Apa itu PBN? Kekurangan dan Cara Kerjanya

private blog network

Pengguna yang aktif ngeblog tentu tidak asing dengan istilah PBN. Private Blog Network dalam dunia blog atau website berkaitan erat dengan SEO. Traffic dalam Google dapat pula meningkat dengan strategi yang banyak dipilih pengguna tersebut.

Selain itu banyak keunggulan sekaligus kekurangan dalam Private Blog Network. Apa itu pengertian PBN dan sistem kerjanya, ulasan lengkap dalam artikel berikut ini.

Apa itu Private Blog Network?

Private Blog Network atau biasa dengan sebutan PBN adalah suatu strategi pengguna website atau pemilik situs untuk meningkatkan traffic Google. 

Di Indonesia banyak pengguna memilih Private Blog Network dengan tujuan untuk memberikan arahan backlink ke website utama. Semakin banyak menanam backlink, situs utama rankingnya meningkat secara bertahap.

Private Blog Network adalah pembuatan jaringan dalam teknik Search Engine Optimization atau SEO yang terdiri dari banyak web. Pengelolaan website tersebut dilakukan oleh satu pengguna yang sama. 

Jika situs yang dikelola ada banyak, maka semakin banyak web yang mengarah ke situs utama. Semakin banyak backlink ke situs utama akan mendongkrak authority situs dan dapat ke puncak mesin pencarian. 

Traffic yang bagus tentunya harapan semua pemilik website karena otomatis akan lebih banyak user yang klik dan pengunjung dapat meningkat pesat.

Cara Kerja Private Blog Network 

Sudah disebutkan sebelumnya jika pengelola memiliki banyak situs dan terarah ke situs utama maka situs utama akan mendapatkan traffic bagus. Cara kerja Private Blog Network memang menggunakan banyak situs untuk mendongkrak rating web utama.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu AIDA Marketing? Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan

Backlink PBN yang banyak akan mempercepat kinerja situs utama meraih traffic tinggi di Google. Cara kerja online yang utama adalah menggunakan domain expired untuk menambah backlink

Memilih domain expired tetap mempertimbangan banyak hal contoh DA (Domain Authority), PA (Page Authority) , hingga TF (Trust Flow). Selain ketiga hal tersebut masih banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan.

Memilih domain expired dan bagus tentu tidak mudah, karena ada beberapa yang kena penalty dari Google karena isinya tidak sesuai aturan.  Maka perlu melakukan pengecekan agar domain bagus dan layak guna.  

Keunggulan Private Blog Network

Memiliki website bagus dengan traffic terbaik adalah harapan semua pemilik situs. Apapun strategi dapat dicoba agar hasilnya maksimal. Dari cara kerja PBN memiliki berbagai keunggulan, antara lain:

1. Peningkatan Traffic 

Traffic otomatis meningkat karena banyaknya backlink dari situs lain ke web utama dengan kualitas terjamin.

Keunggulan berikutnya adalah pengelolaan kontrol link building bagus jika ada situs lain yang menautkan ke situs utama.

Dedicated Hosting

Link spam sangat membahayakan karena dapat mengurangi performa dari situs utama. Keberadaan Private Blog Network dapat menghapus link spam yang mengganggu agar performa website tetap bagus.

4. Meningkatkan Money Site

Dengan traffic bagus maka performa PBN SEO meningkat dan lebih banyak iklan yang dapat tayang. Tentunya banyak iklan akan meningkatkan penghasilan dari adsense dan dolar meningkat.

Bagi para ahli SEO Private Blog Network dapat digunakan untuk membuka jasa backlink bagi website yang memang membutuhkan banyak link.

Melihat keunggulan strategi ini tidak mengherankan jika banyak pengguna memilih untuk optimasi web. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu OKR? Manfaat, Komponen, dan Contoh

Baca juga: 10+ Tools Cek Backlink untuk SEO Websitemu

Kekurangan Private Blog Network

Keunggulan dengan cara kerja PBN untuk ranking terbaik dalam Google, tapi ada pula kekurangannya. Adapun kekurangan dari strategi yang masih banyak dilakukan pengguna ini antara lain:

1. Pembuatan Rumit

Membuat Private Blog Network sangat rumit dari awal hingga akhir sebab butuh ketelitian dan kesabaran tinggi. Pemilihan domain yang bagus menjadi hal utama yang harus dicek dengan lengkap. 

2. Bisa Kena Penalti

Pentingnya backlink pada situs utama tetap dengan memperhatikan konten. Jika konten melanggar aturan bisa menurunkan SERTP karena Google menganggap ada manipulasi situs.

3. Biaya Tinggi

Dalam membuat Private Blog Network membutuhkan biaya lumayan tinggi. Saat membuatnya memerlukan domain, hosting yang membutuhkan dana tidak sedikit. Selain itu jika mengambil domain expired biaya akan berbeda.

4. Dicurigai Google

Kekurangan lain dari Private Blog Network adalah kemungkinan Google akan curiga terhadap situsnya. Kecurigaan bisa saja muncul karena:

  • Website jarang memposting konten. Website yang bagus dengan salah satunya ada postingan secara rutin sehingga selalu ada pembaharuan konten yang dibutuhkan pembaca.
  • Tidak ada internal link dalam postingan dan hal ini membuat Google akan semakin curiga.
  • Jarang melakukan pembaharuan.

Google sendiri memiliki tim untuk meninjau web secara manual lengkap dengan linknya. Maka sebaiknya memelihara Private Blog Network dengan baik agar kinerja situs berjalan lancar.

FAQ

Setelah mengetahui apa itu PBN, kelebihan lengkap dengan kekurangannya, ada pertanyaan yang sering muncul terkait situs, yaitu:

1. Apa Kelebihan PBN?

Kelebihan Private Blog Network adalah mampu menaikkan ranking SERP pada kata kunci tertentu. Untuk diketahui agar website banyak pengunjungnya memanfaatkan kata kunci yang relevan dan banyak dicari pengguna.

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Mendapatkan Uang dari Website di 2024

Kelebihan berikutnya untuk optimasi banyak situs atau money site, dapat memasang iklan karena traffic tinggi dan bisa untuk aset jangka panjang.

2. Apa Kekurangan Private Blog Network?

Kekurangan Private Blog Network antara lain dapat terkena penalty atau hukuman karena dikira menipu mesin pencari. 

Blog  juga bisa dicurigai Google karena jarang memposting konten. Selain itu untuk pembuatan membutuhkan dana tinggi dan rumit, perlu ketelitian dan kesabaran tinggi.

3. Apakah Private Blog Network Direkomendasikan?

Secara umum, strategi Private Blog Network digunakan kalangan praktisi SEO dalam mengoptimasi website. Dengan optimasi terbaik situs akan terpampang pada halaman pertama Google. 

Hanya saja terlepas dari berbagai kontroversinya tetap saja Private Blog Network menjadi salah satu cara backlink berkualitas. Tentunya untuk mendapatkan traffic terbaik Google. Walaupun akhirnya kembali pada keputusan masing-masing pemilik website.

4. Apakah Private Blog Network Berbahaya?

Ya, karena Private Blog Network merupakan strategi dalam memanipulasi mesin pencari dengan link yang terarah pada situs utama.

Bagi sebagian pengguna yang tidak memahami kaidah SEO mungkin terlalu rumit dengan adanya Private Blog Network. Namun, sekarang ini telah banyak perusahaan yang membuka jasa backlink sebagai strategi untuk optimasi website secara lebih mudah.

Strategi  menanam backlink pada situs utama banyak digunakan pemilik website untuk mendongkrak kapasitas web dalam situs pencarian. Keunggulannya traffic tinggi, iklan lancar dan dapat menjadi aset jangka panjang.

Namun, menggunakan PBN perlu mengetahui resiko yang muncul karena bisa saja terkena penalty Google. Antisipasi termudah dengan memposting konten yang bagus dan rutin mengisi website serta memelihara situs secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web crawling
Read More
Web Crawling: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Kerjanya
Web crawling adalah salah satu fungsi kerja dari alat mesin pencarian untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan…
blog adalah
Read More
Apa itu Blog? Jenis, Fungsi dan Strukturnya
Dari jutaan orang pengguna blog, pasti kamu salah satunya bukan? Atau bahkan sekarang kamu berada dalam sebuah blog…