15+ Tools SEO Gratis & Bayar Terbaik yang Wajib Dipakai

tools seo

Era digital memudahkan kita untuk mendapatkan penghasilan dan melakukan pekerjaan. Salah satunya adalah ketika kamu menjadi pemilik website, maka ada banyak tools SEO gratis atau  berbayar yang bisa kamu pilih. 

Tools SEO ini diperlukan salah satunya untuk membuat artikel di website. Tujuan dari alat ini untuk menemukan kata kunci yang terbaik dan meningkatkan traffic website kamu di Google pencarian. Riset kata kunci adalah hal yang penting bagi website untuk menemukan frasa apa yang banyak dicari. 

Simak penjelasan review setiap tools yang akan dipaparkan berikut ini secara lengkap. 

Tools SEO yang Wajib Digunakan

Bagi pemilik website penting untuk memiliki tools ini. Bahkan menjadi wajib karena penting untuk meningkatkan traffic website. Tips memilih tools SEO yang tepat yaitu dengan memperhatikan tujuan dari website kamu. 

Penting untuk menentukannya agar memilih tool yang tepat contohnya ingin menjual produk, menawarkan banyak produk, atau membuat layanan premium, sampai untuk mendapatkan Google Adsense. 

Penting juga melakukan strategi bisnis untuk digital marketing sampai meningkatkan rangking pencarian Google. 

kamu bisa memanfaatkan tools yang dimiliki oleh Google sendiri sehingga lebih mudah dan praktis. Simak beberapa tools yang wajib digunakan berikut ini: 

1. Google Search Console 

tools seo google search console

Google Search Console adalah tools SEO gratis yang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Lewat tool ini, kamu bisa mengidentifikasi performa website untuk pencarian organik yang banyak dilakukan serta melihat berbagai data tentang performa website kamu. 

SEO tool yang dikeluarkan Google ini penting digunakan karena sudah tidak diragukan lagi keakuratan datanya. Hal ini karena riset yang muncul sudah pasti berasal dari data yang dimiliki Google itu sendiri. 

Awalnya, namanya adalah Google Webmaster Tool, lalu kemudian berubah menjadi GSC (Google Search Console. kamu bisa memanfaatkannya untuk: 

  • Memeriksa kinerja website di HP 
  • Menganalisis traffic 
  • Mencari ide kata kunci yang baru 
  • Menilai halaman terpopuler di website kamu untuk melakukan analisa traffic selanjutnya 
  • Melihat backlink ke website 
  • Memeriksa link rusak 
  • Mengidentifikasi masalah keamanan 
  • Mengatur sitemap website 

Banyak sekali bukan fungsinya? Dari alat ini, kamu bisa menggunakan fitur statistik perkembangan jumlah klik pengguna, impression, rata-tata CTR, rata-rata posisi website, dsb. 

2. Google Analytics 

tools seo google analytics

SEO Tools berikutnya adalah Google Analytics yang juga dapat di akses secara gratis. Praktisi SEO wajib menggunakannya karena bisa membantu untuk mengungkap banyak hal tentang website. 

Contohnya informasi tentang perilaku pengunjung dan karakteristiknya sehingga berguna mengetahui konten yang relevan untuk mendapatkan pengunjung tersebut. Selain itu, pentingnya Google Analytics yaitu membantu dalam mengetahui konten apa yang menarik. 

Adapun fitur yang dimilikinya adalah sebagai berikut: 

  • Bisa melakukan tracking data website. 
  • Dapat memantau traffic website secara realtime. 
  • Ada tabel untuk mengetahui karakteristik dari pengunjung. 

3. Tools SEO untuk Riset Keyword 

tools seo riset keyword

Tools SEO berikutnya adalah riset keyword yang penting untuk mencari topik terbaik agar banyak di baca pengunjung website. Ada banyak alat yang tersedia dan punya banyak fungsi dan kelebihannya masing-masing. kamu bisa mencarinya menggunakan tools berikut ini. 

a. Ahrefs 

ahrefs seo

Ahrefs adalah keyword tools SEO yang serbaguna dan banyak di sukai oleh pemilik website karena fiturnya yang lengkap dan cukup akurat. 

Alat ini juga didapatkan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas. Untuk mendapatkan akses lengkapnya, kamu bisa berlangganan atau melakukan uji coba selama 7 hari dengan membayar USD7. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu SEO On Page dan 6 Cara Optimasinya

Sedangkan bagi yang ingin menggunakannya dalam jangka panjang dan lebih profesional bisa membuat akun premium dengan harga USD 99 – USD 999. Meski terbilang mahal, akun premiumnya punya kualitas terbaik karena lebih akurat dan lengkap. 

Ada 5 fitur utama yang tersedia dalam tool ini, yaitu: 

  • Site Audit: meningkatkan performa SEO On Page. 
  • Site Explorer: analisa kompetitor, tampilkan data traffic, dan profil backlink.
  • Keyword Explorer: tersedia ribuan kata kunci, lengkap analisa tingkat kesulitan, volume pencarian, dan potensi. 
  • Content Explorer: bisa menemukan konten yang populer dan menilai kinerja konten yang dimiliki. 
  • Rank Tracker: melihat peringkat di mesin pencarian setiap waktu dan memberikan grafik dari kompetitor. 

Keunggulan dari tool ini sudah tersedia panduan lengkap dari fungsi setiap toolnya sehingga dapat di gunakan baik pemula sampai profesional. 

b. Moz 

moz

Tool Moz termasuk salah satu alat mencari kata kunci yang punya fitur lengkap dan banyak di gunakan oleh merek ternama di dunia, contohnya trivago. Moz punya dua fitur gratis yang didapatkan dengan mendaftar akun. 

Kedua fitur ini adalah Keyword Explorer dan Link Explorer. Selain itu, ada juga fitur yang berbayar seperti On-Page Optimization yang bisa memberikan saran optimasi, rank tracking untuk mengukur SEO website kamu. 

Jika ingin mendapatkan tool Moz Pro, kamu bisa mencobanya selama 30 hari gratis lalu dilanjutkan dengan membayar USD 99 sampai USD 599 tiap bulannya. 

c. Ubersuggest 

ubersuggest

Berikutnya adalah tools SEO terbaik yang bisa di gunakan baik untuk meningkatkan kinerja website secara on page maupun off page. 

Ada 3 fitur utama yang tersedia yaitu Keyword Analyzer yang membantu dalam mencari kata kunci dan performa keyword, Competitive Analysis untuk membandingkan data SEO dengan kompetitor, dan SEO Explorer untuk memberikan informasi tentang backlink dan merangkum informasi SEO. 

Semua keunggulan ini bisa di dapatkan secara gratis selama 7 hari. Lalu, untuk selanjutnya perlu berlangganan dengan biasa USD 12 – USD 40. 

d. SEMRush 

SEO Tools terbaik selanjutnya adalah SEMrush yang dapat meningkatkan SEO On Page dan Off Page. Tampilan dari SEMrush ini terbilang user-friendly dan navigasinya sangat rapi sehingga dapat di gunakan untuk pengguna pemula maupun yang sudah profesional. 

kamu bisa menggunakan versi gratisnya yang di nilai sudah cukup bagus untuk mendapatkan kata kunci. Namun, bagi yang ingin fitur lengkap bisa mencobanya gratis selama 30 hari. Selebihnya perlu membayar sekitar USD 119.95 – USD 449 tiap bulannya. 

Beberapa fitur yang tersedia seperti Competitive Research, Keyword Research, Link Building, On Page & Technical SEO, dan Rack Tracking. 

e. Google Keyword Planner 

Tool ini dapat membantu kamu menemukan kata kunci yang terbaik sehingga dapat meningkatkan kualitas konten. kamu bisa menemukan kata kunci baru sampai riset keyword dengan mudah. 

Terdapat dua fitur utama yaitu Discover New Keyword dan Get Search Volume and Forecast. 

Dengan menggunakan kata kunci ini, kamu bisa memasukkan keyword dan menganalisisnya apakah informasi tersebut relevan, bagaimana rata volume pencariannya dan tingkat kompetisinya. 

Tool ini cocok juga bagi kamu untuk kebutuhan ads atau iklan karena layanannya ada di dalam Google Ads. 

f. Keyword Surfers 

Alat riset keyword gratisan selanjutnya adalah Keyword Surfers yang merupakan ekstensi gratis Google Chrome. Tujuan dari ekstensi ini untuk membantu dalam menemukan ide riset kata kunci. 

Hal ini karena di dalamnya ada tampilan volume pencarian, nilai CPC, tingkat kesulitan keyword, sampai mencari kata kunci yang sejenis. 

google trends

Sesuai namanya, Google Trends membantu kamu untuk mencari apa yang sedang viral dan populer di cari oleh pengunjung. Platform ini di akses secara gratis. Tampilan dari Google Trends juga menyediakan hasil dari Google Images, News, Shopping, dan Youtube. 

Cocok bagi kamu yang sering membuat konten viral seperti berita. 

h. SEO Minion 

Ekstensi Google Chrome untuk SEO berikutnya adalah SEO Minion. Kegunan dari alat ini yaitu melihat link di website apakah mengalami kerusakan atau tidak. SEO Minion juga sering di pakai melihat translasi konten menggunakan bahasa lain. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Omni Channel? Strategi & Bedanya dengan Multi Channel

Hal ini bermanfaat bagi kamu yang punya target pengunjung website dari berbagai negara sehingga lebih multibahasa. 

i. People Also Asked

Tools riset keyword yang terakhir adalah People Also Ask (PAA). PAA adalah fitur SERP dari Google yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan terkait hasil pencarian. Jawab ini berasal dari halaman website yang bisa di klik. 

Setelah melakukan proses riset keyword dan telah menentukan topik apa yang memiliki tren pencarian tinggi, langkah berikutnya yaitu menyusun draft sebuah konten. Proses menyusun draft konten artikel perlu referensi agar konten kamu semakin lengkap. 

Beberapa tools bisa kamu pakai untuk mencari referensi itu seperti People Also Asked, SEO Minion, dan Chat GPT. Akan lebih mudah proses mencari referensi dan membuat draft artikel jika toolsmu sudah terpasang di website atau wordpressmu seperti produk Insta Website Builder dari Jagoan Hosting yang sudah include Pro AI Chat GPT.

4. Tools SEO untuk Audit

SEO audit tool adalah alat yang digunakan untuk optimasi website. Proses audit ini bertujuan untuk mengetahui performa situs kamu sehingga langkah untuk optimasi bisa berjalan dengan efektif. 

Dari adanya tools SEO ini, dapat digunakan untuk melihat berbagai masalah yang mempengaruhi kinerja website. Beberapa contoh tools audit SEO adalah sebagai berikut: 

a. Ahrefs 

Ahrefs Site Audit termasuk aplikasi canggih untuk melakukan audit SEO. Melalui aplikasi ini, tersedia banyak fitur yang didapatkan gratis seperti Site Audit dan Site Explorer yang di gunakan untuk melihat konten apa yang dibutuhkan pengunjung serta meningkatkan kinerja website. 

Namun, jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap lagi bisa membayarnya mulai dari USD 99. Cara kerja dari Ahrefs yaitu merayapi website untuk mendapatkan informasi seputar keyword, backlink, dan traffic pengunjung. 

Jadi, Ahrefs tidak hanya untuk riset keyword tetapi juga untuk alat audit SEO. 

b. Screaming Frog 

screaming frog

Screaming Frog adalah alternatif bagi kamu untuk mengaudit masalah teknis dari website yang berkaitan dengan SEO. 

Tool ini tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Versi gratisnya, bisa untuk merayapi website sampai dengan 500 URL untuk menganalisis masalah SEO secara umum. 

Sedangkan bagi kamu yang ingin mendapatkan layanan tidak terbatas, bisa menggunakan versi berbayar. Di versi berbayarnya ini, kamu juga memperoleh berbagai fitur tambahan lain yaitu Google Analytics, PageSpeed Insight, crawl configuration, dsb. 

Screaming Frog menampilkan hasil audit seperti berikut ini: 

  • Menemukan link yang rusak. 
  • Menemukan konten duplikat 
  • Generate XML sitemaps 
  • Menemukan halaman yang meta datanya kurang optimal 
  • Dsb. 

c. Google Page Speed Insight 

Contoh terakhir dari tools SEO untuk audit adalah Google Page Speed Insight. Alat audit SEO ini lebih berfokus untuk meningkatkan kinerja page speed atau kecepatan website. Page Speed adalah salah satu yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencarian. 

Dampak yang diberikan dari alat ini yaitu membuat user experience lebih baik karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk melihat konten kamu. Cara untuk menggunakannya juga tergolong mudah. 

kamu tinggal memasukkan link ke kolom yang tersedia. Nantinya, alat ini akan menganalisis situs tersebut dan memberikan saran untuk membuat page loading yang lebih cepat di bandingkan sebelumnya. 

Baca juga: 7 Cara Mempercepat Loading Website Anti Lemot!

5. Tools SEO di WordPress 

tools seo di wordpress

Terakhir, adalah pembahasan tentang tools SEO untuk pengguna WordPress. WordPress sudah punya beberapa alat analisis SEOnya sendiri sehingga pengguna tidak perlu mencarinya lagi. Beberapa alatnya adalah sebagai berikut: 

a. Yoast SEO 

tools seo wordpress yoast

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO terbaik karena sudah banyak pengguna WordPress memakainya. Lewat plugin ini, kamu bisa menambahkan judul, meta deskripsi, dan meta keyword di setiap halaman artikel yang di buat sehingga meningkatkan nilai SEO. 

Cek Konten Lainnya:
4 Trik Membangun Digital Marketing Untuk Startup Anda

Fitur terbaik yang ada di tools ini adalah adanya saran untuk membuat URL, tag deskripsi, sampai kata kunci yang baik dan terhindar dari keyword stuffing. Yoast SEO juga akan melakukan optimasi pada bagian kategori, breadcrumbs, dsb. Kamu bisa mendapatkan plugin ini baik secara gratis maupun berbayar. 

Yoast SEO merupakan plugin SEO untuk wordpress dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini dengan total lebih dari 5 juta pengguna aktif. Ini membuktikan jika plugin ini mudah dan ampuh dalam membantu websitemu mengoptimalkan SEO apalagi dengan versi premium. 

Versi Premium dari Yoast SEO memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan memudahkanmu mengelola sisi teknis SEO yang kini juga tersedia di produk Insta Website Builder dari Jagoan Hosting. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengelola SEO di websitemu.

b. All in One SEO 

All in One SEO menawarkan layanan untuk membuat website lebih SEO friendly. Tools SEO ini sudah di pakai lebih dari 3 juta pengguna sehingga cukup terkenal. Fitur dari plugin ini sudah tersedia Google Analytics, buat judul, meta tag, sitemap XML, dsb. 

Semua fitur tersebut dapat membantu kamu untuk meningkatkan traffic dan membuat peringkat website menjadi lebih tinggi. 

All in One SEO bisa di pakai secara gratis dengan fitur terbatas atau berbayar jika ingin mendapatkan fitur unlimited. 

c. RankMath 

Tool berikutnya adalah RankMath adalah plugin SEO pada WordPress yang di gunakan untuk optimasi website. Fitur yang  ada di RankMath ini contohnya seperti berikut: 

  • Rekam error 404 dengan otomatis. 
  • Menambahkan tag meta yang dibutuhkan untuk semua halaman. 
  • Terhubung dengan Google Search Console. 
  • Meningkatkan gambar SEO. 
  • Analisis konten website menggunakan lebih dari 70 tes yang berbeda. 
  • Sitemap yang membantu untuk crawling halaman website. 
  • Optimasi halaman WooCommerce. 

Kamu bisa menggunakan RankMath untuk versi gratis atau berbayar. 

d. Monster Insight 

Monster Insight juga sudah mulai terkenal di gunakan bagi pengguna WordPress untuk meningkatkan performa website. Sudah lebih dari 1 juta website yang memakainya. Dengan Monster Insight, kamu bisa menambahkan Google Analytics ke WordPress. 

Kamu bisa menggunakannya baik versi gratis maupun pro jika berniat untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Fitur pronya bisa untuk melacak iklan, melacak penulis, dan E-niaga. 

Setelah berhasil memasang plugin ini, kamu bisa melihat laporan Google Analytics yang ada di dalam dasbor WordPress. Untuk melihatnya, cukup menekan tombol Insight > Reports. Nantinya akan otomatis muncul laporannya dengan lengkap. 

e. Google Site Kit 

Tools SEO terakhir yang di pakai untuk website WordPress adalah Google Site Kit. Alat ini juga di gunakan untuk tool optimasi SEO dan monetisasi website. Pengguna bisa melihat Google Analytics dari dashboard WordPress sehingga lebih praktis dan mudah untuk memantaunya. 

Selain itu, ada juga Search Console, PageSpeed Insights, AdSense, Optimize, dan Tag Manager yang bisa di integrasikan ke dalam plugin yang satu ini. Dengan kata lain, plugin ini bisa untuk mengecek kinerja website. Kelebihannya adalah tidak butuh waktu lama untuk instalasinya.  Google Site Kit juga tersedia secara gratis maupun berbayar.  

Demikian penjelasan lengkap tentang tools SEO yang di manfaatkan untuk performa website yang lebih baik. Pastikan websitemu sudah terintegrasi dengan tools SEO yang terbukti oke dan pastinya versi premium seperti produk website platform dari Jagoan Hosting. 

Dengan menggunakan tool ini dapat membantu meningkatkan pengunjung lebih banyak karena SEO menjadi faktor penting dalam mendatangkan traffic websitemu secara organik. Jadi bagaimana, sudah tahu apa saja tools SEO favorit yang akan kamu gunakan? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
rebranding adalah
Read More
Apa itu Rebranding? Fungsi, Tujuan & Tahapannya
Dalam persaingan bisnis yang ketat, segala upaya dilakukan guna mempertahankan eksistensi perusahaan, termasuk dengan melakukan rebranding. Tahukah kamu…
google adsense
Read More
Google AdSense: Cara Daftar & Syarat agar Diterima
Memasuki era digitalisasi, memperoleh penghasilan tambahan dari internet menjadi hal yang lumrah dan banyak sekali caranya. Salah satu…