Di dunia serba digital seperti sekarang ini, pertanyaan “apa itu SEO?” sering banget ditanyakan. Nggak cuma untuk para pelaku bisnis, banyak banget pihak lain yang perlu belajar tentang SEO atau Search Engine Optimization. SEO ini punya peran besar untuk keberhasilan suatu website bahkan bisnis. Nggak heran kalau pertanyaan “apa itu SEO?” sering banget diajukan.

Mungkin Sobat Jagoan Hosting di sini juga masih bertanya-tanya, sebenarnya apa itu SEO. Pada artikel kali ini, Jagoan Hosting akan mengulas seputar Search Engine Optimization. Jadi pantengin terus sampai akhir artikel ya, Sob!

Apa itu SEO?

Apa itu SEO?
gambar dari unsplash

Search Engine Optimization atau SEO adalah usaha yang dilakukan untuk optimalisasi website. Apakah SEO hanya berupa satu metode atau satu usaha saja? Nggak, Sob! SEO merupakan kumpulan dari berbagai teknik dan metode. Metode-metode ini dilakukan dan dikolaborasikan agar website kita masuk jajaran teratas mesin pencarian Google.

Ya, benar banget! Usaha melakukan Search Engine Optimization ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan popularitas website kamu di Google. Tujuan utamanya adalah membuat website muncul di daftar teratas ketika seseorang memasukkan kata kunci tertentu.

Dari sedikit pembahasan barusan, kamu sudah bisa menangkap dua poin penting terkait apa itu SEO. Apa aja? Ini dia:

  1. SEO bertujuan untuk memunculkan website yang kamu kelola di daftar teratas mesin pencarian Google.
  2. Hal yang dibidik adalah visitor dan kata kunci.

Sampai sini paham ya, Sob?

SEO, untuk apa?

Kita lanjut membahas fungsi dari SEO. Sebenarnya untuk apa usaha Search Engine Optimization dilakukan? Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, SEO dilakukan agar website kita muncul pada daftar teratas mesin pencarian Google ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu.

Ini alasan kenapa kamu perlu SEO, Sob!

Kenapa website kita perlu memasuki daftar teratas ini? Alasannya adalah agar website kamu memiliki lebih banyak pengunjung alias visitor website. Dengan memiliki pengunjung yang banyak, traffic kamu akan meningkat. Popularitas dan branding website kamu juga akan ikut meningkat. Nggak cuma itu, traffic ini bisa mengarah ke konversi.

Apa itu konversi? Konversi adalah tindakan lebih lanjut yang dilakukan oleh pengunjung. Mereka bukan hanya melihat dan membaca konten website kita, tapi juga melakukan tindakan lainnya seperti melakukan pembelian produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ini adalah tujuan akhir dari usaha Search Engine Optimization yang dilakukan.

Misalnya nih kamu mengelola website perusahaan kosmetik. Gimana cara kamu mendapat pembeli kalau orang-orang nggak tau ada website tersebut? Kamu hanya akan mendapat pembeli jika website tersebut sudah dikenal oleh banyak orang. Jadi, sebenarnya usaha SEO ini sangat penting. Apalagi untuk para Sobat Jagoan Hosting yang menggunakan layanan website untuk toko online dari Jagoan Hosting.

Gimana caranya?

Seperti yang sudah dibahas pada poin-poin sebelumnya, SEO bukan satu usaha tersendiri. SEO terdiri dari berbagai upaya optimasi. Mulai dari urusan server sampai kontennya. Hal yang menjadi titik penting dari SEO adalah user experience. Gimana kamu bisa menarik mereka untuk mengunjungi website dan memiliki pengalaman yang nyaman ketika mengakses website. Ini adalah hal yang penting dalam SEO.

Maka dari itu, Sob. Kamu perlu memiliki website yang user friendly dan mengisi website kamu dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan para pengunjung. Cara termudah untuk bisa memiliki website yang user friendly adalah memiliki website yang tangguh, anti lemot dan bisa merespons dengan cepat. Pilihan yang sangat tepat ketika kamu menggunakan website dengan layanan domain dan hosting terbaik yang dimiliki Jagoan Hosting. Website kamu bisa berjalan 5x lebih cepat dibandingkan website lain. Keren banget kan, Sob?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like