Domain authority adalah salah satu komponen penting yang memengaruhi pada ranking suatu website di mesin pencarian.

Bagi kamu yang mengelola website bisnis atau sekedar menulis artikel di blog, sangat penting untuk mempelajari tentang domain authority ini

Meningkatkan domain authority bisa membuat website kamu berada di urutan pertama pencarian dan menumbuhkan brand awareness

Well, kalau kamu penasaran dengan pengertian domain authority dan cara meningkatkannya, yuk simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut!

Apa Itu Domain Authority?

Tahukah kamu bahwa salah satu faktor yang menentukan sebuah website berada di peringkat teratas di search engine adalah DA atau domain authority?

Lantas, apa itu domain authority? Dan, mengapa domain authority bisa mempengaruhi peringkat website pada search engine

Jadi, domain authority adalah penilaian atau skor pada peringkat search engine yang dikembangkan dan dikelola oleh MOZ.

Lebih lanjut, pengertian domain authority adalah nilai yang dapat memprediksi seberapa bagus peringkat sebuah website pada search engine dari domain atau subdomain

Idealnya, nilai dari domain authority adalah dari 1 hingga 100. Artinya, semakin tinggi nilai sebuah website, maka semakin besar juga peluang website tersebut untuk muncul pada halaman pertama bahkan peringkat pertama pada search engine

Bahkan dalam melakukan optimasi SEO, domain authority adalah metrik yang cukup penting untuk dapat membuat website muncul pada halaman pertama ataupun peringkat 1 di SERP atau Search Engine Result Page lho, Sob.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Selain menggunakan domain authority, para SEO expert biasanya juga akan memanfaatkan metrik page authority. Lantas, apa perbedaan keduanya?

Nah pada dasarnya, kedua metrik penilaian website tersebut adalah sama, namun diterapkan dalam level yang berbeda. 

Yup, page authority adalah metrik yang juga dikembangkan oleh MOZ untuk menilai seberapa baik page website tertentu pada SERP.

Sementara seperti yang kita tahu, pengertian domain authority adalah salah satu metrik website untuk mendapatkan peringkat dalam SERP. 

Jadi singkatnya, page authority merupakan metrik halaman website, sedangkan domain authority adalah metrik untuk menilai website mendapatkan peringkat pencarian dari domain atau subdomain.

Baca juga: 10 Cara Menaikkan Ranking Website di Google dengan Mudah

Manfaat Memiliki Domain Authority yang Tinggi

Karena menjadi salah satu metrik penilaian Google agar website bisa mendapatkan peringkat pertama, memiliki domain authority yang baik tentu dapat memberikan banyak manfaat.

Adapun beberapa manfaat domain authority adalah: 

  • Berpotensi mendapatkan posisi teratas pada search engine seperti Google. 
  • Menarik audiens untuk menjadi guest poster dan memberikan komentar. 
  • Berpotensi untuk mendapatkan iklan (adsense)
  • Meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dipromosikan melalui website. 

Sampai di sini, dapat disimpulkan bahwa domain authority termasuk salah satu aspek penting untuk berkompetisi dengan kompetitor yang memiliki website serupa.

Faktor yang Mempengaruhi Domain Authority

Mengingat kekuatan domain authority ini dinilai dengan skor, tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran nilai tersebut, bukan?

Nah agar lebih paham, beberapa faktor yang mempengaruhi domain authority adalah sebagai berikut.

1. Jangka Waktu Domain

Sederhananya, semakin lama jangka waktu domain website, artinya semakin banyak aktivitas yang terjadi pada domain tersebut. Hal inilah yang membuat nilai domain authority meningkat. 

Yup, banyaknya aktivitas pada domain dapat menunjukkan konsistensi user untuk mengelola domain pada websitenya. 

Alhasil, Google akan menilai bahwa website tersebut layak mendapatkan nilai baik untuk domain authority dan berpotensi untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

2. Popularitas Domain

Tahukah kamu bahwa salah satu cara menentukan popularitas website adalah dengan melihat jumlah inbound link berkualitas yang terdapat di dalamnya?

Namun sebagai catatan, hanya inbound link berkualitas lah yang akan dinilai oleh search engine dan dapat memengaruhi besaran skor domain authority-mu.

Nah untuk mendapatkannya, kamu bisa memberikan komentar pada situs lain ataupun mempromosikan domain website pada blogger, forum, maupun komunitas terkait.

Baca juga: 11 Cara Mempromosikan Website agar Lebih Ramai Pengunjung

3. Jumlah Konten

Selanjutnya, membuat konten yang menarik dan berkualitas juga menjadi faktor penting untuk menilai suatu domain authority bagus atau tidak.

Nah selain dari kualitasnya, tingkat kuantitas konten dalam sebuah website juga penting untuk  mendapatkan trafik serta mendatangkan pengunjung setia website.

Cara Mengetahui Skor Domain Authority

Sampai di sini, beberapa dari kamu mungkin penasaran bagaimana cara mengetahui skor domain authority.

Tenang saja Sob, saat ini sudah banyak tools yang bisa membantumu untuk mengetahui nilai domain authority website, beberapa di antaranya yaitu: 

1. Moz.com

Sebagai pionir domain authority, Moz memiliki fitur untuk mengecek skor domain authority tanpa harus membayar biaya berlangganan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat backlink website kompetitor, broken link, dan lain sebagainya.

2. Prepostseo.com

Berikutnya, ada Prepostseo.com yang juga merupakan salah satu tools gratis untuk melihat nilai domain authority.

Selain itu, Prepostseo juga bisa melihat skor domain authority website, kompetitor 1, kompetitor 2, dalam waktu yang bersamaan lho, Sob.

Selanjutnya, ada Project Backlink, yaitu sebuah tools yang juga menawarkan fitur untuk melihat skor domain authority untuk 20 website dalam waktu bersamaan.

Namun sebagai catatan, hasil laporan yang ditampilkan Project Backlink tidak selengkap Prepostseo dan Moz.

Baca juga: 17 Cara Meningkatkan Conversion Rate Website dengan Efektif

Cara Menaikkan Domain Authority

Sebagai pemilik ataupun pengelola website, tentu kamu ingin tahu bukan bagaimana cara menaikkan domain authority?

Langsung saja, beberapa cara menaikkan domain authority adalah sebagai berikut. Check it out!

1. Meningkatkan Kualitas Konten

Pertama dan paling utama, salah satu cara meningkatkan domain authority adalah dengan membuat konten berkualitas.

Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan melakukan riset sekaligus analisis pada bidang yang sesuai dengan website milikmu.

Kemudian, tulislah hasil risetmu secara kreatif untuk menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas.

Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan beberapa media seperti gambar, infografis, maupun video, sehingga pembaca bisa memvisualisasikan konten tersebut secara lebih jelas. 

Secara lebih lanjut, konten yang berkualitas juga dapat membuat websitemu lebih kredibel sehingga bisa meningkatkan trafik website.

Alhasil, search engine pun akan menilai domain authority websitemu dengan baik, Sob.

Maksud dari mengelola link di sini adalah mengecek dan membuang URL yang terindikasi sebagai spam.

Setelah itu, masukkanlah internal link yang sesuai dengan websitemu, Sob. Nantinya, keberadaan link tersebut lah yang akhirnya dapat menaikkan domain authority website.

3. Melakukan Promosi di Media Sosial

Seperti yang kita tahu, media sosial kini menjadi salah satu platform dengan jumlah audiens terbanyak.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi melalui media sosial atau yang biasa disebut sebagai social media marketing.

Adapun cara menaikkan domain authority melalui media sosial adalah dengan menyematkan URL website pada profil atau membagikan artikel yang kamu muat di website.

Cara yang juga disebut dengan Off Page SEO  ini dapat meningkatkan peluang pengunjung untuk mengklik tautan tersebut sehingga akhirnya dapat meningkatkan trafik website.

4. Membangun Relasi

Berikutnya, cara menaikkan domain authority adalah dengan membangun relasi yang baik dengan pengembang website lain seperti blogger atau komunitas.

Dengan begitu, kamu pun dapat membagikan konten kepada para blogger, influencer, atau komunitas tertentu secara lebih mudah.

Meski terlihat sederhana, cara ini sebenarnya dapat kamu manfaatkan untuk menambah backlink sehingga bisa meningkatkan domain authority.

5. Optimasi SEO On Page

Yup, melakukan optimasi SEO On Page juga bisa menjadi salah satu cara menaikkan domain authority lho, Sob.

Adapun beberapa strategi yang dapat kamu lakukan yaitu:

Itu dia penjelasan tentang pengertian domain authority beserta faktor yang memengaruhi dan cara meningkatkannya.

Domain authority adalah faktor penting yang bisa meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian. 

Memiliki domain authority tidak hanya akan membuat pengunjung website meningkat, namun juga berpotensi untuk membuat bisnis kamu semakin sukses.

Untuk itu, perlu untuk kamu melakukan upaya meningkatkan domain authority tersebut secara konsisten. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like