10+ Kelebihan & Kekurangan dari Dedicated Hosting

kelebihan kekurangan dedicated hosting

Apa saja kelebihan dan kekurangan dedicated hosting? Dedicated hosting menjadi pilihan terpopuler bagi siapa pun yang ingin mengelola sebuah website. Tidak heran, banyak yang penasaran tentang salah satu jenis layanan hosting ini.

Berbeda daripada hosting lain, dedicated hosting memberi kamu akses ke sebuah server secara utuh dan eksklusif. Kamu akan bisa mengelola dan mengoptimalkan server sesuai kebutuhan situs web.

Umumnya, dedicated hosting cocok untuk perusahaan besar yang membutuhkan situs dengan jumlah traffic besar. Hosting jenis ini cocok bagi siapapun yang ingin mengendalikan server situs dengan hasil lebih baik ketimbang harus berbagi server.

Sebelum benar-benar menentukan apakah dedicated hosting cocok untuk kamu, sebaiknya ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya, Sob. Artikel ini akan membahas setiap kelebihan dan kekurangan penting dari dedicated hosting.

Apa Itu Dedicated Hosting?

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan dedicated hosting, alangkah baiknya kita mengetahui definisinya terlebih dahulu. Dedicated hosting atau dedicated server berarti layanan server utuh tanpa harus berbagi dengan pengguna lain.

Artinya, sebuah penyedia server menyewakan dedicated hosting secara eksklusif pada satu pengguna. Oleh sebab itu, setiap sumber daya server seperti software, storage, dan resource tidak akan terbagi bersama pengguna lain.

Seperti yang sudah kamu ketahui, dedicated hosting menjadi kebutuhan bagi pemilik situs dengan bisnis besar. Hal ini karena situs akan mengalami peningkatan traffic pengunjung lebih besar, alhasil server membutuhkan daya lebih besar.

Cek Konten Lainnya:
Fakta Web Hosting Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

Dengan layanan ini, kamu akan menyewa server secara mandiri tanpa harus membaginya bersama pengguna lain. Server tersebut bisa kamu kendalikan secara penuh sesuai keperluan website sekaligus memiliki performa lebih tinggi.

Kelebihan dari Dedicated Hosting

kelebihan dedicated hosting

Setelah mengetahui definisi dan kegunaan dedicated hosting, saatnya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. 

Deretan kelebihan dan kekurangan bisa membantu untuk memutuskan apakah dedicated hosting cocok untuk kamu.

Inilah sepuluh kelebihan dan kekurangan dedicated hosting server yang wajib kamu ketahui:

1. Akses Khusus dengan Kontrol Penuh

Kamu sebagai pengguna bisa mendapatkan akses khusus secara utuh ke setiap resource server. Pasalnya, satu server utuh sudah dikhususkan untuk website kamu.

Inilah mengapa kamu akan menjadi sangat fleksibel dalam mengendalikan server. Kamu akan bisa membuat kustomisasi konfigurasi dan resource sesuai kebutuhan. Contohnya menginstal aplikasi kustom atau mengatur setting spesifik pada server.

2. Performa Lebih Maksimal

Salah satu kelebihan dedicated hosting terpenting adalah meningkatnya performa secara maksimal. Hal ini karena kamu memiliki akses pada seluruh resource atau sumber daya server tanpa harus berbagi bersama pengguna lain.

Berkat fakta tersebut, kamu bisa secara bebas memanfaatkan resource server tersendiri secara maksimal. 

Hasilnya, server akan lebih stabil, page load situs lebih cepat, latensi lebih rendah, dan performa secara keseluruhan lebih baik bagi pengunjung.

3. Keamanan Lebih Terjamin

Tidak hanya mendapat performa lebih maksimal, dedicated server juga lebih menjamin keamanan pada situs. Pasalnya, server kamu tidak terbagi dengan pengguna lain sama sekali.

4. IP Address Unik

Sebagai bagian dari keamanan lebih ekstra, kamu akan mendapat IP address unik dari dedicated hosting. IP address unik ini lengkap dengan proteksi penuh dari segala serangan hacking, virus, dan malware, Sob.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Shared Hosting? Cara Kerja & Kelebihannya

Sebuah IP address yang unik menjadi penting bagi sebuah situs e-commerce. Situs jenis itu membutuhkan sertifikat SSL untuk setiap transaksi agar menjamin data pengguna tidak menjadi objek pencurian.

Lebih menguntungkannya lagi, IP address situs kamu tergolong statis. Artinya, kamu tidak perlu memperbaharui catatan IP address dan DNS saat masa sewa berakhir. Terlebih, kamu sepenuhnya mengontrol reputasi IP address statis tersebut.

5. Kustomisasi Melimpah

Jika berbicara tentang kelebihan dan kekurangan dedicated hosting, kustomisasi tidak luput dari pembahasan kelebihannya. Kamu bisa mengkustomisasi server sebebas mungkin sesuai kebutuhan untuk websitemu.

Kustomisasi menjadi penting untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis yang berubah seiring waktu. Kamu bisa menginstal aplikasi atau plugin sesuai kebutuhan. Ditambah lagi, kamu bisa mengoptimalkan kinerja server sesuai keinginan.

6. Mendukung Traffic Tinggi

Kamu sudah tahu bahwa dedicated hosting server menjadi penting bagi situs dengan bisnis besar. Bisnis besar tentu membutuhkan server yang akan mendapat traffic tinggi. Inilah mengapa dedicated server hosting menjadi pilihan sempurna, Sob.

Berkat dedicated server, kamu akan menggunakan server yang sepenuhnya hanya tersedia untuk situs kamu. Alhasil, lonjakan volume traffic bisa teratasi dengan baik ketimbang hanya menggunakan shared hosting atau VPS hosting.

Kekurangan Dedicated Hosting

1. Membutuhkan Biaya Lebih Tinggi

Setelah mengetahui deretan keuntungan dedicated hosting, kini saatnya untuk membahas setiap kekurangannya. Kekurangan dari dedicated hosting pertama dan paling umum adalah kebutuhan biaya lebih tinggi daripada pilihan hosting lain

Jadi, mengapa dedicated hosting membutuhkan biaya lebih tinggi? Terdapat berbagai faktor yang memicu naiknya biaya yakni lebih banyak resource, kebutuhan maintenance, lisensi software, dan juga penyewaan tim teknis profesional.

2. Tidak Cocok Bagi Bisnis Kecil

Karena dedicated hosting membutuhkan biaya yang sangat tinggi, sudah pasti pilihan hosting ini tidak cocok untuk bisnis kecil. Oleh karena itu, situs yang biasa memiliki traffic kecil justru tidak direkomendasikan untuk menggunakan jenis hosting ini.

Cek Konten Lainnya:
Ini Biaya Cloud Server Indonesia & Rekomendasinya

Kelebihan Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting

kelebihan dedicated hosting

Jika dedicated hosting cocok buat kamu, Jagoan Hosting bisa menjamin sebagai provider pilihan terbaik. Kami memiliki berbagai keuntungan yang bisa memastikan bisnis kamu tetap lancar.

Jagoan Hosting sudah menyiapkan server berspesifikasi jauh lebih baik. Hasilnya, performa website kamu akan meningkat secara signifikan. Itu karena kami mengandalkan teknologi premium demi memaksimalkan performa.

dedicated hosting

Inilah mengapa kami menjadi web hosting terbaik dengan pelayanan berstandar internasional. Jagoan Hosting sangat mementingkan kepuasan pelanggan, mulai dari melindungi data setiap pelanggan hingga terus berinovasi demi pelayanan berkualitas.

Demikianlah pembahasan kelebihan dan kekurangan dedicated hosting. Jangan lupa kunjungi laman kami sekarang juga untuk Dedicated Hosting terbaik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
hosting ddos
Read More
Hosting dan VPS dengan Dukungan Anti DDoS
DDoS merupakan sebuah serangan yang dilakukan oleh suatu pihak melalui pemenuhan situs menggunakan trafik palsu dan membuat situs…
dedicated hosting singapore
Read More
Dedicated Server Hosting Singapore – Performa Tinggi
Pemilihan hosting yang tepat adalah langkah awal untuk memastikan kinerja dan keandalan yang optimal dari website. Jika kamu…