Cari Hosting untuk Blog? Ini Tips Memilih dan Rekomendasinya

hosting blog

Layanan hosting adalah bagian yang sangat penting untuk mengelola sebuah website. Hosting tidak terbatas sebagai situs web akan tetapi juga bisa untuk blog. Terdapat hosting blog yang gratis maupun berbayar. 

Memilih hosting sering menjadi persoalan bagi para pengelola dan pengembang web. Pasalnya, di era saat ini ada banyak pilihan hosting seperti WordPress, Cloud, hingga VPS Hosting. 

Setiap layanan yang ditawarkan memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari web yang sedang dikelola.

Tips Memilih Hosting untuk Blog

Jangan sampai salah pilih hosting sob, alangkah baiknya sebelum memilih layanan hosting ketahui tips memilih hosting blog berikut:

1. Tentukan Lokasi Server

Tips pertama untuk memilih layanan hosting blog yakni tentukan lokasi server. Lokasi server hosting sangat berpengaruh terhadap blog pribadi. Oleh karena itu, pilih lokasi server sesuai dengan target.

Ada banyak lokasi yang tersedia seperti, Australia, Hongkong, Singapura, hingga Amerika. Kamu bisa menyesuaikan lokasi dengan bahasa yang digunakan serta target pembaca blog nantinya. 

Misalnya, jika konten yang kamu posting berbahasa Indonesia maka lokasi yang rekomendasi untuk kamu gunakan adalah server di Indonesia. Dengan demikian, kamu dapat memilih layanan hosting terdekat dari lokasi server.

2. Pahami Kapasitas Resource

Tips berikutnya dalam memilih layanan hosting terbaik untuk penggunaan blog adalah mengetahui dan memahami resource dibutuhkan. Setiap blog atau web memiliki kebutuhan resource atau sumber daya yang berbeda. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pengguna maupun pengelola blog memahami terlebih dahulu sebelum memilih paket hosting. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap tujuan blog yang pengguna kelola.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Shared Hosting? Cara Kerja & Kelebihannya

Umumnya untuk blog pribadi, kamu bisa memilih paket yang memiliki kapasitas sumber daya standar, Sob. Namun, apabila blog memiliki traffic dan interaksi yang cukup tinggi, kamu perlu menambah kapasitas resource yang lebih tinggi.

3. Pelayanan Non Stop

support hosting

Mencari web hosting untuk blog sebenarnya susah gampang. Kamu harus mempelajari dan melihat apa saja kelebihan yang diberikan oleh jasa layanan hosting. 

Salah satu yang menjadi nilai tambah adalah pelayanan 24 jam. Memilih penyedia layanan hosting yang selalu siap melayani non-stop seperti di Jagoan Hosting menjadi keuntungan bagi kamu. Sebab terkadang web hosting mengalami gangguan atau server down. 

Namun, dengan pelayanan yang bisa kapan saja. Setiap masalah yang terjadi pada hosting blog akan segera terselesaikan. Sehingga, para pembaca dan pengunjung blog bisa menikmati kembali konten kamu.

4. Pelajari Fitur yang Ditawarkan

Banyaknya jasa penyedia layanan web hosting, membuat persaingan juga semakin ketat. Para penyedia layanan web hosting blog berlomba memberikan pelayanan serta fitur terbaik mereka. 

Sebagai pengguna atau pelanggan, kamu perlu mempelajari dan memilih penyedia layanan hosting dengan fitur terbaik. Provider hosting akan menjelaskan pada halaman website maupun media promosi tentang fitur yang mereka sediakan.

Dengan adanya persaingan antar provider hosting melahirkan banyak inovasi fitur yang bisa pelanggan gunakan. Sehingga lebih memudahkan dalam mengelola website atau blog pribadi. 

5. Uptime Server 

Tips memilih hosting untuk blog lainnya saat akan mencari web hosting adalah uptime server. Uptime server ini berkaitan dengan kualitas suatu server. Layanan server yang terbaik akan menggunakan hardware dengan uptime yang bagus. 

Semakin bagus uptime akan membuat blog kamu semakin baik dan jarang mengalami server down. Uptime yang tinggi membuat kemungkinan server mati lebih sedikit. 

Maka dari itu, uptime menjadi sangat penting agar kualitas server tetap terjaga, sehingga pengunjung bisa mengunjungi blog tanpa ada gangguan. Secara signifikan hal ini akan meningkatkan traffic dan interaksi pada blog kamu.

Cek Konten Lainnya:
8 Langkah Sukses Migrasi Hosting Tanpa Takut Kehilangan Traffic

6. Mendukung Script

Saat akan menggunakan web hosting, perhatikan bahasa pemrograman yang digunakan. Pastikan hosting sesuai dengan bahasa pemrograman yang kamu gunakan untuk blog.

Sebenarnya, untuk hosting kebutuhan blog pribadi berbasis CMS WordPress. Penyedia umumnya telah mendukung script atau penyesuaian dengan bahasa pemrograman.  

Hal ini karena hosting untuk kebutuhan blog biasanya lebih sederhana dan mudah untuk pengelolaan. Oleh karena itu, WordPress sudah sangat cukup apabila kamu ingin membuat blog pribadi.

7. Memiliki Kredibilitas

pilih jagoan hosting

Tips yang tidak kalah penting saat akan memilih penyedia layanan web hosting yakni pastikan provider web hosting memiliki kredibilitas. Cukup mudah untuk melihat kredibilitas dari sebuah provider. 

Salah satunya adalah dengan melihat popularitas dari provider tersebut. Selain itu, usia perusahaan sejak pertama berdiri juga bisa menjadi pertimbangan kredibilitas suatu provider web hosting. 

Pasalnya semakin lama mereka berdiri, artinya sudah banyak pelanggan yang mereka tangani, seperti Jagoan Hosting yang sudah melayani lebih dari 160rb pelanggan sejak 2007. Jangan sampai tertipu dengan provider palsu yang tidak jelas asal usul dan kredibilitasnya.

8. Sesuaikan Budget 

Tips yang selanjutnya saat kamu mencari web hosting adalah pilih web hosting sesuai dengan budget. Ada banyak provider web hosting yang menyediakan paket hosting murah berkualitas. 

Tentunya paket hosting murah tidak akan menguras kantong kamu. Meski harganya murah, paket yang tersedia tetap memilih fitur terbaik. Menyesuaikan web hosting berkaitan dengan traffic dan interaksi pada blog.

Mungkin di awal kamu bisa memilih paket hosting yang murah terlebih dahulu. Kamu juga perlu mempelajari cara membuat blog dengan hosting sendiri. Setelah itu, kamu bisa mulai menggunakan hosting berbayar. 

9. Cek Review 

pilih jagoan hosting

Sebelum memilih paket web hosting. Cek terlebih dahulu review dari para pelanggan terhadap paket serta provider web hosting yang akan kamu pilih. Pastikan review baik lebih banyak dari review yang kurang bagus. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Bare Metal Server? Ini Kelebihan dan Rekomendasinya

Apabila kamu seorang blogger, kamu juga bisa menanyakan terlebih dahulu kepada teman yang juga mengelola blog. Jangan asal pilih tanpa mengetahui seluk-beluk dari provider web hosting.

Selain itu, kamu juga bisa melihat layanan hosting yang banyak digunakan oleh para blogger. Misalnya, kamu bisa cari rekomendasi hosting blog terbaik. Lalu, sesuaikan layanan hosting dengan kriteria yang diinginkan. 

10. Pembayaran yang Fleksibel 

Tentunya saat transaksi kamu tidak ingin repot dan ingin kemudahan dalam pembayaran. Pada beberapa kasus, umumnya metode pembayaran dari provider web hosting cukup rumit meski paket dan layanan yang tersedia berkualitas.

Umumnya hal ini terjadi apabila kamu memilih penyedia layanan hosting yang berasal dari luar negeri. Perbedaan mata uang dan aturan transaksi membuat metode pembayaran harus memenuhi syarat tertentu. 

Oleh karena itu, untuk kemudahan pembayaran. Kamu bisa memilih layanan hosting yang sesuai dengan lokasi. Jika lokasi kamu ada di Indonesia, maka pilih penyedia layanan web hosting yang ada di Indonesia seperti layanan dari Jagoan Hosting.

Saatnya Onlinekan Blogmu di Jagoan Hosting

Salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yang sudah terpercaya selama bertahun-tahun. Jagoan hosting telah memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna web hosting utamanya para blogger.

paket hosting murah

Kamu bisa dapatkan hosting yang cocok untuk membangun blog di paket Web Hosting Murah Terbaik dengan fitur terbaik. Tidak perlu bingung lagi, untuk memilih hosting blog berkualitas kamu bisa coba tips di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
shared hosting vs vps
Read More
Perbedaan Shared Hosting vs VPS, Pilih yang Mana?
Untuk yang memerlukan layanan hosting terjangkau, maka jenis shared hosting dan VPS menjadi pilihan ideal. Namun, masih banyak…
manfaat email hosting
Read More
10+ Manfaat Email Hosting untuk Bisnis
Mengapa kira-kira perusahaan yang bisnisnya sudah mulai berkembang sampai rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat email hosting dengan…