Apa itu Blogspot? Ini Fungsi & Cara Membuatnya

blogspot

Rasanya, sudah banyak yang tahu bahwa blogspot adalah salah satu platform membuat website paling populer di kalangan orang-orang yang hobi menulis. Dari awal kemunculannya, blogspot memang dirancang sebagai wadah bagi mereka yang ingin berbagi hal apapun dengan bebas secara online.

Di samping blogspot, mungkin kamu juga pernah mendengar tentang beberapa layanan blog gratis lain seperti WordPress. Nah kira-kira, apa sih keunggulan blogspot? Daripada penasaran, simak langsung penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian blogspot

blogspot adalah

Blogspot adalah singkatan dari “web-log” yang merupakan sebuah media online untuk memuat konten berupa tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya guna menunjang kebutuhanmu dalam berbagai bidang.

Kamu bisa membuat berbagai konten menarik untuk dimuat di blogspot milikmu, baik itu tentang fashion, lifestyle, teknologi, atau bahkan berjualan. Blog adalah solusi tepat guna meningkatkan brand awareness dari produk jualanmu.

Sebagai tambahan informasi nih Sob, Google sudah mengakuisisi blogspot, lho. Jadi, ketika kamu ingin membuat blogspot, maka akun yang digunakan untuk daftar blogspot adalah akun Google yang telah kamu miliki.

Dengan bekerjasamanya blogspot dan Google, maka kini blog dilengkapi fitur Google Adsense yang memberikan fitur Pay per Click dari Google, yang artinya Google akan membayar kamu ketika ada seseorang yang meng-klik blog milikmu.

Sejarah blogspot

Blogspot adalah pertama kali diperkenalkan pada tanggal 23 Agustus 1999 dengan Pyra Labs sebagai pemilik awalnya. Terkenal dengan domain-nya sebagai blogspot.com, media online ini kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003 yang membuatnya semakin nyaman digunakan penggunanya.

Google melakukan berbagai perubahan demi perbaikan dan menjadikan blogspot sebagai salah satu produk andalannya. Blogspot adalah tempat bagi para penulisnya menyampaikan beragam ide dengan aplikasi yang bersifat open source.

Sebelumnya, blogspot merupakan salah satu sarana berbayar yang dikomersialkan oleh Pyra Labs, namun setelah diakuisisi oleh Google, blog menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Google terus memperbaiki layanan blog sehingga menjadi seperti sekarang.

Pada tahun 2010, Google memperkenalkan berbagai template blogspot baru yang semakin memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Selanjutnya pada Februari 2013, blogspot mulai mengintegrasikan penggunanya dengan domain sesuai negaranya. Seperti contohnya dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

Fungsi blogspot

fungsi blogspot

Setelah membahas pengertian blogspot dan sejarahnya, tentu kamu makin penasaran dong tentang blogspot ini, betul tidak? Oleh karena itu, yuk kita kupas lebih lanjut tentang fungsi dari blogspot!

1. Sarana branding

Pertama, fungsi blogspot adalah sebagai sarana branding. Meningkatkan brand awareness melalui blog dapat dibilang cukup ampuh. Terutama bagi kamu para pebisnis dan profesional. Pasalnya, semakin sering blog kamu dikunjungi, maka perhatian calon konsumen akan semakin tinggi dan mempercayai produk atau hasil karyamu.

Sebagai contoh, untuk seorang profesional, semakin sering kamu mengunggah tulisan yang menarik, maka kamu akan dikenal sebagai expert dari bidang yang kamu minati. Jadi, para pembaca tidak ragu menggunakan jasamu.

Blogspot adalah sarana yang tepat pula buat para pebisnis. Dengan mengunggah berbagai konten menarik di blog milikmu, produkmu akan semakin dikenal oleh calon pembeli. Dan jika kamu bisa mengolahnya dengan tepat, mereka akan menjadi pelanggan tetap untuk usahamu.

2. Portofolio online

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan mengunggah berbagai konten dari keahlianmu, brand awareness dari jasamu akan meningkat. Hal ini berarti fungsi blogspot adalah dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk portofolio online dari jasamu sebagai seorang profesional, Sob!

Portofolio online ini bisa jadi ajang untukmu ‘memamerkan’ berbagai karya dan proyek yang pernah kamu kerjakan sebelumnya, sehingga calon klien akan merasa tertarik menggunakan jasamu.

3. Media promosi produk dan jasa

Sekitar 70% calon pembeli, lebih memilih untuk melihat produk melalui artikel daripada iklan. Itulah mengapa blogspot adalah solusi yang tepat buat kamu menulis berbagai artikel dan tutorial tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Cek Konten Lainnya:
Daftar Kode Warna HTML CSS Lengkap (Full Colour)

4. Sarana publikasi

Fungsi lainnya blogspot adalah bisa menjadi sarana untuk mempublikasi berbagai tulisan atau karyamu, sehingga kamu akan semakin dianggap expert sebagai seorang profesional dalam bidang tersebut.

Selain itu, bagi kamu yang ingin menggunakan blogspot untuk berbisnis, bisa juga menunjukkan eksistensi dari usahamu agar tidak perlu promosi melalui media yang mahal.

Keunggulan blogspot

Karena sudah sering digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, tentu saja blogspot memiliki keunggulan yang pantas untuk kamu pertimbangkan. Ini penjelasannya.

1. Gratis dan mudah digunakan

Di dunia ini tidak ada orang yang tidak menyukai hal berbau gratis. Blogspot adalah salah satu sarana untukmu mempublikasikan hal-hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan tanpa takut rugi karena mengeluarkan biaya.

Tenang saja Sob, bagi kamu yang ingin terjun dalam blogspot lebih serius dari sebelumnya, kamu juga bisa mendapatkan akses berbayar untuk fitur yang lebih menarik dan mendapatkan domain khusus untuk blogmu.

Ngomong-ngomong soal domain nih, Jagoan Hosting juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan domain id murah dalam blogspot mu, lho. Mulai dari 20.000/setahun, kamu sudah bisa dapat domain yang cantik seperti .my.id, .com .id, dan sebagainya.Yuk, order sekarang!

Baca juga: 5 Cara Membuat Website Gratis, Paling Mudah

2. Di back-up langsung oleh Google

Keunggulan berikutnya blogspot adalah sudah di back-up oleh Google, sehingga keamanannya sudah terjamin dan sangat kecil kemungkinannya untuk bisa dibobol oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Kemungkinan terjadinya crash juga sangat kecil, Sob. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk daftar blogspot, ya.

3. Terintegrasi dengan Google

Blogspot adalah media yang sudah terintegrasi dengan Google, dalam artian kamu akan mendapat semua layanan Google saat kamu daftar blogspot. Beberapa fitur yang bisa kamu nikmati adalah Google Analytics, Google Adwords, dan Google Adsense.

4. Memiliki domain

Ketika sudah memiliki nama yang cukup dikenal oleh masyarakat, tentu kamu ingin membuat blogmu semakin keren dengan menghilangkan domain blogspot.com dan menggantinya dengan domain kamu sendiri.

5. Dapat menghasilkan uang

Dengan konten menarik yang kamu buat dalam blog, pembaca akan tertarik untuk meng-klik blogmu. Ditambah lagi template blogspot yang menarik, tentu akan meningkatkan traffic dari blogmu.

Dengan adanya afiliasi fitur Pay per Click, kamu akan mendapatkan passive income ketika ada yang meng-klik blogmu.

Cara membuat blogspot

Cara membuat blogspot adalah tidak sesulit yang kamu bayangkan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menggunakan HP hingga PC. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cara membuat blogspot di PC

Sebelum mengikuti cara membuat blogspot di PC, pastikan kamu sudah memiliki akun Google agar bisa melanjutkan proses daftar blogspot. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kamu dapat memulainya dengan membuka halaman browser pada PC atau laptop kamu. Kemudian ketik www.blogger.com pada kolom alamat website yang disediakan.
  • Pastikan halaman blogger.com sudah muncul, setelah itu kamu bisa mengklik tombol create your blog dan mari kita memulai untuk membuat blog baru!
  • Kamu bisa memasukkan alamat akun Gmail kamu sebagai awalan untuk membuat blog. Secara otomatis, akun ini akan tersambung dengan akun Google kamu.
  • Setelah kamu berhasil masuk pada akun bloggermu, kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog. Jika memang belum ingin mengisinya pada waktu itu, kamu bisa mengisinya di lain hari.
  • Setelah sampai pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur segala keperluan blogmu, seperti judul blog, alamat blog dan juga tema atau template blogspot yang ingin kamu gunakan.
  • Kamu dapat mulai memilih alamat blog yang kamu inginkan. Ada domain yang berbayar dan tidak dalam langkah ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhanmu.
  • Berikutnya kembalilah ke dashboard dan mulailah mengatur blogmu serta mulai untuk menuliskan konten pada blog. Jika sudah selesai, kamu dapat meng-klik publish agar hasil tulisanmu bisa langsung terunggah dalam blogmu.
  • Terakhir, untuk kamu yang ingin tahu bagaimana tampilan blog kamu setelah diatur dan membuat sebuah post, maka kamu dapat mengklik tombol visit blog atau langsung mengetikkan alamat blogmu pada kolom halaman website pada browser.
Cek Konten Lainnya:
Apa itu User Interface (UI)? Fungsi dan Karakteristik

Baca juga: 12+ Kriteria Website User Friendly yang Wajib Diketahui

2. Cara membuat blogspot di HP

Cara membuat blogspot di HP sedikit berbeda dengan di PC, namun kamu tetap harus memiliki akun Google sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini. Berikut adalah cara membuat blogspot di HP:

  • Unduh aplikasi ‘Blogger’ melalui Play Store ataupun App Store, tergantung HP yang kamu gunakan.
  • Setelah proses pengunduhan sudah selesai, kamu bisa membuka aplikasi Blogger tersebut dan memasukkan alamat Gmail yang akan kamu gunakan.
  • Seperti halnya langkah pada PC, lakukan daftar blogspot menggunakan akun Gmail dan password sesuai yang kamu miliki.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi, kamu akan diarahkan untuk mengisi profil dan mengeditnya. Selanjutnya kamu bisa mulai membuat blog dengan klik tombol untuk membuat blog!
  • Apabila halaman untuk buat blog baru sudah tampil di layar HP kamu, maka cara membuat blog di HP ini bisa dilanjutkan dengan menuliskan alamat blog. Pastikan alamat yang kamu pakai belum pernah dipakai pengguna lain, ya!
  • Terakhir, kalau kamu sudah selesai menuliskan judul dan alamat blog, kamu bisa mulai mendesain blog kamu dengan template blogspot agar lebih menarik dan mulai membuat konten untuk isi blogmu.

Perbedaan Blogspot dengan Blogger

Blogger dan Blogspot sebenarnya merujuk pada dua hal yang berbeda, meskipun keduanya terkait dengan platform blogging yang populer.

Blogger

Blogger adalah layanan platform blogging yang dimiliki oleh Google. Ini adalah salah satu platform blogging tertua dan populer di internet. Dengan menggunakan Blogger, pengguna dapat membuat blog mereka sendiri dengan mudah dan mengelola konten mereka.

Blogger menyediakan berbagai fitur dan alat untuk mempublikasikan dan mengatur posting blog, mengedit tata letak, menambahkan widget, dan lainnya. Pengguna Blogger dapat memiliki nama domain khusus, misalnya www.nama-blog-anda.com, yang harus dibeli secara terpisah.

Blogspot

Blogspot adalah subdomain gratis yang disediakan oleh Blogger. Ketika seseorang membuat blog menggunakan layanan Blogger, alamat blog default yang diberikan adalah dengan menggunakan domain Blogspot, misalnya www.nama-blog-anda.blogspot.com.

domain untuk blogger

Jika kamu ingin blog yang lebih kredibel, kamu bisa menggunakan top level domain seperti .com, .id yang bisa kamu dapatkan di Domain Murah dari Jagoan Hosting.

Blogspot adalah platform hosting yang digunakan oleh Blogger untuk meng-host blog-blog yang dibuat melalui layanan mereka.

Dengan menggunakan Blogspot, pengguna dapat dengan cepat memulai blog tanpa biaya atau pengetahuan teknis yang mendalam. Namun, Blogspot tidak menyediakan opsi untuk menggunakan nama domain khusus secara gratis.

Perbandingan Blogspot dan WordPress

WordPress menjadi salah satu saingan blogspot dalam layanan website berlandaskan blogging yang berupa platform.

Tak kalah dari blogspot, WordPress juga dilengkapi fitur lengkap yang akan memudahkan aktivitas blogging. Jadi apa saja sih perbandingan dari blogspot dan wordpress? Mari kita simak!

1. Biaya

Dari segi biaya, wordpress dan blogspot adalah sama-sama memberikan pelayanan gratis untuk awal penggunaannya dengan sub domain yang belum bisa kamu atur sendiri. Untuk menggunakan domain yang sesuai dengan keinginanmu, blogspot mengharuskan kamu memilih perusahaan hosting sendiri guna mengubah domain dari blog.

Sedangkan untuk wordpress, mereka memiliki layanan premium yang bisa didapat dari harga Rp 50.000/bulan dan akan semakin meningkat sesuai perkembangan website milikmu.

2. Pilihan kustomisasi

Dalam hal kustomisasi, wordpress lebih unggul dibandingkan blogspot. WordPress menawarkan berbagai tema baik gratis ataupun berbayar dan juga terdapat berbagai plugin yang membuat tampilan blog kamu semakin terlihat seperti seorang profesional.

Kustomisasi dalam wordpress juga dinilai cukup mudah dan tidak terlalu sulit Sob, jadi sebagai pemula kamu tak perlu takut mencobanya.

Sedangkan untuk blogspot, hanya ada tema terbatas bagi para penggunanya. Selain itu, kamu tidak bisa membuat template sendiri dan hanya bisa mengubah warna dari template blogspot yang telah disediakan. Fitur yang ditawarkan pun juga masih terbatas.

3. Cara menggunakan

Untuk memulai penggunaan kedua platform ini, ada sedikit perbedaan. Jika blogspot adalah mengharuskanmu login dengan akun Google, maka pada wordpress kamu cukup mengunjungi website-nya dalam melakukan registrasi di kolom yang disediakan.

4. Ownership dan control

Karena perusahaan hosting berbeda-beda, tentu aturannya pun berbeda-beda pula. Sehingga, ketika kamu melanggar Terms and Conditions mereka, konsekuensi yang diberikan juga berbeda-beda.

Cek Konten Lainnya:
7 Framework PHP Terbaik yang Mudah dan Sering Digunakan Developer

Beda halnya jika kamu menggunakan hosting milik Google, ketika kamu melanggar TnC milik mereka, maka akunmu bisa saja langsung ditutup apabila peraturan yang kamu langgar cukup fatal. Baik itu untuk blogmu, atau platform lain yang berhubungan dengan Google.

5. Potensial

Dari segi potensial untuk perkembangan bisnis, wordpress dinilai lebih unggul dibanding blogspot. Pasalnya, dengan kelengkapan fitur yang dimiliki wordpress membuat platform ini lebih mudah untuk dikenal melalui search engine sehingga bisa memaksimalkan SEO dan meningkatkan traffic dari web kamu.

Sedangkan blogspot, dengan fiturnya yang masih terbatas, mereka tidak menawarkan perkembangan web sepesat yang ditawarkan oleh wordpress. Sehingga, dapat dikatakan bahwa blogmu akan stagnan di situ-situ saja karena keterbatasan plugin.

6. Konfigurasi website dan merilis konten

Dalam konfigurasi website dan perilisan konten di kedua platform ini, terdapat perbedaan yang menjadi kelebihan bagi masing-masing penggunanya tergantung kebutuhan.

Blogspot adalah platform yang akan menyimpan konfigurasi pertamamu dalam unggahan blogmu sebagai default. Sehingga kamu tidak perlu mengatur ulang bentuk tulisan kamu, kecuali beberapa hal seperti jumlah pos yang akan ditampilkan, bahasa blog, zona waktu, format tanggal, tema, dan sebagainya.

Setelah itu, kamu bisa mengatur berbagai hal tentang unggahanmu di dashboard sebelum akhirnya di publish. Kamu juga dapat mengkategorikan berbagai unggahanmu dengan mudah.

Sementara wordpress menawarkan fitur yang lebih rumit untuk penggunanya. Kamu dapat mengatur berbagai aspek, sehingga tidak ada istilah default dalam platform ini. Selain itu, untuk pengkategorian dari unggahanmu, wordpress akan memberikan berbagai pilihan, termasuk tag.

Singkatnya, blogspot lebih mudah digunakan, sedangkan wordpress menyuguhkan berbagai pilihan yang membuat pengerjaan terlihat rumit.

7. Support dan maintenance

Karena berafiliasi dengan Google dan terdapat dalam hosting milik Google, tentu blogspot adalah platform yang jauh lebih aman karena sudah terjamin. Namun, karena ini merupakan layanan gratis dari Google, mereka tidak bisa memberikan pelayanan pelanggan lebih banyak dan memiliki fitur yang terbatas.

Berbanding terbalik dengan wordpress. Karena lebih terbuka dan kamu dapat menginstall plugin dari platform lain, sehingga kemungkinan adanya kesalahan atau peretasan juga semakin tinggi. Namun tenang, karena dalam wordpress ada berbagai komunitas yang bisa membantu kamu mengatasi masalah tersebut, Sob.

8. Komunitas

WordPress memiliki keanggotaan komunitas aktif karena merupakan platform bebas yang dapat mengakses plugin dari sumber berbeda-beda. Dengan layanan berbayar yang ditawarkan wordpress, kamu akan mendapatkan pelayanan lebih baik daripada perusahaan hosting kamu.

Sementara itu, karena hanya terbatas oleh Google dan tidak bisa mengakses plugin dari banyak sumber, hal ini menyebabkan pergerakan komunitas blogspot adalah jauh lebih terbatas dibandingkan wordpress.

Blogspot vs WordPress, mana yang lebih baik?

Baik wordpress dan blogspot adalah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Sob. Tentu pilihan akhirnya ada pada kamu dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut adalah perumpamaan mudahnya.

Jika kamu membutuhkan blog yang aman dan tidak membutuhkan perkembangan yang berarti serta tidak butuh banyak plugin dalam penggunaannya, maka blogspot adalah pilihan tepat karena penggunaannya juga cukup mudah.

Sedangkan jika kamu butuh tampilan yang lebih profesional dengan berbagai plugin, serta berbagai komunitas yang akan membantumu, maka kamu lebih cocok untuk menggunakan wordpress karena jelas akan lebih memudahkanmu mencapai tujuan meskipun cara penggunaannya lebih rumit.

Kedua platform tersebut menyediakan subdomain gratis yang berakhiran seperti .blogspot atau .wordpress yang menjadikan blogmu kurang kredibel di mata pembaca.

Agar blogmu lebih keren dan dipercaya, saatnya miliki domain sendiri dan hosting sendiri untuk blog yang lebih mudah dikelola.

Segera miliki domain untuk blogmu di Domain Murah dari Jagoan Hosting, untuk hostingnya bisa cek di Hosting Murah Terbaik.

Namun, kalau kamu udah punya web blogger bisa cek artikel ini untuk proses migrasi Cara Migrasi Blogger Ke WordPress


Nah, itu dia Sob penjelasan tentang apa itu blogspot.

Bagaimana Sob, apakah kamu tertarik menggunakannya? Mana yang sesuai dengan kebutuhanmu? Bukan hanya sekedar menulis saja, kamu juga bisa terus mengoptimalkan akun blog milikmu dengan beberapa teknik tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Analisis Website
Read More
Website Analisis: Cara dan Tools untuk Analisis Website
Seberapa penting analisis website? Mengaudit website sangat penting untuk mengetahui performa website. Dalam mengaudit atau menganalisa website banyak…
Profesi UI/UX Designer
Read More
UI/UX Designer: Prospek Kerja, Skill & Gajinya
Belakangan ini muncul berbagai profesi baru yang namanya masih asing di telinga orang awam. Banyak sekali peluang pekerjaan…