Fiverr merupakan salah satu tempat bagi para freelance untuk menghasilkan uang, Di Fiverr setiap freelancer bebas untuk menawarkan layanan kepada pelanggan di seluruh dunia. Nah artikel ini akan membahas mengenai apa itu fiver dan tips mendapatkan uang di internet dengan memanfaatkan Fiverr.

Apa itu Fiverr?

Fiverr adalah pasar online untuk layanan freelancer, Fiverr merupakan sebuah platform bagi para freelancer untuk menawarkan layanan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia. Di Fiverr banyak sekali layanan freelance yang tersedia, Mulai dari penulisan, terjemahan, desain grafis, pengeditan video, pemrograman, dll.

Apa yang Dijual di Fiverr?

Banyak sekali layanan yang dijual dan disediakan oleh para freelancer, Nah berikut kategori utama yang terdapat pada Fiverr : 

  • Graphics & Design
  • Digital Marketing
  • Writing & Translation
  • Video & Animation
  • Music & Audio
  • Programming & Tech
  • Business
  • Lifestyle

Masih banyak lagi sub-kategori yang ada pada website freelance Fiverr. Salah satunya pada kategori Digital Marketing, Kamu bisa menemukan layanan seperti SEO, Social Media Marketing, SEM, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Fiverr?

Terdapat beberapa perbedaan antara situs freelance populer seperti Upwork. Perbedaan antara Upwork dan Fiverr adalah terletak pada proses bekerja dengan klien. Di Upwork kamu harus terus mencari pekerjaan baru secara mandiri. Jadi, kamu harus secara proaktif mencari pekerjaan baru saat kamu menginginkannya.

Setiap kali kamu ingin bekerja dengan klien baru di Upwork, Kamu harus meluangkan waktu dan upaya kamu untuk menunjukkan mengapa kamu cocok menyediakan layanan dan menjadi solusi masalah client.

Bagian terbaik tentang Fiverr adalah karena cara pertunjukan diatur, Setiap klien diberdayakan untuk melakukan pembelian tanpa berbicara dengan penyedia layanan (Freelancer) . Jadi, kamu dapat menawarkan ekstra Gig yang memungkinkan setiap orang untuk menyesuaikan penawaran kamu dengan layanan terkait yang akan menguntungkan.

Ini berarti bahwa jika Gig kamu sesuai dan tepat untuk kebutuhan mereka, Maka kamu dapat melakukan penjualan saat tidur sekalipun.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Melalui Fiverr?

Menghasilkan uang dari Fiverr
Tampilan Laman Fiverr

Untuk menghasilkan uang tentunya kamu harus menyediakan layanan, Ketika layanan yang kamu sediakan dibeli oleh orang/client maka kamu akan mendapatkan penghasilan dari penjualan tersebut.

Di Fiverr kamu bebas menentukan harga layanan kamu, Sehingga kamu dapat menentukan seberapa penghasilan kamu dari menjadi freelancer di fiverr.

Menurut halaman kebijakan Fiverr, Biaya layanan akan ditambahkan pada saat pembelian di mana Pembeli dapat meninjau dan menerima jumlah total yang diminta untuk dibayar. Biaya tersebut mencakup biaya administrasi. 

Pada Mei 2018, Fiverr menetapkan biaya dengan jumlah total pembelian adalah $ 2 untuk pembelian hingga $ 40 dan 5% untuk pembelian di atas $ 40.

Seperti platform pasar freelance lainnya, Fiverr juga membebankan biaya kepada freelancer dan agen untuk ketika menggunakan Fiverr sebagai pasar mereka. Setiap Desain Logo yang kamu jual kamu akan mendapatkan pendapatan bersih 80% dari harga Paket Logo Dasar dan 20% dari margin di atas harga Paket Logo Dasar.

Tips Cepat Mendapatkan Uang Melalui Fiverr

1. Memahami tingkat penjual Fiverr & cara naik level

Terdapat beberapa konteks dasar untuk meningkatkan layanan yang kamu harapkan untuk diberikan kepada pelanggan di platform ini melalui berbagai persyaratan. untuk mempertahankan level kamu (tanpa downgrade) atau pindah ke yang berikutnya, Fiverr mengharapkan kamu untuk mempertahankan:

  • Nilai rata-rata minimum 4,7 bintang
  • Tingkat response 90% selama 60 hari
  • Tingkat penyelesaian pesanan 90% selama 60 hari
  • 90% pengiriman tepat waktu lebih dari 60 hari
  • Tidak ada peringatan selama 30 hari

Di Fiverr, secara otomatis mendapatkan ulasan 1 bintang jika kamu terlambat mengirim dan seseorang membatalkan pesanan. Hal tersebut sangat berdampak kepada profil Fiverr kamu. Maka dari itu kamu harus memberikan layanan terbaik untuk menjamin mendapatkan review bintang 5.

Selain itu, Kamu mempertahankan tingkat respons kamu tetap di hijau dengan membalas semua pesan baru dalam waktu 24 jam. Kamu bisa menggunakan mode Di Luar Kantor untuk menjeda pesanan baru dan bahkan pesan masuk jika kamu sedang sibuk atau perlu istirahat .  

2. Buat Profil Layanan kamu Sebaik Mungkin

Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengomunikasikan keahlian dan pengalaman kamu di profil Fiverr kamu. Ketika kamu dapat mengkomunikasikan keahlian kamu ke dalam profil kamu, Maka kamu bisa saja lebih mudah untuk mendapatkan klien.

Fiverr memiliki fitur yang mumungkinkan kamu untuk menambahkan daftar klien terbaik kamu. Jika kamu pernah bekerja dengan beberapa nama besar, Kamu bisa memamerkan keahlian kamu.

Fiverr juga menawarkan Tes Keterampilan yang dapat kamu ambil untuk menunjukkan kemahiran dasar jenis layanan yang kamu pilih. Kamu harus membagikan detail lengkap di bagian tentang seperti keterampilan terkait, pengalaman pendidikan, dan sertifikasi. Pastikan juga untuk menjawab pertanyaan ini:

  • Apa yang kamu kerjakan?
  • Siapa yang kamu layani
  • Apa yang membuat kamu berbeda dari pesaing kamu?

3. Optimalkan dan Atur Gig Fiverr Kamu

Salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk mempelajari cara menghasilkan uang di Fiverr adalah memiliki tujuan dalam membangun dan memulai Gigs kamu. Gig sangat penting dan menjadi salah satu penentu kamu dalam mendapatkan uang melalui Fiverr.

Saat mendaftar menjadi freelancer di Fiverr, Kamu akan dibatasi oleh berapa banyak Gigs yang dapat kamu atur, Dan berapa banyak Gig ekstra (upsell), dan Gig multiples (beberapa jumlah kiriman Gig kamu) yang bisa kamu tawarkan ke client. Saat kamu naik ke setiap level penjual, Maka kamu akan memiliki batasan yang semakin sedikit di setiap area ini. 

Kamu harus dapat mengoptimalkan dan mengatur sebaik mungkin Gig Fiverr kamu. Nah berikut ini beberapa hal yang cukup penting untuk mengatur Gig yang Sukses

  • Deskripsi of Gig
  • Lakukan Upsell dengan paket dan Gig ekstra
  • Tetapkan harapan dengan persyaratan Gig dan bagian FAQ
  • Tentukan harga Fiverr Gigs

4. Ingat! Pelanggan Selalu Benar

Yang perlu kamu ingat yaitu, Pelanggan selalu benar, Bahkan ketika mereka benar-benar salah. Hal tersebut tentunya sudah menjadi salah satu hal yang cukup beralasan ketika kamu memberikan jasa layanan.

Sekarang setelah kamu memahami mengenai perbedaan antara setiap tingkat Fiverr dan cara naik level dari satu ke yang lain, sekarang saatnya untuk membahas kebenaran yang keras yang datang bersama dengan mempelajari cara menghasilkan uang di Fiverr:

Tidak peduli bagaimana situasinya, dalam kebanyakan kasus, ketika klien kamu memutuskan bahwa mereka tidak menyukai pekerjaan kamu, Maka mereka akan mendapatkan pengembalian dana dan itu akan keluar dari penghasilan kamu. Sehingga pekerjaan kamu akan sia-sia.

5. Buatlah Klien Senang

Sesuai dengan poin keempat, Kamu harus membuat klien kamu senang. Ketika kamu membuat klien senang maka bisa saja klien tersebut menjadikan pelanggan potensial dan loyal terhadap kamu.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk menghasilkan uang di Fiverr. Selain itu, Kamu tentunya memiliki semacam paket Gig dasar yang dapat kamu sarankan kepada klien untuk membeli layanan kamu, Bahkan jika itu bukan layanan yang tepat untuk bantuan yang diinginkan seseorang.

Itulah tips dan cara menghasilkan uang di fiverr, Kamu bisa mulai membuat profil fiverr dan mulai mendapatkan uang di internet dengan menjadi freelance di fiverr.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like