarian.

Kecepatan loading situs kamu menjadi faktor penting dalam kenyamanan pengguna dan juga technical SEO. Jika situs kamu membutuhkan waktu loading lama, pengunjung bisa beralih ke situs lain. Ini memicu angka bounce rate yang tinggi.

Teknik internal link menjadi cara untuk menghubungkan sebuah halaman dengan halaman lainnya di situsmu menggunakan hyperlink. Cara seperti ini akan mempermudah navigasi bagi pengunjung dan kredibilitas situsmu ikut meningkat.

Terakhir, memasang sertifikat SSL dapat memastikan kalau situs kamu sudah aman dan terpercaya. Ini menandakan proses perpindahan data antara situsmu dan browser pengunjung akan terenkripsi. Search engine juga menatap faktor seperti ini lho, Sob.

Cara Kerja SEO

cara kerja SEO

Setelah mengetahui SEO secara definisi beserta elemen utamanya, kamu pasti penasaran dengan cara kerjanya kan? Penggunaan SEO sangat bergantung pada algoritma dari mesin pencari itu sendiri. Bagaimana bisa?

SEO memiliki tiga tahap dalam cara kerjanya. Setiap cara kerja dari SEO mengandalkan web crawler milik mesin pencari. Web crawler memiliki fungsi untuk mengumpulkan informasi agar halaman situs yang ditemukan bisa masuk indeks.

Berikut adalah tiga tahap cara kerja dari Search Engine:

1. Crawling

Dalam tahap crawling, web crawler akan mencari dan mengumpulkan informasi berupa halaman yang baru ter-update. Web crawler tersebut akan memasukkan halaman tersebut ke dalam indeks.

2. Indexing

Setelah web crawler memasukan sebuah halaman situs ke dalam indeks, mesin pencari akan menilai kata kunci, kualitas, struktur, dan relevansinya. Kemudian, mesin pencari membagikan halaman itu sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

3. Ranking

Mesin pencari akan mengurutkan setiap laman situs yang tersimpan di indeksnya berdasarkan kata kunci. Ia akan mengurutkannya berdasarkan relevansi. Berarti link sebuah situs di posisi teratas menandakan paling relevan bagi pengguna.

Fungsi SEO

manfaat SEO

Pada dasarnya, SEO adalah penerapan teknik optimasi situs yang dapat memudahkan mesin pencari dalam menentukan relevansinya pada indeks. Mesin pencari akan menentukan peringkat sesuai kata kunci dari pengguna.

SEO juga memiliki beberapa keuntungan lain yang dapat menguntungkan situs itu sendiri. Pasalnya, banyak dari traffic sebuah situs berasal dari mesin pencarian lho, Sob. Tentu saja menerapkan SEO adalah kewajiban bagi pemilik situs.

Berikut adalah fungsi dan manfaat jika kamu menerapkan SEO di situsmu:

1. Meningkatkan Traffic dan Mendapat Lebih Banyak Pengunjung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SEO dapat membantu sebuah situs berpeluang meningkatkan traffic organik. Tentunya, jika sebuah situs berada di peringkat teratas hasil pencarian, peluang untuk mendapat traffic banyak lebih besar.

Pengguna berpeluang tinggi untuk mengunjungi link yang berada di halaman pertama hasil pencarian, apalagi di posisi teratas. Mereka biasanya enggan mengunjungi halaman kedua dan seterusnya agar tidak merasa sangat repot.

2. Mendapat Target Audiens yang Tepat dan Relevan

SEO turut bermanfaat untuk menjaring audiens yang tepat berdasarkan kata kunci yang telah terinput oleh pengguna. Alhasil, kata kunci yang kamu terapkan dapat menjadikan konten situs kamu sesuai dengan target audiens yang diharapkan.

3. Membuktikan Kredibilitas Situs

Situs yang muncul di posisi teratas hasil pencarian pada dasarnya menjadi situs terkredibel. Berarti pengguna akan percaya bahwa konten di situs tersebut memiliki informasi yang relevan dan kredibel.

Pasalnya, ini karena mesin pencari sudah menganggap situs itu memiliki informasi paling kredibel dan relevan sesuai pencarian kata kunci oleh pengguna. Alhasil, manfaat ini sangat menguntungkan bagi pengguna dan juga pemilik situs.

4. Sebagai Promosi “Gratis” Jangka Panjang

Penerapan SEO secara tepat memiliki peluang bagi sebuah situs untuk terekspos di laman pertama hasil pencarian di mesin pencari. Terlebih, ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness untuk situs kamu secara cuma-cuma, Sob.

Cek Konten Lainnya:
Jangan Takut Mahal, Ini Biaya Iklan di Instagram!

SEO bisa memperlancar pemasaran situsmu, terutama bagi kamu yang menjual sebuah produk dan memberikan begitu banyak informasi terpercaya. Bisa jadi, SEO menjadi wujud investasi jangka panjang dengan membangun banyak traffic organik.

Baca juga: 15+ Tools SEO Gratis & Bayar Terbaik yang Wajib Dipakai

Strategi SEO

Terakhir, kamu hanya tinggal mempraktikkan cara penerapan SEO demi menarik traffic dan pengunjung untuk situsmu. Tidak cukup hanya mengetahui secara teori, akan percuma jika kamu tidak menerapkannya secara maksimal.

Pasalnya, teknik SEO adalah sebuah strategi optimasi untuk meningkatkan kualitas situs. Tujuan utamanya untuk mencapai peluang secara maksimal demi mencapai peringkat teratas di sebuah laman pencarian.

Berikut adalah tahapan strategi untuk menerapkan SEO agar situsmu berpeluang mengundang traffic organik.

1. Riset Keyword

Pertama, kamu harus memulai mencari keyword yang relevan untuk sebuah laman situsmu. Tentu kamu harus melakukan riset untuk mencari keyword apa yang biasa dicari pengguna saat itu agar kontenmu relevan sesuai target.

Kamu bisa menggunakan alat seperti Google Adword atau Keyword Tool untuk melakukan riset pada kata kunci pilihan kamu. Kamu bisa mendapat kata kunci untuk LSI keyword dan juga artikel yang terkait selama pencarian.

2. Gunakan Tools Pendukung SEO

Saat menulis konten situs, kamu harus memastikan keyword sudah tersebar secara alami dan sudah menerapkan SEO secara tepat. Cara termudahnya adalah menginstal plugin SEO untuk membantu memastikannya.

Jika kamu menggunakan WordPress, terdapat beberapa pilihan plugin SEO yang dapat membantu menunjang situsmu. Di WordPress, contoh plugin SEO adalah AIOSEO dan Yoast SEO.

plugin SEO

Yoast SEO menjadi plugin paling populer di WordPress dengan menawarkan kemudahan untuk mengelola SEO website kamu, sayangnya versi yang free masih belum bisa menggunakan semua fitur terbaiknya.

Untuk bisa pakai semua fitur dari Yoast kamu harus berlangganan versi Premium yang bisa kamu dapatkan Gratis di semua produk Jagoan Hosting seperti di Hosting Murah Unlimited, WordPress Hosting Indonesia dan Website Instan.

3. Pastikan Waktu Loading Situs Cepat

Dalam penerapan SEO, waktu loading situsmu harus secepat mungkin. Jika loading situsmu tergolong lama, pengunjung akan merasa tidak nyaman dan segera beralih ke situs lain.

Mengaktifkan cache dalam website dapat mempercepat waktu loading website bagi pengunjung. Kamu juga perlu mengompresi setiap gambar di sebuah halaman agar loading-nya tidak lama. Terlebih, halaman redirect tidak perlu banyak-banyak.

4. Pastikan Kontenmu Berkualitas

Terakhir, menjadi kunci terpenting dalam strategi penerapan SEO Content. Buatlah konten original sesuai dengan keyword pilihan kamu. Kamu bisa mencari referensi artikel lain, tapi jangan melakukan tindakan plagiat atau menjiplak secara utuh.

Konsistensi ikut menjadi kunci agar situsmu berpeluang tinggi mendapat traffic banyak. Ada baiknya kamu konsisten meng-update situsmu dengan berbagai konten baru yang menarik bagi pengunjung dan juga sudah ramah SEO.

Jangan lupa juga beri backlink berupa link yang menjadi referensi agar kontenmu kredibel dan berkualitas.

Penutup

Dapat disimpulkan bahwa SEO adalah cara agar situs kamu berpeluang tinggi masuk di halaman pertama hasil pencarian. Alhasil, traffic dan jumlah pengunjung situs kamu bisa saja meningkat secara organic, Sob.

Jika cara penerapan SEO baik dan benar, kamu akan mendapat hasil yang maksimal. Peluang bagi situs kamu untuk menjadi sangat populer akan terbuka sangat lebar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
marketplace adalah
Read More
Apa itu Marketplace? Jenis, Contoh, Bedanya dari E-commerce
Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang cukup disarankan untuk online shop. Di website marketplace kamu bisa menampilkan…
carousel adalah
Read More
Apa itu Carousel? Cara Membuat dan Contohnya
Hai Sob, sebagai milenial pasti kamu sering mengunggah momen berkesan dalam media sosial, dan tak jarang lebih dari…