5 Cara Memperpendek Link Website, Google Form & Spotify

cara memperpendek link

Pernahkah kamu menyalin sebuah link website tapi ternyata tidak terlihat “cantik” karena terlihat terlalu panjang? Jika iya, kamu wajib mencoba cara memperpendek link yang akan Jagoan Hosting bahas kali ini. 

Tips dan cara membuat shortlink pada artikel berikut cukup mudah dicoba untuk pelajar hingga pemilik bisnis dan bisa diakses secara gratis.

Kamu bisa pilih dengan metode apa kamu ingin membuat short link. Dan di akhir artikel akan ada rekomendasi web memperpendek link untuk kamu coba. Yuk simak artikelnya!

cara memperpendek link

Membagikan link biasanya digunakan untuk tujuan pemasaran (marketing) atau konversi (conversion). Namun, membagi link yang panjang tentunya jadi terkesan tidak praktis dan kadang bisa melampaui kuota karakter yang diperbolehkan.

Selain itu, link URL yang terlalu panjang biasanya akan membingungkan audiens dan tidak mudah diingat. Dampaknya pun akan mempengaruhi SEO pada konten. Karena link yang terlalu panjang, audiens akan enggan berkunjung atau meng-klik websitemmu.

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada kontenmu. Nah, untuk menghindarinya, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau website yang bisa mempersingkat link halaman web. Mau tau seperti apa caranya? Berikut ini adalah ulasan dari Jagoan Hosting cara memperpendek link yang mudah dan simpel!

Bitly merupakan salah satu situs penyedia layanan untuk bisa memperpendek link URL yang terlalu panjang. Dari sekian banyak penyedia shortener url, Bitly memang menjadi yang populer karena cara penggunaannya yang cukup mudah.

Fitur bitly juga lengkap, mulai dari memperpendek link, membuat branded link, mengubah URL tujuan atau redirect link, insight dari hasil klik link dan sebagainya. Nah, kali ini Jagoan Hosting akan membahas cara memperpendek link menggunakan Bitly. Untuk memperpendek link dengan Bitly kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini ya:

  1. Buka situs Bitly pada browser.
  2. Temukan kolom Shorten Link pada laman
  3. Copy link yang ingin dijadikan lebih pendek.
  4. Masukkan link pada kolom Shorten your link
  5. Kemudian klik Shorter, selanjutnya link yang sebelumnya panjang kini sudah lebih pendek dan akan langsung muncul pada kolom tersebut.
  6. Setelah jadi kamu bisa salin link dengan klik copy. Link sudah jadi dan siap untuk dibagikan!
Cek Konten Lainnya:
Yuk Kenali Lebih Jauh Apa Itu Blockchain dan Cryptocurrency!

Nah, itulah cara membuat link Bitly untuk memperpendek link panjang. Cukup mudah dan simpel untuk digunakan bukan? 

Cara satu ini bisa digunakan buat kamu yang sering membagikan Google Form atau Google Drive untuk keperluan tertentu. Misalnya untuk registrasi atau mendapatkan database, dan lain sebagainya.

Untuk memperpendek link dari Google ini kamu tidak perlu menggunakan situs pihak ketiga. Alasannya, Google Form juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk memperpendek link. Namun, fitur ini jarang digunakan karena tidak bisa customized. Berikut adalah cara memperpendek link pada Google.

  1. Klik icon link pada Google Form.
  2. Jika link sudah muncul, cari kalimat ‘Perpendek Link’ atau Shorten Link tepat di bawah link.
  3. Kemudian, centak pada kolom Perpendek Link atau Shorten Link.
  4. Selanjutnya, linkmu sudah lebih pendek dan siap untuk dibagikan.

Memperpendek link dari Google Form ini bisa diakses secara gratis karena sudah ada pada fitur Google. Hal ini juga bisa dilakukan pada Google Drive, jika kamu ingin membagikan file dengan link yang tidak terlalu panjang.

Buat kamu yang sering bermain sosial media, pasti pernah juga membagikan url dari YouTube untuk dibagikan melalui sosial media lainnya. Link yang dibagikan tersebut pasti tidak akan bisa mudah diingat jika terlalu panjang, dan bisa saja membuat orang malas untuk membukanya. 

Nah, untungnya ada cara praktis untuk memperpendek link/URL dari channel YouTube. Langsung simak yuk caranya di bawah ini:

Dedicated Hosting
  1. Buka situs YouTube di youtube.com
  2. Klik link profil Channel YouTube lalu pilih YouTube Studio.
  3. Lanjut klik icon Roda pada YouTube Studio.
  4. Setelahnya akan terbuka Menu Setelan atau Setting, kemudian klik Channel > Kelayakan Fitur > Status dan Fitur.
  5. Pilih kelayakan Fitur kemudian pilih Status dan Fitur di bagian paling bawah.
  6. Setelah terbuka, kamu bisa memilih pilihan URL Kustom, dan klik aktifkan. Terakhir, linkmu sudah bisa dibagikan.

Buat kamu yang hobi mendengarkan musik, terutama menggunakan aplikasi Spotify. Kali ini kamu bisa membagikan lagu atau playlist favoritmu kepada teman atau followers social media. Agar terlihat praktis dan mudah diingat, kamu bisa memperpendek link dari Spotify dengan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  1. Buka situs web sptfy.com
  2. Copy lalu paste link akun spotify pada kolom yang memiliki judul Enter the long Spotify URL Below
  3. Setelah itu klik Create URL, kamu juga bisa custom nama link akunmu dengan format …/nama
  4.  Setelah itu link yang sebelumnya panjang sudah lebih pendek dan sesuai dengan nama yang sudah kamu custom.
  5. Untuk membagikannya, kamu bisa tekan link tersebut lama hingga muncul copy to clipboard dan linkmu sudah siap untuk dibagikan.
Cek Konten Lainnya:
Digitalisasi Kesehatan, Peluang yang Nggak Pernah Terbayangkan!

Cukup mudah,kan? Sekarang kamu bisa berbagi playlist favoritmu dengan cara yang lebih praktis dan asyik!

Memiliki short link dengan domain sendiri, kenapa tidak? Buat kamu yang memiliki website, dengan shortlink domain sendiri, kamu bisa meningkatkan performa website agar mudah diingat bahkan bisa menaikkan rank domain di Alexa. Berikut cara praktisnya

  1. Menggunakan WordPress. Untuk membuat shortlink dengan domain sendiri Jagoan Hosting akan menjelaskan caranya dengan menggunakan WordPress.
  2. Download plugin di WordPress dengan nama Pretty Link.
  3. Setelah terdownload kamu bisa membuat link baru dengan klik tombol tambah baru.
  4. Pada menu pretty link, lengkapi beberapa data yang ada sebagai berikut:
  • Add Title: Tuliskan judul dari link yang akan kamu buat
  • Target URL: isi dengan URL yang ingin kamu tuju
  • Pretty link: isi dengan directory dari short link yang ingin kamu buat, misalnya, jagoanhosting.com/XXXX
  1. Terakhir, klik Update, maka shortlink dengan domain sudah berhasil dibuat dan bisa kamu bagikan untuk keperluan tertentu.

Itu lah beberapa cara untuk memperpendek link pada aplikasi-aplikasi tertentu. Selanjutnya, Jagoan Hosting juga merekomendasikan beberapa situs web yang bisa membantu untuk memperpendek link jadi lebih singkat, ringkas dan mudah diingat. Apa saja listnya, yuk langsung kita cek listnya di bawah ini! 

cara memperpendek link
Photo by Kaboompics .com from Pexels

Web untuk memperpendek link ini juga biasanya disebut dengan situs short URL. Dengan situs ini kamu bisa memperpendek URL yang panjang dengan mudah. Memperpendek link juga tidak akan mengubah halaman tujuannya. Jadi, hanya mengubah karakternya saja.

Situs untuk memperpendek link ini memang sangat beragam. Maka dari itu, Jagoan Hosting akan merekomendasikan 3 situs short link terbaik serta menulisnya secara singkat.

1. Bitly

URL dengan awalan Bitly memang sering kita temukan dan paling umum saat ini. Salah satu penyebabnya karena membuat link dengan Bitly kamu tidak perlu membuat akun, dan sangat mudah untuk digunakan. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Analisis SWOT? Manfaat, Cara Buat & Faktor-Faktornya

Selain itu, dengan Bitly kamu juga bisa melakukan analisis dan monitor berapa orang yang mengklik link tersebut. Bahkan Bitly ini adalah situs short URL yang sudah digunakan oleh brand-brand besar salah satunya adalah McDonald’s dan Dunkin Donuts.

2. TinyURL

Berdiri sejak tahun 2002, TinyURL ini bisa disebut sebagai pelopor situs short URL terbaik. Link yang dihasilkan dari TinyURL ini juga tidak akan kadaluarsa dan bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan dari TinyURL ini kamu juga bisa memperpendek link melalui toolbar browser secara langsung.

3. Tiny.cc

Memiliki nama yang hampir sama dengan Tiny.URL ini ternyata memiliki perbedaan pada biaya langganannya. Tiny.cc menawarkan harga yang lebih murah untuk kustomisasi URL yaitu, hanya $5/bulan. 

Namun, kamu juga bisa memperpendek link secara gratis tentunya karena gratis maka ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan. Misalnya, fitur untuk melihat dan menganalisis performa link yang sudah diperpendek.

Itu dia beberapa rekomendasi dari situs short link terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memperpendek link. Manfaat dari menggunakan web shortlink terbaik tersebut kamu bisa mendapatkan manfaat seperti, kustomisasi URL, bisa melacak performa URL, link mudah dihafal, lebih profesional dan dipercaya oleh customer, mudah dibagikan ke media sosial.

Kesimpulan

Dari beberapa rekomendasi di atas, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara memperpendek link yang sudah disampaikan, kini tampilan link akan lebih cantik dan mudah diingat. 

Nah, dari cara memperpendek link di atas, kamu bisa membuat link/tautan dengan nama brand bisnismu sendiri. Jika saat ini kamu sedang fokus untuk mengembangkan bisnis, ada baiknya memulai membuat website dengan nama brand dari bisnismu sendiri.

Selain untuk branding, website dengan nama brand sendiri akan terlihat lebih profesional dan dipercaya oleh customer. Jadi, tanpa perlu short URL kamu bisa mempromosikan dan memasarkan web bisnismu.  

Jadi, tunggu apalagi dapatkan unlimited hosting yang juga GRATIS domain .COM. Yuk mulai branding bisnismu jadi lebih beken dengan website keren!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
nama brand aesthetic
Read More
160+ Nama Brand Aesthetic yang Keren & Cara Menentukan
Keberadaan nama untuk sebuah brand memang sangat penting. Untuk membuatnya kamu pun harus mempertimbangkan unsur estetika atau keindahannya.…
Read More
Ini Dia 5 Tips yang Bisa Membantumu Membangun Startup Bidang Game
Saat ini ekosistem bisnis startup sedang berkembang pesat. Tidak hanya di dunia, namun Indonesia juga mengalami hal ini.…