Dalam membuat konten, seorang content creator dituntut untuk bisa memancing perhatian para audiens. Untuk itu, penting kiranya mengetahui strategi dan cara membuat headline yang menarik sekaligus menyita rasa penasaran Sob.

Mengingat headline adalah elemen utama dalam sebuah konten yang akan diperhatikan audiens. Maka, penggunaanya memerlukan strategi khusus. Nah, lalu bagaimana cara membuat headline yang menarik? Yuk simak tipsnya di sini.

Apa itu Headline?

Pernahkah kamu melihat konten yang bagian depannya terdapat judul dengan huruf besar dan membuatmu penasaran? Kamu pun dapat menemukannya di berbagai macam media Sob. Mulai di koran, sampul majalah, novel, buku dan lainnya. Nah itulah yang dinamakan headline

Di dunia digital marketing dan copywriting, headline adalah poin utama yang berguna untuk menggugah emosi para pembaca untuk membaca kontenmu.

Pasalnya, headline adalah judul atau teks di atas artikel yang merangkum keseluruhan isi konten. Berawal dari headline yang baik ini, seorang pembaca akan tertarik tentang gambaran dari isi tulisan atau brand yang ditawarkan dan akan ingin membaca konten hingga selesai. 

Selain menggunakan kata-kata yang menarik, headline juga harus dibuat dengan memperhatikan beberapa hal. Hal ini ini terkait pada penyesuaian target pembaca dan kombinasi gambar dengan konteks yang berkaitan.

Sampai di sini, dapat dipahami bahwa headline adalah metode melalui tulisan untuk mendorong seseorang lebih tertarik akan konten yang nantinya juga berguna untuk meningkatkan profit. Itulah hebatnya kekuatan dari headline Sob!

Tujuan Headline 

Setelah mengetahui apa itu headline, selanjutnya kita akan membahas mengenai tujuan pembuatannya Sob! Perlu diketahui, utamanya tujuan membuat headline adalah menarik seorang pembaca agar tidak berhenti membacanya. 

Umumnya, sebuah headline adalah 50% dari isi konten, sehingga dalam pemilihan kata di dalamnya kamu tidak boleh asal dan harus mewakili 50% isi dari semua konten.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan membuat headline tercapai. Karena jika seorang pembaca sudah tertarik dengan headline yang kamu buat, peluang untuk mendapatkan audiens akan lebih besar.

Lebih daripada itu, tujuan membuat headline adalah untuk memengaruhi seorang pembaca untuk melakukan suatu tindakan seperti mengklik post atau bahkan membeli sebuah buku.

Dalam hal ini, tujuan membuat headline adalah agar walau hanya dari membaca judul yang terdapat di sampulnya, seorang pembaca akan tertarik sekaligus bisa mengategorikan dan mengetahui setengah dari isi bacaan konten.

Di samping itu, tujuan membuat headline adalah juga untuk memengaruhi alam bawah sadar seorang pembaca hanya dengan sekilas membaca akan dapat menarik minatnya.

Baca juga: Apa itu SEO On Page? Pengertian, Tujuan dan Cara Optimasi

5 Cara Membuat Headline yang Menarik di Mata Pembaca

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai 5 cara membuat headline yang menarik di mata pembaca Sob! Mengenai cara membuat headline yang menarik ini, terdapat sejumlah trik-trik tertentu. 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tujuan membuat headline adalah menarik audiens agar tidak berhenti membacanya. Pada dasarnya, headline adalah sarana agar konten mampu memainkan dan menyentak rasa ingin tahu seseorang.

Dorongan tersebutlah yang akhirnya memaksa seseorang untuk mencari tahu lebih dalam. Terdapat 3 tips membuat headline menarik yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Buatlah headline dengan unik
  • Buatlah menjadi sangat spesifik
  • Sampaikan urgensi pada headline

Namun, tips membuat headline menarik ini tidaklah cukup. Menurut data, sekitar 80% dari pengunjung website memang telah membaca headline. Tetapi, hanya sekitar 20% saja dari mereka yang benar-benar menyelesaikan untuk membaca hingga akhir.

Dalam hal ini, ada cara-cara membuat headline yang menarik secara khusus Sob! Agar headline memiliki nilai lebih di mata pembaca, kamu harus memperhatikan cara membuat headline yang menarik berikut.

Mulai dari mengenali target audiens sampai menerapkan rumus 4U. Beberapa cara membuat headline yang menarik adalah sebagai berikut:

1. Kenali Target Audiens

Pertama, cara membuat headline yang menarik adalah dengan memahami siapa target pembacamu.

Maka dari itu, di awal, cari tahulah mengenai target pembaca yang akan kamu jangkau. Misalnya, ketika kamu akan menargetkan pembaca di umur remaja, gunakanlah bahasa yang tidak terlalu kaku sehingga mudah dicerna oleh mereka.

2. Buat Headline dengan Kalimat Tanya

Selanjutnya, cara membuat headline yang menarik adalah dengan mencantumkan kata tanya di dalamnya.

Sebagai catatan, kata tanya bisa menjadi kata pemicu sehingga dapat mendorong dan menarik seseorang untuk membaca kontenmu serta melakukan klik Sob!

3. Berikan Janji pada Audiens

Berikutnya, cara membuat headline yang menarik adalah dengan memberikan janji di dalamnya pada para audiens. Hal ini merupakan salah satu kata-kata yang kuat untuk merangsang emosi para pembaca.

Misalnya, kamu bisa menulis headline seperti “Cara Bisnis dan Membuat Donat Kentang, Dijamin Untung!”. Headline seperti ini akan sangat menarik perhatian pembaca karena di dalamnya mengandung unsur sesuatu yang dijanjikan kepada pembaca.

Tidak hanya sekedar kalimat tanya ya, kamu juga perlu harus mengimbanginya dengan berbagai macam riset dan penelitian yang memang sudah terbukti, agar judul tersebut tidak hanya menjadi sekedar konten clickbait.

4. Tambahkan Alasan Kuat untuk Dibaca

Keempat, cara membuat headline yang menarik adalah dengan menambah alasan kuat bagi pembaca untuk membaca. Hal ini penting dilakukan untuk membubuhkan kata-kata alasan yang kuat demi menarik pembaca agar dapat membaca konten yang kamu buat Sob.

Misalnya pada artikel kali ini, untuk menulis headline menggunakan kata-kata alasan yang kuat untuk dibaca adalah “5 Cara Membuat Headline yang Menarik di Mata Pembaca”. Buktinya, kamu tertarik dan sedang membaca konten ini sampai hampir selesai kan Sob! Haha.

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

5. Terapkan Rumus 4U

Terakhir, cara membuat headline yang menarik adalah dengan menerapkan rumus 4U. Di mana untuk membuat headline yang menarik, khususnya untuk copywriting di Instagram bisa dengan menggunakan rumus 4U.

Rumus ini, telah dipaparkan oleh Raharja Putra, yaitu seorang copywriter profesional dalam lokakarya Class for Content Creator yang bertajuk ‘How to Write Effective Copywriting for Instagram.

4U ini terdiri dari urgency, useful, unique, dan ultra specific. Untuk penjelasan mengenai keempatnya adalah sebagai berikut:

1. Urgency

Urgency di sini adalah bagaimana kamu bisa mendesak agar pembaca untuk melakukan tindakan secara cepat.

Dengan begini, setelah pembaca membaca headline, mereka akan melakukan tindakan terhadap kontenmu dan bahkan bisa membeli produk. Misalnya kamu bisa menggunakannya pada kalimat berikut ini Sob!

  • BURUAN, JANGAN KETINGGALAN HARI INI diskon hingga 75% Sob!
  • Dapatkan SEGERA, PROMO 77 dari JAGOAN HOSTING selama bulan Agustus!

2. Useful

Useful adalah dengan manfaat atau nilai guna kepada audiens. Headline ini biasanya juga menawarkan solusi kepada audiens terkait masalah yang dihadapi. Kamu bisa menggunakan kalimat useful seperti:

  • Cara Mudah Membuat Donat Tanpa Ragi, atau yang ada pada artikel ini
  • 5 Cara Membuat Headline yang Menarik di Mata Pembaca

3. Unique

Unique di sini adalah kamu harus membuat headline yang unik dan menarik agar audiens terdorong untuk membacanya. Kamu bisa gimik, permainan kata, atau clickbait. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan engagement.

4. Ultra Specific

Rumus terakhir adalah ultra spesific. Di mana kamu dapat menuliskan headline sedetail mungkin dan spesifik agar audiens mengerti produk yang ditawarkan. Misalnya:

Hai Sob, Kamu Bisa Nikmatin Diskon 77%  dari Jagoan Hosting selama Bulan Agustus Bertajuk Promo 77 Jagoan Hosting di HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Itulah Sob beberapa strategi dan cara membuat headline yang menarik di mata audiens. Sebagai seorang content creator, pasti kamu ingin kontenmu dinikmati oleh banyak orang bukan?

Nah, itulah mengapa headline penting untuk dipertimbangkan. Semoga artikel ini membantu ya, jangan lewatkan tips menarik lainnya di Blog Jagoan Hosting!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like