Meta Business Suite: Fitur dan Cara Menggunakannya

meta business suite

Pemasaran melalui sosial media sekarang ini menjadi trend dan memberikan untung besar bagi pelaku usaha. Bagi pebisnis ulung, keberadaan Meta Business Suite pastinya membawa dampak yang sangat positif.

Apalagi meta sendiri sebagai solusi untuk memanfaatkan akun sosial media dengan tepat. Tentunya melalui upaya penyederhanaan teknik marketing yang digunakan.

Bagi beberapa orang platform ini mungkin sudah sering terdengar, tetapi kini ada inovasi terbaru yang lebih canggih. Penasaran seperti apa add-on baru yang dimiliki oleh Meta Business Suite? Ketahui selengkapnya pada bahasan artikel kali ini.

Apa itu Meta Business Suite?

meta business suite

Lebih sering dikenal orang dengan sebutan Facebook Business Suite, tetapi nama aslinya dulu adalah Meta Business Suite. Di mana, platform satu ini merupakan sebuah media untuk proses manajemen media sosial dan iklan secara gratis.

Caranya sendiri cukup sederhana dengan memanfaatkan profil Facebook atau Instagram pengguna. Sehingga, pemilik akun dapat membuat konten, menyimpan momen, ataupun membagikan iklan secara gratis dan terang-terangan.

Sebelum dikenal sebagai Meta Business Suite,  mungkin kamu sudah mendengar istilah Meta Business Manager yang memiliki fungsi untuk mengundang orang, mengelola foto profil, hingga melacak data untuk kebutuhan iklan di sosial media.

Hanya saja, kekurangan dari Business Manager ini adalah ketidakmampuannya dalam melakukan peninjauan lanjut terhadap wawasan tertentu.

Selain itu, platform ini juga tidak memiliki kemampuan untuk mengakses kalender konten dan juga beralih akun secara otomatis. 

Meskipun begitu, berbeda dengan Meta Business Suite yang sebelumnya. Sekarang ini, Meta Business Suite menjadi inovasi pembaharuan dari teknologi sebelumnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Copywriter? Tugas, Skill & Gajinya

Di mana, Meta Business Suite ini menjadi pelengkap yang menjawab seluruh kebutuhan bisnis dalam bidang marketing.

Maka, tidak heran jika platform hasil inovasi ini terus menjadi incaran dari perusahaan yang menginginkan pengelolaan media sosial secara lengkap dibandingkan Meta Business Manager.

Manfaat Meta Business Suite

Seperti yang sudah kamu ketahui kalau Meta Business Suite sangat menguntungkan para creator dalam memperluas ide konten di Facebook ataupun Instagram.

Bagi pebisnis sendiri kehadiran dari platform satu ini pun memiliki banyak manfaat loh, Sob. Berikut beberapa detail manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis utamanya dalam pemasaran, antara lain:

1. Menjadi Media Promosi Bisnis yang Efektif

Keberadaan dari Meta Business Suite memberikan dampak sangat besar terutama marketing bisnis. Di mana, perusahaan bisa mengatur target penjualannya melalui iklan tepat kepada konsumen di Facebook ataupun Instagram.

Dedicated Hosting

Mengingat, tidak jarang sekarang ini informasi ditemukan melalui media sosial. Contohnya lokasi tempat makan yang enak, hingga rekomendasi pakaian terbaik untuk acara khusus.

Karena media sosial sebagai lahan berjualan yang efektif, pastikan Sob sudah menyiapkan semuanya secara detail. Berikan link layanan peta digital agar konsumen lebih mudah menemukan lokasi usaha.

2. Membangun Brand Awareness

Tujuan dari adanya iklan adalah untuk membangun brand awareness sebuah produk agar lebih cepat dikenal oleh konsumen dengan tingkat pemasaran yang luas.

Sosial media merupakan sarana yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat promosi. Mengingat platform ini memiliki banyak layanan dan terkesan menarik perhatian bagi pengguna.

Meta Business Suite bermanfaat dalam membangun brand awareness melalui sosial media karena jangkauannya cukup luas dengan menaungi 3 media besar yaitu WhatsApp, Facebook, dan juga Instagram.

3. Meningkatkan Total Penjualan

Selanjutnya, manfaat lain yang bisa kamu rasakan sebagai pengguna platform adalah penjualan mengalami peningkatan signifikan. Di mana, melalui platform Meta semua penjual akan berinteraksi dengan konsumen dalam urusan jual-beli.

Apalagi ada layanan messenger yang memudahkan keduanya membangun komunikasi. Selain itu, dengan adanya layanan berbayar memungkinkan penjual untuk menjangkau pembeli secara luas di toko Instagram atau Facebook.

4. Dapat Memonetisasi Konten di Facebook dan Instagram

Sob, kamu perlu tahu kalau keberadaan dari media sosial itu tidak hanya berfungsi sebagai iklan saja, melainkan juga sebagai bentuk penghiburan diri pemilik akun.

Contohnya, bagi seseorang yang memiliki hobi memasak maka bisa membagikan aktivitasnya tersebut melalui media sosial. Dengan begitu banyak orang akan mengenalnya dan juga konten bikinannya akan terkesan menarik.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Blog Pribadi untuk Pemula, Instan & Mudah!

Konten yang berhasil kamu buat dan konsisten menghasilkan video menarik bagi pengguna lain, kamu bisa melakukan monetisasi konten. Tanpa sadar, kamu bisa mendapatkan gaji besar dari interaksi bersama penggemar di media sosial.

Fitur Meta Business Suite

fitur meta business suite

Selain memiliki banyak manfaat bagi pelaku usaha, Meta Business Suite juga mempunyai beberapa fitur menarik antara lain:

1. Messaging

Fitur pertama adalah pesan. Keberadaan dari media inbox ini untuk membantu penjual dan pengguna melakukan komunikasi dengan mudah.

Meskipun begitu, Meta Business Suite juga melengkapi fasilitasnya dengan inbox terbaru yang dapat memudahkan pengelolaan pesan dari media sosial.

Hal ini tentu saja sangat mudah dan membuat tim perusahaan mampu menangani pesan dari audiens secara efisien.

2. Pengelolaan Konten

Berikutnya, fitur yang paling disenangi oleh pelaku usaha adalah adanya pengelolaan konten. Melalui fitur satu ini kamu sangat mungkin untuk melakukan penjadwalan, pengelolaan, hingga proses terbit yang mudah.

Keberadaan dari fitur ini paling cocok untuk perusahaan yang memiliki citra besar dan ingin menampilkan konten setiap hari.

3. Kolaborasi

Lalu, ada juga fitur kolaborasi di mana seluruh tim diperbolehkan untuk mengakses ataupun mengelola akun secara bersamaan. Hal tersebut membuat kinerja bisnis dapat berjalan dengan optimal.

4. Adanya Pengelolaan Campaign

Pengelolaan campaign iklan di Facebook dan Instagram juga bisa kamu lakukan melalui penggunaan Meta Business Suite. Proses ini memungkinkan pemakai untuk memantau campaign dan membuat anggaran secara tepat.

5. Integrasi dengan Banyak Tools Facebook Lainnya

Terakhir, fitur yang menjadi unggulan dari platform ini adalah kemampuannya dalam terintegrasi dengan fitur lain. Contohnya seperti Business Settings, Ads Manager, dan Commerce Manager untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Cara Menggunakan Meta Business Suite

cara menggunakan meta business suite

Setelah mengetahui informasi lengkap di atas, tahukah kamu bagaimana cara menggunakan Meta Business Suite yang tepat seperti apa? Yuk, simak pembahasannya di sini:

1. Buat Akun Terlebih Dahulu

Proses pertama yang perlu kamu lewati adalah membuat akun terlebih dahulu. Pada halaman awal login Facebook klik ‘Buat Akun’. Kemudian, kamu bisa masuk menggunakan akun lama atau pun buat akun baru di Facebook.

2. Lengkapi Informasi Kontak

Berikutnya, kamu bisa mengisi secara lengkap informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email bisnis dan juga password.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Niche Market? Manfaat, Contoh & Cara Menentukan

Perlu kamu ketahui bahwa informasi tersebut nantinya akan digunakan oleh Facebook untuk menyimpan data dan tidak dibagikan kepada pengguna lain.

3. Pilih Akun Instagram atau Facebook

Setelah berhasil mengisi data diri secara lengkap selanjutnya kamu perlu memilih antara akun Instagram atau Facebook yang akan dihubungkan dengan Meta Business Suite.

Jika sudah memutuskan, nantinya akun yang kamu pilih akan diubah menjadi akun business.

4. Add Pengguna Lain ke Akun Bisnis

Kamu bisa memilih admin yang diinginkan kemudian masukkan email yang bersangkutan. Setelah itu, atur agar setiap orang memiliki akses terbatas dan hanya admin yang memiliki akses penuh.

Apabila kamu mengelola akun secara pribadi, maka tahap ini bisa dilewati saja.

5. Lakukan Peninjauan Secara Berkala

Terakhir, lakukan konfirmasi secara tepat dan Facebook akan melanjutkan proses dengan membawa pengguna menuju dasbor dan fitur Meta Business Suite bisa segera digunakan. Jangan lupa lakukan peninjauan secara berkala.

Itulah pembahasan lengkap seputar Meta Business Suite yang bisa bantu kelola platform socmed untuk keperluan bisnis, namun ada beberapa faktor yang buat bisnis stuck.

Seringkali, kesadaran akan bisnis kita terbatas hanya pada platform-platform sosial tertentu, menyebabkan ketergantungan yang berisiko.

Bayangkan jika platform sosial yang kita andalkan tiba-tiba mengalami gangguan atau berubah aturan. Bisnismu mungkin terkena dampak besar karena keterbatasan ini.

Solusinya, buatlah langkah untuk meningkatkan kesadaran bisnismu dengan cara yang lebih berkelanjutan.

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Coba buat website sendiri dengan layanan hosting dan domain dari Jagoan Hosting. Dengan memiliki website, kamu memiliki kontrol penuh atas konten dan komunikasi bisnismu, memperluas jangkauan, dan meningkatkan awareness online bisnismu secara keseluruhan.

FAQ

Apakah Meta Business Suite bisa digunakan secara personal?

Tentu saja. Meskipun tidak memiliki perusahaan, kamu bisa memanfaatkannya untuk usaha pribadi.

Benarkah Meta Business Suite merupakan platform marketing gratis?

Benar, tetapi kamu juga bisa menggunakan fitur berbayarnya.

Di mana marketing perusahaan bisa menggunakan Meta Business Suite?

Instagram, Facebook, atau WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
growth hacking
Read More
Apa Itu Growth Hacking? Ini 10+ Strateginya
Dalam lingkup bisnis, growth hacking adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh bisnis-bisnis rintisan seperti startup. Tujuan dari…
google analytics 4
Read More
Google Analytics 4: Fitur Baru, Kelebihan dan Kekurangan
Google analytics bukan istilah baru dalam dunia digital, terlebih jika kamu bekerja dalam bidang digital marketing. Nah, kini…