10+ Cara Cepat Agar Web & Artikelmu Terindex Google 

agar web cepat terindex google

Bagi kamu yang memiliki website, pasti sudah tahu akan pentingnya terindex Google. Jika sudah terindeks Google, website akan lebih mudah untuk dicari pengguna sehingga bisa naik peringkat. Lalu, bagaimana cara agar web cepat terindex Google? 

Umumnya, Google akan mengindex website dalam waktu 1-7 hari. Namun, cara ini bisa membuat kamu lebih cepat lagi dalam mengindeksnya sehingga apabila ada konten yang sedang viral bisa naik di saat itu juga. Simak penjelasannya cara agar web cepat terindex Google.

Apa Itu Google Index? 

cara agar web cepat terindex google

Sebelum menjelaskan cara agar web cepat terindex Google, akan dijabarkan terlebih dahulu pengertian Google Index. 

Google Index adalah database yang di dalamnya terdapat informasi dari halaman situs yang sudah dikumpulkan oleh Google. Dari database inilah Google bisa menampilkan hasil pencarian yang diinginkan oleh para penggunanya. 

Database ini didapatkan Google dari proses crawling dan indexing untuk membuat Google bisa menemukan konten dan halaman website baru yang ada di dunia maya. Teknologi yang dipakai adalah spiders untuk merangkak dan menelusuri halaman tersebut. 

Spiders dari Google ini dinamakan dengan Googlebot. Jadi, jika website tidak muncul di mesin pencari maka itu kamunya belum terindeks atau belum masuk database Google Index. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara agar web cepat terindex Google. 

Cara Agar Web Cepat Terindex Google 

cara agar web cepat terindex google

Inilah beberapa cara supaya website atau artikelmu cepat terindex Google yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan manfaatnya dengan lebih cepat. 

1. Manfaatkan Google Search Console 

Kamu bisa memanfaatkan tools Google Search Console untuk membuat website terindex Google. Google Search Console adalah salah satu alat kamulan di bidang optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu kelebihannya yaitu bisa dimanfaatkan dan diakses secara gratis. Beberapa fitur yang ada di dalamnya bisa kamu gunakan sebagai cara agar web cepat terindex Google. 

Contoh fitur yang bisa kamu gunakan seperti monitor crawling, kesalahan index, dan melihat keamanan dari website. 

Namun, sebelum menggunakan cara agar web cepat terindex Google ini, kamu perlu mendaftarkan website sendiri ke Google Search Console. Tidak perlu khawatir karena pendaftarannya juga bersifat gratis dan mudah dilakukan. 

2. Buat Sitemap XML 

buat sitemap

Cara cepat agar websitemu terindex Google adalah membuat sitemap XML. Sitemap XML adalah daftar halaman dari website yang digunakan agar mesin pencari bisa menemukan website kamu dengan mudah. 

Jika sudah mudah ditemukan, maka bukan hal yang sulit untuk membuat agar artikel cepat terindeks Google. Jadi, cara ini memang sangat  diperlukan bagi pemilik website agar bisa cepat meningkatkan peringkat pencarian di Google. 

kamu juga perlu membedakan antara sitemap XML dan HTML yang sering banyak orang salah artikan. Sitemap XML diberikan untuk search engine sedangkan sitemap HTML lebih ditujukan untuk para penggunanya. Jadi, jangan sampai salah menginputnya, ya. 

3. Buat Konten 

buat konten artikel

Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam cara agar web cepat terindex Google yaitu dari segi konten. kamu tidak boleh melupakan teknik membuat konten yang berkualitas agar semakin mudah untuk terindeks Google. 

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog di 2024

Oleh karena itu, penting bagi kamu membuat konten artikel blog yang bagus dan sesuai dengan search intent pengguna Google. 

Penting juga menyesuaikan konten yang relevan dengan situs yang telah dibuat agar cara agar web cepat terindex Google terlihat lebih profesional dan menjangkau target pengunjung dan pelanggan website kamu. 

Dengan membuat konten yang baik, maka website akan dianggap bagus oleh Googlebot. Robot ini juga akan mengira kalau kamu membuat konten dengan serius sehingga layak untuk dilakukan crawling. 

Tidak lupa, kamu bisa membagikan konten di media sosial. Apabila banyak orang mengunjungi websitemu, maka Google akan lebih mudah menemukan dan melakukan index pada artikel yang sudah ditayangkan. 

Cara mengindex blog ke Google berikutnya yaitu menambahkan internal link di dalamnya. Meskipun sudah membuat artikel yang berkualitas, itu saja masih belum cukup. Agar lebih maksimal, manfaatkan teknik internal link di dalam konten yang sudah kamu buat. 

Internal link bisa dijadikan cara agar web cepat terindex Google. Yang dimaksud dengan internal link adalah tautan yang akan mengarahkan ke halaman website yang sama atau ke konten artikel kamu yang lain. 

Dengan pemberian internal link akan memudahkan robot Google mendeteksi dan memahami bahwa konten kamu saling terhubung dengan yang lain. Dengan demikian, ini akan memudahkan untuk konten baru lebih cepat terindeks. 

Namun, pastikan internal link yang kamu masukkan sesuai dengan isi konten sebelumnya dan saling berhubungan agar memudahkan pembaca untuk memahaminya dan sesuai dengan keinginan dari pengunjung tersebut. 

Pemberian internal link juga akan meningkatkan jumlah pembaca karena mereka bisa melihat konten website yang lain sehingga meningkatkan cara agar web cepat terindex Google website kamu secara keseluruhan. 

5. Ping URL 

Jika sudah melakukan cara agar web cepat terindex Google dengan menggunakan petunjuk di atas dan masih gagal, maka langkah lain yang bisa dilakukan adalah melakukan Ping URL. 

Ping URL disebut juga dengan ping website yang berfungsi untuk memberitahu Google bahwa sudah ada pembaruan di website seperti ketika ada artikel yang sudah tayang. Kemudian, Google nantinya akan mengirimkan robot untuk crawling dan menjelajahi update situs yang terbaru. 

Lakukanlah ping URL ini secara berkala agar bisa melakukan indexing dengan lebih cepat. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan beberapa tools lain yang memang khusus untuk ping website. Contohnya seperti Pingomatic, Pingdom, dan Pingfarm. 

Ada hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan ping URL yaitu tidak boleh dilakukan terlalu sering. Jika kamu sering melakukannya, maka robot Google akan mengira bahwa kamu sedang melakukan spam dan hal ini justru akan memperburuk proses indexing yang ingin dilakukan. 

6. Buat Kategori Konten 

buat kategori konten

Jika kamu memiliki banyak konten di website, maka akan lebih mudah jika membuat halaman kategori. Cara ini disebut sebagai cara agar web cepat terindex Google. Dengan menggunakan kategori konten, pengunjung dapat lebih mudah mencari konten-konten yang ingin mereka cari. 

Selain itu, Google juga akan lebih mudah memahami struktur websitemu dan menemukan konten dengan tema dan topik yang serupa sehingga lebih mudah untuk dilakukan indexing. Contohnya, jika kamu membuat kategori konten di bidang pendidikan, tips, dan karir. 

Maka, pengunjung akan lebih mudah mencari topik apa yang memang diinginkan sehingga bisa mendapatkan informasi lebih cepat. Jika pelanggan puas dengan konten kamu tentu ini bisa meningkatkan audience menjadi lebih baik. 

Kategori konten juga berguna untuk membuat pengalaman pengunjung menjadi lebih menyenangkan. 

membangun backlink

Cara agar web cepat terindex berikutnya adalah membangun backlink yang berkualitas. Backlink adalah nama link dari website yang nantinya akan mengarah pada situs kamu. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Conversion dalam Marketing? Jenis & Cara Hitung Ratenya

Backlink ini akan memberikan penilaian yang baik dari Googleboot karena situs kamu banyak direkomendasikan oleh situs lainnya. 

Googlebot nantinya juga lebih mudah untuk menemukan situs dan melakukan crawling. Semakin banyaknya backlink yang mengarah ke website kamu semakin bagus pula website akan dinilai oleh Google. 

Google lebih mudah melakukan crawling dan indexing di website kamu karena terlihat berkualitas dan ini juga meningkatkan kepercayaan pengunjung karena sudah banyak website yang merekomendasikan situs kamu. 

8. Perbaiki Indexing Error 

Setelah kamu berhasil menambahkan website ke Google Search Console, nantinya akan terlihat dengan mudah apakah ada indexing error yang terjadi dan berpengaruh pada peringkat website kamu. 

Apabila sudah diketahui, maka wajib mengetahui cara memperbaiki indexing error tersebut. Beberapa kode error yang sering banyak dijumpai adalah sebagai berikut: 

  • 404 Error: error ini terjadi ketika Google melakukan crawling kemudian muncul halaman error. 
  • Soft 404 Error: error ini terjadi ketika Google menemukan 404 Error tetapi status untuk kode halaman mengirimkan pesan sukses (200) ke pencarian. 
  • Server Error: error ini terjadi ketika servernya sedang bermasalah yang menunjukkan adanya time out atau tidak bisa merespon.  
  • Not Followed: error yang terjadis aat Google tidak bisa mendeteksi tipe konten yang ada di website kamu. Misalnya, flash, javascript, atau iframe. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa menggunakan cara-cara berikut ini. 

a. Cara Mengatasi 404 Error 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi 404 error dengan langkah-langkah berikut: 

  • Cek kembali penulisan URL yang dimasukkan apakah sudah benar atau tidak. 
  • Jika ternyata sudah benar, bisa mencoba untuk refresh halaman atau reload. 
  • Bersihkan cache dan history pada browser. 
  • Jika website berbasis WordPress, lakukan reset permalink, restore file .htaccess, atau bisa menonaktifkan tema dan plugin apabila masih belum bisa teratasi. 

b. Cara Mengatasi Server Error 

Server error bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti mengalami time out. Untuk memastikannya lebih lanjutnya, coba untuk menggunakan Fetch as Google agar lebih memahami apakah benar-benar error atau tidak. 

Jika ternyata dalam fitur Fetch as Google halaman tersebut tidak mengalami kendala, maka kamu bisa mengabaikan pesan error tersebut. 

9. Buat Robot.txt 

Fungsi robot.txt adalah file yang dapat memberitahukan search engine tentang halaman yang perlu di index atau halaman yang tidak perlu dilakukan indexing. Jadi, file ini berguna untuk cara agar web cepat terindex Google. 

Adanya alat ini juga berfungsi untuk menghindari Google melakukan deindex atau bahkan menghapus situs kamu dari index. Hal ini biasa terjadi ketika ada halaman konten duplikat yang tidak perlu di index Google. 

Jadi, kamu bisa memilah-milah mana konten yang perlu di index dan tidak perlu menggunakan robot.txt sehingga cara agar web cepat terindex Google lebih bekerja secara optimal. 

10. Gunakan PPC 

Cara agar web cepat terindex Google ini tidak berpengaruh langsung terhadap Google Index. Namun, cara ini bisa kamu coba untuk meningkatkan trafik dalam waktu singkat. PPC atau Pay Per Click ini adalah cara untuk mendapatkan exposure di luar dari pencarian organik. 

Cara kerja PPC dilakukan dengan cara membuat pemasang iklan untuk membayar pada setiap klk yang dilakukan oleh pengunjung website. Jadi, pemasang iklan tidak lagi terbebani dengan biaya iklan yang besar dan juga bisa disesuaikan dengan budget yang mereka miliki. 

11. Pertimbangkan RSS Feed 

RSS Fess adalah cara agar web cepat terindex Google yang terakhir. RSS memiliki fungsi untuk meningkatkan kunjungan dari situs. Namun, RSS ternyata juga berfungsi sebagai cara agar web cepat terindex Google.  

RSS akan memberitahu Google jika ada konten atau halaman baru yang ada di situs kamu agar Google melakukan crawling dan index. 

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Marketing Channel dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Ada berbagai aplikasi RSS Feed yang bisa direkomendasikan dan membantu dalam indexing. Salah satunya adalah Feedburner. 

  • Cara Membuat RSS Feedburner 

Apabila kamu menggunakan aplikasi Feedburner, maka berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat RSSnya . 

  1. Pertama-tama, kunjungi website Feedburner. 
  2. Silahkan login menggunakan akun Google. 
  3. Masukkan alamat website di dalam kotak yang sudah tersedia. Lalu, tekan tombol Next. 
  4. Tambahkan judul di Feed pada kolom “Feed Title”. 
  5. Lalu, kamu juga bisa mengganti alamat link dari Feedburner di kolom Feed Address. Alamat tersebut berguna untuk membuat orang bisa menemukan feed yang paling baru dari website kamu. 
  6. Jika sudah yakin penulisannya sudah benar semua, klik Next. 
  7. Selesai. kamu akan memperoleh notifikasi bahwa RSS sudah berhasil dibuat disertai dengan alamat link yang sudah diatur sebelumnya. 

Untuk membuat pengunjung berlangganan atau subscribe di RSS yang sudah kamu buat, bisa dengan mencantumkan alamat link RSS di website agar pengunjung bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Itulah berbagai cara agar web cepat terindex Google melalui berbagai tahapan yang sudah disebutkan di atas. Index Google sangat penting untuk meningkatkan performa dari website dan membuat situs kamu muncul di halaman pencarian search engine. 

FAQ 

1. Berapa lama website baru terindex Google? 

Umumnya, artikel akan terindex oleh Google sekitar 1-7 hari. Hal ini juga bergantung dari kualitas konten yang dibuat. Untuk masalah index website, tidak ada waktu pasti kapan Google akan mengindeksnya. 

Ada yang dalam hitungan hari, satu minggu, atau bahkan 1 bulan. Namun, ada beberapa cara agar web cepat terindex Google dengan menggunakan cara-cara di atas. 

2. Berapa lama artikel terindex?  

Biasanya artikel yang dibuat akan terindex paling cepat dalam beberapa jam apalagi untuk website yang memiliki peringkat baik dan berkualitas. Namun, bagi yang websitenya masih baru dan kualitas artikelnya rendah maka akan membuat indexing  menjadi lebih lama. 

Semakin lama domain dari website juga membuatnya semakin cepat untuk dilakukan indeks. 

3. Bagaimana cara Google mengindex sebuah website 

Cara kerja indexing dimulai dengan menganalisis konten. Mesin pencari akan menganalisis keyword yang digunakan dalam website untuk memahami apakah memang relevan dengan isi konten. 

Selanjutnya, web spider dan crawler akan mengunjungi halaman di website dan mengumpulkan informasi di dalamnya. Hasil dari temuan tersebut yang nantinya akan menjadi indeks. 

Jadi, saat pengunjung melakukan pencarian dengan keyword, maka akan ditampilkan semua hasil yang ada di indeks Google. 

4. Langkah langkah melakukan indexing? 

Untuk melakukan indexing, bisa dilakukan dengan Google Search Console. Adapun cara meminta Google untuk mengindeks artikel baru adalah sebagai berikut: 

  • Buka web dari Google Search Console
  • Selanjutnya, klik Inspeksi URL. 
  • Pastekan tautan postingan baru dari website kamu ke kolom yang disediakan. URL ini wajib terdaftar di Google Search Console sebelumnya. 
  • Jika sudah, klik tombol enter. 
  • Tunggu sampai sistem berhasil memindai URL yang kamu masukkan tadi. 
  • Nantinya akan muncul bahwa postingan yang diperiksa memang belum muncul di pencarian atau belum terindeks. 
  • Klik Minta Pengindeksan untuk melakukan indexing. 
  • Tunggu sampai proses pemindaian selesai. 
  • Permintaan pengindeksan sudah berhasil kamu lakukan dan saat ini sedang dalam tahap antrian. 
  • kamu bisa mengulangi cara yang sama untuk artikel lainnya.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
utm link
Read More
Apa itu UTM Link? Fungsi dan Cara Buatnya
Menjadi seorang blogger atau pemilik website, tentu kamu ingin melakukan analisa mendalam terkait trafik konten. Salah satunya dengan…
Google Keyword Planner Tools
Read More
Google Keyword Planner: Definisi, Fitur & Cara Menggunakan
Google Keyword Planner Tools adalah salah satu alat untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya Google Keyword Planner Tools…