10+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog di 2024

cara mendapatkan uang dari blog

Apakah blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan ini sering muncul karena tak sedikit orang yang mengaku sukses lewat dunia blog. Perlu kamu tahu, blog juga bisa menjadi sarana untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilanmu. Artikel ini akan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Berikut beberapa cara dapat uang dari blog yang mungkin bisa menginspirasimu:

1. Siapkan Blog

cara mendapatkan uang dari blog

Sebagai langkah awal, kamu perlu mempersiapkan blog milikmu. Memang terkesan mudah, namun banyak blogger pemula yang bingung kira-kira mereka harus memulainya dari mana. Hal-hal semacam ini sebenarnya wajar karena mungkin mereka belum berpengalaman.

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu terapkan, salah satunya memilih platform blog. Banyak pilihan yang tersedia, salah satu yang paling banyak digunakan yaitu WordPress.org. Setelah itu, kamu bisa mulai menentukan nama domain serta hosting blog milikmu.

Selanjutnya, lakukan konfigurasi dan desain blog. Pastikan blog milikmu memiliki tampilan yang enak dilihat. Ini akan memberikan first look and first impression yang berkesan kepada para pengunjung blog. 

Sebenarnya kamu bisa memanfaatkan tema blog gratis. Namun untuk hasil maksimal sebaiknya memilih tema premium atau berbayar. Tampilannya terlihat lebih keren serta mudah kamu sesuaikan.

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi untuk Pemula, Gratis dan Mudah!

2. Terapkan SEO untuk Memperoleh Trafik

Cara mendapatkan uang dari blog yang kedua yaitu mulai menerapkan SEO pada blog milikmu. SEO atau search engine optimization merupakan cara untuk membuat blog atau websitemu ada di posisi teratas pada mesin pencari. 

Mungkin kamu sudah tahu bahwa tidak semua website atau situs menempati urutan pertama di search engine Google. Situs yang berhasil menempati urutan pertama menandakan bahwa website tersebut berhasil menerapkan SEO dengan baik. 

Banyak cara yang mesti kamu perhatikan dalam menerapkan SEO website. Tujuan SEO ini bukan sekadar mendapatkan ranking terbaik melainkan bagaimana memberikan pengalaman terbaik pada para pengunjung website.

Kamu harus paham segala hal mengenai SEO dan bagaimana cara penerapannya. Ketika kamu berhasil memahami dan mengaplikasikannya ke blog milikmu, perlahan trafik website akan meningkat. Ini akan mulai mengundang banyak orang untuk bekerja sama denganmu.

Baca juga: 23+ Contoh Website Pribadi dan Blog yang Bisa Jadi Inspirasi

3. Google AdSense

Cara menghasilkan uang dari blog Google AdSense sebenarnya cukup mudah. Google AdSense adalah program pay per click atau PPC di mana kamu harus menampilkan iklan pada situs milikmu. Metode ini sangat fleksibel karena Google memang menangani hal-hal seputar pengiklanan.

Adapun sistem pembayarannya berdasarkan jumlah klik di iklan tersebut. Banyak blogger yang memanfaatkan program ini. Jika kamu juga tertarik, sebelumnya kamu mesti mendaftar terlebih dahulu. 

Jangan khawatir, cara mendaftarnya tidak rumit. Setelah melalui berbagai tahapan yang ada, kamu dapat mencantumkan iklan pada berbagai halaman blog. 

Akan tetapi, umumnya iklan yang ditampilkan selalu berhubungan dengan konten yang terdapat pada blogmu. Jadi, ketika konten yang kamu tampilkan seputar olahraga maka nanti AdSense yang muncul juga harus berkaitan dengan produk olahraga seperti sepatu, jersey, dan lain-lain.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu UTM Link? Fungsi dan Cara Buatnya

4. Afiliasi

Menjadi afiliator sebenarnya juga menjadi salah satu cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula. Cara ini cukup populer dan banyak blogger yang telah mencobanya. 

Afiliasi atau affiliate marketing ini merupakan metode promosi sebuah produk maupun layanan perusahaan dengan tautan khusus di blog milikmu. Bentuk tautan atau link tersebut bisa banner iklan maupun gambar produk yang sedang dipromosikan. 

Fungsi tautan ini yaitu untuk mengarahkan para pembaca menuju website pengiklan serta membeli produk tersebut. Pada saat ada orang mengklik tautan lalu membeli produk yang sedang dipromosikan, kamu akan memperoleh komisi.

Kamu bisa bergabung sebagai afiliator pada program yang tersedia pada beberapa perusahaan digital. Misalnya ShareSale, Amazon Associates, Shopify Affiliate Program, serta Shopee Affiliates Program. Kamu juga perlu mendaftar terlebih dahulu dan mengikuti setiap step-nya sehingga kamu diterima sebagai afiliator.

5. Endorsement

Saat ini, tren marketing melalui endorsement juga sangat populer, termasuk pada blog. Sebenarnya penerapannya tidak jauh berbeda seperti endorsement di media sosial. Pemilik iklan akan melakukan kerja sama dengan para blogger untuk menghadirkan konten yang isinya seputar promosi produk maupun layanan.

Konten yang dibuat tersebut bisa bermacam-macam. Ada seputar rekomendasi produk, review produk, dan lain-lain. Akan tetapi, kamu mesti paham bagaimana cara memperoleh endorsement maupun sponsor post tersebut.

Pertama, pastikan trafik serta blog milikmu populer. Tentunya ini berkaitan dengan bagaimana caramu membangun komunitas pembaca melalui blog milikmu. Beberapa hal yang perlu diterapkan antara lain:

  • Bergabung dengan blogger community, kamu akan memperoleh beragam informasi terbaru berkenaan dengan tren yang saat ini tengah berlangsung, terutama di kalangan blogger.
  • Buat portofolio blogmu. Ini penting bersamaan dengan pengajuan proposal ke pihak yang akan melakukan endorsement. Ini bisa dalam bentuk bagaimana caramu menghadirkan konten-konten di blogmu tersebut.
  • Menjaga relasi dengan pengiklan. Ketika sebelumnya kamu pernah memperoleh endorsement, usahakan kerja sama ini bukan hanya sekali melainkan berlanjut. Salah satu cara membangun relasi yaitu dengan mengucapkan selamat lewat email ketika penjualan mengalami kenaikan. Bisa juga dengan menawarkan kerja sama kembali untuk kebutuhan produk atau layanan lainnya.

6. Membership

Cara mendapatkan uang dari blog juga bisa melalui membership. Faktor utama ketika kamu menerapkan cara tersebut yaitu bagaimana kamu bisa menghasilkan konten menarik dengan kualitas premium. Hadirkan konten eksklusif yang hanya dapat diakses beberapa orang yang sudah menjadi member.

Tentu saja untuk menjadi anggota di blogmu, mereka harus membayar. Untuk menerapkan cara tersebut, kamu dapat memanfaatkan beberapa tool maupun plugin yang tersedia. Misalnya Teachable dan MemberPress. Sebelum menerapkan membership ini, pastikan blog milikmu memang populer.

Sebelum mereka menjadi anggota pastinya akan melihat kualitas blog dan konten milikmu. Jadi, sangat penting membangun komunitas pembaca secara baik. Cara ini membuat mereka bersedia membayar untuk mengikuti dan melihat konten-konten berkualitas yang kamu hadirkan.

7. Menawarkan Berbagai Jasa

Cara berikutnya yang efektif untuk kamu terapkan yaitu dengan menawarkan berbagai macam jasa melalui blog milikmu. Misalnya jasa desain grafis, pembuatan website, pembuatan artikel, dan sebagainya. Banyak pilihan jasa yang bisa kamu tawarkan.

Disarankan kamu juga membuat artikel berkaitan dengan jasa yang akan kamu tawarkan. Misalnya, kamu memberikan jasa paket wisata. Isi blog milikmu dengan beberapa artikel wisata.

Hadirkan bahasa dalam artikel yang santai. Kemudian di akhir artikel tersebut berikan pernyataan persuasif bahwa kamu menawarkan jasa paket wisata pada para pembaca. Jika tertarik, mereka pun akan langsung memanfaatkan jasa yang kamu tawarkan.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Facebook Ads dan Panduan Iklan untuk Bisnis

8. Menjual Produk Lewat Blog

menjual produk online di blog

Saat ini berjualan bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak harus selalu berjualan dengan cara konvensional, kamu bisa memanfaatkan blog untuk menjual produk.

Produk yang kamu jual bisa dalam bentuk produk fisik maupun digital. Untuk produk digital, bagi yang mempunyai kemampuan menulis, tidak ada salahnya membuat ebook lalu kamu jual. Kemudian untuk orang-orang yang ahli di bidang pemrograman, kamu dapat menawarkan aplikasi atau software tertentu untuk kamu jual.

Sementara itu, kamu bisa menjual produk fisik misalnya berbagai produk makanan, alat-alat rumah tangga, dan sebagainya. Tinggal kamu sesuaikan produk mana yang memiliki banyak peminat. Kemudian kamu bisa mulai berjualan produk tersebut.

Baca juga: 10 Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya!

9. Penulis Lepas

Setelah fokus pada dunia blogging dalam waktu lama, sekarang kamu sudah mempunyai portofolio untuk membuat orang percaya dengan proyek milikmu. Freelancing merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang cukup efektif.

Apalagi saat ini kebutuhan akan penulis lepas juga cukup banyak. Tidak sedikit perusahaan yang berusaha mempertahankan digital presence-nya lewat konten dalam bentuk tulisan. Untuk memulainya, ada beberapa langkah yang mesti diperhatikan:

  • Kamu mesti mengumpulkan sampel tulisan terbaikmu. Ini akan meningkatkan peluangmu untuk diajak kerja sama.
  • Hadirkan informasi penting. Di sini kamu perlu memberikan beberapa informasi penting. Misalnya topik apa yang kamu kuasai, pengalaman menulis, dan lain-lain.
  • Berikutnya, kamu juga perlu menentukan harga serta batas waktu dalam pengerjaan proyek penulisan tersebut. Ketika sudah terjalin kerja sama, kamu harus memberikan kualitas penulisan terbaik.

Di sini kepuasan pelanggan atau klien harus benar-benar kamu perhatikan. Hasil tulisan yang bagus akan meningkatkan reputasimu. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang ingin bekerja sama denganmu dan otomatis pendapatanmu pun akan meningkat.

10. Tutor Online

Melalui blog, kamu juga bisa menawarkan jasa tutor online. Ini bukan sekadar pekerjaan yang membantu orang lain dalam mengatasi permasalahan yang dialaminya, melainkan juga bermanfaat untuk menambah penghasilanmu. Hadirkan tutorial tertentu sesuai keahlian yang kamu miliki.

Untuk menjadi seorang tutor online, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Menginstal plugin tutor seperti LMS yang memungkinkanmu menghadirkan situs bimbel (bimbingan belajar) dengan mudah.
  • Tentukan mata pelajaran yang kamu ingin ajarkan. Kamu bisa menawarkan beberapa mata pelajaran lengkap dengan harga yang harus dibayarkan.
  • Kamu juga bisa menginformasikan materi apa saja yang akan diajarkan.

Dengan menjadi tutor online, website yang kamu miliki akan menjadi sarana untuk menghasilkan uang. Ketika seseorang mengunjungi blog milikmu dan melihat penawaran ini lalu mereka tertarik, kemungkinan besar mereka akan bergabung. 

Kamu tinggal mencantumkan laman khusus terkait bagaimana cara memanfaatkan layanan tutor online tersebut.

11. Podcast Advertising

podcast advertising

Jika kamu lebih suka berbicara dibandingkan menulis, menjadi podcast advertising menjadi sebuah pilihan yang tepat. Terdapat beberapa kelebihan podcast daripada tulisan konvensional. Pertama, orang-orang cenderung lebih mudah mendengarkan daripada memperoleh informasi lewat bacaan.

Kedua, orang akan lebih mudah meluangkan waktunya untuk mendengar daripada membaca. Ini karena informasi tersebut bisa mereka dengarkan kapan pun, baik sambil bepergian, memasak, berolahraga, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang lewat podcast advertising?

Kamu akan mendapatkan bayaran dari perusahaan untuk masing-masing 1.000 orang yang mendengarkan podcast-mu. Hal ini dinamakan CPM atau cost-per-mille. Harga rata-rata CPM untuk iklan sekitar 18 USD untuk durasi 18 detik. Kemudian harga CPM iklan berdurasi 60 detik adalah 25 USD. 

Bayangkan jika yang ingin bekerja sama lebih dari satu perusahaan, pemasukanmu pun akan semakin banyak.

12. RSS Advertising

RSS merupakan Really Simple Syndication. Biasanya blogger akan memanfaatkannya untuk menyebarkan konten lewat layanan berlangganan. Adapun yang menarik dari RSS Advertising ini kamu bisa menghasilkan uang melalui ad placement. Secara konsep tidak jauh berbeda dari Google AdSense.

Cek Konten Lainnya:
10 Template IG Story Terbaik, Buat Instagram Makin Aesthetic

Kamu akan mendapatkan bayaran untuk setiap klik yang pengunjung lakukan. Terdapat beberapa hal penting jika kamu ingin menerapkan RSS Advertising:

  • Pertama, pastikan menampilkan tombol RSS pada blog milikmu. Ini akan membantumu memperoleh banyak pelanggan. Dengan begitu, semakin besar kamu memperoleh banyak klik.
  • Kedua, tentukan sumber iklan yang akan kamu gunakan. Misalnya Yahoo! Publisher Network maupun iklan lainnya.
  • Masukkan kode iklan ke feed. Di sini kamu perlu plugin RSS Footer yang berguna untuk meletakkan kode HTML pada footer RSS.

Baca juga: Tips Blogging untuk Pemula dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

Setelah memahami bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, informasi berikut ini juga sangat penting. Saat ini banyak orang yang berhasil memperoleh penghasilan hanya melalui blog. Setidaknya tiga contoh blog berikut ini bisa menjadi inspirasimu:

1. Blog Fashion

Dengan posting tentang mode, busana, dan kecantikan, blog fashion bisa menjadi tempat promosi produk fashion, sponsor konten, dan endorse produk kosmetik.

2. Blog Travel

Blog travel dapat menghasilkan uang melalui iklan hotel, tiket pesawat, dan paket perjalanan, serta menjadi media untuk mempromosikan produk seperti tas travel dan perlengkapan camping.

3. Blog Kesehatan

Blog kesehatan dapat menghasilkan uang dengan menjual produk kesehatan dan kebugaran, menulis buku elektronik tentang kesehatan, atau bahkan menjual produk herbal dan suplemen kesehatan.

4. Blog Kuliner

Blog kuliner dapat menghasilkan uang dengan mengulas restoran dan makanan, menjual buku resep, dan mempromosikan produk-produk kuliner seperti alat masak dan bahan-bahan.

5. Blog Keuangan

Blog keuangan dapat menghasilkan uang melalui iklan asuransi, investasi, perbankan, dan pinjaman online.

6. Blog Teknologi

Blog teknologi dapat menghasilkan uang dengan menulis ulasan tentang gadget dan perangkat elektronik, menulis artikel tentang software dan aplikasi, dan menjual produk elektronik.

7. Blog Fotografi

Blog fotografi dapat menghasilkan uang melalui penjualan karya fotografi, menjadi media promosi jasa fotografi, dan menjual buku panduan fotografi.

8. Blog Parenting

Blog parenting dapat menghasilkan uang dengan menjual buku panduan parenting, menulis tentang produk bayi dan anak-anak, dan menyediakan jasa konsultasi parenting.

9. Blog Gaming

Blog gaming dapat menghasilkan uang dengan menulis tentang game, mempromosikan produk gaming seperti konsol dan aksesori, serta mengulas dan merekomendasikan game.

10. Blog Humor

Blog humor dapat menghasilkan uang melalui iklan dan sponsor konten, menjual merchandise dan produk lucu, dan menjadi media promosi acara atau pertunjukan.

Perlu diingat bahwa untuk menghasilkan uang dari blog, diperlukan waktu, upaya, dan konsistensi dalam menghasilkan konten yang berkualitas dan menarik bagi pembaca serta pemasar.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memperoleh uang melalui blog. Pastinya untuk bisa melakukan semua itu perlu proses dan waktu yang tidak sebentar. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Uang dari Blog Sekarang

wordpress blog

Itulah kumpulan cara mendapatkan uang mudah dari Blog. Kamu bisa miliki blog pribadimu dengan mulai cek domain agar blogmu lebih profesional.

Setelah domainmu tersedia, kamu bisa langsung beli Hosting Murah di Jagoan Hosting yang sangat cocok untuk website Blog yang disupport tema dan plugin premium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara menghapus akun instagram
Read More
4 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen & Lupa Password
Siapa sih yang tidak tahu dengan sosial media instagram? Hampir semua orang memiliki setidaknya akun dalam media sosial…
audit website
Read More
Apa itu Audit Website? Manfaat & Cara Auditnya
Layaknya kendaraan bermotor, ternyata website juga butuh di servis. Namun, berbeda istilah dengan kendaraan, servi website ini biasa…