Bagaimana mengarahkan domain ke VPS? Saat kamu beli domain atau sudah mempunyai dan memiliki VPS, Tentunya kamu akan mengarahkan nama domain tersebut menuju VPS kamu.

Namun beberapa orang kesulitan dan belum paham tentang hal ini, Nah artikel ini beriri tentang tutorial bagaimana mengarahkan domain ke IP Publik atau VPS.

Sebelumnya kamu harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu A Record dan fungsinya dalam tutorial ini.

Apa itu A Record? Apa Fungsinya dalam Mengarahkan Domain ke VPS?

A record adalah sebuah pencatatan yang tugasnya untuk mengarahkan dan memetakan nama domain ke alamat IP. Jadi A record berfungsi untuk memetakan sebuah nama host ke alamat IP 32-bit (untuk IPv4).

Dalam A record Huruf A berarti “Address”, Sederhananya A Record ini digunakan untuk menemukan IP Publik atau IP address yang terkoneksi ke Internet melalui namanya saja.

Contohnya :

  1. webmail.potensive.com>101.50.1.41
  2. webdisk.potensive.com>101.50.1.41
  3. testing.potensive.com>103.56.149.75

Berdasarkan contoh diatas, Untuk subdomain webmail.potensive.com dan webdisk.potensive.com diarahkan ke server dengan IP 101.50.1.41. Sedangakan untuk subdomain testing.potensive.com diarahkan ke server dengan IP 103.56.149.75.

Dengan begitu kamu bebas mengarahkan domain dan subdomain kamu ke beberapa server. Kamu bisa memanfaatkan A Record pada DNS management domain kamu.

Dengan bantuan A record itulah kamu dapat mengarahkan domain IP public kamu, Lalu bagaiamana caranya? Berikut tutorialnya :

Notes : Tutorial ini berdasarkan member area Jagoan Hosting, Ada beberapa kemungkinan jika beberapa provider berbeda. Namun secara garis besar semuanya sama.

Cara mengarahkan Domain ke VPS

Pertama, Login ke member area Jagoan Hosting, Dan pillih menu Domain.

Kedua, Pilih nama domain yang akan diarahkan ke VPS Pilih menu icon setting di sebelah kanan layanan domain.

Ketiga, Pilih menu setting DNS di sidebar sebelah kiri member area kamu.

Keempat, Mengarahkan nama domain ke IP Publik VPS

  • Pada bagian HOST, untuk domain utama akan terlihat menggunakan @, Jika subdomain maka kamu bisa menuliskan nama subdomainnya.
  • Pada bagian DESTINATION, menggunkan alamat IP tujuan (c0nt0h: 101.50.1.211)
  • Lalu klik SAVE.

Itulah cara mengarahkan domain menuju VPS atau IP Public dengan menggunakan A record. Intinya Kamu wajib untuk memastikan bahwa beberapa kondisi harus terpenuhi, seperti Web Server sendiri yang telah memiliki IP public, punya server dengan service tertentu, atau Subdomain ingin diarahkan ke hosting lain sebelum bisa mengarahkan domain ke A record atau IP Public.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kode warna css dan html
Read More

Kode Warna CSS dan HTML

Daftar Isi Daftar Kode Warna CSS dan HTMLKombinasi Kode Warna untuk Website Elegant Yet Approachable Artsy and Creative…