Ini 9+ Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

membuat blog seperti website profesional

Bagi mereka yang belum bisa membuat website sendiri karena harus membeli hosting dan domain, maka hal yang sering dilakukan adalah membuat blog. Jangan salah ternyata ada juga lho cara membuat blog seperti website.

Membuat tampilan blog agar bisa seperti website adalah hal yang penting agar blog tersebut jadi lebih menarik dan mendatangkan banyak pembaca, Sob. Pasalnya, kebanyakan blog hanya memiliki tampilan yang biasa dan membosankan.

Karena itu, kamu tidak perlu bingung jika saat ini masih menggunakan blog untuk membuat postingan di internet. Berikut akan kita bahas bagaimana cara membuat blog seperti website profesional.

Kenapa Harus Membuat Tampilan Blog seperti Website?

Seperti sudah kita singgung sebelumnya, tampilan blog masih cukup terbatas dan cenderung membosankan jika dibandingkan dengan website. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa kita optimasi untuk membuatnya jadi terlihat profesional, Sob.

Membuat tampilan blog jadi lebih profesional akan membuatnya mudah diterima oleh pembaca sehingga mereka akan betah dengan informasi yang kita sajikan. Hal ini tentu sangat kita butuhkan jika ingin menyampaikan konten promosi.

Sebagai contoh, kamu menawarkan jasa desain logo dan ingin mempresentasikannya kepada banyak orang menggunakan blog. Tentu tampilan blog tersebut tidak boleh biasa-biasa saja bukan? Itulah kenapa kita harus melakukan modifikasi, Sob.

Dengan adanya modifikasi tampilan blog, maka pembaca akan lebih percaya untuk menjadikan blog atau situs kita sebagai rujukan. Jika sudah begitu, traffic akan terus tumbuh dan blog bisa jadi lebih profesional lagi tentunya.

Cek Konten Lainnya:
Daftar Kode Warna HTML CSS Lengkap (Full Colour)

Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional

Dengan tingkat kustomisasi yang terbatas, blog memang tidak seperti website yang tampilannya bisa lebih variatif. Meski begitu, kita tetap bisa menjadikan tampilan blog menarik dengan beberapa cara berikut ini:

1. Buat Domain dan Hosting yang Tepat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjadikan blog jadi lebih profesional adalah dengan membuat domain dan memilih hosting yang tepat. Percaya atau tidak, memilih nama yang tepat adalah pondasi utama dalam membangun situs online.

Dengan domain yang relevan, maka orang lain bisa dengan mudah menemukan blog kita dan mengaksesnya. Tak perlu bingung sob, untuk solusi hosting untuk blog dan domain murah berkualitas, kamu bisa menggunakan layanan dari Jagoan Hosting.

2. Buat Logo untuk Blog

Cara membuat blog seperti website profesional berikutnya adalah dengan menambahkan logo pengenal di blog tersebut. Pastikan logo bersangkutan sangat mewakili karakter blog kamu sehingga mudah dikenali oleh orang lain.

Dengan adanya nama yang jelas dan memiliki logo, maka orang lain akan lebih mudah mengenal dan mengingat blog yang sudah kamu buat. Pembuatan logo juga sudah semakin mudah dengan banyaknya pilihan tools gratis, salah satunya Canva.

3. Pilih Tema yang Menarik

Salah satu cara mengubah tampilan blog seperti website profesional adalah dengan memilih tema website yang menarik. Ada banyak sekali pilihan tema dalam berbagai gaya yang bisa kamu terapkan sehingga tampilan blog jadi tidak akan membosankan.

Umumnya, tema-tema tersebut bisa kamu gunakan secara gratis. Jadi, kamu bisa bebas memilih dan menggantinya kapan saja kamu mau. Selain dari segi warna, tampilan juga akan mempengaruhi desain layout, jenis font, hingga ukuran font.

4. Jadikan Blog Lebih Responsif

Maksud dari blog yang responsif adalah tampilan dari blog tersebut bisa menyesuaikan dengan perangkat untuk mengaksesnya. Pastikan tampilan blog bisa melebar dan membesar menyesuaikan ukuran layar saat diakses menggunakan PC atau laptop.

Cek Konten Lainnya:
Gak Cuma Coding, Ini Tugas Programmer Game Online

Begitu juga saat kita mengaksesnya menggunakan ponsel, pastikan ukuran layarnya juga bisa menyesuaikan ponsel tersebut. Dengan begitu, pembaca bisa membaca isi blog dengan nyaman tanpa harus mengubah orientasi layarnya.

5. Tambahkan Halaman Tentang

Dalam sebuah website, biasanya kita bisa dengan mudah menemukan halaman “Tentang” yang berisi profil lengkap terkait website, pemilik website, atau perusahaan yang mewakili website tersebut.

Hal ini sangat penting untuk mengenalkan diri kepada pembaca atau pengunjung blog sehingga bisa terjalin kedekatan. Sebenarnya, halaman ini tidak perlu panjang-panjang, Sob. Cukup perkenalan singkat saja agar orang lain bisa mengenalinya.

6. Tambahkan Bagian Khusus untuk Menampung Respon Pengunjung

Agar lebih dekat dengan pembaca, kamu perlu menambahkan seksi khusus di halaman blog untuk menampung respon dari para pembaca. Dengan begitu ada komunikasi dua arah yang bisa saling menanggapi.

Dengan adanya respon dua arah, tentu perkembangan blog ke depannya bisa semakin relevan dengan apa yang diinginkan oleh pembaca. Percayalah, blog akan tetap hidup selama ada pembaca setia yang selalu mengunjunginya.

7. Jangan Sering Mengganti Desain

Satu lagi cara membuat blog seperti website adalah dengan tetap konsisten mempertahankan satu desain yang sama dalam jangka waktu lama. Dengan desain yang konsisten, orang akan jauh lebih mudah mengenal blog kita.

Jika kamu semakin sering menggonta-ganti desain, mengubah posisi tulisan, mengubah posisi kolom komentar, dan berbagai perubahan lainnya, maka pembaca setia harus menyesuaikan lagi proses pengenalan halaman situs kamu.

8. Mengoptimalkan Kecepatan Blog

Kecepatan loading sebuah blog memiliki dampak besar pada pengalaman pengguna yang datang dan juga peringkat SEO. Hal ini bisa kamu terapkan dengan berbagai macam cara seperti mengkompres gambar, mengurangi animasi, dan sebagainya, cek artikel cara mempercepat loading website untuk lengkapnya.

Cek Konten Lainnya:
Sprint Planning? Apa Sih yang Harus Kamu Persiapkan, Ini Dia Jawabannya

Semakin cepat waktu loading suatu website, maka pengunjung akan lebih mudah berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain. Hal inilah yang kerap menjadi bahan pertimbangan pengunjung dalam menyukai sebuah website.

Strategi backlink yang efektif merupakan salah satu faktor kunci dalam algoritma pencarian Google. Usahakan untuk membangun backlink dari situs-situs otoritatif dan terkait dengan niche blog kamu sehingga hasilnya di pencarian akan bagus.

Membangun backlink adalah salah satu cara membuat blog seperti website yang masih terus digunakan sampai saat ini. Alhasil, banyak blog yang memiliki kinerja cukup baik, bahkan bisa bersaing dengan website-website yang lebih advance.

10. Perhatikan Isi Konten

Terakhir, pastikan kamu memperhatikan isi konten blog agar sesuai dengan keinginan pembaca. Kamu bisa membahas niche apa saja di dalam blog, tetapi harus disampaikan sesuai dengan target pembacanya, Sob.

Jika konten yang kamu tampilkan cocok dengan target pembaca, sementara cara menyampaikannya juga menarik, tentu pengunjung blog kamu akan setia untuk mendatanginya lagi dan lagi. Dengan begitu, setiap konten akan lebih mudah diterima.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadikan blog lebih profesional layaknya website sob. Dengan tampilan blog yang lebih profesional, pengunjung akan lebih percaya untuk menjadikan blog kamu sebagai rujukan.

buat website pakai jagoan hosting

Seperti pembahasan di awal, cara membuat blog seperti website profesional adalah dengan memilih domain dan hosting yang tepat. Pastikan kamu hanya menggunakan layanan dari Jagoan Hosting untuk semua kebutuhan website kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
7 Penyebab Server Sekolah Mudah Dihack
Server dihack tidak heran sangat membuat frustasi banyak orang. Jika server anda dihack, kemungkinan besar website pun akan…
Read More
Cara Membuat Website Edukasi dengan WordPress LMS
Baik pelajar, professional, atau ilmuwan sekalipun, kebutuhan akan ilmu tidak akan berhenti. Saking pentingnya, bahkan semuanya mencari akses…