Saat ingin menambahkan animasi mungkin dapat menggunakan animasi CSS sederhana. Tetapi, untuk efek yang lebih kompleks atau canggih, Kamu membutuhkan library animasi javascript. Dengan menggunakan javascript kamu bisa membuat animasi lebih baik dibanding menggunakan CSS.

JavaScript dapat menangani hal-hal yang tidak dapat dilakukan CSS.  Hal Ini akan memberi pengembang yang lebih dan banyak kekuatan untuk mengendalikan animasi kompleks yang perlu mengoordinasikan banyak bagian yang bergerak.

Nah artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi library javascript animasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi di website kamu. Apa saja Library Animasi Javascript terbaik?

1. Anime.js

Anime.js library animasi ringan yang bekerja dari satu API yang kuat, Kamu dapat menggunakannya untuk menghidupkan atribut HTML, CSS, JS, SVG, dan DOM. Terdapat banyak hal yang dapat kamu lakukan menggunakan fungsi panggilan balik dan kontrol bawaan. Misalnya, Kamu dapat memutar, menjeda, mengontrol, membalikkan, dan memicu peristiwa secara sinkron.

Dengan sistem bawaan yang terbaik itulah menjadikan Anime.js menjadi salah satu yang terbaik. Anime.js dapat membuat membuat gerakan terarah, efek tindak lanjut dan tumpang tindih yang tampak sederhana. 

Anime.js menjadi solusi yang tepat ketika kamu ingin mengimplementasikan animasi di website kamu, Bahkan Anime.js memiliki 35K + bintang di github. Untuk melihat apa lagi yang bisa kamu lakukan  dengan library ini, Kamu bisa dapat mengunjungi Codepen.

2. Three.js

Three.js menjadi salah satu Library animasi javascript yang bisa kamu gunakan. Bahkan Library ini berada di puncak daftar pustaka animasi JavaScript dengan bintang 60K + di GitHub. Selain itu, Ini juga tergantung pada WebGL untuk membuat dan membuat animasi 3D di browser.

Dalam Three.js.  Yang pertama, dengan  menggunakan editor Three.js, Kamu dapat membuat adegan atau animasi. Setelah itu, Kamu dapat menambahkan angka geometris, dan menyesuaikan pencahayaan dan kamera. Kamu juga dapat mengatur Bahan, tekstur, objek, warna, dan fogging semuanya dapat diubah, dan file terakhir dipublikasikan untuk proyek kamu.

3. Velocity.js

Velocity.js adalah salah satu library javascript animasi yang menggabungkan transisi jQuery dan CSS terbaik. Di GitHub library ini mendekati 17K bintang. Dengan library ini kamu bisa Looping, reversing, delaying, menyembunyikan / menampilkan elemen, matematika properti (+, -, *, /), dan akselerasi perangkat keras, semua merupakan bagian dari fitur.

Selain itu kamu ketika kamu menggunakan Velocity.js kamu dapat membuat untuk menggeser jendela peramban . Library ini juga dapat bekerja dengan jQuery yang dimuat di peramban kamu dan terlepas dari itu, dan bahkan membatalkan animasi sebelumnya.

4. GreenShock JS

GreenSock adalah salah satu library javascript terbaik Dengan 8 juta pengguna dan bintang 10K + di GitHub. GreenSock’s GSAP bekerja dengan satu set file JavaScript kecil yang membuat animasi tampak hebat di semua browser utama. 

GSAP sendiri merupakan pembuatan animasi di atas kanvas dan menganimasikan objek apa pun dalam sebuah adegan. Hal ini Juga semakin termasuk dalam mengungkapkan, memetakan atau memindahkan objek apa pun di sepanjang jalan. Dalam tujuan ini, GreenShock JS bekerja dengan banyak aplikasi perangkat lunak seperti SVG Plugins, Pixi Plugin, WebGL, Adobe Animate dan Ease JS. Struktur modularnya membantu kamu memilih hanya fungsi yang kamu butuhkan. 

5. Popmotion

Popmotion adalah perpustakaan animasi fungsional untuk setiap lingkungan JavaScript dengan 18K bintang di GitHub. Library javascript animasi ini dapat bekerja dengan sembarang API yang menerima angka sebagai input seperti React, Three.js, A-Frame dan PixiJS.

Popmotion hanya memiliki berat 11,7 kB, namun library ini tetap memiliki pukulan yang maksimal. Library ini memiliki fitur fitur animasi seperti keyframe, pembusukan, garis waktu untuk mensinkronkan beberapa instance dan banyak lagi. 

Selain itu, Kamu juga dapat membuat terhuyung-huyung serangkaian animasi atau fungsi, serta menggunakan fungsi murni untuk membuat konfigurasi kamu sendiri.

6. AniJS

Di antara rekomendasi library animasi JavaScript dalam daftar ini, AniJS merupakan library yang cukup unik. Library ini memungkinkan kamu untuk menambahkan animasi ke elemen-elemen dalam struktur ‘kalimat-seperti’ sederhana,  Hal ini cukup bagus untuk orang-orang yang baru mengenal animasi. 

Terlebih lagi, sifat library ini yang tidak spesifik memungkinkan hampir semua orang menggunakannya dalam desain UX yang rutin. Di GitHub , AniJS memberi harga lebih dari 3,5 ribu bintang. Hal Itu tidak bergantung pada perpustakaan pihak ketiga dan umumnya membantu mempercepat pengembangan. 

AniJS berfungsi dengan baik di Android dan iOS , dan juga di semua browser populer. Kamu bisa menggunakan library ini untuk menerapkan animasi kamu di website.

7. Mo.js

Grafik gerak memiliki peran besar untuk dimainkan dalam animasi, Kamu Ingin membuat grafik gerak dengan JS? Kamu bisa menggunakan Mo.js . Mo.js adalah salah satu opsi yang dapat digunakan untuk membuat animasi grafik gerak. 

Dengan sejumlah tutorial dan demo yang membantu kamu dalam membuat animasi javascript, Bagi pemula mungkin tidak merasa kesulitan untuk membuat bentuk geometris dan animasi waktu ke titik.

API library ini mungkin tampak sederhana, tetapi ada banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika menggunakan library animasi javascript ini. Di dalam toolkit ini, Kamu dapat menemukan Editor Kurva dan Editor Timeline Yang akan membantu kamu dalam membuat animasi, serta Player untuk mengontrol animasi kamu nantinya.

Terdapat juga modul berbeda untuk mengejutkan, pelonggaran, garis waktu dan banyak lagi. Saat in library javascript ini menghasilkan hampir 16 ribu bintang.

8. Typed.js

Typed.js adalah pustaka sederhana untuk menghidupkan mengetik di layar kamu, Library ini memberi harga 9.5K + bintang di GitHub. Setelah kamu memasukkan string apapun, pengunjung dapat melihatnya diketik dengan kecepatan yang ditentukan. 

Bukan hanya itu, Kamu juga dapat bekerja tombol backspace, serta memulai kalimat baru. Jika kamu ingin memperbolehkan pengunjung dengan JS yang dinonaktifkan juga melihatnya, kamu cukup perlu menempatkan div HTML pada halaman tersebut. Dengan begitu, maka bot dan mesin pencari juga bisa melihat kata-kata yang diketik.

Itulah beberapa rekomendasi library animasi javascript terbaik yang baik digunakan, Dengan library tersebut kamu bisa mulai mengimplementasikan untuk membuat animasi di halaman website kamu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like