17+ Strategi Digital Marketing UMKM biar Naik Kelas

strategi digital marketing umkm

Digital marketing memang memberikan perubahan yang besar terhadap cara promosi bisnis. Tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan besar saja, digital marketing UMKM pun nyatanya bisa memberikan kontribusi yang besar. 

Seperti melansir dari laman Rock Content, “Investing in online marketing for small business is democrats and brings a lot of benefits. With the right tools, you can create a low-cost strategy and have a big return in reach and awareness.”

Artinya, UMKM pun bisa menerapkan digital marketing untuk meminimalisir biaya promosi, tetapi mendapatkan keuntungan yang maksimal. Lantas, bagaimana strategi digital marketing UMKM yang efektif itu? 

Strategi Digital Marketing UMKM

Sebelumnya, perlu kamu ingat lagi bahwa digital marketing adalah serangkaian strategi pemasaran yang menggunakan berbagai platform dan kanal digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. 

Strategi ini melibatkan penggunaan internet, media sosial, perangkat mobile, mesin pencari (seperti Google), email, dan berbagai platform online lainnya. Digital marketing bisa memberikan dampak yang besar terhadap UMKM. 

Oleh karena itu, para pemilik UMKM sudah sewajarnya mulai melirik digital marketing sebagai salah satu cara mencari pelanggan. Jika kamu tertarik untuk menerapkannya, berikut adalah beberapa strategi digital marketing untuk UMKM:

1. Buat Profil Usaha 

Strategi digital marketing yang gratis dan mudah untuk meningkatkan peringkat pencarian usaha adalah dengan membuat dan memperbarui profil usaha di mesin pencari. Seperti Google, Bing, Yahoo, dan platform pencarian populer lainnya. 

Profil merupakan cara yang berguna untuk memberikan informasi penting kepada pelanggan saat ini maupun calon pelanggan mengenai usaha. Informasi tersebut seperti alamat, nomor telepon, rating, review, dan jam buka toko. 

Kamu juga bisa menambahkan gambar, foto, dan logo ke dalam informasi profil tersebut. Sebab, hal ini dapat membantu dalam menarik perhatian calon pelanggan.

2. Email Marketing 

Strategi digital marketing untuk UMKM selanjutnya adalah email marketing. Kamu pasti pernah diminta untuk memasukkan alamat email ketika melakukan transaksi pembelian di suatu website sebagai data pembelian. 

Nah, sebagai pemilik bisnis, kamu bisa memanfaatkan email-email dari pelanggan sebagai sarana untuk promosi. Kamu bisa menggunakan EBS (Email Blast Service) yang bisa mengirimkan email ke banyak pengguna secara otomatis. 

Beberapa contoh EBS yang bisa kamu pakai adalah Senditblue, GetResponse, dan MailChimp. Lewat email marketing, kamu bisa memberikan informasi kepada pelanggan mengenai adanya produk atau layanan baru. 

Selain itu, kamu bisa memberikan informasi terkait diskon, voucher, dan promosi lainnya melalui email marketing. Lewat cara ini, kamu tidak hanya akan mendapatkan pelanggan baru, tetapi menjaga pelanggan lama untuk tetap loyal.

3. Pahami dan Kenali Target Audiens 

Target audiens adalah konsumen yang memiliki potensi atau kecenderungan untuk membeli produk dan layanan yang kamu tawarkan. Penting bagi pemilik UMKM untuk mengenali konsumen ini. Mengapa?

Karena hal tersebut membantu menyesuaikan strategi pemasaran digital yang cocok sesuai segmentasinya. Misalnya, jika kamu memiliki usaha kue dan ingin menjual kue buatanmu ke pelanggan di luar kota. 

Strategi pemasarannya tentu akan berbeda dengan yang kamu gunakan untuk pelanggan yang datang langsung ke kedai. Dengan mengidentifikasi target audiens, kamu bisa menyesuaikan strategi pemasaran digital dengan lebih efektif. 

Cek Konten Lainnya:
Raih Kepuasan Pelanggan dengan 6 Kalimat Ajaib Ini

4. Manfaatkan Iklan di Sosial Media 

Seperti yang kamu ketahui, sosial media memang memiliki kekuatan yang luar biasa sebagai media untuk promosi bisnis. Nah, manfaat digital marketing bagi UMKM bisa kamu rasakan salah satunya dari kekuatan media sosial tersebut. 

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok memiliki fitur Ads yang bisa digunakan para pemilik UMKM. Lewat fitur ini, pelanggan bisa melihat produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Jangkauan iklan di sosial media juga cenderung lebih luas dan tidak memiliki batasan wilayah. Oleh karena itu, potensi untuk mendapatkan pelanggan pun semakin terbuka lebar. 

5. Ajak Pelanggan untuk Memberikan Review atau Testimoni 

Strategi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak pelanggan untuk memberikan review atau testimoni positif terkait usahamu. Testimoni dan review bisa sangat berpengaruh untuk reputasi bisnis. 

Semakin banyak review, maka semakin bagus pula reputasi di depan pelanggan. Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin meminta pelanggan memberikan review terhadap usaha yang dimiliki. 

Seperti dengan memberikan bintang atau menuliskan review singkat. Dengan cara ini, kamu bisa memperkuat reputasi bisnis sekaligus memperbaiki jika masih ada kekurangan. 

6. Berikan Feedback Terhadap Review atau Keluhan 

Kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci dari keberhasilan usaha dan untuk memastikan pelanggan kembali pada usahamu. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk memberi feedback yang baik dan cepat tanggap terhadap pelanggan. 

Baik itu berupa review, apresiasi, saran, keluhan, atau bahkan kritikan. Hal ini sangat penting karena ketika kamu bisa memberikan tanggapan yang cepat, pelanggan pun akan merasa didengarkan. 

Digital marketing bisa membantu dengan adanya fitur chatbot yang bisa menjadi penyedia layanan konsumen selama 24 jam penuh. Selain itu, kamu bisa memberikan kontak pelanggan di website atau sosial media. 

7. Iklan Pay-Per-Click (PPC) 

Iklan PPC memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan yang ditargetkan kepada pengguna yang sedang aktif mencari kata kunci relevan atau menjelajahi situs web tertentu. 

Cara ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan traffic website dan meningkatkan konversi. Untuk menerapkan iklan PPC, mulailah dengan memilih platform yang tepat berdasarkan target audiens. 

Google Ads adalah media yang sering digunakan pebisnis. Setelah itu, lakukan riset kata kunci secara menyeluruh untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis. 

Kemudian, buat teks iklan yang menarik untuk mengundang pengguna untuk klik. Jangan lupa untuk menetapkan anggaran, pantau kampanye secara teratur, dan lakukan penyesuaian yang diperlukan. 

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan ROI yang maksimal dari iklan PPC. 

8. Promosi Melalui Video (Video Marketing)

Strategi digital marketing UMKM selanjutnya adalah video marketing yang saat ini memang memiliki popularitas yang luar biasa. Video bisa menjadi media promosi yang efektif karena bisa menarik perhatian pelanggan dengan cepat. 

Kamu bisa menggunakan video untuk memberikan informasi produk seperti fungsi, kegunaan, manfaat, membagikan testimoni, atau bercerita tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Setelah itu, pilih platform yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini kamu bisa memilih YouTube, TikTok, atau membagikannya ke dalam website. 

9. Jalin Kerjasama dengan Influencer (Endorsement) 

Seiring dengan kekuatan media sosial yang makin besar, influencer pun memiliki peran yang besar untuk mempromosikan produk. Karena dengan jumlah pengikutnya yang banyak, mereka bisa mempromosikan usahamu dengan efektif.

Di Indonesia juga sudah ada banyak sekali influencer yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan budget dan niche produk. Seperti pakaian, makanan, tas, parfum, dan lain sebagainya. 

Agar bisa bekerja sama, kamu bisa menghubungi langsung influencer tersebut dan tawarkan kerjasama. Setelah itu, mereka biasanya akan memberikan rate card atau tarif yang harus kamu bayarkan jika ingin bekerja sama dengan mereka. 

Cek Konten Lainnya:
3 Rekomendasi Bisnis di Era Pandemi

Apabila kamu cocok dengan tarif tersebut, maka kerjasama pun bisa kamu mulai. Nantinya influencer akan mempromosikan produk UMKM-mu di jadwal dan format yang sudah disepakati. 

10. Buat dan Optimalkan Website untuk Bisnis 

Selain media sosial, website juga menjelma jadi salah satu media yang sangat efektif untuk mempromosikan usaha. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah membangun website untuk transaksi usaha. 

Dengan adanya website, kamu bisa seperti memiliki toko yang buka selama 24 jam penuh sehingga pembeli bisa melakukan transaksi kapan pun. Nantinya, kamu hanya perlu mengecek riwayat pembelian mereka. 

Setelah itu, tinggal kirimkan saja ke alamat pelanggan. Website juga bisa membuat usaha yang kamu miliki semakin terlihat profesional dan kredibel. Nantinya, kamu bisa memberikan berbagai informasi terkait produk atau layanan di website tersebut.

Agar website bisa senantiasa bekerja secara maksimal, maka pastikan kamu memilih layanan hosting dan domain yang terpercaya seperti Jagoan Hosting ya, Sob. 

Jagoan Hosting menyediakan pilihan hosting dan domain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan skala usaha. Pilihan hosting yang tersedia pun berkualitas dengan layanan yang profesional dan harga yang terjangkau. 

Ada pilihan shared hosting maupun dedicated hosting, tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Bersama Jagoan Hosting, website usaha bisa selalu berjalan lancar meski traffic sedang meningkat. 

11. Investasikan Anggaran ke Pemasaran Lokal 

Jika kamu memiliki usaha yang masih berada dalam tingkat lokal, maka manfaatkan hal tersebut sebagai media untuk mendongkrak digital marketing. Inilah beberapa usaha pemasaran lokal yang dapat kamu lakukan: 

  • Mengadakan atau berpartisipasi ke acara komunitas.
  • Mengadakan kampanye atau promosi di daerah sekitar. 
  • Berinvestasi ke pembuatan billboard digital. 
  • Menggunakan iklan TV maupun radio. 

Bersamaan dengan berbagai strategi ini, nantinya kamu bisa mengintegrasikan website atau media sosial bisnis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan potensi pelanggan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. 

12. Buat Google My Business 

google business profile

Salah satu contoh digital marketing untuk UMKM yang sukses adalah dengan menggunakan Google My Business. Pada dasarnya, Google My Business adalah tools yang merupakan buatan Google untuk kebutuhan promosi. 

Ketika memiliki akun tersebut, nantinya nama dan lokasi usaha yang kamu miliki bisa muncul di internet dengan lebih mudah. Misalnya, kamu memiliki usaha yang bergerak di bidang penjualan kebaya. 

Kemudian, kamu membuat profil usaha tersebut di Google My Business. Nantinya ketika ada orang yang mencari kebaya, usaha yang kamu miliki akan muncul dan menjadi rekomendasi mereka. 

Jadi, adanya Google My Business bisa membantu memperkenalkan usahamu ke pelanggan yang lebih luas. Selain itu, Google My Business juga membantu menambah reputasi usaha jadi jauh lebih profesional dan terpercaya. 

13. Manfaatkan Strategi Content Marketing 

Strategi digital marketing UMKM selanjutnya adalah content marketing. Agar bisa membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan, kamu harus bisa memproduksi konten yang berguna, menarik, dan relevan untuk pengguna. 

Konten ini menjadi sangat penting karena menunjukkan bagaimana identitas dan karakter brand-mu di mata konsumen. Konten marketing nantinya akan melibatkan planning dan sharing berbagai materi seperti video, berita, postingan, dan artikel. 

14. Terapkan Search Engine Optimization (SEO) 

Saat ini SEO menjelma menjadi sebuah strategi pemasaran yang sangat kuat untuk sebuah brand atau usaha. Karena ketika brand berada di peringkat teratas mesin pencari, semakin besar pula jumlah trafik organik yang akan kamu dapatkan. 

Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan SEO secara maksimal supaya website bisa muncul di pencarian teratas mesin pencari tersebut. Tujuan utamanya adalah membuat mesin pencari mengenali relevansi dan nilai yang kamu tawarkan. 

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Blog Bisnis Terbaik untuk Jadi Inspirasi

Bagi UMKM pun bisa menerapkan SEO. Caranya adalah dengan membuat keyword planning dan keyword research yang tepat sesuai niche bisnis. Untuk membantunya, kamu bisa memanfaatkan berbagai SEO tools yang ada di internet. 

15. Terapkan Search Engine Marketing (SEM) 

Jika SEO memungkinkan kamu untuk mendapatkan peningkatan organic traffic secara gratis, maka SEM sebaliknya. Ketika memanfaatkan SEM, maka kamu harus membayar biaya iklan untuk usaha. 

Akan tetapi, hasilnya pun akan jauh lebih cepat dalam menghadirkan traffic ke website bisnis. Jadi, jika memang kamu menginginkan penambahan traffic dengan lebih cepat dan tidak masalah mengeluarkan biaya, SEM adalah solusi terbaiknya.

SEM nantinya akan bekerja dengan menampilkan hasil pencarian dari kata kunci (keyword) yang sesuai dengan usaha yang kamu miliki. Kemudian, website usahamu akan muncul lengkap dengan informasi produk termasuk gambar. 

16. Retargeting atau Remarketing 

Strategi digital marketing UMKM selanjutnya adalah retargeting atau remarketing. Tujuan dari strategi ini adalah untuk menjangkau pelanggan yang sebelumnya telah berkunjung ke situs web atau berinteraksi dengan iklan kamu. 

Nantinya, metode ini melibatkan penayangan iklan di platform media sosial atau situs lain yang sering dikunjungi oleh mereka. Inilah yang akan memberimu kesempatan lagi untuk mengubah mereka menjadi pelanggan.

17. Buat Rencana Budget yang Sesuai 

Memang strategi digital marketing sangat penting untuk usaha. Akan tetapi, bagi UMKM yang baru berkembang bisa saja sulit untuk mengalokasikan modal yang besar ke dalam strategi marketing tersebut. 

Oleh karena itu, penting untuk membuat rencana budget dan pastikan untuk tidak menghabiskan budget lebih dari anggaran. Untuk tahap awal, cobalah dengan strategi yang bisa dilakukan dengan biaya yang terjangkau. 

Seperti membuat profil bisnis, website, dan SEO. Nantinya, jika sudah memiliki anggaran yang memadai baru kamu bisa melebarkan sayap ke strategi marketing lain yang berbayar. 

18. Pantau dan Evaluasi 

Terakhir, jangan lupa untuk memantau strategi pemasaran digital untuk menentukan apa yang bekerja dengan baik dan apa yang dapat diubah. Penting untuk diingat bahwa tidak semua strategi digital tersebut akan berhasil. 

Karena sebagian besar upaya pemasaran digital akan melibatkan pengujian dan mencoba hal-hal baru untuk menentukan metode terbaik untuk bisnis. Misalnya, kamu mencoba teknik pemasaran melalui Facebook Ads. 

Akan tetapi, ternyata Facebook Ads untuk produk baru tersebut hasilnya tidak sesuai target dan harapan. Jika menemui hal seperti ini jangan langsung patah semangat, karena kamu bisa menyesuaikan strategi lainnya. 

Seperti dengan mengubah iklan dalam kampanye memilih platform media sosial lain, atau menggunakan metode pemasaran digital yang berbeda. Yang terpenting adalah bagaimana kamu selalu berusaha untuk meningkatkan strategi. 

Itulah berbagai strategi digital marketing UMKM yang bisa kamu terapkan. Berbagai strategi tersebut memiliki karakteristik, cara kerja, dan keuntungannya tersendiri ketika diterapkan. 

Saatnya Level Up Digital Marketing UMKM dengan Website

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Jagoan Hosting menawarkan domain dan hosting terbaik untuk memberdayakan bisnismu secara online. Dengan domain murah yang eksklusif dan layanan hosting murah yang andal, kamu bisa membangun kehadiran online yang profesional dan menarik.

Bayangkan bagaimana UMKM akan terlihat setelah memiliki website sendiri akan tampil lebih profesional, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan. Ini adalah perubahan yang signifikan untuk pertumbuhan bisnismu.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Jaga keunggulan kompetitif Anda dan naikkan level UMKM sekarang dengan Jagoan Hosting.

Selain itu, mengingat pentingnya digital marketing bagi UMKM, pastikan kamu menerapkan berbagai strategi tersebut agar UMKM bisa lebih maju dan untung ya Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
contoh deskripsi produk
Read More
10 Contoh Deskripsi Produk yang Menarik & Cara Buatnya
Cara meningkatkan penjualan produk salah satunya dengan melakukan pemasaran. Jika menggunakan digital marketing hal yang biasa dilakukan adalah…
Read More
Tips Menjadi Pendengar yang Baik Demi Loyalitas Customer
Pernahkah kamu menghubungi customer service dan mencoba menjelaskan apa masalah kamu, tapi kamu mendapat kesan bahwa mereka tidak…