Ini 6 Tips Memilih Lokasi Server Hosting yang Tepat

memilih lokasi server hosting

Hosting adalah elemen penting dalam website, termasuk juga lokasi server hostingnya. Memilih lokasi server hosting tentu tidak bisa sembarangan karena pemilihannya berpengaruh terhadap website yang kamu bangun. 

Sebenarnya, kamu bebas kok memilih lokasinya. Tapi nggak semua lokasi server bisa membuat performa dari websitemu jadi maksimal. Maka dari itu, hati-hati dalam memilih lokasi servernya. 

Banyak yang mungkin beranggapan pemilihan lokasinya tidak perlu terlalu dipusingkan. Tapi, apakah kamu mau jika loading websitemu lamban dan persentase uptimenya buruk?

Nggak mau, kan? Oleh karena itu, mari simak pengaruh pemilihan server hosting dan cara memilih lokasi server hosting yang tepat

Pengaruh Pemilihan Lokasi Server Hosting

Dalam dunia website, banyak juga yang menyebutkan lokasi server hosting sebagai data center. Ini merupakan tempat tempat fisik untuk meletakkan server. 

Saat ada suatu website yang sudah di-hosting-kan, maka letaknya adalah di server. Tentu kamu harus tahu apa pentingnya memilih lokasi server yang tepat karena berpengaruh terhadap performa dari website. 

Lebih detailnya, pemilihan lokasi server hosting yang tepat akan berpengaruh terhadap beberapa hal ini: 

1. Loading Website

Pertama, memilih lokasi server hosting yang tepat bisa mempengaruhi loading website milikmu, Sob. 

Semakin dekat jarak server dari tempatmu berada atau tempat mengelola website, maka semakin baik pula performanya. Website bisa lebih cepat dan waktu loadingnya anti-lambat. 

Ibaratin aja kamu lagi mesen paket dari dua tempat berbeda. Lokasimu di Surabaya, kemudian memesan paket dari Yogyakarta dan Jakarta. Mana yang lebih cepet sampai? Yak, pasti yang dari Yogyakarta karena jaraknya lebih dekat ke Surabaya. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Data Center? Ini Tier dan Tips Memilihnya

Nah, perihal pilih lokasi server hosting juga gitu. Kalau websitemu di server Indonesia dan trafficnya datang dari lokasi yang sama, jelas lebih sat-set daripada kamu memilih server yang berada di luar negeri. 

2. Menjadi Penentu Persentase Uptime

Uptime server merupakan waktu ketika server aktif dan performanya sesuai dengan kecepatan dari layanan hosting yang kamu pilih atau prosentase ketersediaan server yang dapat diakses dengan normal dalam jangka waktu tertentu. 

Ternyata, lokasi server juga berpengaruh terhadap persentase uptime ini, loh. Lokasi yang kamu pilih baiknya yang benar-benar secure. 

Saat memilihnya, pastikan lokasi server hostingnya punya infrastruktur memadai dan jauh dari risiko bencana serta jenis gangguan lain. 

Pasalnya, selain punya pengaruh lokasi server terhadap load speed website, lokasi server juga berpengaruh ke persentase uptime dari websitemu. 

3. Ningkatin Ranking di SERP

Lantaran pemilihan lokasi server yang bagus, akhirnya websitemu bisa mencapai kecepatan loading maksimalnya. 

Loading speed website yang bagus, memberi dampak pada peningkatan ranking di SERP. Nggak heran, kalau websitemu makin cepat, traffic yang masuk juga semakin kenceng. Yap, emang seberpengaruh itu kalau kamu memilih lokasi server hosting yang tepat, Sob!

Tips Memilih Lokasi Server Hosting yang Tepat

tips memilih lokasi server hosting

Setelah tahu apa saja pengaruh dari pemilihan lokasi server hosting, sekarang kamu mungkin bakal bingung nih. Gimana sih memilih lokasi server hosting yang tepat? Biar nggak bingung lagi sob, kami beri tipsnya: 

1. Cari Tahu tentang ‘Siapa’ Audiensmu

Jika ingin mendapatkan lokasi server hosting yang bagus untuk websitemu, maka kenali lebih dulu tentang ‘siapa’ audiensmu. 

Maksudnya adalah kamu harus cari tahu tentang prosentase audiens yang datang ke websitemu. Informasi ini bisa diperoleh dengan banyak metode. 

Contohnya saja menggunakan Google Analytics. Di dalamnya, sudah ada laporan yang lengkap mengenai demografi dari audiens yang kamu miliki. 

Pada demografi, terdapat berbagai informasi. Tapi yang paling penting untuk kamu pahami adalah asal negara audiensmu. Jika prosentasenya banyak dari Indonesia, maka pilih aja server yang ada di Indonesia. 

Cek Konten Lainnya:
Prinsip dan Cara Kerja VPS yang Perlu kamu Ketahui

Memilih lokasi server hosting yang tepat, bisa kamu dapatkan lewat Jagoan Hosting. Ada dua lokasi yakni di Indonesia dan Singapura. Dua-duanya, bisa memberikan performa terbaik untuk websitemu. Jangan ragu, Sob!

2. Menyesuaikan dengan Jenis Website

Setelah kamu paham dengan ‘siapa’ audiens-nya, selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah jenis dari website yang dikembangkan. 

Kesesuaian antara jenis website dengan pemilihan lokasi server hosting juga sangat berpengaruh. 

Pasalnya, setiap website punya kebutuhan yang berbeda. Ada sejumlah jenis website yang memang sangat riskan kalau lokasi servernya tidak tepat. 

Misalnya saja website yang punya fitur kompleks, website untuk ujian secara online, pendaftaran pekerjaan, dan jenis-jenis website yang traffic-nya sangat tinggi. 

Pemilihan server yang nggak tepat, bisa bikin websitemu jadi lemot dan bahkan nggak bisa diakses sama sekali. Makanya, hati-hati kalau milih lokasi server hostingnya. 

3. Pertimbangkan Kecepatan Akses dari Hosting

Faktor yang sangat penting untuk kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi server hosting adalah kecepatan akses dari hostingnya itu sendiri. 

Gimana maksudnya? Gini. Pertimbangan ini kaitannya sangat erat dengan jarak tempuh antara server juga audiens yang bisa lebih singkat. 

Secara teknis, nantinya kamu akan mendapatkan IP Address dari server yang sesuai dengan lokasinya. 

Sedangkan di sisi lain,  pengunjungmu juga memperoleh IP Address masing-masing sesuai dengan lokasinya. 

Jadinya kalau IP dari hosting dan IP pengunjung berada dalam lokasi yang sama atau minimal berdekatan, akses ke website yang kamu punya bakal jauh lebih ngebut dibandingkan jika dapat IP Address dari server yang lokasinya jauh. 

4. Lokasi Server Harus Punya Infrastruktur yang Memadai

Tips memilih lokasi server hosting selanjutnya yakni dengan mengetahui apakah infrastruktur yang tersedia di lokasinya memadai atau tidak. 

Ini erat kaitannya dengan keamanan server yang dibangun di sana. Tentu kamu nggak mau, dong, kalau website yang dikelola kena dampak gara-gara lokasi servernya rawan huru-hara, bencana, kriminal, atau juga gangguan listrik?

Cek Konten Lainnya:
Next Level Hosting Indonesia dengan Performa Tinggi
hosting dengan infrastruktur canggih

Kalau nggak mau ini terjadi, ketahui dulu bagaimana lokasi server dan infrastrukturnya. Caranya dengan menanyakan cek penyedia hosting yang punya infrastruktur mewah dengan teknologi premium dan akses penuh resources seperti di produk Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting

Jika mereka menjelaskan dengan lengkap tentang infrastrukturnya dan menjamin servernya aman, langsung aja dipilih!

5. Tanyakan Letak Posisi Internet Exchange

Sebelum memilih hosting, tanyakan lebih dulu mengenai posisi Internet Exchange-nya. Belum tahu Internet Exchange? 

Jadi, Internet Exchange merupakan tempat terhubungnya internet dari Internet Service Provider (ISP) yang ada di Indonesia. Biasanya banyak yang menyebut ini sebagai ISP Indonesia. 

Tugasnya adalah memastikan sambungan internet yang berada di Indonesia nggak perlu berputar ke luar negeri lebih dulu dan baru balik lagi ke Indonesia. 

6. Sesuaikan dengan Budget

Berapa budgetmu? Ini adalah pertanyaan yang wajib kamu pertimbangkan. Percuma, udah milih lokasi server yang bagus tapi nggak affordable buat kantongmu. 

Apalagi kalau memilih lokasi server hosting di Indonesia. Umumnya memang lebih mahal daripada server US dan server Eropa. Ketahui dulu anggaranmu, ya!

Dapatkan Hosting Terbaik dengan Pilihan Lokasi Server Indonesia dan Singapura

Jagoan Hosting hadir untuk memberikan Hosting Terbaik dengan Pilihan Lokasi Server Indonesia dan Singapura. Bayangkan websitemu berjalan lebih cepat dan responsif, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.

hosting dengan pilihan lokasi server indonesia dan singapura

Jadi, apa yang kamu tunggu? Dapatkan hosting terbaik yang akan membawa websitemu ke level berikutnya. Pilihlah lokasi server di Indonesia atau Singapura sesuai kebutuhan di berbagai layanan hosting di Jagoan Hosting:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
port ssh
Read More
Cara Mengganti Port SSH Default di Linux VPS, Mudah!
Jika kamu memiliki server, sebaiknya lakukan penggantian port SSH untuk meningkatkan keamanan Cloud VPS sekaligus menghindari serangan otomatis…
Cloud hosting
Read More
Apa itu Cloud Hosting? Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya
Cloud hosting adalah jenis layanan hosting yang menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban dan memaksimalkan performa website. Jika…