9+ Cara Membuat Tampilan Blog Keren & Menarik

cara membuat tampilan blog keren dan menarik

Setiap blogger mungkin sudah tahu tentang blog, tetapi tidak tahu cara membuat tampilan blog keren. Dengan memperindah tampilan blog, maka dapat meningkatkan peluang bertambahnya traffic.

Menurut Ahrefs, template atau tema blog merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Sebab, menjadi salah satu faktor pendukung yang mampu meningkatkan SEO blog/website.

Saat pengunjung membuka blog dan melihat tampilannya yang sangat bagus, maka ada kemungkinan ia terus menjelajahi halaman lainnya. Publisher Google Adsense diuntungkan, karena semakin besar view maka bertambah pula penghasilannya.

Cara Bikin Tampilan Blog Lebih Keren

membuat tampilan blog lebih keren dan menarik

Sebelum belajar tentang SEO dan SEM yang rumit, kamu harus bisa mengaplikasikan cara membuat tampilan blog menjadi lebih menarik.

Hal sama berlaku untuk platform atau CMS apapun. Baik itu Blogger, WordPress, Tumblr, ataupun yang lainnya. Berikut ini cara mempercantik tampilan blog WordPress maupun CMS lain yang dapat kamu lakukan:

1. Tentukan Tujuan

Pertama, kamu harus menetapkan tujuan terlebih dahulu. Blog atau website seperti apa yang ingin kamu buat? Apakah hanya sekedar blog biasa yang menampilkan artikel, portofolio, toko online, atau yang lainnya?

Beda jenis blog, maka kamu harus menampilkan hal berbeda. Jangan samakan desain antara web profil dengan toko online, sebab fitur-fitur yang ada sudah pasti berbeda.

Biasanya website profil atau portofolio jauh lebih simple daripada toko online yang membutuhkan banyak sekali fitur. Mulai dari keranjang belanja, tampilan produk, CTA, dan lain sebagainya.

Setelah kamu tahu ingin membuat blog atau web seperti apa, barulah ikuti panduan selanjutnya.

Cek Konten Lainnya:
Bahasa Pemrograman: Memahami Perulangan dalam Bahasa Python

2. Menggunakan Domain

Memang tidak ada keharusan menggunakan domain, misalnya kamu hanya ingin membuat blog dengan blogspot.com atau wordpress.com saja. Akan tetapi, dengan domain membuat blog atau website kamu menjadi lebih keren dan profesional.

Kamu bisa mendapatkan banyak kerjasama berupa sponsor post dari berbagai brand jika blogmu sudah berdomain. Peluang mendapatkan banyak cuan pastinya akan terbuka lebar jika blog mempunyai domain.

domain

Berhati-hatilah dalam membeli domain, pastikan hanya membeli di tempat resmi dan terpercaya. Pilih domain untuk membuat blog lebih keren dan menarik hanya di Beli Domain dari Jagoan Hosting.

Ada berbagai domain yang bisa kamu pilih seperti domain .id, .com, .net, dan lainnya. Dengan memilih domain yang tepat, tentu membuat website yang kamu miliki lebih profesional. 

3. Struktur Blog

Salah satu hal yang sangat penting dan harus kamu pahami adalah mengetahui struktur dasar sebuah blog atau website. Ibarat kata, kalau kamu mau membangun rumah, kamu harus desain dasarnya terlebih dahulu.

Secara garis besar, struktur blog terdiri atas header, sidebar, konten utama, dan footer. Semua struktur tersebut harus ada di dalam blog yang kamu buat.

Pada bagian header, isi dengan nama blog atau judul yang dilengkapi dengan deskripsi singkat. Selain itu,menu navigasi dan tombol pencarian juga bisa kamu letakkan pada bagian header.

Untuk bagian sidebar, kamu dapat mengisinya dengan artikel populer, arsip artikel, profil media sosial, hingga tombol subscribe. Sedangkan, bagian footer biasanya berisi kontak, disclaimer, privacy policy, hingga tombol share sosial media.

Konten utama sudah pasti berisi artikel-artikel yang kamu tulis. Sementara itu, apabila websitenya berupa toko online, maka bagian ini dapat menampilkan produk-produk yang akan dijual.

4. Menampilkan Deskripsi Singkat

Cara membuat tampilan blog keren selanjutnya adalah menampilkan deskripsi singkat tentang blog kamu. Mengapa deskripsi harus ditampilkan?

Karena dengan menampilkan deskripsi, pengunjung jadi tahu gambaran secara singkat tentang blog kamu. Termasuk artikel-artikel apa saja yang ada di dalamnya.

Cek Konten Lainnya:
Developer Produk Wajib Cari Tahu! Apa itu Paper Prototyping

Deskripsi bisa kamu taruh di posisi strategis yang mudah dilihat oleh pembaca. Selain itu, kalimatnya juga harus menarik supaya pembaca tertarik untuk mengklik tombol baca selengkapnya.

5. Navigasi Mudah dan Sederhana

Cara membuat tampilan blog keren dan menarik adalah membuat navigasi yang mudah dan sederhana. Jangan membuat pengunjung pusing dengan navigasi blog yang acak-acakan dan berantakan.

Kamu harus bisa membuat navigasi yang membuat pengunjung mengerti cara membaca artikel lain atau menu lain yang harus diklik. Salah satunya adalah navigasi menu yang berisi kategori artikel.

Dengan adanya navigasi tersebut, membuat pengunjung lebih mudah dalam mencari artikel-artikel dengan kategori tertentu dalam blog. Tidak harus mencari secara manual satu per satu yang pastinya sangat menyulitkan.

6. Pertimbangkan untuk Tidak Menggunakan Slider

Slider memang bisa membuat tampilan blog WordPress lebih menarik, tetapi hal seperti ini hanya berlaku untuk sebagian kecil pengunjung saja. Berdasarkan hasil riset, hanya 1% orang yang tertarik dengan slider.

Justru tampilan blog yang simpel dengan penggunaan warna sesuai lebih disukai. Adanya slider tidak akan membuat pengunjung tertarik mengkliknya.

Kalau kamu memang mau menampilkan slider, pengaplikasiannya bisa pada blog yang berisi galeri gambar. Bukan blog yang berisi artikel-artikel karena kurang menarik.

7. Jangan Terlalu Ramai

Sebagian blogger suka dengan desain blog yang mendapatkan tambahan ornamen-ornamen tertentu. Misalnya, jam, kalender, lampu kerlap kerlip, dan lainnya yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Ornamen-ornamen itu secara sekilas memang terlihat sangat menarik, tapi percayalah bahwa pembaca/pengunjung akan acuh dengan hal tersebut. Terlebih lagi jika sampai menutupi artikel.

Sudah pasti pengunjung akan kabur dari blog. Bukannya bertambah banyak, blog kamu akan semakin sepi pengunjung.

Buat desain yang simpel, tetapi tetap terlihat elegan dan menarik. Pastikan juga tersedia white space atau ruang kosong pada desain blog supaya tidak nampak terlalu ramai.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Kotlin: Ragam Fitur, Kelebihan serta Manfaatnya

8. Menambahkan Gambar

Cara membuat tampilan blog keren berikutnya adalah dengan menambahkan gambar. Tujuannya tentu saja supaya blog atau website kamu tidak kaku karena hanya berisi tulisan-tulisan saja.

Namun, terlalu banyak gambar pun kurang bagus. Jadi, pastikan tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga.

Untuk artikel 500 kata, kamu cukup menambahkan 1 gambar saja. Sedangkan, untuk artikel di atas 1000 kata, kamu bisa menambahkan lebih dari dua gambar. 

Sebelum memberi gambar pastikan sudah kamu perkecil terlebih dahulu ukurannya supaya tidak memperlambat loading blog.

9. Menampilkan Profil Penulis

Selain menampilkan deskripsi singkat tentang isi blog, profil penulis atau admin tidak ada salahnya untuk kamu tampilkan. Justru hal ini bagus untuk meningkatkan personal branding kamu sebagai seorang blogger.

Nantinya semakin banyak orang yang membaca karya tulis yang sudah kamu buat. Jika memang tulisanmu bagus, bukan tidak mungkin mereka akan membacanya berkali-kali.

10. Penentuan Font dan Warna yang Tepat

Aspek yang tidak boleh kamu abaikan dalam mempercantik tampilan blog adalah pemilihan font website dan warna. Meski kelihatannya sepele, kesalahan sedikit saja bisa membuat blogmu menjadi kurang bagus.

Untuk font, cukup memakai tiga jenis saja jangan lebih dari itu. Begitu juga dengan warna, cukup gunakan kombinasi maksimal 3 warna saja supaya tidak terlalu ramai. Khusus untuk warna, kamu harus menyesuaikannya dengan jenis atau tema blog. 

Bagaimana sangat mudah kan, sob? Seperti itulah cara membuat tampilan blog keren agar pembaca tidak mudah kabur saat membaca artikel yang sudah kamu tulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
template website gratis
Read More
50+ Template Website Gratis dan Responsive
Bayangkan kamu di posisi audiens yang ingin mencari suatu informasi lewat website dan ternyata visualnya asal-asalan. Kira-kira apakah…
tahapan membuat website
Read More
6 Tahapan Membuat Website Lengkap untuk Pemula, Tanpa Ribet!
Saat ini, penggunaan website semakin dibutuhkan banyak orang. Jika kamu termasuk yang memerlukannya, memahami tahapan membuat website menjadi…