16+ Cara Mudah Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak

Dengan makin ketatnya persaingan, para blogger berlomba-lomba mencari cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak.

Saat ini ada banyak platform gratis, membuat blog bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, lain ceritanya dengan upaya menjalankan dan menarik banyak pengunjung.

Meningkatkan traffic blog merupakan tantangan tersendiri, terutama bagi blogger yang masih terbilang pemula.

Cara Mendapatkan Pengunjung Blog yang Banyak

Dewasa ini persaingan website dan blog menjadi semakin ketat. Salah satu penyebabnya yaitu karena jumlah blogger yang makin banyak.

Maka dari itu, kamu perlu menerapkan beberapa strategi supaya bisa mendatangkan banyak pengunjung blog. Langsung saja, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic:

1. Mengenali Target Audiens

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mulai membuat konten blog adalah mengenal dan memahami target audiens. Artinya, kamu juga harus mencari tahu apa saja topik pencarian dari target audiens.

Dengan mengenali apa yang audiens butuhkan, kamu bisa membuat konten yang berkaitan sehingga otomatis menarik pengunjung.

Untuk bisa melihat gambaran audiens, kamu perlu merumuskan beberapa hal berikut:

  • Memperjelas siapa target audiens blog
  • Mencari tahu masalah yang dihadapi audiens dan bagaimana blog milikmu dapat membantu mengatasi
  • Mengenali jenis konten yang audiens cari
  • Merumuskan bagaimana idealnya audiens mencari jawaban dari pertanyaan mereka

Selain itu, kamu juga bisa membuat profil audiens untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Misalnya dengan merumuskan hal-hal spesifik seperti rentang usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, dan tingkat pemahaman pada topik.

2. Melakukan Riset Keyword

Cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak berikutnya adalah melakukan riset keyword.

Teknik riset keyword membantu kamu untuk menemukan frasa dan kalimat tertentu yang digunakan oleh pengguna internet untuk melakukan pencarian.

Jadi, setelah melakukan riset keyword kamu bisa mulai merancang konten yang menarik banyak pengunjung. Cara riset keyword sendiri terbilang mudah. Pasalnya, ada banyak tool untuk riset keyword yang bisa kamu gunakan.

Nah, yang cukup tricky itu adalah bagaimana memilih keyword yang tepat.

Kamu perlu memilih keyword dengan tingkat pencarian tinggi agar mendapatkan pengunjung. Di saat yang sama, ada baiknya juga mempertimbangkan tingkat kompetisi dari keyword.

3. Membuat Konten yang Berkualitas

Salah satu cara meningkatkan traffic blog yang paling jitu adalah membuat konten yang berkualitas.

Konten dengan kualitas yang bagus merupakan faktor utama yang dicari oleh pengguna dan mesin pencari. Maksud dari konten berkualitas yaitu konten yang bermanfaat berupa artikel komprehensif.

Untuk membuatnya, kamu perlu memilih keyword yang menjanjikan. Kemudian, tambahkan sebanyak mungkin informasi terkait untuk menulis artikel bentuk panjang.

Melansir dari laman Backlinko, suatu studi konten menemukan bahwa postingan blog yang panjang 56% lebih banyak dibagikan di sosial media daripada konten dengan panjang kurang dari 1.000 kata.

Jenis konten panjang dengan informasi bermanfaat efektif untuk memicu pertumbuhan traffic blog.

Satu hal lagi Sob, yang perlu kamu perhatikan saat membuat konten, yaitu memastikan konten sesuai dengan search intent.

Cek Konten Lainnya:
Internal Link - Strategi Optimasi & Bedanya dengan Eksternal Link

Hal ini karena mesin pencari seperti Google bertujuan untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan traffic tinggi, maka kamu perlu membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pencari.

Sebagai contoh, untuk pencarian dengan kata kunci “Cara Membuat Blog yang Bagus”, maka konten yang paling relevan berupa tutorial berisi langkah demi langkah untuk membuat blog.

Selain itu, sebaiknya gunakan headline yang menarik dan bahasa yang sederhana dalam konten.

4. Menggunakan Domain dan Hosting dengan Performa Tinggi

Cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak melibatkan penggunaan domain dan hosting yang memadai.

Membeli domain akan membuat blog menjadi terlihat lebih profesional. Blog milikmu juga akan mendapatkan peningkatan kredibilitas di mata pengunjung.

pilih domain

Setelah membeli domain, kamu bisa menggunakan alamat web yang unik dan mudah diingat. Selain itu, sebaiknya lengkapi dengan ekstensi Top Level Domain (TLD) supaya mendapatkan kepercayaan pengunjung.

Domain TLD meliputi .com, .net, .id, dan sebagainya. Selain meningkatkan kredibilitas, penggunaan domain berbayar juga lebih baik secara SEO.

Selain itu, kamu perlu menggunakan hosting yang bagus untuk memastikan blog memiliki kecepatan loading yang mumpuni. Hosting yang baik juga menjamin blog milikmu dapat menampilkan performa maksimal.

wordpress blog

Kamu bisa mengunjungi Jagoan Hosting untuk mendapatkan hosting blog dengan performa tinggi dengan infrastruktur terbaik dan harga terjangkau.

Jagoan Hosting juga menyediakan domain TLD untuk mendukung strategi SEO blog milikmu.

5. Mempelajari dan Mengaplikasikan Dasar-Dasar SEO

Punya blog dengan konten bagus saja tidak menjamin kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung. Apalagi jika blog masih terbilang baru.

Jika ingin survive dalam persaingan ranking dan traffic, maka kamu perlu mempelajari mengenai dasar-dasar SEO.

SEO meliputi serangkaian strategi yang membantu blog atau website menjadi lebih sering muncul dalam hasil pencarian. Secara garis besar, ada dua jenis strategi SEO yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

SEO on-page meliputi semua teknik yang kamu terapkan pada halaman web/blog untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi dan traffic organik di mesin pencari. SEO on-page meliputi penggunaan tag judul, heading, meta deskripsi, dan sebagainya.

Sementara itu, SEO off-page mencakup strategi di luar halaman web, seperti membuat backlink, social bookmarking, social share dan berbagai metode promosi lainnya.

Selain itu, kamu bisa menggunakan plugin SEO untuk mengoptimasi laman web. WPBeginner merekomendasikan pemakaian plugin All in One SEO untuk website WordPress.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan plugin Yoast, Rankmath, Slim SEO dan lainnya. Ingat, pilih salah satu saja untuk digunakan.

Penerapan internal link termasuk dalam cara meningkatkan pengunjung blog. Hal ini karena internal link memiliki peran besar dalam SEO.

Melansir dari laman WPBeginner, berikut beberapa keuntungan menerapkan internal link:

  • Penggunaan internal link membantu Google memahami konteks dan hubungan antara beberapa konten dalam web milikmu.
  • Penempatan internal link yang strategis dan sesuai konteks dapat meningkatkan pageview dan mengurangi bounce rate.
  • Pembuatan internal link lebih mudah karena tidak memerlukan bantuan pihak ketiga (website lain).

Studi dari Ahrefs mengkonfirmasi adanya kaitan antara backlink dan traffic organik.

Hal tersebut membuktikan bahwa backlink termasuk faktor ranking Google yang penting. Praktek membangun backlink merupakan salah satu cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak dilakukan.

Backlink adalah link yang mengarahkan ke konten pada blog milikmu yang berasal dari website eksternal. Jadi, kamu perlu melibatkan website lain untuk membuat backlink.

Namun, mendapatkan backlink dari website dan blog bereputasi baik bukanlah hal yang mudah.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan backlink berkualitas:

  • Menulis guest post pada blog dan website lain
  • Menghubungi influencer dan blog bereputasi dalam bidang yang sama. Kemudian beritahukan mengenai konten tertentu pada website milikmu yang berpotensi untuk menarik minat untuk dihubungkan.
  • Mewawancarai influencer dan blogger untuk membuat konten. Dengan begitu, kemungkinan mereka akan membagikan link konten tersebut ke follower.
  • Membagikan link melalui sosial media
Cek Konten Lainnya:
SEO Blog: 12+ Cara Optimasi Blog agar Banjir Traffic

8. Menggunakan Tema yang Bagus

Tampilan blog punya peran besar dalam menentukan kesuksesannya. Faktanya, banyak blog yang berhasil menarik perhatian banyak pengunjung dengan desain yang tampil unik. 

Desain tema yang bagus membantu pengunjung untuk menemukan konten dan menjelajah berbagai bagian blog. Sehingga pageview meningkat karena pengunjung akan lebih lama membuka blog.

Sebaliknya, desain blog yang buruk akan membuat pengunjung bosan sehingga tidak ingin berlama-lama di blog milikmu.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tema yang terlihat menarik tidak selalu merupakan pilihan terbaik untuk blog milikmu. Sebaiknya gunakan tema yang sesuai dengan bidang blog.

Sebagai contoh, menggunakan tema dengan banyak foto untuk blog traveling.

Jika ingin main aman, maka kamu bisa memakai tema yang simple, rapi, dan fungsional. Usahakan memilih tema yang memberikan kesan pertama yang baik.

9. Menambahkan Gambar dan Konten Visual

Cara meningkatkan traffic blog berikutnya adalah dengan menambahkan konten visual dan multimedia. Jenis konten tersebut membuat artikel menjadi lebih readable.

Terlebih lagi, kebanyakan pengunjung menyukai media visual pada konten. Alasannya karena konten visual seperti gambar mudah untuk dimengerti.

Penambahan gambar, foto, atau video juga membuat pengunjung tidak cepat jenuh.

Idealnya, blog menggunakan gambar milik sendiri atau foto hasil dokumentasi pribadi. Meskipun begitu, kamu boleh menggunakan gambar dari internet asalkan bebas hak cipta.

Jangan lupa untuk menambahkan caption pada gambar supaya mesin pencari lebih muda mengenalinya. Penambahan caption bisa membantu blog untuk muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

10. Optimasi Kecepatan Loading Blog

Termasuk salah satu cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak yaitu dengan melakukan optimasi kecepatan loading.

Maklum saja, pengguna internet paling tidak suka menunggu situs yang loading lama. Kebanyakan bahkan tidak mau menunggu lebih dari 5 detik untuk membuka suatu halaman.

Jadi, jika blog milikmu lambat, maka kemungkinan besar pengguna internet tidak jadi mengunjungi.

Kecepatan loading juga menjadi faktor ranking pencarian Google. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan langkah-langkah optimasi performa website blog, seperti penggunaan cache dan optimasi gambar.

Selain itu, sebaiknya menggunakan tema yang ringan dan fast load supaya tidak menambah lama waktu loading.

11. Promosi Konten melalui Email

Sudah tahu belum, Sob? Ternyata, lebih dari 70% pengunjung blog atau web tidak pernah kembali berkunjung.

Padahal untuk membuat traffic blog tetap tinggi kamu perlu mempertahankan pengunjung. Nah, salah satu caranya adalah dengan menambahkan tombol subscribe email.

Setelah pengunjung berlangganan email, maka kamu bisa mempromosikan konten baru langsung ke email pengunjung. Metode promosi ini dikenal sebagai email marketing.

Melansir laman WPBeginner, email marketing merupakan tool pemasaran yang paling efisien secara anggaran dan sangat efektif.

12. Membagikan Postingan Blog ke Sosial Media

Share ke sosial media termasuk cara meningkatkan traffic blog dengan cepat yang patut kamu coba.

Dengan semakin maraknya penggunaan sosial media, semakin banyak pula yang menjadikannya sebagai media promosi.

Kamu bisa membagikan postingan blog ke berbagai sosial media untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Usahakan untuk share secara rutin setiap kali ada postingan blog baru.

13. Berpartisipasi ke Komunitas Online

Cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak berikutnya adalah join ke komunitas online.

Komunitas online memiliki anggota yang tertarik pada topik tertentu. Sehingga komunitas bisa menjadi sumber traffic yang sangat bagus jika kamu memiliki konten dengan topik terkait.

Cek Konten Lainnya:
ChatGPT untuk SEO: 17+ Cara Memanfaatkannya

Ada banyak komunitas online yang bisa kamu temukan lewat grup Facebook, Twitter/X, grup LinkedIn, komunitas YouTube, dan sebagainya.

Namun, ada baiknya kamu tidak langsung membagikan link ke postingan blog. Kamu perlu membangun reputasi terlebih dahulu, lalu gabung ke diskusi, dan tanya jawab.

14. Membuat Channel YouTube

Membuat channel YouTube sendiri bisa menjadi cara meningkatkan pengunjung blog yang efektif.

Peminat konten video memang semakin marak. Bahkan, menurut SimilarWeb, YouTube menduduki peringkat kedua sebagai website paling populer sedunia.

Hal ini berarti kamu bisa menarik banyak pengunjung dari YouTube. Tentunya, kamu perlu membuat konten video setelah channel YouTube jadi. Pastikan video tersebut berkaitan dengan konten dalam blog.

Kemudian kamu bisa menambahkan link menuju blog untuk meningkatkan traffic.

15. BlogWalking

BlogWalking merupakan salah satu cara promosi yang banyak dilakukan blogger.

Tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu berkomentar di blog lain dengan tema yang masih berkaitan dengan konten blog milikmu. Pastikan untuk memberikan komentar yang relevan dengan pembahasan dalam artikel.

Sebaiknya hindari memberikan komentar spam yang tidak ada kaitannya karena bisa jadi malah tidak mendapat persetujuan admin.

Selain itu, lebih baik tidak menambahkan link ke blog milikmu. Pasalnya, jika admin tidak berkenan, maka blog milikmu malah bisa dilaporkan.

16. Membuat Komunitas Sendiri

Komunitas bisa menjadi cara meningkatkan traffic blog yang efektif.

Pertama, kamu perlu membuat blog mudah untuk menerima komentar. Kemudian pertahankan engagement pengunjung blog dengan membalas setiap komentar yang masuk.

Adanya balasan menunjukkan bahwa kamu membaca dan menghargai pemikiran pengunjung. Sangat penting untuk membiasakan membalas komentar, terutama bagi blog yang masih baru.

Apabila kamu berhasil mempertahankan engagement pengunjung, maka akan terbentuk komunitas kecil pada blog.

Selanjutnya, kamu bisa mengadakan sesi diskusi dan membuat grup online untuk memudahkan komunikasi. Partisipan aktif dalam komunitas nantinya akan membantu mempromosikan blog dengan sukarela.

17. Berinteraksi dengan Influencer

Cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak berikutnya yaitu berinteraksi dengan influencer.

Seperti yang kamu tahu, Sob. Influencer memiliki jumlah pengikut yang fantastis. Sehingga promosi dengan jasa influencer dapat meningkatkan traffic secara signifikan.

Namun, influencer biasanya hanya bekerja dengan blog atau web ternama.

Meskipun begitu, kamu bisa mencoba memulai percakapan dengan influencer melalui sosial media. Selanjutnya, bagikan konten milik influencer tersebut dengan menambahkan komentar atau caption

Kamu juga bisa meninggalkan komentar pada postingan blog influencer, membalas komentar dan sebagainya. Pastikan bahwa setiap interaksi menambahkan nilai lebih diskusi yang berlangsung.

Ketika kamu menunjukkan apresiasi, maka influencer akan mulai memperhatikan. Setelah membentuk hubungan yang baik, kamu bisa mulai meminta saran dan sebagainya untuk meningkatkan pengunjung blog.

18. Terus Belajar tentang Marketing Online dan SEO

Marketing online dan SEO bukan hal yang bisa kamu kuasai dengan membaca tutorialnya satu kali. Melainkan perlu pemahaman, praktik, dan berbagai penyesuaian dengan kondisi trend.

Oleh karena itu, penting bagi blogger untuk terus belajar mengenai marketing online dan SEO.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas atau kursus singkat. Kamu juga bisa belajar dengan mengunjungi sumber kredibel seperti situs Blog Jagoan Hosting, WPBeginner, blog Semrush, Ahrefs dan banyak lagi.Itulah beberapa cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak.

Satu lagi hal yang perlu kamu terapkan untuk mendapatkan traffic tinggi, yaitu konsisten. Mendapatkan trafik tinggi memang perlu waktu dan usaha ya, Sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Google Keyword Planner Tools
Read More
Google Keyword Planner: Definisi, Fitur & Cara Menggunakan
Google Keyword Planner Tools adalah salah satu alat untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya Google Keyword Planner Tools…
cara monetisasi blog
Read More
10+ Cara Monetisasi Blog yang Hasilkan Cuan Jutaan
Awalnya, penggunaan suatu blog hanya untuk berbagi cerita saja. Namun saat ini, banyak yang memanfaatkannya sebagai ladang memperoleh…