10+ Cara Menjadi Blogger yang Sukses Hasilkan Uang

cara menjadi blogger

Saat ini semakin banyak pemula yang mencari tahu bagaimana cara menjadi blogger profesional. Hal ini wajar, mengingat keuntungan menjadi blogger pun tidak bisa kamu pandang sebelah mata. 

Jika blog memiliki visitor atau traffic yang tinggi, penghasilan besar hingga jutaan rupiah tiap bulan bisa kamu dapatkan. Meski begitu, tidak mudah dan instan untuk memiliki blog yang sukses dengan pengunjung besar. 

Butuh kerja keras, waktu, dan konsistensi agar bisa mewujudkannya. Nah, kalau kamu tertarik untuk jadi blogger, inilah beberapa cara efektif yang bisa menjadi referensi. Simak sampai akhir ya, Sob! 

Mengenal Profesi Blogger dan Penghasilannya 

“A blogger is a person who writes on blog, either vocationally, or with the aim of monetizing it to obtain an economic return”. – Arimetrics.com. 

Dari pengertian tersebut dapat kamu pahami bahwa blogger adalah seseorang yang menulis di blog. Baik untuk kebutuhan personal atau pribadi, maupun untuk tujuan menghasilkan penghasilan berupa uang. 

Aktivitas menulis blog sendiri memiliki sebutan blogging. Kegiatan ini mulai populer pada tahun 2000-an dan berkembang pesat hingga saat ini. Sebagai seorang blogger kamu bisa menulis banyak hal dan mengangkat banyak tema. 

Penghasilan sebagai blogger profesional pun terbilang menjanjikan lho. Gaji atau penghasilan utama blogger akan berasal dari Google AdSense. Rata-rata kamu bisa mendapatkan 1 sampai 5 juta perbulan atau bahkan lebih. 

Hal ini sangat relatif karena tergantung dari traffic atau jumlah pengunjung blog. Jadi kalau kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung, semakin besar juga gaji yang akan kamu peroleh. 

Selain dari Google AdSense, pendapatan blogger pun bisa berasal dari hal lainnya. Mulai dari afiliasi, content placement, menjual atau membuat produk sendiri, menjadi Brand Ambassador, lomba blog, dan lain sebagainya. 

Untuk menjadi seorang blogger profesional, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Berikut adalah syarat menjadi blogger tersebut:

  • Waktu 
  • Kemampuan menulis
  • Minat 
  • Pengetahuan teknis mengenai blog 
  • Skill untuk mendesain blog 
  • Wawasan untuk promosi atau marketing
  • Kreativitas yang tinggi

Cara Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang

cara mudah jadi blogger

Agar bisa menjadi seorang blogger profesional yang sukses, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Menentukan Tujuan Membuat Blog 

Pertama, coba tentukan dulu apa tujuanmu membuat blog. Ini sangat bermanfaat agar kamu memiliki pedoman ingin mengelola blog seperti apa. Ada beberapa jenis fokus blogging yang bisa kamu jalankan, di antaranya:

  1. Press release: blog berisi berita atau news terbaru mengenai berbagai acara tertentu.
  2. PPC: blog yang bertujuan untuk menayangkan iklan dari Google AdSense atau sejenisnya. Penayangan ini tentu akan mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang pengunjung klik/buka.
  3. Affiliate marketing: menyertakan link pembelian produk. Penghasilan akan didapat berdasarkan jumlah konversi penjualan yang terjadi.
  4. Content placement: berisi review sebuah produk atau layanan dan mendapatkan penghasilan dari artikel yang tayang di blog tersebut. 
Cek Konten Lainnya:
6 Teknik Menjadi Sales Online Jagoan

2. Pilih Topik yang Menarik 

Cara menjadi blogger selanjutnya adalah menentukan topik blog yang menarik. Pemilihan topik ini memiliki peranan yang besar karena akan menentukan jalannya blog yang kamu miliki dan pengunjung yang datang. 

Oleh karena itu, sebaiknya pilih topik yang memang banyak orang cari. Beberapa topik yang bisa kamu pilih adalah fashion, gaya hidup, kesehatan, pendidikan, tutorial, review, ekonomi, berita, dan lain sebagainya. 

3. Pilih Platform atau CMS Blog 

Sebelumnya, perlu kamu pahami bahwa ada beberapa platform blog yang bisa kamu gunakan untuk blog. Beberapa pilihan tersebut adalah Blogger.com, WordPress.com, Wix, Medium, dan lain sebagainya. 

Setiap platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan konten yang ingin kamu buat. Ketika memilih platform, pastikan juga kamu menggunakan nama domain yang tepat. 

Domain adalah alamat untuk mengakses situs website yang kamu miliki. Sebaiknya, pilihlah nama domain yang mudah untuk orang lain ingat dan belum pernah ada yang menggunakan. 

4. Pilih Domain dan Hosting

Setelah memilih platform untuk blog, berikutnya adalah memilih domain dan hosting. Berbicara tentang domain, ada banyak sekali yang ekstensi domain yang bisa kamu pilih seperti .com, .id, .net, .co.id, dan lain-lain.

Ekstensi domain yang umum digunakan untuk membuat blog biasanya .com. Domain ini populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain itu, domain .com juga terbilang murah dari ekstensi domain lainnya.

domain

Silakan tentukan nama domain yang bisa kamu pilih di Beli Domain dari Jagoan Hosting, bisa buat nama yang sesuai niche/topik yang ingin kamu bahas. Contoh, jika ingin membuat blog bisnis bisa pakai domain ayoberbisnis.com dan ide nama lainnya.

Setelah menemukan nama domain, kamu juga perlu menyewa hosting agar blog yang dibuat bisa diakses melalui internet. Kamu bisa membeli domain dan hosting di Jagoan Hosting.

wordpress blog

Ada banyak sekali pilihan hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan awal pembuatan blog. Perihal harga, Jagoan Hosting menyediakan paket Web Hosting Termurah mulai dari Rp15.000 per bulan.

5. Desain Tampilan Blog 

desain tampilan blog

Desain tampilan blog juga menjadi salah satu cara menjadi blogger sukses yang tidak kalah penting. Pasalnya, tampilan akan berpengaruh besar terhadap experience pengunjung ketika mengakses website atau blog mu. 

Memang kunci dari blog adalah konten yang berupa tulisan. Akan tetapi, jika tampilannya tidak mendukung, pengunjung pun tidak akan betah berlama-lama. Di setiap platform blog, akan memiliki pengaturan tampilan yang berbeda. 

Kamu bisa menyesuaikan tampilan blog dengan topik yang dipilih. Selain itu, sesuaikan juga dengan target pembaca. Beberapa komponen tampilan yang harus kamu perhatikan adalah tema, warna, font, dan layout. 

Cek Konten Lainnya:
Optimasi Website: 15+ Cara yang Wajib Dilakukan

Kemudian judul, header, konten, sidebar, widget, footer, navigation bar, sharing button, dan menu bar. 

6. Mulai Menulis Konten 

bikin konten artikel

Sebagus apapun cara menjadi blogger pemula yang sudah kamu praktekkan, tidak akan ada artinya jika kamu tidak membuat konten. Konten adalah kunci dari blog, maka dari itu buatlah konten yang bagus, menarik, dan pastinya original. 

Sebagai seorang blogger, kamu pun perlu selalu meningkatkan kemampuan menulis. Jangan cepat merasa puas dengan hasil tulisan yang sudah kamu buat. Ingat juga untuk selalu rutin dan konsisten memposting tulisan. 

7. Kuasai Soal SEO dan Teknikal 

seo

SEO atau Search Engine Optimization adalah hal penting yang perlu setiap blogger kuasai. Pasalnya, menguasai teknik SEO akan sangat bermanfaat untuk membuat blog mu masuk ke daftar pencarian teratas mesin pencari. 

Beberapa teknik dasar SEO yang setidaknya harus kamu kuasai adalah riset keyword, paham mengenai user intent, bisa menempatkan keyword dengan tepat, penggunaan backlink, membuat konten yang SEO friendly, dan sebagainya. 

Riset kata kunci atau keyword sangat besar perannya untuk membantumu membuat konten-konten yang memang banyak dicari oleh pengguna internet. Alhasil, blog pun bisa semakin ramai. 

Kuasai juga berbagai tools yang bisa membantu praktek SEO. Seperti misalnya Ubersuggest, SEMRush, Google Search Console, Screaming Frog, dan lain sebagainya. Ada beberapa tools yang berbayar, tapi ada juga yang gratis. 

Saat ini sarana untuk bisa belajar mengenai SEO pun sudah sangat terbuka lebar. Kamu bisa mempelajarinya melalui Youtube, postingan di LinkedIn, Google, buku, e-book, media sosial, hingga webinar atau seminar. 

Banyak ahli SEO atau praktisi SEO yang sering mengadakan seminar atau webinar. Agar ilmu mengenai SEO semakin bertambah, jangan ragu untuk mengikuti berbagai acara tersebut. 

Selain mengenai SEO, ada juga beberapa hal teknikal blog yang perlu kamu perhatikan. Misalnya penggunaan HTML dan CSS. Ketika menguasai keduanya, kamu bisa memaksimalkan blog dengan lebih optimal. 

8. Mendaftarkan Blog ke Google AdSense 

Cara menjadi blogger selanjutnya adalah mendaftarkan blog ke Google AdSense. Ini adalah langkah yang penting agar kamu bisa mendapatkan penghasilan. Google AdSense akan membayar kamu berdasarkan tayangan iklan di blog. 

Tentunya iklan yang tayang akan sesuai dengan niche pada blog yang kamu pilih. Melansir dari laman Support Google, agar bisa mendaftarkan blog di Google AdSense, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, yaitu:

  • Harus memiliki konten yang original, unik, dan menarik 
  • Konten yang dibuat harus mematuhi kebijakan program Google AdSense 
  • Pemilik blog harus berusia minimal 18 tahun. Jika berusia kurang dari 18 tahun maka bisa menggunakan wali atau orang tua untuk mendaftarkan diri. 

Setelah berbagai syarat sudah terpenuhi, maka kamu bisa langsung mendaftarkan blog ke program Google AdSense. 

9. Gabung ke Komunitas Blogger dan Perluas Networking 

Sebagai seorang blogger, penting untuk menjaga hubungan dengan blogger lainnya. Untuk itu, kamu sebaiknya bergabung ke komunitas blogger. Lewat komunitas ini kamu bisa mendapatkan informasi atau tips yang bermanfaat dari sesama blogger.

Bahkan kamu pun bisa melakukan sharing dengan sesama blogger lainnya. Jadi jika ada permasalahan, kamu bisa meminta bantuan atau pendapat mereka. Di Indonesia kamu bisa menemukan banyak sekali komunitas blogger. 

Cek Konten Lainnya:
Inilah Do's dan Dont's dalam Menjalankan Email Marketing untuk Bisnis

Kamu bisa mencarinya melalui LinkedIn, Google, Telegram, Group WhatsApp, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. 

10. Bangun Interaksi dan Komunikasi dengan Pembaca 

Cara menjadi seorang blogger sukses yang tidak kalah penting adalah membangun interaksi dan kedekatan dengan pembaca. Buat konten yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga bisa memicu interaksi dengan mereka. 

Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan komentar sebagai media untuk berinteraksi dengan mereka. Jangan lupa juga untuk merespon komentar tersebut dengan baik. Hal ini berguna agar pembaca bisa merasa dekat dengan kita sebagai penulis. 

11. Promosikan ke Media Sosial 

Terakhir, cara menjadi blogger yang bisa kamu lakukan adalah mempromosikan blog ke media sosial. Seperti yang kamu ketahui, saat ini media sosial memiliki kekuatan yang sangat besar sebagai media untuk promosi. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan kekuatan tersebut untuk mempromosikan blog yang kamu miliki. Tujuannya agar semakin banyak pengunjung yang mengakses blogmu. Jadi tidak hanya melalui SEO, tetapi memadukannya juga dengan media sosial.

Di Indonesia, pengguna media sosial pun terbilang cukup besar sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari pengunjung. Beberapa media sosial yang dapat kamu gunakan adalah TikTok, Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. 

Kuncinya adalah membuat konten di media sosial yang bisa menarik perhatian pengguna. Dengan begitu, mereka pun akan bersedia untuk mengakses blog yang kamu miliki dengan lebih jauh. 

Frequently Asked Question (FAQ) 

Berapa gaji seorang Blogger?

Gaji atau penghasilan utama blogger akan berasal dari Google AdSense. Rata-rata kamu bisa mendapatkan 1 sampai 5 juta perbulan atau bahkan lebih. Hal ini sangat relatif karena tergantung dari traffic atau jumlah pengunjung blog. 

Kalau kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung, semakin besar juga gaji yang akan kamu peroleh. Oleh karena itu, penting untuk selalu meningkatkan jumlah traffic blog.

Apa syarat menjadi Blogger?

Syarat untuk menjadi seorang blogger sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyediakan waktu untuk belajar dan mengembangkan blog. Karena ada banyak hal yang perlu kamu kuasai seperti penulisan artikel SEO, desain website, cara mempromosikan blog, dan teknis blog.

Bagaimana caranya agar memperoleh penghasilan dari blog?

Umumnya, penghasilan blogger akan berasal dari Google AdSense. Selain dari Google AdSense, pendapatan blogger pun bisa berasal dari hal lainnya. 

Mulai dari afiliasi, content placement, menjual atau membuat produk sendiri, menjadi Brand Ambassador, lomba blog, dan lain sebagainya. Jadi semakin aktif sebagai blogger, semakin besar pula peluang penghasilannya. 

Skill yang dibutuhkan untuk jadi Blogger?

Agar bisa menjadi blogger profesional, ada banyak skill atau keahlian yang harus kamu kuasai. Beberapa keahlian tersebut adalah:

  • Kemampuan menulis
  • Pengetahuan teknis mengenai blog 
  • Skill untuk mendesain blog 
  • Keahlian promosi atau melakukan pemasaran 
  • Kemampuan SEO.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
private blog network
Read More
Apa itu PBN? Kekurangan dan Cara Kerjanya
Pengguna yang aktif ngeblog tentu tidak asing dengan istilah PBN. Private Blog Network dalam dunia blog atau website…
KPI SEO
Read More
KPI SEO: 10+ Target untuk SEO yang Sering Dipakai
Tidak hanya memahami bagaimana cara menerapkan SEO, penting untuk pemilik website untuk tahu bagaimana cara mengukurnya. Inilah yang…