Ingin mulai membuat blog?, Kamu tentunya membutuhkan sebuah platform yang kamu gunakan untuk membuat blog kamu. Saat ini banyak sekali platform blogging terbaik yang bisa kamu gunakan, Baik itu berupa layanan penerbitan blog ataupun CMS.

Dalam hal kompleksitas, layanan penerbitan blog paling mudah digunakan, Namun memiliki beberapa keterbatasan untuk menyesuaikan fitur. Jika kamu berencana membuat blog dengan mudah dan tentunya gratis, Maka layanan penerbitan blog menjadi solusi terbaik. Berbeda dengan CMS, CMS tidak ada keterbatasan dalam pengelolaan dan mengontrol blog. Namun kamu harus menyiapkan server (web hosting) dan domain. 

Nah artikel ini berisi tentang rekomendasi berbagai platform yang bisa digunakan untuk blogging. Nah siapa saja platform blogging gratis terbaik? Yuk simak ulasannya

1. WordPress

Platform Blogging Terbaik
WordPress

WordPress merupakan salah satu platform blogging terbaik yang bisa kamu gunakan. Bahkan lebih dari 32% dari semua situs berjalan di WordPress, Tak ayak lagi wordpress merupakan platform yang terbaik.

WordPress sendiri terbagi menjadi 2 versi, Versi WordPress.com dan WordPress.org, Lalu apa perbedaannya diantara keduanya?

  • WordPress.com: Ini merupakan layanan penerbitan blog gratis yang bisa kamu gunakan. Ketika kamu menggunakan versi ini kamu akan menggunakan subdomain dari wordpress. Layanan ini memiliki banyak keterbatasan seperti menambahkan theme dan plugin yang tentunya akan menambah fitur di website.
  • WordPress.org: Ini merupakan sebuah CMS (Content Management system) yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog. WordPress.org juga dikenal dengan WordPress Self Hosted dimana kamu harus menyiapkan web hosting terlebih dahulu. Dengan menggunakan WordPress self hosted tidak ada keterbatasan dalam mengontrol dan mengelola blog.

Berapa Biayanya?

Berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika menggunakan platform ini? Sebelumnya kamu harus menentukan akan menggunakan versi wordpressnya apakah WordPress Komersil atau WordPress Self Hosted. Karena kedua versi wordpress tersebut berbeda.

Jika kamu memilih menggunakan WordPress komersil, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun atau sepenuhnya gratis. Namun kamu bisa mengcustom domain yang awalnya namawebsite.wordpress.com menjadi namawebsite.com. Namun kamu harus menyewa nama domain terlebih dahulu.

WordPress Self Hosted sendiri adalah perangkat lunak sumber terbuka, yang dapat digunakan secara lokal, atau di server web. Untuk Mengonlinekan website kamu harus memiliki web hosting dan nama domain terlebih dahulu.

Untuk Web hosting kamu bisa menggunakan cloud shared hosting Jagoan Hosting dengan harga mulai dari 10rb/bulan. Sedangkan untuk pembelian nama domain tergantung ekstensi domain yang digunakan. Untuk domain .com, Harganya sekitar $10-$15/tahun. Kamu juga bisa beli domain murah di Jagoan Hosting.

Bisakah saya memonetisasi blog saya?

Jika kamu menggunakan WordPress Self Hosted, Kamu bisa lebih mudah memonetisasi blog kamu Karena kamu dapat mengontrol seluruh blog. Kamu bebas menambahkan kode HTML script yang merupakan salah cara untuk monetisasi blog dengan iklan. Berbeda dengan WordPress komersial yang cukup terbatas, Namun kamu masih bisa melakukan monetisasi terhadap blog kamu.

Alasan WordPress Merupakan Platform blogging Terbaik

WordPress merupakan platform blogging terbaik, Sesuai sedikit penjelasan di atas sekitar 30% seluruh website di dunia telah menggunakan wordpress. Hal tersebut tentunya cukup beralasan, Banyak sekali fitur dan kelebihan di dalamnya.

Terutama untuk WordPress Self Hosted, Dengan banyak theme dan plugin yang membuat website semakin fungsional dengan lebih mudah membuat wordpress dipilih banyak orang. Selain itu, Dukungan terhadap wordpress sangat banyak, Dan forum-forum khusus wordpress yang dapat membantu kamu ketika menghadapi masalah pada website wordpress kamu.

2. Blogger

Platform Blogging Gratis
Blogger

Blogger merupakan layanan penerbitan blog milik google, Untuk menggunakan platform blogging ini kamu cukup mendaftar dengan akun Google kamu, dan menggunakan salah satu tema default untuk memulai dengan subdomain  blogspot.com.

Blogger merupakan platform blogging gratis yang memungkinkan kamu  mengunggah tema dan widget khusus. Selain itu  kamu juga dapat mengedit kode sumber blog seperti HTML, CSS, dan Javascript di dalam Blogger.

Berapa Biayanya?

Blogger merupakan platform blogger yang sepenuhnya gratis, Namun jika kamu menginginkan melakukan custom domain kamu bisa melakukannya. Blogger memungkinkan kamu untuk mengunggah tema (template), Jika kamu ingin templat blogspot yang terbaik kamu bisa membelinya.

Bisakah saya memonetisasi blog saya? 

Blogger merupakan platform yang memungkinkan kamu untuk mengedit dan menambahkan kode, Dengan begitu kamu bisa lebih mudah dalam memonetisasi blog kamu dengan iklan. Google AdSense dibangun ke dalam layanan Blogger, dan pengaktifannya cukup mudah. Selain itu kamu juga dapat menambahkan layanan iklan pihak ketiga dengan menambahkan JavaScript yang relevan di widget, atau dalam kode sumber blog kamu.

Alasan Blogger Merupakan Platform blogging Terbaik

Blogger merupakan platform blogging gratis milik Google, Kamu tentunya sudah percaya dengan produk google sepenuhnya. Blogger sendiri sangat mudah digunakan dan sangat sederhana dalam pengelolaanya.

Dalam masalah monetisasi, Blogger sangat mudah untuk memonetisasi blog kamu melalui iklan. Kamu bebas menambahkan kode iklan baik dari Google Adsense atau layanan periklanan lainnya.

3. Medium

Platform Blogging Gratis
Medium

Medium adalah platform penerbitan blog yang berfokus pada pengalaman membaca. Medium merupakan platform blogging gratis yang sangat mudah untuk digunakan. Untuk menggunakan Medium kamu cukup mendaftar dengan gratis, Setelah kamu sudah mendaftarkan akun kamu, Kamu bisa bebas untuk mulai menulis dan membuat artikel.

Untuk posting yang tidak terkait dengan publikasi, Kamu perlu menggunakan tema default. Kamu dapat menyesuaikan header, favicon, dan tata letak posting kamu. Namun, Kamu tidak bisa mengedit atau menambahkan kode.

Berapa Biayanya?

Medium merupakan platform gratis, Namun hal tersebut berlaku untuk penerbit. Untuk penerbit, Medium gratis. Bagi pembaca  terdapat model berlangganan untuk mendapatkan konten khusus terbaik.

Bisakah saya memonetisasi blog saya?

Melalui Program Mitra Medium, para Mitra penulis/penerbit dapat memonetisasi konten yang dibuat. Monetisasi yang dihasilkan atau dibayar tergantung pada keterlibatan pembaca. Namun program mitra ini cukup terbatas. Tidak semua orang dapat mengaktifkan atau mengikuti program tersebut.

Alasan Medium Merupakan Platform blogging Terbaik

Medium merupakan platform blogging sangat luar biasa dalam fungsinya. Dalam publikasi konten medium sangat mudah, Tak perlu sama sekali memahami tentang pengkodean. Kamu juga bisa memonetisasi konten kamu dengan mengikuti program mitra.

Namun, di antara platform blogging terbaik lainnya, fitur-fiturnya sangat terbatas, Selain itu di Indonesia platform ini kurang diminati.

4. Wix

Platform Blogging Gratis
Wix

Wix merupakan platform yang memungkinkan kamu membuat website melalui editor drag and drop yang praktis. Wix menyediakan lebih dari 500 templat yang bisa kamu edit untuk menyempurnakan agar blog kamu terlihat seperti yang kamu inginkan.

Wix memungkinkan kamu dalam membangun blog yang berfungsi dalam beberapa menit. Wix memberimu banyak kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi kamu saat membuat website blog kamu, dengan sedikit atau tanpa pengetahuan pemrograman.

Berapa Biayanya?

Wix merupakan platform blogging gratis, Namun untuk paket gratis memiliki keterbatasan dalam pengelolaan blog. Wix memiliki paket  bulanan  sebesar $ 5,00, $ 11,00, $ 14,00, $ 29,00, yang dapat dikonversi ke mata uang lokal kamu. 

Paket-paket itulah yang dapat membuat kamu lebih leluasa dalam mengelola dan membuat blog, Seperti; menghubungkan domain hingga membuat toko online.

Bisakah saya memonetisasi blog saya?

Kamu dapat memonetisasi blog kamu dengan melalui iklan,Kamu dapat menambahkan kode iklan khusus melalui elemen HTML di Wix, Namun akan terdapat merek Wix di paket gratis yang akan ditampilkan.

Alasan Wix Merupakan Platform blogging Terbaik

Wix memberimu banyak kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi Kamu, Kamu bebas menyesuaikan tampilan website kamu dengan editor drag and drop. Kamu juga bisa membuat website toko online kamu sendiri walaupun kamu harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan fitur tersebut.

5. Weebly

Layanan Penerbitan BLog Terbaik
Weebly

Weebly adalah platform blogging yang cukup dikenal dan disukai karena kemudahan penggunaannya, Kamu bisa membuat blog dan membangun website bisnis maupun toko online yang profesional kurang dari lima menit.

Dengan weebly kamu bisa mengcustom blog kamu dengan editor drag and drop yang sederhana. Lebih dari 50 juta situs di seluruh dunia saat ini telah menggunakan Weebly untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Berapa Biayanya?

Weebly merupakan platform blogging gratis, Namun versi gratisnya cukup terbatas dalam pengelolaan blog. Untuk dapat mengelola dan mengontrol blog lebih baik terdapat beberapa paket berbayarnya.

Untuk paket berbayar yang paling murah adalah sekitar Rp142628 dan paket termahal yaitu Rp470671. Kamu bebas menentukan menggunakan paket yang mana.

Bisakah saya memonetisasi blog saya?

Kamu bisa memonetisi blog weebly kamu, Weebly menungkinkan kamu menambahkan kode menggunakan elemen. Jadi kamu bisa menambahkan kode iklan seperti google adsense atau platform periklanan lainnya.

Alasan Weebly Platform blogging Terbaik

Weebly merupakan platform blogging yang mudah digunakan, Terdapat banyak fitur yang memudahkan dalam pengelolaan blog. Adanya editor drag and drop sangat membantu dalam kustomisasi tampilan website.

Weebly juga menyediakan banyak sekali template yang bisa kamu gunakan, Kamu cukup menyesuaikan template yang ada dengan menggunakan bantuan editor. 

Itulah beberapa rekomendasi platform blogging gratis terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog dan website. Kamu cukup menentukan akan menggunakan yang mana sesuai dengan kebutuhan kamu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like