Cara & Syarat Centang Biru di Instagram dan Facebook

centang biru instagram dan fb

Jika membicarakan centang biru , dulu kelihatannya sangat bergengsi karena sulit sekali buat mencapainya, harus punya banyak massa seperti para artis. Namun kabar gembira buat kamu karena kini cara mendapatkan centang biru di instagram maupun facebook lebih mudah berkat fitur meta verified.

Sebelum membahas lebih lanjut cara mendapatkan centang biru di instagram dan facebook, adakah yang masih awam tentang istilah-istilah di atas? Tidak masalah kalau belum mengerti karena artikel ini akan sekalian menjelaskannya secara lengkap kepada kamu 

Percuma saja langsung membahas mengenai cara mendapatkan centang biru di instagram ataupun facebook jika dari konsepnya saja kamu tidak paham. Oleh karena itulah, kamu perlu tahu dulu apa itu sebenarnya centang biru dan buat apa manfaatnya. 

Apa Arti Centang Biru?

Centang biru merupakan sebuah tanda yang diberikan oleh pihak Instagram dan Facebook bahwa akun tersebut telah terverifikasi. Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf pembuka bahwa centang biru biasanya dimiliki oleh artis atau identik pula dengan perusahaan-perusahaan besar.

Inilah mengapa seolah-olah terlihat pihak developer memberikan tkamu tersebut sebagai bentuk penghargaan. Padahal  sebenarnya tidaklah demikian, setiap orang berpeluang memperoleh tkamu tersebut selama mampu memenuhi syarat verifikasi. 

Verifikasi di sini dapat kamu lakukan dengan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu yaitu : 

  • Pastikan akun yang akan kamu verifikasi memang mewakili identitas asli baik sebagai pribadi maupun perusahaan. Identitas juga mencakup hal-hal lain seperti hewan peliharaan.
  • Verifikasi hanya berlaku untuk 1 akun tiap orang atau atas nama perusahaan. Akunmu yang lainnya baru dapat diverifikasi jika kamu mengaksesnya dengan IP atau gadget yang lain. 
  • Kamu tidak boleh memasang akun yang akan diverifikasi dalam mode private. Di samping itu, akunmu juga harus tercantum bio, foto profil yang jelas, dan minimal ada 1 konten yang kamu posting

Nantinya setelah verifikasi kamu ajukan, pihak instagram ataupun facebook akan melakukan penyelidikan dari berbagai sumber yang terpercaya. Termasuk di sini konten-konten promosi akan mereka masukkan sebagai salah satu sumber pendukung. 

Tujuan melaksanakan penyelidikan adalah memastikan asli tidaknya akun serta bagaimana ia bisa sampai terkenal.

Apakah ia menjadi bagian dari hal viral yang sedang dibicarakan di negara asalnya? Baru setelah dirasa layak maka kamu baru bisa mendapatkan centang biru di samping nama akun yang kamu daftarkan. 

Perlu diingat oleh karena verifikasi itu sifatnya begitu spesifik sehingga ada beberapa konsekuensi yang akan kamu terima yaitu : 

  • Nama akun yang kamu pakai tidak akan pernah bisa diganti lagi. 
  • Kamu tidak akan bisa mentransferkan centang biru pada akun lain walaupun akun tersebut masih terhubung dengan akun yang telah terverifikasi tersebut.  
Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Company Profile, Isi dan Cara Membuatnya

Manfaat Centang Biru

manfaat centang biru

Lantas apabila ternyata centang biru bukanlah sebuah penghargaan, buat apa harus tahu cara mendapatkan centang biru di instagram? 

Tunggu dulu, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Terlepas centang biru itu bukan sebuah hal yang eksklusif dan bergengsi, tetap memiliki berbagai manfaat yang besar buat akunmu. Berikut adalah penjelas tentang keuntungan centang biru tersebut: 

  • Akun yang memiliki centang biru akan memperoleh proteksi yang lebih daripada akun biasa. Dengan demikian potensi adanya pihak tidak bertanggung jawab yang ingin meretas akan dapat lebih diminimalkan.
  • Memperoleh fitur stiker yang membuat kamu mampu lebih leluasa dalam mengekspresikan diri kepada audiens.
  • Seperti yang kamu tahu bahwa banyak sekali akun-akun yang dibuat memakai nama seorang artis. Baik itu sekedar iseng atau bahkan untuk tujuan yang kurang baik seperti menipu. 

Di sinilah centang biru yang akan menjadi pembeda mana akun asli dengan yang tidak agar nama baik sang artis tidak sampai tercoreng.

Hal yang sama juga berlaku pada akun yang dimiliki oleh perusahaan agar tetap dapat menjaga kepercayaan konsumen.  

  • Di samping masalah keamanan, centang biru juga memiliki fungsi agar lebih mudah audiens temukan. Ini penting khususnya pada akun yang sudah berskala perusahaan agar audiens dapat bertransaksi di tempat yang tepat. 
  • Akun yang telah memiliki centang biru mampu meraih lebih banyak audiens maupun pengikut. Alasannya karena kamu memperoleh privilege yang lebih dari segi algoritma karena sistem akan lebih merekomendasikan akun-akun yang sudah terpercaya. 

Selain meningkatkan kredibiltas perusahaan dengan menggunakan centang biru di social media, kamu juga perlu bikin website untuk terus meningkatkan trust dan profesional bisnis perusahaanmu.

Kamu bisa cek Jagoan Hosting untuk kebutuhan onlinekan bisnis pake website.

Pengenalan Meta Verified 

centang biru instagram dan fb

Setelah “centang biru”, masih ada topik yang perlu kamu pahami sebelum mempelajari cara mendapatkan centang biru di instagram atau facebook. Topik yang akan dibicarakan seputar meta verified.

Meta verified adalah salah satu layanan terbaru yang pihak META berikan.pada tahun 2023 ini. Di Indonesia sendiri, meta verified baru masuk pada bulan Juli. 

Layanan ini bertujuan supaya kamu lebih mudah dalam mendapatkan centang biru pada media sosial facebook dan instagram. Mengapa bisa jadi lebih mudah? 

Jawabannya karena kini untuk memperoleh centang biru, kamu cukup membayar sejumlah uang tertentu. Tidak seperti dulu yang murni tergantung dari keputusan pihak developer.

Namun tetap ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dulu. Apa sajakah syarat itu? Temukan detail lengkapnya pada pembahasan setelah ini. 

Cek Konten Lainnya:
Sempat Hits, Gimana Kabar Cryptocurrency Di Indonesia?

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram Serta Facebook

Penjelasan mengenai cara mendapatkan centang biru di instagram atau facebook akan dibagi menjadi 2 yaitu syarat dan prosedur pembeliannya sebagai berikut :  

Syarat Centang Biru Instagram dan Facebook

Syarat-syarat yang harus kamu penuhi supaya akunmu layak disematkan centang biru antara lain : 

  1. Identitas Harus Jelas

Identitas mencakup pada nama dan foto yang kamu cantumkan di bagian profil. Nama yang kamu pakai wajib memakai nama asli. Sementara pada bagian profil, pastikan yang kamu unggah menunjukkan wajah asli dengan jelas. 

  1. Memenuhi Minimal Persyaratan  Dalam Beraktivitas

Maksudnya beraktivitas di sini dari segi berapa minimal jumlah posting yang memenuhi stkamur agar layak mendapatkan centang biru. Jumlah posting menjadi aspek penilaian untuk menjamin bahwa akun yang kamu pakai bukan akun bodong.

  1. Memenuhi Persyaratan Usia

Usia orang yang ingin mendaftarkan akun centang biru harus tepat 18 tahun. Pembuktiannya adalah ia wajib mengunggah foto KTP nya.  

  1. Menyiapkan two authentication factors

Bagi kamu yang belum tahu, two authentication factors dalam cara mendapatkan centang biru di instagram atau facebook merupakan pengaman. 

Sistem ini membuat proses masuk ke dalam akun tidak sekedar menuliskan e-mail dan password tapi ada 2 prosedur lain yang harus dijalankan. Dengan kata lain proteksi untuk  akun ditambah supaya tidak mudah dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Secara umum faktor-faktor yang dipakai sebagai pengaman meliputi : 

  • Suatu pertanyaan yang hanya kamu sendiri yang tahu seperti nama orang tua kandung, panggilan masa kecil, waktu ulang tahun, dll. 
  • Sesuatu yang cuma kamu yang punya aksesnya. Sebagai contoh adalah kamu mengatur agar setiap login yang terjadi, sistem mengirimkan one time password ke dalam smartphone-mu. Tujuannya adalah mengonfirmasi apakah benar memang kamu yang melakukan aktivitas login tersebut.  
  • Sesuatu yang menjadi karakteristik unikmu dan tidak akan mungkin bisa ditiru orang lain. Bentuknya seperti pindai sidik jari, pindai wajah, pindai retina, dsb. 
  • Faktor-faktor lain yang masih memungkinkan  untuk diaplikasikan seperti verifikasi lokasi. Semisal kamu berada di kota A dan ternyata sistem mendeteksi adanya login yang dilakukan dari kota C. Sistem dengan segera akan mengontak kamu lewat e-mail atau nomor telepon untuk mengonfirmasi. 

Cara Beli Centang Biru Meta Verified

cara beli meta verified

Sehabis semua persyaratan terpenuhi maka beginilah cara mendapatkan centang biru di instagram maupun facebook itu : 

1. Melakukan Pendaftaran 

Prosedur pendaftarannya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi instagram di smartphone lalu tekan tombol bergambar “orang” yang ada di pojok kanan bawah untuk masuk ke halaman profil.
  • Dari halaman profil, lihat ke kanan atas, kamu akan menemukan icon garis tiga yang saling bertumpuk satu sama lain. Tekan icon tersebut  dan bila akun kamu sudah memenuhi syarat maka seharusnya akan tersedia menu meta verified di situ. 
  • Jika kamu memiliki akun instagram ataupun facebook  lebih dari 1 maka akan muncul bagian yang menyuruh kamu menentukan akun mana yang akan diverifikasi.
  • Setelah memilih akun, tekan tombol “ dapatkan meta terverifikasi”. 
Cek Konten Lainnya:
7 Tips Cari Ide Buat Programmer Game!

2. Melakukan Pembayaran

Dengan menekan tombol “dapatkan meta terverifikasi” berarti kamu sudah sepakat dengan segala ketentuan dalam meta verified.

Sekarang kamu tinggal melakukan pembayaran saja melalui play store, app store, maupun website sesuai dengan gadget yang kamu gunakan. 

Pilih pada tombol “bayar sekarang “ untuk menutup transaksi jual beli centang biru instagram dan facebook tersebut.

Mengenai masalah harga centang biru instagram dan facebook, nominal yang harus kamu bayarkan tergantung dari perangkat yang kamu gunakan. 

Harga Centang Biru Meta Verified

Apabila kamu melakukan verifikasi dari iOS atau Android maka harga sewanya sebesar Rp 130.000,00 per bulan. Sedangkan pada verifikasi website, harganya lebih murah yaitu Rp 100.000,00 tiap bulannya. 

Namun perlu diingat angka yang tertera tersebut, nilainya bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Selain itu juga tergantung dari fluktuasi nilai dolar terhadap rupiah.

Apabila pembayaran sudah selesai maka sebaiknya kamu pastikan lagi hal-hal ini : 

  • Sistem keamanan two authentication factors sudah aktif dalam akun kamu
  • Identitas yang kamu isikan pada kolom pendaftaran sama dengan keterangan dalam KTP.
  • Gambar wajah dalam profil akun sama persis dengan yang ada di KTP.

3. Menunggu Verifikasi

Setelah semua prosedur sudah beres maka sebagai penutup dari rangkaian cara mendapatkan centang biru di instagram maupun facebook adalah menunggu. Akun yang kamu daftarkan tadi akan diperiksa dan ditinjau lebih lanjut oleh pihak META dalam kurun waktu 48 jam.

Jika semuanya terpenuhi dengan baik dari hasil peninjauan maka kamu akan memperoleh notifikasi dalam profil bahwa verifikasi sukses. Centang biru yang kamu idam-idamkan   telah tercetak di samping nama akun kamu 

Sebaliknya apabila ternyata dari persyaratan masih ada yang belum sesuai standar perusahaan, kamu akan mendapatkan pemberitahuan untuk perbaikan.

Memang dengan adanya fitur berbayar seperti ini, cara mendapatkan centang biru di instagram serta facebook menjadi tidak rumit. Akan tetapi hal itu bukan jadi alasan kamu bisa sembarangan mengelola akun.

Itulah tutorial mendapat centang biru di Instagram dan FB dengan cara beli Meta Verified, jika kamu perlu artikel bisnis dan social media lainnya bisa cek blog Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
newsletter email
Read More
Apa itu Newsletter? Pengertian, Cara Membuat & Tipsnya
Newsletter adalah salah satu strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online. Strategi yang satu ini terbukti…
paid promote
Read More
Pengertian Paid Promote dan Bedanya dengan Endorse
Jika kamu seorang pebisnis online, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “paid promote” dan “endorsement“. Namun, apakah…