SEO Marketing: Manfaat dan Strateginya

SEO Marketing

Brand bisnis yang semakin dikenal masyarakat luas maupun memperoleh peningkatan penjualan sama-sama penting dalam bisnis digital. Salah satu cara untuk mewujudkan kedua hal tersebut adalah melalui SEO marketing. Oleh karena itu penting sekali, sob kamu mempelajari secara lebih dalam konsepnya :  

Apa itu SEO Marketing?

SEO marketing adalah cara melakukan promosi dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari. Secara lebih spesifiknya di sini kamu harus berupaya membuat website-mu itu bisa bertengger di halaman pertama.  

Mengapa harus di halaman pertama? Menurut ahli SEO ternama Neil Patel, 75% audiens hanya mencari informasi di halaman pertama saja. Mereka tidak mau repot-repot menelusuri sampai halaman lainnya.  

Jadi dapat dikatakan kalau website berada di halaman pertama maka potensi audiens menemukan website lebih tinggi. Dengan begitu harapannya traffic yang masuk juga semakin besar. 

Mengapa SEO Marketing Penting?

Terlepas kini google selaku mesin pencari memiliki fitur iklan berbayar tapi bukan berarti traffic yang organik menjadi tidak penting.

Sesuai dengan data yang ditunjukkan oleh search engine lands 53% traffic yang berlalu lalang dalam mesin pencari merupakan yang berjenis organik. Ini detailnya : 

pentingnya SEO marketing

Dengan demikian bisa kamu simpulkan traffic organic berperan cukup signifikan dalam setiap segi kegiatan audiens berinternet. Mulai dari yang sekedar mencari informasi sampai melakukan riset sebelum memutuskan membeli suatu produk. 

Promosi melalui SEO marketing terasa semakin tidak berhenti hanya pada mendatangkan audiens tapi juga konsistensinya. Jika promosi berbayar masa berlakunya habis maka traffic-nya pun demikian. Sementara pada traffic yang masuk secara organik bertahan lebih lama dan lebih pasti.

Cek Konten Lainnya:
Google Keyword Planner: Definisi, Fitur & Cara Menggunakan

Bagaimana Cara Kerja SEO Marketing?

Supaya tahu bagaimana mengoptimalkan SEO maka sedikit banyak kamu wajib tahu seperti apa cara kerjanya, sob. Maka dari mari simak dalam 4 langkah ini

Crawling

Fase crawling dalam SEO marketing merupakan fase di mana ketika google menghimpun data-data dari semua website yang berada di dalamnya.. Data diambil secara lengkap per bagian dalam website yang meliputi blog post, homepage, label, dan halaman statis.

Melihat proses di atas tentu dapat dibayangkan betapa banyaknya pekerjaan yang harus mesin pencari lakukan. Untuk itulah supaya lebih efisien, biasanya google juga menggunakan bantuan software crawling   semacam spider, Google Bot, dan crawler. 

Indexing

Semua data yang berhasil google kumpulkan akan melewati tahap selanjutnya dalam SEO marketing yaitu indexing. Data-data tersebut masuk ke database yang sudah google siapkan. Penggolongan database dalam hal ini adalah berdasarkan kata kunci yang sering muncul dalam website tersebut.

Database inilah yang menjadi alasan mengapa seorang pembuat konten website terutama yang berbentuk artikel wajib melakukan riset kata kunci. 

Ranking

Proses terakhir setelah google melakukan kalkulasi berdasarkan relevansi, hasilnya akan sistem tampilkan. Halaman website yang google nilai paling relevan kata kuncinya akan memperoleh kesempatan yang lebih besar memperoleh peringkat yang lebih bagus. 

Namun perlu kamu ingat bahwa tren yang bisa berubah dengan begitu cepat, algoritmanya pun akan berubah-ubah mengikutinya. Perubahan inilah yang wajib kamu selalu up to date untuk menjaga posisi website-mu di halaman pencari tetap bagus. 

Tips untuk Meningkatkan SEO Marketing

meningkatkan SEO marketing

Supaya tujuan dalam SEO marketing dalam mengundang banyak traffic tercapai maka perlu memahami dulu strategi SEO Marketing yang efektif. Strategi-strategi tersebut antara lain : 

Optimalkan Technical SEO

Kamu perlu memastikan situs webmu dioptimalkan secara teknis agar mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah mengindeksnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu PPC (Pay Per Click)? Kenali Jenis dan Cara Membuat

Ini termasuk memastikan bahwa struktur website, penggunaan kata kunci yang tepat, dan URL yang ramah mesin pencari. Jangan lupa untuk tingkatkan kecepatan situsmu, karena ini juga merupakan faktor penting dalam peringkat SEO.

Riset Audience

Salah satu kunci keberhasilan dalam pemasaran adalah memahami siapa target audiensmu. Lakukan riset mendalam untuk mengetahui kata kunci yang mereka gunakan, kebutuhan dan keinginan mereka, serta di mana mereka aktif secara online.

Dengan informasi ini, kamu dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

Aktivasi Local SEO

Jika bisnismu berfokus pada wilayah tertentu, penting untuk mengoptimalkan SEO lokal. Pastikan informasi bisnismu seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional tersedia secara online dan konsisten di semua platform.

Daftar bisnis lokal dan mendapatkan ulasan positif juga dapat membantu meningkatkan visibilitasmu dalam pencarian lokal.

Perhatikan User Experience

Pengalaman pengguna adalah kunci dalam mempertahankan pengunjung situs webmu dan meningkatkan konversi. Pastikan situs webmu mudah dinavigasi, cepat dimuat, dan responsif di berbagai perangkat.

Selain itu, konten yang berkualitas dan relevan juga akan meningkatkan user experience dan membuat mereka kembali lagi ke situs webmu.

Riset Kata Kunci Dengan Tepat 

Sebagaimana yang sudah bagian cara kerja jelaskan bahwa nantinya website-mu akan dimasukkan dalam suatu database yang dibagi berdasarkan kata kunci tertentu.

Dengan demikian kalau kamu ingin website yang lebih terekspos maka kata kunci yang kamu  pakai harus cocok dengan yang audiens ketikkan dalam mesin pencari. 

Tentunya susah kalau menentukan kata kunci hanya dengan mengira-ngira tapi tenang saja karena sudah tersedia tools riset keyword bantuan.

Misalnya seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, maupun Moz. Tidak hanya menyediakan sejumlah daftar kata kunci tapi turut menunjukkan berapa popularitas dan persaingannya. 

Cek Konten Lainnya:
6 Cara Menjadi Selebgram Terkenal Sampai Dapat Endorse!

Analisis Pada Kompetitor

Sesudah memperoleh gambaran kata kunci yang akan kamu pakai pada SEO marketing , langkah berikutnya adalah mengecek kompetitor. Siapa saja yang sudah memakai kata kunci tersebut dan memperoleh peringkat yang tinggi dalam halaman pencari.

Tujuan mengetahui strategi SEO kompetitor adalah dapat merumuskan taktik yang lebih jitu untuk menggulingkan mereka.

Jangan gentar walaupun kamu harus berjumpa dengan kompetitor kelas kakap. Kamu tetap bisa melampaui mereka asal kontenmu terjamin kualitas, relevansi, dan komprehensifnya. .

Meskipun memakan waktu, membangun tautan atau biasa disebut dengan backlink adalah cara yang diakui dengan baik untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.

Menggunakan link dari website yang lebih kompeten dapat menjadi sinyal bagi mesin pencari bahwa website-mu kompeten dan layak didatangi oleh audiens. 

Untuk memulai menjalankan strategi ini, pastikan kamu telah menetapkan kehadiran di platform media sosial dan direktori bisnis lokal. Tautan dasar yang kamu hasilkan dari situs-situs berpengaruh ini dapat memberikan dorongan dalam mesin pencari.

Selanjutnya, tawarkan bisnis atau produk kamu ke situs web atau outlet berita yang relevan digunakan oleh audiensmu. Jika kamu memiliki keahlian dalam suatu bidang, pertimbangkan untuk menawarkan sebuah kiriman blog yang mengarah kembali ke situs web-mu.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan efektivitas pemasaranmu dengan SEO.

Ingatlah bahwa SEO adalah proses yang berkelanjutan, jadi pastikan untuk terus memantau dan menyesuaikan strategimu sesuai dengan perkembangan yang terjadi di dunia digital. Kamu bisa ikuti terus update artikel seputar SEO dari Blog Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
schema markup
Read More
Apa itu Schema Markup? Cara Menerapkan & Pentingnya bagi SEO
Schema markup adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi website agar dapat tampil unggul di…
membuat website seo friendly
Read More
10 Cara Membuat Website SEO Friendly Secara Tepat [Lengkap]
Agar mendapatkan peringkat atas dalam search engine, kamu harus memastikan website yang kamu bangun sudah memenuhi kriteria SEO…