SEO Writing: 10+ Cara Mudah Kontenmu Rangking di Google

seo writing

Bagi pemilik usaha kecil menengah bahkan perusahaan besar yang mengandalkan website sebagai saluran penjualan, bisa menjadi sarana pemasaran. Website dapat meningkat performa trafik konten yang dibuat dengan menggunakan cara SEO writing. Cara ini bisa menaikkan ranking konten di Google.

Dikutip dari Search Engine Land, SEO writer adalah aturan menulis konten berkualitas berdasarkan panduan search engine optimization (SEO). Tujuan utama penulisan konten ini untuk mendapatkan ranking di search engine (Google, Yahoo, Bing, dan lainnya). 

Perbedaan SEO content writing dan content writing yakni jika content writer fokus dalam memproduksi konten tulisan untuk menarik perhatian konsumen. Sementara SEO content writer memproduksi konten berkualitas dan punya dampak untuk mesin pencari

Artikel yang biasa digunakan untuk mendukung situs web harus memiliki beberapa bagian atau persyaratan. Biasanya disebut sebagai artikel SEO friendly.

14 Tips SEO Writing untuk Konten Websitemu

Ingatlah bahwa meskipun tujuan membuat artikel SEO friendly adalah untuk mendapatkan ranking hasil mesin pencari, orang akan tetap membacanya.  Berikut cara membuat berbagai konten agar naik di Google. 

1. Lakukan Keyword Research

Untuk menemukan konten yang ramah SEO, pembaca kamu perlu mengetikkan query atau kata kunci ke mesin pencari. Kata kunci adalah kata yang perlu kamu tentukan pertama kali. Dengan cara ini kamu dapat memilih kata kunci yang paling cocok. Menggunakan kata kunci yang tepat meningkatkan kemungkinan banyak orang menemukan konten kamu.

2. Sesuaikan Topik dengan Keyword yang Dipilih

Apakah kamu melakukan riset dan memilih kata kunci yang tepat? Jangan tulis artikelmu sekarang, oke? Pertama edit topik dengan kata kunci yang ada. Ini memungkinkan konten kamu cocok dengan apa yang dicari pembaca kamu. Apabila memilih kata kunci apa itu instagram. Siapa pun yang mencarinya pasti butuh jawaban yang luas. Kamu juga bisa menjelaskan pengertian, sejarah dan fungsi Instagram.

Situasinya berbeda dengan kata kunci “Cara menghapus postingan Instagram”. Siapa pun yang mencarinya tidak perlu penjelasan tentang Instagram dan informasi umum lainnya. Kamu bisa mencari penjelasan yang sangat spesifik. Jadi sebelum kamu menulis, pastikan tahu apa yang dicari pembaca. 

Setelah menentukan topik dan juga keyword yang dipilih langkah berikutnya adalah menentukan sub topik yang akan dibahas dalam artikel tersebut.

Sub topik atau sub judul dalam artikel harus sesuai dengan bahasan, yang meliputi poin apa aja yang perlu dibahas dan menentukan kedalaman konten artikel itu. Untuk bantu kamu menemukan ide sub topik apa aja yang perlu dibahas, kamu bisa pakai Insta AI Content Generator dari Jagoan Hosting yang bisa bantu kamu generate sub judul.

Cek Konten Lainnya:
6 Cara Menjadi Selebgram Terkenal Sampai Dapat Endorse!
ai content generator untuk SEO Writing

Selain sub judul, di Insta AI Content Generator juga bisa bantu untuk generate artikel, judul, pembuka penutup artikel dan bisa juga custom prompt. Dapatkan kemudahan buat konten di website dengan Insta AI Content Generator yang ada di paket pro AI WordPress Hosting.

3. Perhatikan Struktur Artikel

Cara membuat artikel yang SEO friendly selanjutnya berkaitan dengan struktur. Setiap item harus berisi:

  • Judul artikel. Judul artikel adalah kalimat pertama yang dilihat pembaca. Judul harus berhubungan dengan isi artikel.
  • Gambar utama, ini adalah gambar yang muncul di bawah judul. Gambar ini merupakan daya tarik tambahan bagi pembaca untuk membaca teksmu. 
  • Meta Deskripsi, berisi satu atau dua kalimat pendek yang menggambarkan isi artikel secara keseluruhan.
  • Bagian pengantar, adalah paragraf pertama yang memberikan gambaran umum tentang topik yang ditulis atau masalah yang kamu hadapi.
  • Subjudul, dapat menggunakan H2, H3 dll untuk utas tertentu.
  • Isi atau teks artikel mencakup semua hal yang telah kamu bahas yang berhubungan dengan judul artikel kamu.
  • Item multimedia berisi banyak gambar atau video yang kamu tambahkan ke artikel. Letakkan setelah subtitle. Ini juga mencakup infografis, audio, dan tayangan slide. 

4. Pakai Heading

GetResponse menulis bahwa dengan menggunakan tajuk utama dapat membuat artikel SEO yang bagus. Karena mesin pencari “membaca” heading ini. Heading yang tepat dapat membantu Google memahami konten kamu secara otomatis.

Selain itu, pembaca kamu juga dapat diyakinkan oleh berita utama. Jika kamu sedang terburu-buru, pembaca cukup memindai berita utama hingga menemukan informasi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, subtitle harus mencerminkan isi teks dan mengandung kata kunci penting. Kamu bisa memakai kata kunci yang tepat di heading. Kata kunci yang digunakan oleh pembaca tertarget memberimu peluang peringkat yang jauh lebih tinggi di SERP.

5. Ulangi Kata Kunci Sewajarnya

Di masa lalu, mengulang kata kunci adalah cara terbaik untuk menulis artikel yang SEO friendly. Sekarang metode ini tidak lagi valid. Mengulangi kata kunci seringkali tidak disarankan. Itu membuat kalimat kamu sulit dipahami dan kurang menyenangkan untuk dibaca.

Tidak hanya itu, menurut Yoast, peringkat konten kamu di mesin pencari bisa turun. Karena saat ini Google memprioritaskan artikel yang bisa dibaca dengan baik oleh orang, bukan hanya mesin. Jadi bagaimana tepatnya kamu menambahkan kata kunci ke sebuah artikel?

6. Masukkan Elemen Visual

Tidak hanya tulisan, mulai Semrush, gambar juga penting untuk SEO. Elemen visual ini dapat membuat artikel kamu enak dibaca. Tak lupa dapat membuat infografis, daftar periksa, template, dan lainnya. Semua ini dapat membantu pembaca memahami pesan kamu. 

Cek Konten Lainnya:
SEO Copywriting: 10+ Tips Buat Kontennya dan Dapatkan Traffic

Baca juga: 15+ Tools SEO untuk Tingkatkan Traffic Websitemu

7. Isi Title Tags dan Meta Description

Kesalahan umum yang dilakukan pembuat konten di situs web lain adalah melewatkan tag judul dan menambahkan deskripsi meta yang unik. Selain kata kunci umum saat ini dan pengoptimalan mesin telusur, menentukan tag judul dan deskripsi meta juga penting. Hal ini harus dilakukan agar mesin pencari dapat dengan mudah menemukan website-mu.

Tag judul merupakan judul yang kemudian ditampilkan di halaman pencarian situs web seperti Google. Biasanya, deskripsi meta sejumlah 100-160 karakter adalah penjelasan tentang konten produk atau situs web, atau bahkan penuh dengan penawaran menarik. Di sini kamu dapat memasukkan kata kunci untuk memaksimalkan SEO. 

Gunakan deskripsi meta untuk meringkas konten posting dan lainnya:

  • Membuatnya pendek.
  • Gunakan satu atau dua kata kunci.
  • Terakhir, ada artikel serupa lainnya di luar sana, jadi jika ingin deskripsi kamu menonjol dari yang lain buat itu menarik.

Sebagian besar sistem manajemen konten (CMS) memiliki bidang deskripsi meta bawaan, jadi kamu tidak perlu mencari jauh untuk menggunakan fitur tersebut.

8. Perkecil Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang terlalu besar akan memperlambat waktu pemuatan web. Meski kecepatan situs web kamu memengaruhi SEO. Selain itu, tentunya lebih mudah bagi masyarakat untuk mengakses website yang cepat. Jadi coba kurangi ukuran gambar biasanya 700×350 pixel.

Google sangat suka dengan website yang memuat cepat karena meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu penyebab utama side lag adalah gambar yang besar dan berat. Jika kamu memiliki banyak gambar dalam postingan kamu dan masing-masing berukuran lebih dari 100 KB, ini dapat memberikan efek dramatis pada kecepatan laman kamu.

9. Beri Gambarmu Nama yang Pas

Cara menulis artikel yang SEO friendly selanjutnya adalah dengan memberi nama file gambar. Google juga membaca namanya. Pikirkan nama yang bermakna. Apabila kamu mengupload gambar orang yang sedang mengobrol, beri nama file chats-close-friends.jpg. Cobalah untuk menghindari nama “IMG562901.jpg” atau nama lain yang kurang deskriptif.

10. Masukkan Alt Text di Gambar

Keterangan gambar juga dapat membantu peringkat SEO. Agar lebih optimal, kamu bisa menggunakan trik berikut ini:

  • Jelaskan isi gambar sedetail mungkin.
  • Cocokkan teks alternatif kamu dengan konten atau topik artikel. Teks alternatif berbeda untuk setiap gambar.
  • Jangan hanya mengulangi kata kunci.

Strategi membuat artikel SEO friendly selanjutnya dengan memaksimalkan internal link hingga kuat. Apa itu tautan internal? Link internal atau tautan masuk merupakan tautan yang membawa pengguna ke artikel atau halaman lain di situs web.

Apa saja contoh tautan internal? Lihat artikel ini untuk contoh. Kata “Baca Juga” akan membawa kamu ke artikel lain di website yang sama. Tautan artikel memastikan pembaca betah berlama-lama karena mendapat tambahan rekomendasi artikel unik. Internal link juga bisa ditanam pada kata di dalam artikel yang menjadi kata kunci dalam website tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Cara Buat Iklan di Google Ads (Panduan Lengkap)

Baca juga: 15+ Technical SEO Checklist yang Wajib Dioptimasi

12. Hindari Melakukan Keyword Stuffing

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menerapkan strategi SEO adalah isian kata kunci. Keyword stuffing berarti menulis terlalu banyak atau terlalu banyak keyword di artikel web. Inilah penyebab mesin pencari atau Google menganggap konten yang dibuat sebagai spam.

Aktivitas ini berbahaya karena mesin pencari akan memblokir kontenmu. Sehingga tidak lagi bisa ditemukan di halaman pencarian. Gunakan beberapa kata kunci yang diulang sebanyak 3-4 kali di badan artikel agar tidak dianggap spam.

13. Menulis untuk Manusia, Bukan Mesin Pencari

Dengan semua tips SEO ini, jangan melupakan kalau saat pengguna menelusuri Google, mereka sedang mencari jawaban. Cara terbaik untuk meningkatkan peluang dengan menulis postingan website yang berkualitas.

Seperti apa bentuknya? Jawaban yang akurat, bagian yang dapat dicari, subtitle yang terorganisir, dan alat bantu visual. Pertimbangkan persona pembeli, motivasi, tantangan, dan minat mereka. Penting juga untuk memilih topik yang beresonansi dengan calon pembaca dan menjawab kekhawatiran mereka. Sementara beberapa alat SEO dapat membantu sisi teknis situs web.

Pemilik web juga dapat menggunakan alat penulisan konten untuk menulis konten yang akurat, ringkas, dan ramah pengguna yang akan berperingkat baik dan menarik pembaca. Berbagai alat juga mengukur keterlibatan konten, sehingga dapat melihat berapa lama orang bertahan di satu halaman, apakah mereka mengunjungi beberapa halaman, atau berapa lama orang menggulir ke bawah situs.

Baca juga: ChatGPT untuk SEO: 17+ Cara Memanfaatkannya

14. Gunakan Tools Tambahan

Cara membuat konten ranking di Google selanjutnya yakni dengan tools tambahan. Alat-alat ini digunakan untuk memberikan visibilitas yang lebih besar ke dalam kinerja situs dan konten yang dibuat.

Ada beberapa plugin SEO gratis dan berbayar yang dapat kamu pasang di situs web, seperti Yoast SEO. Plugin SEO paling populer ini bisa memudahkan konfigurasi SEO di websitemu agar mudah tampil di hasil pencarian. 

Dapatkan Yoast SEO Premium secara gratis hanya di produk WordPress Hosting dari Jagoan Hosting. Selain plugin premium, di WordPress Hosting ini kamu juga dapat garansi kecepatan 5 detik yang mendukung performa SEO websitemu.

Juga, jangan lupa untuk menautkan situs web kamu ke Google Analytics. Karena tools tersebut dapat membantu menganalisa performa website secara detail. Data yang ditampilkan bisa dibuat bahan evaluasi, apakah pemakaian SEO telah maksimal atau perlu diperbaiki lagi. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan seputar SEO writing cara agar kontenmu rangking di Google. Ikuti cara tersebut sebagai strategi search engine optimization agar makin maksimal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Google analytics adalah
Read More
Panduan Lengkap Google Analytics untuk Pemula
Google Analytics adalah fasilitas untuk melihat jumlah pengunjung pada blog perusahaan/ pribadi maupun social networks lain dalam bentuk…
apa itu Google Search Console
Read More
Apa itu Google Search Console? Cara Pasang & Menggunakannya
Bagaimana cara optimasi dan mengetahui performa sebuah website? Solusi permasalahan tersebut adalah Google Search Console. Artikel ini akan…