Apa itu .COM Pada Website? Cek Kelebihan dan Harganya

domain .com

Dalam dunia maya, .com adalah domain yang sangat sering kita temui. Pasalnya, memang banyak perusahaan besar menggunakan domain yang satu ini.

Meskipun begitu, rupanya masih banyak pengguna internet yang belum mengenal jelas mengenai domain .com dan apa bedanya dengan domain lain.

Yuk Sob, simak informasi lengkapnya untuk mengenai domain .com di artikel ini ya!

Pengertian .COM

Akhiran .com adalah salah satu top-level domain (TLD) yang paling umum digunakan. Jadi, bukan hal mengherankan lagi kalau kamu melihat domain .com tiap kali membuka internet.

Melansir dari IONOS, .com artinya “commercial” (komersial) menurut dokumen RFC 920 yang dipublikasikan pada Oktober tahun 1984. Sedangkan, Jack Haverty berpendapat bahwa .com sebenarnya menunjukkan “company” (perusahaan).

Jack Harvety sendiri merupakan perintis internet dari MIT. Mengutip Verisign, Jack dan timnya tidak memikirkan mengenai bisnis saat mengembangkan top-level domain.

Seiring berjalannya waktu, lebih banyak yang mengetahui .com adalah domain untuk perusahaan yang beroperasi pada bidang komersial.

Meskipun demikian, berbagai jenis website bisa menggunakan domain dengan ekstensi .com. Pasalnya, penggunaan domain .com tidak menyebabkan adanya perbedaan teknis dengan jenis domain lainnya.

Sejarah .COM

Pada tahun 1985, ekstensi .com diperkenalkan sebagai salah satu TLD pertama pada saat implementasi pertama Domain Name System (DNS) pada internet.

Suatu industri komputer bernama Symbolics, Inc merupakan yang pertama mengklaim .com. Tepatnya pada 15 Maret tahun 1985.

Sebelum itu, internet lebih merupakan suatu proyek oleh ahli komputer dan universitas yang menggunakan jaringan untuk riset dan komunikasi.

Kemudian seiring makin banyaknya pengguna jaringan, komunikasi secara elektronik menjadi lebih rumit. Saat itulah timbul kebutuhan untuk menerapkan suatu prinsip untuk mengorganisir dunia maya.

Cek Konten Lainnya:
99+ Nama Website Keren yang Aesthetic dan Bagus

Jon Postel dan timnya dari University of Southern California’s Information Sciences Institute menemukan solusi, yaitu dengan mengembangkan domain baru. Publikasi RFC 920 menandakan kelahiran dari .com.

Meski begitu, awal mula pembentukan ekstensi .com tidak diketahui dengan pasti.

Kelebihan Domain .COM

kelebihan domain .com

Domain com adalah ekstensi yang paling banyak digunakan. Pasalnya, tidak hanya perusahaan besar mendaftarkan nama domain .com. Namun, ada juga berbagai usaha skala menengah, startup, hingga pribadi ikut menggunakan.

Melansir dari Colorlib, berdasarkan statistic nama domain Mei 2023, terdapat lebih dari 233,6 juta naman domain .com. Angka tersebut mencakup 37,15% dari seluruh domain terdaftar.

Banyak sekali, bukan? Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Domain .com memiliki berbagai kelebihan daripada jenis domain lain.

Berikut beberapa kelebihan dari domain .com:

1. Meningkatkan Kesan Profesional

Salah satu alasan mengapa lebih banyak perusahaan memilih domain .com yaitu pendapat pengguna internet yang menilai bahwa ekstensi .com merupakan situs resmi dan profesional.

Dengan kata lain, penggunaan .com dapat membuat suatu website memiliki nilai kredibilitas yang lebih tinggi.

Terlebih lagi, untuk mendapatkan domain .com perusahaan perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Dari kesediaan menyiapkan anggaran, dapat terlihat bahwa perusahaan tersebut serius membuat website.

2. Pencarian Situs Lebih Mudah

Sebagian besar pengguna internet lebih mudah untuk mengingat alamat situs yang berakhiran.com.

Ditambah lagi, nama domain dengan akhiran com biasanya cukup singkat. Nama situs dengan domain com umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata, sehingga memudahkan orang untuk mengingatnya.

Pengguna internet dapat langsung mengetikkan nama website serta akhiran .com untuk melakukan pencarian.

3. Lebih SEO Friendly

Domain .com adalah jenis yang lebih SEO friendly. Sehingga website dengan akhiran .com memiliki peluang lebih tinggi untuk tampil pada halaman pertama hasil pencarian.

Cek Konten Lainnya:
8 Library Animasi Javascript Terbaik

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma SEO sebagai untuk menemukan dan menampilkan konten yang sesuai.

Sementara pengguna internet cenderung memilih website yang tampil pada halaman awal. Maka, website dengan ranking tinggi dalam mesin pencari bisa mendapatkan traffic yang lebih tinggi.

4. Bersifat Global

Perusahaan dari berbagai penjuru dunia lebih banyak yang memilih menggunakan domain .com, sehingga sifatnya lebih global.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ekstensi .com merupakan domain yang paling banyak digunakan di dunia. Para pengguna internet juga lebih akrab dengan akhiran .com.

5. Pendaftaran Mudah

Verisign yang menjadi pengelola domain .com tidak memberi banyak syarat untuk penggunaan ekstensi tersebut. Sehingga berbagai perusahaan bahkan individu dari seluruh penjuru dunia dapat melakukan pendaftaran domain .com.

Selain itu, nama domain dengan karakter khusus seperti umlaut juga dapat mendaftar untuk memakai ekstensi .com.

Harga Domain.COM

harga domain .com

Kelebihan lain yang mendukung kepopuleran domain .com adalah dari segi harga.

Penggunaan ekstensi .com menghabiskan biaya yang relatif lebih terjangkau. Biaya yang perlu kamu bayar hanya sekitar Rp135,000 per tahun. Segera cek domain .com murah di Jagoan Hosting.

Harga bisa berbeda-beda tergantung oleh beberapa faktor. Sebagai contoh, beberapa registrar menawarkan harga diskon untuk pendaftaran dengan paket layanan lain, misalnya paket bundling dengan layanan hosting.

Oleh karena itu, kamu bisa mengecek dan membandingkan terlebih dahulu harga domain dari beberapa registrar yang berbeda. Setelah itu, baru pilih harga yang paling sesuai.

Terkadang beberapa registrar juga menawarkan domain dengan harga promo, sehingga bisa menjadi solusi yang lebih hemat.

Cara Mendaftar Domain .COM

Pendaftaran domain .com bisa kamu lakukan melalui berbagai provider domain atau biasa disebut juga sebagai registrar.

Cek Konten Lainnya:
Promo Domain .ID Diskon 50% - Bayar Setengah aja!
daftar domain .com

Ada banyak provider domain yang bisa kamu pilih, seperti melalui provider domain murah Indonesia seperti Jagoan Hosting.

Meskipun caranya dapat berbeda tergantung provider yang kamu pilih, proses pendaftaran secara umum meliputi:

Menentukan nama domain dengan akhiran .com. Nama domain sebaiknya berupa nama dari bisnis kamu.

Sistem akan melakukan pengecekan apakah nama tersebut masih tersedia (belum ada yang menggunakan). Jika masih, maka kamu bisa langsung membelinya.

Provider akan melanjutkan proses pendaftaran dan aktivasi domain. Biasanya proses ini memerlukan waktu sekitar 24 hingga 72 jam.

Setelah registrasi berhasil, domain untuk website kamu siap digunakan.

FAQ

Apa bedanya .com dan co id?

Akhiran .co.id merupakan ekstensi untuk domain khusus Indonesia. Pengelola dari ekstensi tersebut adalah Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).
Berhubung khusus untuk dari Indonesia, ekstensi ini lebih aman untuk website dari Indonesia. Website dengan ekstensi .co.id juga memiliki target audiens yang spesifik, yaitu masyarakat Indonesia.

Dari segi jenisnya, ekstensi .co.id berbeda dari .com. Ekstensi .com termasuk generic TLD, sedangkan ekstensi .co.id merupakan country code TLD.
Ekstensi .co.id juga memiliki perbedaan dengan .com dari segi harga dan syarat pendaftaran. Domain .co.id harganya lebih mahal daripada .com. Selain itu, terdapat syarat scan KTP, TDP, dan surat kepemilikan merk untuk mendaftar.

Penutup

Itulah informasi mengenai domain .com dan kelebihannya. Sekarang kamu tentu sudah mengerti bahwa .com adalah ekstensi domain yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Domain Gratisan
Masih banyak para pemilik blog dan website yang memilih menggunakan domain gratis. Salah satu alasannya adalah karena tidak…
domain sch.id
Read More
Domain Sch.id: Harga, Syarat & Cara Mendapatkannya
Setiap instansi memiliki website dengan alamat berbeda-beda, bahkan jenis domain nya juga bervariasi. Sejumlah website pendidikan menggunakan domain…