5 Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online

manfaat SEO untuk website

Ada banyak banget manfaat SEO untuk website dan bisnis online. Bahkan bisa dibilang kalau SEO punya peran yang penting dan krusial. Bukan cuma buat website-nya aja, tapi juga untuk keseluruhan bisnis online. Kenapa sih SEO ini bisa dikatakan sebagai hal yang penting?

Alasannya adalah untuk melakukan optimasi website bisnis online kamu. Sesuai namanya, SEO atau Search Engine Optimization memang dilakukan untuk kebutuhan optimasi website di mesin pencarian. Lewat apa SEO ini dilakukan? SEO bisa dilakukan melalui serangkaian usaha yang terintegrasi. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari SEO?

manfaat SEO untuk website
Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

1. Membangun branding bisnis

Gimana cara SEO membangun branding bisnis online yang kamu kelola? SEO membangun branding bisnis kamu dengan cara mengenalkan dan membuat bisnis kamu jadi populer. Dengan melakukan upaya optimasi melalui SEO, website kamu akan jadi lebih dikenali oleh orang-orang.

Semakin berhasil upaya SEO yang dilakukan maka itu artinya semakin banyak orang yang mengetahui website kamu. Jika begini, branding bisnis kamu akan semakin kuat. Orang-orang jadi lebih aware dengan bisnis yang kamu kelola.

2. Menarik pengunjung untuk masuk ke website

SEO adalah upaya untuk memancing pengunjung. Kamu sebenarnya sedang memancing para pengunjung untuk masuk ke dalam website. Selanjutnya, kamu memancing pengunjung untuk betah berlama-lama di dalam website. Bisa dengan menarik minat mereka untuk membaca atau melihat konten-konten yang ada di dalam website, bisa juga dengan cara mengundang mereka untuk meng-klik tombol atau link tertentu.

Cek Konten Lainnya:
8 Tempat Belajar Digital Marketing Terbaik bagi Pemula

3. Meningkatkan traffic website

Nggak berhenti pada upaya untuk memancing para pengunjung agar masuk ke dalam website, SEO juga bermanfaat untuk meningkatkan traffic website. Traffic ini ditingkatkan dengan cara yang sama seperti pada poin sebelumnya. SEO menarik minat pengunjung untuk masuk dan melihat konten yang disajikan dalam website. Dengan begitu traffic website akan meningkat.

4. Meningkatkan kemungkinan konversi

Jika dipadukan dengan upaya lain melalui media sosial, iklan dan upaya-upaya lainnya, SEO juga bisa menjadi modal untuk meningkatkan konversi. Pengunjung yang berhasil ditarik untuk mengunjungi website berkat SEO bisa diarahkan untuk melakukan aksi lebih lanjut berupa pembelian produk atau semacamnya. Inilah yang dimaksud dengan konversi.

Baca juga: Tripwire Marketing: Tips Meningkatkan Konversi

5. Menjadi alat untuk melawan kompetitor

Bisnis semakin menjamur. Begitu juga dengan bisnis online. Nggak ada waktu untuk tenang-tenang aja. Bisa kamu malah disalip kompetitor atau malah nggak bisa mengungguli kompetitor. Kamu bisa memanfaatkan SEO untuk bersaing di dunia bisnis. SEO menjadi bagian dari salah satu digital marketing strategy yang wajib buat kamu terapkan.

6. Data SEO bisa dijadikan bahan riset

Kamu perlu ingat kalau upaya SEO itu nggak instan. Perlu waktu untuk melihat gimana SEO berjalan. Hasilnya nanti bukan cuma bisa dirasakan secara langsung lewat tingkat traffic website. Manfaat SEO juga bisa kamu rasakan ketika menggunakan data-data yang diperoleh sebagai bahan riset bisnis.

Seluruh manfaat SEO untuk website ini bisa dirasakan karena goal utama dari Search Engine Optimization adalah memunculkan website kamu di hasil teratas mesin pencarian Google. Dari sinilah semua manfaat SEO bisa terasa.

Jadi gitu Sob cara SEO memberikan keuntungan untuk website dan bisnis online kamu. Maksimalkan SEO biar kamu bisa terus mengembangkan bisnis online kamu menjadi bisnis yang lebih besar. Salah satu cara SEO adalah dengan memiliki website yang user friendly dan mobile friendly. Nah, kamu bisa mendapatkan website yang user dan mobile friendly lewat layanan provider website dari Jagoan Hosting. Udah lengkap dengan predikat Hosting Terbaik nih, Sob!

Cek Konten Lainnya:
7 Tips Belajar Copywriting untuk Pemula, Simak Panduannya!

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Contoh artikel non-SEO
Read More
Artikel Non-SEO: Mulai dari Copywriting Sampai Jenis Tulisan Lainnya
Kita udah bahas tentang artikel SEO. Kali ini kita akan membahas tentang jenis tulisan yang lain yaitu artikel…
instagram bisnis
Read More
Cara Membuat Instagram Bisnis Lengkap untuk Pemula
Instagram kini telah menjadi sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya berbisnis menggunakan instagram bisnis.…