Cara Cek Traffic Website dan 8 Tools Gratisnya

cek traffic website

Apakah traffic website menjadi hal yang penting untuk diketahui? Jika kamu ingin mengembangkan website perusahaan dengan baik, maka perlu untuk melakukan cek traffic website. Hal ini penting untuk diketahui supaya kamu bisa mengetahui kunjungan website.

Mengenal Traffic Website

Apa yang dimaksud dengan traffic website? Yang dimaksud dengan traffic website adalah kumpulan jumlah orang yang mengunjungi website. Hal ini penting untuk diketahui supaya kamu bisa meningkatkan kunjungan traffic website dengan kualitas konten terbaik.

Penting bagi kamu mengetahui cara mengecek traffic website supaya bisa melihat kondisi traffic. Sehingga kunjungan traffic website bisa dikelola dengan mudah dan sesuai dengan keinginan kamu. Hal ini akan menguntungkan kamu dalam mengelola traffic website.

Mengapa website butuh traffic? Sebuah website perlu memiliki traffic untuk melihat kunjungan website. Semakin banyak yang mengunjungi website tersebut, maka semakin menarik website yang kamu miliki.

Kamu perlu memperhatikan traffic supaya kamu bisa mengetahui ketertarikan pelanggan. Sehingga kamu bisa menciptakan konten yang menarik bagi pelanggan. Traffic akan membantu kamu menemukan konten-konten terbaik untuk pertumbuhan website kamu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Traffic Website

faktor yang mempengaruhi traffic website

Sebelum membahas cara mengetahui traffic web, kita akan membahas mengenai faktor yang mempengaruhi traffic website. Sehingga kamu bisa meningkatkan traffic website supaya website padat pengunjung.

Beberapa hal yang mempengaruhi traffic website adalah, sebagai berikut:

1. Kualitas Konten Website

Traffic website akan di pengaruhi oleh kualitas konten yang di buat. Semakin bagus kualitas konten yang di miliki, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan traffic yang bagus. Sehingga penting bagi kamu untuk memperhatikan kualitas konten yang di buat.

Konten yang berkualitas dapat mempengaruhi hasil data cek traffic web yang dilakukan. Sehingga hasil data yang di peroleh sesuai dengan harapan kamu. Website yang memiliki traffic yang bagus bisa membantu perkembangan website.

2. Optimasi SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara yang di gunakan untuk meningkatkan lalu lintas website dengan meningkatkan ranking website di mesin pencari. Dengan meningkatkan ranking website, lebih banyak orang akan menemukan website kamu dan meningkatkan traffic di website kamu. Ada beberapa faktor SEO yang bisa kamu optimalkan, mulai dari technical, on-page dan off page.

3. Frekuensi Publikasi Konten

Frekuensi publikasi konten bisa memberikan pengaruh pada traffic website. kamu perlu membuat strategi yang tepat mengenai waktu publikasi terbaik. Selain itu, kamu bisa membuat jadwal publikasi sehingga dapat membuat konten secara rutin.

Jika kamu jarang mempublish konten, maka kamu akan kesulitan untuk mempertahankan pengunjung. Website tersebut bisa di tinggalkan pengunjung karena jarang mempublikasikan konten yang diinginkan pengunjung.

4. Kecepatan Loading Website

Bagaimana cara meningkatkan traffic website? Salah satu faktor lain yang mempengaruhi traffic website adalah kecepatan loading website. Website yang loadingnya lambat akan di tinggalkan pengunjung karena bosan menunggu.

Penting bagi kamu untuk memperhatikan kecepatan loading website dengan menggunakan tools. Jika website lambat, maka kamu perlu menemukan masalah yang menjadi penyebab kelambatan loading.

traffic website dipengaruhi oleh page speed

Sebenarnya, sekarang mempercepat website sudah bisa otomatis. Provider hosting yang baik biasanya akan menyediakan konfigurasi terbaik untuk kecepatan load time websitemu. Seperti Jagoan Hosting Indonesia yang berani menggaransi load time maksimal hingga 5 detik di paket Insta Web Builder ini. 

Cek Konten Lainnya:
Ingin Belajar WordPress? Ini 6 Tahapan Mudah untuk Pemula 

5. Aktivitas Media Sosial

Jika kamu ingin melakukan cek traffic website dengan hasil yang bagus, maka perlu untuk meningkatkan aktivitas di media sosial. Pastikan kamu rajin membagikan link website sehingga banyak yang berkunjung ke website kamu.

Media sosial kamu bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan website kamu. Jangan ragu untuk meningkatkan traffic marketing melalui promosi di media sosial pribadi kamu. Hal ini akan memberikan hasil yang baik saat melakukan pengecekan traffic website.

Jenis Traffic Website yang Perlu kamu Ketahui

jenis traffic website

Jika ingin mengetahui cara melihat traffic website, maka kamu perlu mengetahui jenisnya dengan baik. Hal ini bisa membantu kamu memilih tools yang tepat untuk mengetahui traffic website kamu.

Apa saja jenis traffic website? Beberapa jenis traffic website yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan kualitas website, sebagai berikut:

1. Direct Traffic

Jenis pertama yang perlu diketahui adalah Direct Traffic. Traffic website ini biasanya di peroleh dari pencarian langsung yang dilakukan oleh pengunjung. Biasanya pengunjung akan mengetikkan kata kunci di mesin pencarian untuk menemukan website tersebut.

Apa itu Direct Traffic? kamu bisa memahaminya dengan contoh, misalnya kamu memiliki bisnis jualan online yang bernama Sita Shoes. Maka, pelanggan bisa mengetikan kata Sita Shoes untuk menemukan website tersebut. Cara ini bisa disebut sebagai direct traffic.

Jika kamu ingin pengunjung melakukan cara ini untuk meningkatkan kunjungan website, maka kamu perlu melakukan promosi website dengan baik. Jenis ini hanya bisa dilakukan apabila pengunjung sudah mengetahui nama website kamu.

Organic search juga di kenal dengan istilah organic traffic. Jenis traffic ini dilakukan dengan hasil penelusuran organik. Organic traffic adalah traffic yang di hasilkan secara alami tanpa menggunakan iklan-iklan berbayar.

Hal ini bisa terjadi apabila pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian. Maka, akan muncul beberapa website yang berhubungan dengan website tersebut. Jika artikel pada website kamu, maka website tersebut bisa muncul di mesin pencarian.

Kamu bisa membuat konten artikel menggunakan kata kunci yang sering di cari. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan traffic website secara organic. Traffic website tersebut bisa didapatkan dengan mudah menggunakan cara ini.

3. Social Traffic

Jika aktif menggunakan media sosial, maka kamu bisa menggunakan jenis social traffic. Jenis ini bisa di kembangkan dengan menggunakan sosial media untuk mendapatkan kunjungan website. kamu bisa mempromosikan tautan website melalui sosial media yang di miliki.

Mengenal traffic pada website dapat membantu kamu untuk mendapatkan pengunjung website yang banyak. Jenis ini memiliki peluang yang tinggi untuk menciptakan traffic pada website kamu.

kamu bisa membuat satu akun khusus dengan menggunakan nama website tersebut. Sehingga kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk mempromosikan website yang kamu kelola. Cara ini dapat memberikan peluang yang besar untuk peningkatan traffic website.

4. Referral Traffic

Jenis traffic website yang bisa dilakukan adalah referral traffic. Pengunjung bisa mengunjungi website kamu melalui tautan dari website yang lain. Cara ini sudah banyak diterapkan untuk meningkatkan traffic website.

kamu bisa melakukan referral traffic dengan berfokus pada tautan yang ditanamkan pada website orang lain. Bahkan, kamu bisa mencoba untuk mengambil kesempatan sebagai guest blogging untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung lainnya.

Penting untuk mempelajari cara mengetahui traffic website dengan baik supaya bisa mengetahui hasil kunjungan. Silakan terapkan jenis referral traffic untuk mendapatkan kunjungan yang lebih banyak di website kamu.

Cek Konten Lainnya:
15 Rekomendasi Template Website Rumah Sakit Terbaik

5. Paid Traffic

Jenis traffic website terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Paid Traffic. Paid traffic adalah jenis traffic yang diperoleh melalui iklan berbayar. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai situs iklan berbayar.

Traffic website jenis ini banyak dilakukan sebagai cara peningkatan jumlah kunjungan website. Caranya yaitu dengan menggunakan Search Engine Marketing. kamu perlu membayar jika menggunakan jenis paid traffic.

Jika kamu menggunakan paid traffic, maka kamu lebih mudah untuk melakukan promosi website. Sehingga kamu bisa menjalankan traffic digital marketing dengan mudah. Pastikan saja kamu memiliki anggaran yang cukup untuk mendapatkan traffic dengan cara ini. 

Rekomendasi Tools untuk Cek Traffic Website yang Bisa Digunakan

tools cek traffic website

Bagaimana cara melihat traffic website? Jika kamu tertarik untuk melihat traffic website, maka kamu bisa menggunakan tools. Hal ini bisa membantu kamu mengecek kunjungan di website kamu.

Beberapa rekomendasi tools untuk cek traffic website yang bisa kamu gunakan, sebagai berikut:

1. Google Search Console

cek traffic website dengan google search console

Kamu bisa menggunakan Google Search Console sebagai cara cek traffic website. Sehingga bisa mempermudah kamu untuk memecahkan masalah peningkatan kehadiran situs kamu di Google Penelusuran.

Jika tertarik untuk cek traffic website, maka kamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Layanan gratis ini bisa di gunakan untuk memonitor kinerja website secara organik. Sehingga kamu bisa mengetahui jumlah pengunjung website dengan mudah.

Penggunaan Google Search Console dapat dilakukan dengan mudah. Silakan untuk membuka halaman Google Search Console menggunakan akun Google. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi Add Property dan masukkan nama website. Silakan lanjutkan sesuai petunjuk Google.

2. Google Analytic

Google Analytic bisa di pilih sebagai tools untuk cek traffic website. kamu bisa menggunakan tools ini untuk mengetahui demografi dan perilaku pengunjung website dengan baik. Sehingga kamu bisa mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke website.

Tools ini bisa di gunakan untuk mengecek traffic produk yang ditawarkan. kamu juga bisa mengetahui kunjungan di artikel website. kamu bisa melihat laporan teknologi audience, laporan demografi audience, akuisisi, dan monetisasi website untuk mendapatkan keuntungan.

Google Analytic dapat di gunakan dengan mudah melalui lama Google. Silakan membuat akun terlebih dahulu supaya bisa menggunakan layanan Google Analytic. Selanjutnya, siapkan Google Analytic di situs website kamu untuk mengecek trafficnya.

3. Similarweb

similar web

Apa tools yang dapat di gunakan untuk mengukur website traffic? kamu bisa mencoba menggunakan Similarweb untuk mengukur lalu lintas website. Tools ini akan membantu kamu untuk mengetahui lalu lintas website dengan baik.

kamu bisa mengetahui insight website dengan mudah menggunakan SimilarWeb. Selain itu, kamu juga bisa melakukan analisis traffic website dengan cepat. Sehingga kamu bisa membuat konten menarik sesuai dengan target audiens.

Silakan mencoba menggunakan cek traffic website online melalui SimilarWeb. SimilarWeb dapat di gunakan dengan mudah menggunakan pencarian browser. Silakan untuk membuat akun terlebih dahulu supaya kamu bisa menggunakannya.

4. Ahrefs

ahrefs

Jika kamu ingin cek traffic website dengan mudah, maka kamu bisa menggunakan Ahrefs. Tools ini bisa membantu kamu untuk membangun website yang menarik. Selain itu, informasi yang diberikan akurat mengenai data traffic website.

Penggunaan Ahrefs dapat dilakukan secara berbayar dan gratis. Sehingga kamu bisa menyesuaikan penggunaan Ahrefs sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mencoba cek traffic website free menggunakan Ahrefs dengan fitur yang terbatas, selain itu ahrefs juga menyediakan tools cek traffic website WordPress yang berupa plugin.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian OOP (Object Oriented Programming) dan 4 Prinsipnya

Ahrefs bisa di gunakan untuk menentukan kata kunci dalam membuat artikel. Ahrefs dapat di gunakan dengan mudah dengan mengunjungi websitenya. Jika sudah kamu bisa melihat berbagai kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kunjungan website.

5. Statshow

cek traffic website

Statshow adalah layanan web yang berfokus pada analisis statistik dan informasi cek traffic web. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa informasi lalu lintas web seperti jumlah pengunjung unik, total lalu lintas, tren lalu lintas, dan lainnya.

Tools ini juga menyediakan informasi mengenai jumlah domain yang terdaftar dalam suatu situs web, jumlah halaman yang di cari, dan kata kunci yang paling populer. Fitur lainnya termasuk pemantauan backlink, penilaian situs web, dan kompetitor situs web.

6. Ubersuggest

tools cek traffic website

Ubersuggest adalah tools yang bagus untuk cek traffic website. Tools ini bermanfaat untuk mengoptimasi website tertentu. kamu bisa menemukan berbagai kata kunci yang banyak di gunakan sehingga bisa meningkatkan kunjungan website.

Selain itu, Ubersuggest bisa di gunakan untuk mengetahui pengunjung website dengan akurat. Sehingga kamu bisa memantau kunjungan website dengan baik dan mengetahui data pengunjung yang lengkap.

Istimewanya, kamu bisa menggunakan tools ini secara gratis. Sehingga kamu bisa mendapatkan layanan dengan mudah menggunakan ubersuggest. Jangan ragu untuk mengecek traffic website dengan benar.

7. SERanking

traffic website checker

Cara melihat traffic website wordpress bisa dilakukan dengan mudah menggunakan SERanking. Tools ini akan membantu kamu mengecek estimasi traffic website dengan fitur yang cukup lengkap.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan ini untuk menganalisis lalu lintas website. SERanking dapat di gunakan untuk melakukan analisis berdasarkan negara. Sehingga kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam analisis traffic.

Silakan gunakan SERanking untuk cek traffic website untuk analisis traffic. Jangan ragu untuk menggunakan tools ini untuk mendapatkan pelayanan analisis traffic terbaik. Siapkan artikel dengan kualitas terbaik sehingga hasil analisis traffic kamu bagus.

8. SEMRUSH

cek traffic website dengan semrush

SEMRUSH dapat di gunakan untuk memilih keyword research yang tepat. Tools ini bisa di gunakan sebagai cara untuk membangun website terbaik. Pastikan saja kamu memilih keyword yang bagus supaya kamu bisa mendapatkan kunjungan terbaik.

kamu juga bisa menggunakan SEMRUSH untuk cek traffic website. SEMRUSH akan memudahkan kamu untuk menganalisis pengunjung website. Silakan gunakan SEMRUSH untuk mencari peluang backlink untuk mendapatkan pengunjung tambahan.

kamu bisa menggunakan fitur-fitur SEMRUSH untuk menganalisis traffic website. Silakan untuk membuka website SEMRUSH kemudian pilih opsi Navigation Menu. Jika sudah, kamu bisa memilih SEO Dashboard untuk melihat data pengunjung yang kamu inginkan.

Pentingnya Daya Tampung Traffic ke Performa Website

Daya tampung traffic merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menentukan performa website. Hal ini karena semakin banyaknya traffic yang masuk ke website, semakin banyak resource yang di butuhkan untuk memproses traffic. 

Jika website tidak memiliki cukup daya tampung untuk menangani traffic, maka kemungkinan besar akan timbul masalah performa seperti lama waktu loading halaman, website yang lambat, dan lain-lain. Maka dari itu pastikan kamu pilih paket yang tepat sesuai dengan kebutuhan traffic saat mau beli produk Insta Website Builder ini di Jagoan Hosting.

Demikianlah pembahasan mengenai cara cek traffic website yang perlu kamu ketahui. Jangan ragu untuk memilih tools terbaik supaya kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam analisis website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
crud adalah
Read More
Apa itu CRUD? Fungsi, Kelebihan, dan Caranya
Mungkin istilah CRUD sudah tidak asing lagi bagi seorang back end developer. Pada proses implementasinya, CRUD adalah poin-poin…
belajar html
Read More
Belajar HTML dari Nol untuk Pemula (Mudah dan Cepat)
Jika ingin menjadi seorang developer website, seseorang tentu harus mempelajari hal-hal mendasar dari website itu sendiri. Salah satunya…