Jika kamu aktif dalam bidang content writer, maka coba saja untuk membuat blog sendiri Sob. Dengan menerapkan beberapa tips blogging yang akan kita bahas nanti, kamu bisa mengisi waktu senggang sambil mencurahkan hobi menulis di dalamnya.

Kegiatan blogging seringkali dianggap menyenangkan, terlebih bagi jika kamu gemar menulis dan berbagi cerita menarik. Nah, lantas bagaimana tips blogging bagi pemula serta kesalahan apa yang perlu dihindari? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Blogging?

Blog termasuk salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Blog mempunyai bentuk yang bermacam-macam, mulai dari majalah digital, catatan pribadi, pameran online, hingga situs pembelajaran.

Biasanya, blog terdiri atas teks, gambar, video, dan halaman penting lainnya. Audiens juga bisa menuliskan komentar pada halaman blog. Lalu, apa itu blogging

Blogging adalah aktivitas berupa menjalankan dan mengontrol sebuah blog itu sendiri. Aktivitas sehari-hari atau pikiran yang dapat dijadikan konten, di mana mereka akan merekam pendapat, cerita, foto, dan video.

Aktivitas blogging ini cocok bagi kamu seorang penulis, fotografer, atau kurator informasi, karena sebuah blog dapat menjadi media berbagi informasi dan memberikan audiens tertentu pandangan dari dekat tentang suatu subjek.

Tips Blogging Sukses untuk Pemula

Blogging sukses tidak terwujud dalam waktu singkat, karena butuh proses juga Sob! Nah jika kamu adalah blogger dan pemula dari nol, yuk perhatikan tips blogging sukses untuk pemula berikut ini!

1. Fokus pada Satu Tema

Tips blogging pertama, coba tentukan tema besar atau utama lebih dulu. Fokuslah pada satu tema tersebut. Terapkan terus cara blogging tersebut sampai kamu dipandang sebagai “spesialis” di satu tema atau topik yang menjadi fokus.

Pilihlah satu topik yang bisa membuat kamu berbeda dari blogger-blogger lainnya. Kemudian setelah blog mulai meningkat, kamu bisa mengembangkan dan membahas tema yang lebih luas.

2. Mulailah Menulis untuk Diri Sendiri

Tips blogging kedua setelah kamu fokus dengan tema yang didalami, cobalah menulis untuk diri sendiri. Cara blogging ini berguna untuk melatih dan mengasah gaya menulismu.

Fokuslah pada bagaimana cara kamu mengelola sebuah tema dan mengungkapkan ide serta pendapat dalam kata-kata.

3. Cari Tahu Apa yang Disukai Orang Lain

Tips blogging ketiga, jika sudah terbiasa menulis untuk diri sendiri, sekarang waktunya menulis untuk orang lain dan topik yang pasti dicari orang-orang, yaitu target pembaca blog-mu. Tips blogging ini mengarah pada pembuatan konten yang selaras dengan hasil pencarian Google.

Cara blogging ini sangat efektif. Bahkan menurut data dari Ahref, 51% dari traffic yang masuk ke blog berasal dari pencarian organik. Di mana orang-orang masuk ke blog-mu karena tulisanmu menjawab apa yang mereka cari berdasarkan keyword.

4. Konsisten dalam Menulis

Selanjutnya, tips blogging adalah konsisten. Cara blogging ini merupakan langkah penting untuk menjadi seorang blogger profesional. Kamu tentunya harus dapat secara konsisten dalam memproduksi konten. 

5. Pelajari Teknik Dasar SEO

Berikutnya, tips blogging adalah dengan memelajari teknik dasar dan memahami prinsip-prinsip SEO. Cara blogging ini dapat kamu ikuti dengan mulai dari riset keyword, penempatan keyword dalam teks, mendapatkan backlinks, penulisan metadata yang bagus dan tepat.

Di samping itu, pelajari juga bagaimana cara menciptakan konten-konten yang topiknya evergreen atau tidak cepat basi agar dapat sukses dalam penulisan blogger.

6. Buat Konten yang Unik

Tips blogging keenam adalah dengan membuat konten yang unik. Terdapat banyak blog, mungkin ada yang setipe dengan blogmu.  Maka, kamu bisa mencari celah untuk menempatkan keunikan dari blogmu.

Lakukanlah riset untuk melihat blog dengan genre yang mirip dengan blogmu, lalu cari apa yang kurang dari mereka dan buatlah itu menjadi kelebihan di blogmu.

Dengan cara blogging ini, kamu bisa lebih banyak berinteraksi dan mengajak pembaca untuk lebih mengenal blogmu. Bahkan bukan tidak mungkin, mereka akan berlangganan dengan kontenmu jika kamu menambahkan fitur itu untuk keunikan dibanding blog lain.

7. Pilih Tampilan Visual yang Menarik

Terakhir, tips blogging adalah dengan memilih tampilan visual yang baik. Visual gambar yang menarik dan relevan dengan artikel blog akan sangat bermanfaat bagi blogmu.

Dengan cara blogging ini, kamu mungkin bisa memotret sendiri, memanfaatkan gambar penyedia stok, atau berkreasi sendiri dengan mendesain atau ilustrasi di komputer.

Kesalahan Blogging yang Harus Dihindari

Terkadang ketika menulis blog untuk pertama kalinya, kamu melakukan sejumlah kesalahan dengan tanpa disadari. Untuk meminimalisirnya, pahamilah beberapa kesalahan blogging yang harus dihindari berikut ini.

1. Tidak Konsisten Membuat Konten

Tidak konsisten membuat konten adalah hal utama kesalahan fatal blogging. Terkadang penuh semangat dan seiring berjalannya waktu akan meredup serta tidak konsisten akan menurunkan kualitas konten blog Sob!

2. Tidak Menerapkan Kaidah SEO

Tidak menerapkan kaidah SEO juga menjadi kesalahan mendasar blogging Sob. Untuk dapat perhatian lebih dari pembaca, konten artikelmu setidaknya harus SEO-friendly Sob.

3. Target Market Kurang Kuat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat blogging adalah target market yang kurang kuat. 

Di mana konten yang dibuat adalah konten umum atau generic dan tidak ada tema yang jelas diangkat di kontennya, misalnya konten pertama tentang kesehatan, berikutnya resep makanan, review film atau buku, topik tentang gaming hingga ikut-ikutan membahas politik.

Akhirnya, blog tersebut tidak mempunyai arah yang jelas dan target market yang kuat.

4. Terlalu Banyak Membicarakan Diri Sendiri

Baik sebagai individu atau perusahaan, kesalahan blogging biasanya terlalu banyak bicara tentang diri sendiri. Padahal, pembaca hanya ingin membaca suatu informasi yang berguna bagi hidup mereka.

Akan tetapi perlu diingat, bukan berarti kamu tak boleh menyelipkan cerita atau pendapat pribadi di kontenmu lo Sob! Jangan terlalu berlebihan ketika menceritakan tentang dirimu, kecuali jika suatu konten memang sedang menjelaskan tentang identitasmu.

5. Konten yang Dibuat Tidak Menarik

Tujuan blogging yaitu untuk memperoleh dan mempertahankan pembaca. Tetapi jika konten yang dibuat tidak menarik ya tidak akan bisa memperoleh dan mempertahankan pembaca.

Konten yang menarik tak hanya dari judul yang memancing rasa penasaran, tapi juga dari struktur yang rapi dan dilengkapi oleh penggunaan tanda baca dan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta tata bahasa yang mudah dipahami.

Selanjutnya, kamu juga harus meluangkan waktu untuk mereset ide, fakta, ataupun konsep yang masih kamu ragukan untuk konten-kontenmu ke depan. Jangan lupa juga untuk membaca kembali tulisanmu sebelum diunggah ke blog.

Itulah Sob beberapa tips blogging dan kesalahan yang sekiranya perlu dihindari apabila kamu berencana membuat blog. Selain itu, performa blog yang stabil akan membuat pembaca betah berselancar di dalamnya.

Maka dari itu, gunakan blog hosting terbaik, salah satunya adalah layanan Hosting di Jagoan Hosting yang telah didukung dengan LiteSpeed Web Server Enterprise, sehingga mampu mengelola lebih banyak pengunjung. Cek selengkapnya yuk!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like