17+ Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Efektif!

cara meningkatkan traffic website

Guna kepentingan branding, pemasaran atau berbagai kegiatan bisnis lainnya, traffic web menjadi hal penting yang tak dapat ditolak. Oleh karena itu sangat wajar jika banyak pelaku bisnis yang giat mencari cara meningkatkan traffic website miliknya.

Hal tersebut karena saat ini teknologi menjadi sebuah kebutuhan wajib sehingga digitalisasi pun merupakan hal yang wajar. Sehingga dari waktu ke waktu semakin banyak orang yang mulai memanfaatkan web untuk berbagai alasan pribadi.

Nah dengan mengetahui bagaimana cara meningkatkan traffic website, maka pelaku bisnis akan menemukan cara promosi dan branding yang kuat. Hanya saja sayangnya belum banyak pemilik website yang tahu caranya untuk melakukan hal tersebut.

Semua Website Membutuhkan Traffic

Traffic tentu merupakan istilah yang sangat tak asing di dalam dunia website. Tingginya angka lalu lintas pengunjung website ini menjadi hal yang penting bagi keberhasilan website. Utamanya bagi website yang bertujuan sebagai sarana pengelolaan bisnis.

1. Mengenal Apa Itu Traffic Website

Istilah traffic website tersebut merujuk kepada lalu lintas pengguna internet yang mengunjungi sebuah website. 

Selain menunjukkan jumlah orang yang mengunjungi website, traffic biasanya juga memberi gambaran jangka waktu para pengunjung ada di sebuah website.

Rekaman jejak para pengunjung sebuah website akan terekam oleh domain. Jumlah angka lalu lintas pengunjung itulah yang disebut traffic. Angka itulah yang akan dapat mengidentifikasikan kepopuleran sebuah website.

Cara mengecek traffic website dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan Google Analytics. 

Dengan membuat akun terlebih dahulu, maka nanti pada dashboard di bagian Users, akan terlihat jumlah pengunjung, sedangkan Sessions, adalah jumlah kunjungan ke website.

2. Alasan Traffic Penting Bagi Website

Traffic menjadi penting karena hal tersebut dapat menjadi indikator kepopuleran akan sebuah website. Apabila traffic sebuah website tidak banyak bahkan tidak ada sama sekali, maka website tersebut akan tenggelam karena kalah bersaing dengan banyak website lainnya.

Sehingga jika ada pertanyaan mengapa website butuh traffic? Maka jawabannya jelas, setiap website pasti butuh lalu lintas pengunjung agar tetap dapat bertahan. Apalagi jika website tersebut adalah untuk kepentingan bisnis. 

Semakin banyak pengguna internet berkunjung maka akan semakin besar pula kemungkinan terjadinya pembelian. kamuikan pun proses transaksi tak terjadi, pengunjung web akan telah memiliki gambaran akan suatu produk. 

Dengan begitu di lain waktu ketika sedang membutuhkan, ada tujuan, brand atau produk tertentu yang akan dicarinya.

Tips Cara Meningkatkan Traffic Website

cara meningkatkan traffic website

Lalu lintas website akan memastikan bisnis kamu akan dapat berjalan dengan lancar. Lantas adalah cara meningkatkan traffic website gratis? Berikut beberapa langkah sebagai cara meningkatkan traffic website:

a. Membuat Konten

Langkah pertama cara mendapatkan traffic website yang paling mudah dan umum dilakukan adalah membuat konten. Tentu saja konten tersebut harus berkualitas serta bermanfaat bagi para pengunjung website.

1. Blog

Untuk membuat konten blog yang berkualitas, maksimalkanlah penggunaan SEO. kamu juga dapat menggunakan konten yang berbentuk foto, infografis, video dan lain sebagainya Selain itu, dalam pembuatan konten blog perhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan pernah lakukan copy paste artikel dari website lain.
  • Cobalah untuk memakai variasi keyword.
  • Posting hanya artikel yang profesional.
Cek Konten Lainnya:
Cara Kerja Website dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

2. Fokus di Topik Evergreen

Cara meningkatkan traffic website bisa juga kamu lakukan dengan pemilihan tema yang pas.

Agar pengunjung banyak tertarik mengunjungi suatu website, maka silahkan kamu fokus untuk membahas pada topik evergreen. Yaitu sebuah topik yang tak akan pernah ketinggalan zaman. Topik konten semacam ini akan tetap relevan selama bertahun-tahun mendatang. 

Artinya topik evergreen tidak terbatas pada waktu dan tidak bergantung pada tren tertentu. Contoh topik evergreen adalah “Cara menghemat uang belanja bulanan”. Topik ini tentu akan selalu menarik kapanpun pengunjung internet akan membacanya.

Sangat berbeda dengan tipe konten viral atau musiman seperti “Menu rumahan enak untuk sahur”, misalkan. Topik tersebut memang menarik, namun hanya relevan menjelang dan saat bulan Ramadhan saja bukan?

3. Guest Blog

Cara meningkatkan traffic website lainnya adalah melakukan guest blogging. Yaitu menulis artikel untuk diterbitkan di blog pemilik website lainnya. Untuk melakukan hal ini, maka kamu perlu teliti ketika memilih blog atau website yang akan menerbitkannya.

Yaitu pilih blog atau website yang angka trafiknya jauh lebih tinggi dari website milik kamu. Dengan begitu maka artikel milik kamu yang ada di blog atau website orang lain tersebut akan terbuka kemungkinan terbaca oleh lalu lintas pengunjungnya.

4. Visual yang Menarik

Selain konten, tak dapat ditampik jika tampilan atau visual website yang menarik akan menjadi cara meningkatkan traffic website juga. 

Sebagai salah satu pemikat bagi pengguna internet untuk mampir, tampilan visual juga akan membantu membangun citra merek di benak konsumen. 

Desain website yang baik adalah yang mampu menggabungkan hubungan antara persepsi, citra dan komunikasi, menjadi satu elemen visual yang menarik.

Baca juga: Cara Mudah Cek Traffic Website dan 8 Rekomendasi Toolsnya

b. Menggunakan SEO

meningkatkan traffic website dengan SEO

Selain membuat konten yang bermutu, penggunaan SEO juga akan menjadi cara meningkatkan traffic website. 

1. Riset Keyword

Riset keyword adalah proses pemilihan kata kunci yang banyak terpakai oleh pengguna internet pada saat mencari produk, jasa, atau konten. Untuk dapat memilih kata kunci yang tepat, maka harus melakukan proses analisis yang mendalam.

Dengan begitu maka akan dapat menemukan kata kunci yang tepat yang sesuai dengan tujuan. Yaitu untuk optimisasi mesin pencari (search engine optimization) atau dalam rangka pemasaran produk atau jasa.

Melalui penggunaan riset keyword maka pengoptimalisasian traffic website dapat berhasil. Yang mana setiap kali pengguna internet memasukkan keyword tertentu maka akan secara otomatis konten yang bermuatan kata kunci tersebut akan muncul.

2. Page Speed

page speed

Page Speed atau kecepatan halaman adalah durasi yang dibutuhkan untuk membuka halaman suatu web. Tentu saja ini artinya berlaku prinsip dasar, yaitu semakin cepat waktu untuk membuka suatu halaman web maka akan semakin baik. 

Pada kenyataannya sebagian besar pengunjung website dan blog tidak akan sabar menunggu halaman yang loadingnya terlalu lama. Jika sebuah website loadingnya lebih dari 3 detik, maka sebanyak 53 persen pengguna internet akan meninggalkannya. 

Data tersebut diperoleh dari riset yang dilakukan oleh Google kepada para pengguna internet di tanah air. Ini berarti page speed yang baik adalah yang tak lebih dari 3 detik agar tak mengakibatkan terjadinya bounce rate yang tinggi.

Website dengan kecepatan tinggi terbukti sangat berpengaruh terhadap performa SEO dari suatu website. Ini dibuktikan adanya Core Web Vitals yang menjadi metrics penting dalam mengukur page experience suatu website. Pastikan websitemu mempunyai performa speed yang bisa dihandalkan seperti produk Insta Website Platform dari Jagoan Hosting yang menjamin 5 Detik Load Time dan sudah terintegrasi dengan plugin Yoast SEO Premium.

3. Crawling & Indexing

Di dalam penerapan strategi SEO terdapat 2 faktor penting yang tak boleh kamu abaikan, yaitu crawling dan indexing. Crawling adalah suatu proses dimana mesin pencarian Google akan mampu memindai dalam mencari konten yang terdapat di situs web berupa artikel, gambar, lembar produk, link, dll.

Cek Konten Lainnya:
Cari SSL Gratis? Ini 10+ Cara Mendapatkannya

Sedangkan indexing adalah proses pada saat mesin pencari melakukan pengindeksan terhadap informasi yang terdapat di dalam situs tersebut. 

Nantinya setelah proses pengekstrakan konten dari situs, crawler akan meletakkannya di indeks halaman kemudian mengatur semua informasinya. Informasi itulah yang berguna untuk pengukuran relevansi suatu situs dengan situs lain yang serupa.

4. Optimasi Konten

Berikutnya cara meningkatkan traffic website agar tinggi juga dapat kamu lakukan dengan membuat judul yang atraktif. Atau dengan menambahkan berbagai gambar serta video yang juga menarik bagi pengunjung website atau blog kamu.

kamu pasti bertanya-tanya seberapa penting backlink untuk meningkatkan traffic website? Jadi backlink adalah bagian dari SEO Off Page yang merupakan sebuah link yang terdapat pada konten sebuah website yang akan mengarahkan pengunjung ke halaman website lainnya.

Manfaat dari penggunaan backlink ini adalah akan dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas website serta konten milik kamu. Bisa dikatakan jika backlink semacam hyperlink, namun dapat juga memaksimalkan SEO karena bukan sekadar menautkan sumber saja.

Dengan begitu maka penggunaan backlink adalah sebuah cara meningkatkan traffic website yang patut kamu coba.

c. Manfaatkan Social Media

meningkatkan traffic website dengan social media

Cara meningkatkan traffic website juga dapat kamu lakukan melalui beberapa hal berikut:

1. Promosikan konten

kamu dapat memaksimalkan kepemilikan media sosial dengan mempromosikan konten melaluinya. Dengan begitu semua teman atau pengikut akan tahu jika kamu juga memiliki sebuah blog atau website.

2. Gunakan Tombol Social Share

Jangan lupa juga untuk selalu membagikan artikel blog di media sosial, sekaligus memudahkan caranya agar semakin banyak yang ikut membagikannya. 

Tentunya dengan semakin banyak artikel dalam blog kamu dibagikan oleh orang lain maka akan semakin tinggi trafficnya.

Oleh karena itu mudahkan cara membagikan artikel kamu dengan menambahkan tombol share di semua artikel blog yang ada.

3. Posting di waktu yang tepat

Yang menarik dari pemanfaatan sosmed yaitu terdapat waktu-waktu khusus yang ternyata akan memberikan dampak traffic yang luar biasa. Berikut detail uraian waktu terbaik untuk posting di media sosial:

1) Instagram

Waktu terbaik untuk membagikan postingan kamu berupa konten blog atau web adalah:

  • Mulai pukul 10.00 hingga 15.00, yang mana pada masa ini aktivitas padat pagi hari telah mulai mencair. 
  • Selanjutnya pada pukul 19.00 hingga 21.00 yang merupakan saat santai untuk menelusuri medsos.
  • Selain waktu tertentu, hindari juga melakukan posting di hari Senin. Karena pada saat itu kesibukan sekolah dan bekerja ada di load yang paling tinggi. 
  • Serta jangan juga memposting di hari Minggu karena kebanyakan orang sedang menikmati liburannya.
2) Facebook

Sedikit berbeda dengan Instagram, justru waktu terbaik untuk upload postingan Facebook yaitu pada saat jam produktif berlangsung. Lebih tepatnya mulai hari Senin sampai Jumat pukul 13.00-16.00.

Namun sama dengan Instagram, pengguna Facebook juga tak terlalu menyukai membuka postingan di akhir pekan karena itu adalah masa istirahat. 

3) Twitter

Untuk waktu postingan yang terbaik di Twitter adalah setiap hari, mulai dari pukul 12.00 hingga 15.00. Sedangkan waktu terburuk untuk posting konten di Twitter adalah pada hari Jumat setelah pukul 15.00 dan hari Minggu setelah pukul 20.00.

4) Pinterest

Berbeda sekali dengan ketiga media sosial sebelumnya, ternyata waktu terbaik melakukan unggahan konten di Pinterest justru bukan saat hari kerja. 

Postingan di Pinterest justru akan mencapai engage tinggi jika kamu posting pada hari Sabtu dan Minggu pukul 20.00 hingga 23.00.

Tips Lain untuk Meningkatkan Traffic Website

Selain ke semua cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan sebagai pemilik website untuk meningkatkan traffic. Misalnya saja mengadakan webinar, bergabung ke komunitas online, aktif berpartisipasi pada forum atau melakukan email marketing.

Cek Konten Lainnya:
CPA adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Agar kamu lebih paham, silahkan ikuti detail uraian cara meningkatkan traffic website dengan penjelasannya sebagai berikut:

1. Adakan Webinar

meningkatkan traffic website dengan webinar

Webinar adalah sebuah acara berbasis online yang dilakukan melalui cara meningkatkan traffic website streaming live video bersama para audiens virtual. 

Di dalam kegiatan ini akan ada pembawa acara dengan beberapa pembicara yang akan saling berdiskusi ataupun berbagi pengetahuan mengenai tema tertentu.

Dengan melakukan sebuah acara webinar maka secara langsung akan muncul traffic ke dalam website kamu secara cuma-cuma. Mengapa bisa begitu? Karena webinar akan mampu meningkatkan brand awareness sekaligus social media presence. 

Melalui webinar kamu akan dapat mempromosikan web milik kamu. Dengan webinar juga kamu bisa memanfaatkannya untuk membangun kepercayaan dengan audiens sekaligus menguatkan otoritas dan kredibilitas brand. 

Apalagi jika acara webinar tersebut menyajikan berbagai informasi berharga dan menarik. Serta menampilkan pakar industri yang terkenal, maka sudah pasti akan menjadi cara meningkatkan traffic website yang efektif.

Karena akan semakin banyak pengguna internet yang tertarik untuk mengunjungi dan berinteraksi.

2. Join Komunitas

Saat ini telah terbentuk banyak sekali forum komunitas online berdasarkan jenis medianya. Mulai dari komunitas blogger, pebisnis hingga internet marketer memiliki komunitas onlinenya masing-masing.

kamu dapat ikut gabung ke komunitas online sesuai dengan jenis media atau website yang dikelola. 

Di dalam forum komunikasi tersebut, selain menambah jaringan, kamu juga akan bisa saling berpromosi cara meningkatkan traffic website dengan semua anggota komunitas online tersebut.

3. Partisipasi di Forum

Selain bergabung pada suatu wadah komunitas online, cara meningkatkan traffic website juga dapat kamu lakukan dengan berpartisipasi di forum. 

Forum ini biasanya merupakan komunitas yang terdiri dari orang dengan minat yang sama dengan menggunakan platform medsos atau web tertentu. 

Di dalam forum para anggota akan dapat saling berbagi pengalaman atau pengetahuan, tanya jawab, atau terlibat di dalam berbagai diskusi. 

Cara meningkatkan traffic website ini sangat relevan untuk dapat membantu menaikkan traffic organik website. 

Hal tersebut karena kamu akan berhubungan langsung dengan target market. Yaitu para pengguna internet yang memang sudah tertarik dengan niche website seperti milik kamu.

Oleh karena itu para anggota forum memiliki kecenderungan akan mengunjungi website tersebut. Namun sebelumnya, penting bagi kamu jika terlebih dahulu menjalin relasi dan kepercayaan yang kuat dengan semua anggota komunitas tersebut.

Hindari untuk langsung mengiklankan website atau bisnis online yang kamu geluti pada saat baru bergabung forum. Karena jika langsung melakukannya, maka kamu akan terlihat seperti orang jualan website. 

Tentunya hal tersebut akan membuat anggota forum menjadi tak nyaman sehingga justru tak mau mengunjungi website milik kamu.

4. Email Marketing

meningkatkan traffic website dengan email marketing

Cara meningkatkan traffic website yang paling akhir yang dapat membantu mendongkrak nilai traffic ke website adalah menggunakan email marketing. Meski terkesan remeh temeh namun jangan meremehkan cara email marketing ini. 

Mungkin ada sebagian kalangan yang menyatakan jika email marketing ini akan mengganggu, sehingga jarang direspon oleh target market. Namun kenyataannya metode yang satu ini cukup efektif guna mendatangkan trafik. 

Hal tersebut didukung dengan hasil studi dari McKinsey yang memberikan data bukti yang cukup mencengangkan. 

Dari studinya, McKinsey justru menemukan bukti jika cara meningkatkan traffic website email marketing ternyata 40 kali lebih efektif mendatangkan trafik lho.

Nilai 40 tersebut jika dibandingkan promosi website melalui media sosial semacam Facebook dan Twitter.

Itulah penjelasan tentang cara meningkatkan traffic website secara detail. Semoga bermanfaat dan membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Ciptakan Produkmu dalam 5 Hari dengan Design Sprint
Apa itu Design Sprint? Apa hubungannya dengan pemrograman website? Melalui Google Venture yang membawahi banyak startup, mereka mencoba…