SEO On Page adalah teknik optimasi SEO yang cukup berpengaruh pada peringkat halaman website. Semakin maksimal optimasinya, maka peluang website kamu untuk menempati peringkat teratas Google juga makin besar.

Teknik SEO On Page terlihat rumit apabila kamu masih asing dengan istilah ini. Namun, jika tertarik untuk mempelajarinya, yuk simak ulasan Jagoan Hosting mengenai apa itu SEO On Page dan cara optimasinya pada artikel di bawah ini!

Pengertian SEO On Page

Pengertian SEO On Page adalah sebuah praktik pengoptimalan halaman web untuk memperoleh peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari yang salah satunya adalah Google.

Selain mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas, tujuan dari SEO On Page adalah untuk mengoptimalkan pada tag judul, konten, tautan internal, URL dan gambar pada halaman website.

Jadi sederhananya, apa itu SEO On Page adalah praktik mengoptimalkan halaman website agar memperoleh trafik yang baik.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Setelah mengetahui pengertiannya, berikutnya kamu perlu juga perlu memahami perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page adalah hal yang sangat penting karena membantu mesin pencari memahami situs website dan juga kontennya.

Di samping itu, adanya contoh SEO On Page juga dapat membantumu untuk melakukan identifikasi apakah halaman website relevan dengan mesin pencari. Secara garis besar, perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page adalah sebagai berikut: 

  • SEO On Page adalah teknik optimasi yang dilakukan di dalam website dengan mengoptimalkan konten dan beberapa hal teknis pada halaman website.
  • SEO Off Page adalah teknik optimasi yang dilakukan di luar website dengan tujuan untuk membuat website berada di halaman teratas pencarian Google. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan domain authority melalui link building, backlink, maupun aktivitas pengoptimalan eksternal website lainnya.

Baca juga: SEO WordPress : Panduan Buat Websitemu Mudah Ditemukan di Google

Pentingnya SEO On Page untuk Website

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, optimalisasi SEO On Page adalah hal yang dapat membantu menaikkan peringkat website di mesin pencari dan memperoleh organik trafik yang baik dengan melakukan penerbitan konten yang relevan dan berkualitas tinggi. 

Di sinilah pentingnya SEO On Page untuk website, karena dapat membantu dalam memahami situs website dan konten milikmu. Di samping itu SEO On Page juga dapat melakukan identifikasi apakah kontenmu sudah relevan dengan kueri pencarian atau tidak.

Google dengan algoritma kompleksnya, akan menjadi jauh lebih baik ketika kamu menerapkan SEO On Page, khususnya yaitu dalam :

  • Memahami apa yang sebenarnya ditelusuri pengguna saat mereka mengetik kueri di pencarian. 
  • Memberikan hasil pencarian yang memenuhi maksud pengguna yaitu melalui informasi, belanja dan navigasi.
  • Beradaptasi dengan perkembangan. Hal ini sangat penting, dan kamu dapat melakukannya dengan memastikan bahwa situs website serta konten milikmu baik yang terlihat oleh pengguna di halaman web (teks, gambar, video, atau audio) dan elemen yang hanya terlihat untuk bot mesin mencari (misalkan tag HTML, data terstruktur) dapat dioptimalkan dengan baik sesuai dengan praktik SEO terbaru.

Tujuan dan Manfaat SEO On Page

Secara sederhana, tujuan dari SEO On Page adalah sebagai tempat untuk melakukan praktek pemasaran. Dalam hal ini, tujuan dari SEO On Page adalah sebuah hal yang positif karena dapat meningkatkan brand awareness produk kamu.

Melalui proses marketing yang kamu lakukan tentu akan jauh lebih mudah karena konten dan materi pemasaran sudah ditempatkan di situs website. Dengan cara ini, pengunjung juga akan lebih mudah memahami dan mengenal bisnis milikmu, Sob.

Di samping itu, dapat dipahami pula bahwa manfaat SEO On Page adalah dapat membuat website terlihat lebih menarik dan mudah digunakan pengunjung.

Dengan manfaat SEO On Page tersebut, akhirnya informasi yang benar dan spesifik dari perusahaan serta optimalisasi halaman website, konten berupa artikel dan halaman arahan, dapat membuat orang lain lebih mudah untuk mengenal perusahaan milikmu.

Cara Optimasi SEO On Page

Perlu diketahui, pengoptimalan SEO On Page adalah hal yang harus selalu diprioritaskan mengingat mesin pencari akan terus berkembang. Adapun beberapa cara optimasi SEO On Page adalah sebagai berikut:

1. Konten yang Berkualitas dan Evaluasi Jika Perlu

Pertama, cara optimasi SEO On Page adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Apalagi selama ini, Google juga selalu mengutamakan konten berkualitas tinggi.

Pastikan website-mu mampu menghasilkan konten berkualitas tinggi sehingga dapat dihargai dengan peringkat yang lebih baik.

Dalam hal ini, melakukan audit juga sangat penting karena dapat membantumu untuk evaluasi apakah konten yang ada telah mencapai tujuannya dan apakah informasi di dalamnya masih relevan atau tidak.

Baca juga: Menulis Artikel SEO: Apa, Untuk Apa dan Bagaimana Caranya

2. Penulisan SEO

Selanjutnya, cara optimasi SEO On Page adalah dengan menulis konten menggunakan teknik SEO, lebih dari sekadar judul dan deskripsi yang baik dan penelitian kata kunci.Konten harus berkualitas tinggi, penting, dan relevan.

3. Optimasi Gambar

Mengoptimalkan gambar dengan benar ternyata juga akan membantumu memaksimalkan cara optimasi SEO On Page lho, Sob! Optimasi gambar dapat memberikan lebih banyak trafik pada website.

Adapun tips pengoptimalan gambar dalam SEO On Page adalah sebagai berikut:

  • Beri Nama Gambar dengan Tepat
  • Berikan Deskripsi
  • Kompres Gambar

4. Gunakan URL Singkat dan Deskriptif

Berikutnya, cara optimasi SEO On Page adalah cukup gunakan URL singkat, dengan satu kata yang mudah dieja dan mudah diingat namun dapat menggambarkan tentang website secara keseluruhan. Sebab, semakin pendek URL akan semakin disukai.

Sebagai catatan, membuat URL-mu SEO friendly dan mudah diingat dapat memudahkan pengunjung untuk mengakses kembali website milikmu.

Kelima, cara optimasi SEO On Page adalah dengan menambahkan link internal dan eksternal. Menambahkan sumber daya internal dan eksternal yang relevan dapat membantu pengunjung dalam menavigasi situs website dan menemukan informasi lebih lanjut.

6. Memaksimalkan Kecepatan Loading Halaman 

Cara optimasi SEO On Page yang terakhir adalah berkaitan dengan kecepatan loading website. Untuk hal ini, kami sarankan menggunakan penyedia hosting yang terbaik demi menghindari halaman yang crash karena kepadatan pengunjung, salah satunya yaitu Jagoan Hosting.

Dengan Jagoan Hosting menawarkan hosting sesuai dengan kebutuhanmu agar  memungkinkan kamu memaksimalkan websitemu Sob!

Itulah Sob ulasan mengenai apa itu SEO On Page, tujuan, cara optimasi dan pentingnya untuk diterapkan dalam website kamu.

Pada intinya, SEO On Page penting dilakukan agar situs website kamu berpeluang besar muncul di halaman penelusuran dan mudah ditemukan pengguna. Yuk simak artikel blog menarik lainnya di Blog Jagoan Hosting.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like