Mimin balik lagi dengan artikel seputar SEO! Search Engine Optimization adalah hal yang sangat dekat dengan dunia teknologi digital. Mulai dari untuk urusan website sampai strategi pemasarannya. Kali ini Mimin akan menjelaskan apa itu, tujuan, manfaat dan cara kerja SEO.

So, untuk para Sobat Jagoan Hosting yang punya bisnis online dan website wajib banget buat baca artikel ini sampai tuntas!

Search Engine Optimization

cara kerja SEO
gambar dari unsplash

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. SEO adalah sebuah usaha optimasi website yang biasa dilakukan dalam dunia digital. SEO merupakan serangkaian usaha atau tindakan untuk membuat website berada pada posisi teratas di mesin pencarian Google.

SEO digunakan untuk membuat website yang kamu kelola bisa masuk daftar teratas ketika orang mencari kata kunci tertentu di mesin pencarian Google. Kenapa orang-orang melakukan upaya optimasi ini? Kita bahas lebih lanjut pada poin-poin selanjutnya.

Tujuan optimasi dengan SEO

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, upaya SEO dilakukan untuk membuat website berada pada posisi teratas di mesin pencarian Google. Tujuan utamanya adalah membuat website yang dikelola muncul pada daftar teratas ketika kata kunci yang dibidik diketikkan oleh para pencari atau pembaca.

Manfaat SEO

Manfaat yang bisa kamu rasakan ketika melakukan upaya optimasi tidak sesederhana penjelasannya. Sebenarnya ada banyak manfaat yang tersimpan di balik manfaat utama SEO. Manfaat nyata dari SEO adalah posisi teratas pada mesin pencarian. Manfaat lain yang ada di balik hasil tersebut adalah:

  1. Meningkatkannya kesadaran akan brand yang diusung website di mata masyarakat
  2. Tingginya traffic website
  3. Mengarahkan pada konversi
  4. Mengedukasi pembaca tentang topik yang ada di website
  5. Menjadi pemancing untuk mengundang pembaca agar berlama-lama di website

Cara kerja SEO

Cara kerja SEO meliputi beberapa hal. Mulai dari crawling hingga ranking. Mimin bahas satu-persatu ya, Sob.

Crawling

Cara kerja SEO dimulai dengan proses crawling atau merayap. Proses ini dilakukan oleh Googlebot yang juga dikenal dengan sebutan crawler dan spider. Prosesnya berupa penjaringan informasi dari berbagai situs terkait kata kunci tertentu.

Indexing

Setelah data-datanya terkumpul, Google akan melakukan identifikasi pada data-data yang masuk. Proses indexing dilakukan untuk melihat kesesuaian konten dengan kata kunci yang dimaksud.

Processing

Proses berikutnya adalah menerima request. Request yang masuk berupa permintaan pencarian konten dengan kata kunci tertentu. Misalnya nih kamu memasukkan kalimat “paket hosting terbaik” di mesin pencarian Google, maka Google akan memproses tersebut sebagai request.

Calculating relevancy

Setelah kata kunci “paket hosting terbaik” dimasukkan, maka Google akan memproses request. Google akan mencari link dengan konten yang paling sesuai dengan kata kunci tersebut. Di sinilah peran optimasi konten berada.

Ranking

Ranking atau hasil pencarian adalah hasil akhirnya. Situs-situs yang muncul dalam daftar teratas adalah link yang berisi konten paling sesuai menurut Google.

Jenis optimasi

Optimasi SEO dilakukan melalui berbagai upaya. Bukan hanya menggunakan upaya tunggal saja. Optimasi SEO dalam konteks artikel SEO bisa dilakukan dengan dua cara:

  1. On-page SEO
  2. Off-page SEO

Kita bahas lebih lengkap di artikel-artikel selanjutnya ya, Sob!

SEO dan strategi pemasaran digital

SEO adalah bagian dari strategi pemasaran digital. Umumnya upaya ini dilakukan untuk kepentingan pemasaran. SEO menjadi salah satu taktik pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dan pemilik website. Keduanya saling berkaitan.

Cara kerja SEO juga akan berpengaruh pada cara kerja tim digital marketing di bisnis kamu. Upaya optimasi ini ternyata unik dan penuh manfaat ya, Sob! Makanya kamu jangan sampai lupa melakukan optimasi untuk website yang kamu kelola.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like