Baru beli VPS? Tapi bingung Konfigurasi VPS nya? Atau kamu mau tahu aplikasi apa saja yang perlu di install di VPS kamu, Nah Kamu berada ditempat yang tepat karena artikel ini akan membahas secara lengkap tentang setup VPS dan konfigurasinya beserta aplikasi yang bisa kamu install di VPS kamu

Setup dan Konfigurasi VPS

Sebetulnya instalasi VPS cukup mudah, Terutama jika kamu menggunakan VPS X dari jagoan hosting. Dengan menggunakan VPS Indonesia dari jagoan hosting, kamu tak perlu lagi ribet masalah instalasi VPS, Karena kamu bisa memanfaatkan fitur XCube pada VPS X.

XCube  adalah kumpulan template VPS yang siap dipilih dan diinstall sesuai kebutuhan. Tak perlu install satu-persatu, XCube diciptakan untuk mempercepat proses setup.

Untuk Setup VPS di jagoan hosting, Kamu tinggal memilih konfigurasinya saat membeli VPS X. Kamu tinggal memilih apakah menggunakan VPS Apps, OS + Panel atau OS Only. Jika kamu memilih VPS Apps maka VPS kamu menjadi instan dan siap dipakai, Karena dengan memilih VPS Apps kamu sudah menginstall Web Server beserta CMS untuk website kamu. Kamu bebas menentukan akan memilih XCube yang mana untuk VPS Kamu.

Untuk mempermudah kamu dalam setup dan konfigurasi VPS kamu membutuhkan SSH untuk terhubung ke VPS.

Install SSH dan Setup SSH Key VPS 

Install SSH dan Konfigurasi VPS
SSH Server – Image Source by : Kinsta.com

SSH adalah sebuah protokol jaringan untuk berkomunikasi data yang aman, Command Line Interface, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

Kamu membutuhkan SSH untuk terhubung ke VPS kamu, Kamu bisa langsung menginstall SSH pada VPS kamu. Untuk terhubung ke VPS menggunakan SSH kamu bisa memanfaatkan putty, Terminals, dan aplikasi SSH client lainnya  jika kamu menggunakan Windows. Namun aplikasi SSH CLient yang paling populer yaitu Putty.

Konfigurasi VPS SSH Key Jagoan Hosting
Konfigurasi VPS SSH Key Jagoan Hosting

Jika kamu menggunakan Linux kamu bisa menggunakan OpenSSH atau Putty untuk terhubung ke VPS kamu. Untuk tutorial 

Konfigurasi Web Server VPS

Konfigurasi VPS - Web Server
Konfigurasi VPS – Web Server

Web server adalah sebuah perangkat lunak yang tugasnya menerima permintaan dan memberikan layanan permintaan melalui web browser dalam bentuk halaman situs web.

Web Server sangat penting dalam VPS, Web server menjadi inti buat kamu yang ingin menjadikan VPS sebagai web hosting. Nah buat kamu yang memilih OS only saat membeli VPS baik VPS dari jagoan Hosting maupun dari penyedia VPS lain maka kamu melakukan setup dan konfigurasi web server VPS kamu.

Web server sendiri memiliki beberapa jenis, Nah berikut beberapa web server terbaik yang bisa kamu gunakan untuk VPS kamu.

  1. Apache, Apache adalah salah satu web server yang paling populer, Berdasarkan survei  W3Tech Top Ranks Web Server di bulan januari 2020, Apache menjadi web server yang paling banyak digunakan dengan persentase 41.5%. Apache sangat fleksibel bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi.
  2. Nginx, Nginx atau “Engine X” adalah web server yang sangat populer, Nginx banyak digemari karena cukup stabil dan hemat resource. Karen hal tersebut dan fitur terbaik lainnya itulah yang membuat Nginx memiliki banyak pengguna.
  3. Web Server IIS,IIS adalah singkatan dari Internet Information Service yang merupakan komponen yang bisa digunakan untuk mengelola web, File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, dan NNTP.
  4. Litespeed, Litespeed adalah sebuah web server yang memiliki performa baik, Hal tersebut terbukti banyak penyedia hosting  menggunakan Litespeed sebagai apps web server mereka. Berdasarkan riset, Litespeed memiliki kelebihan berupa kecepatan yang 50% lebih cepat dalam memproses PHP dan 6x lebih cepat dibandingkan Apache.

Itulah beberapa web server yang populer dan  banyak digunakan untuk saat ini, Manakah yang lebih baik? Kamu bisa menentukan sendiri mana yang lebih baik, Namun untuk sekarang Nginx dan Litespeed menjadi web server yang terbaik.

Setup FTP pada VPS Server

Konfigurasi VPS - FTP Server
FTP Server | Image Source by NesabaMedia

FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network, FTP cukup penting untuk diinstal di VPS kamu. Dengan VPS kamu bisa lebih mudah untuk bertukar data dengan VPS.

Dengan FTP kamu bisa lebih mudah untuk upload ke VPS dan download dari VPS, Kamu bisa menggunakan FTP client untuk terhubung ke FTP Server, Berikut beberapa aplikasi FTP client yang bisa kamu gunakan.

  1. Filezilla, FileZilla adalah salah satu software FTP Client gratis yang paling populer untuk Windows, bahkan juga menjadi yang terbaik untuk berbagai platform sistem operasi. Filezilla juga mendukung file transfer secure yaitu SFTP, dan FTPS atau versi HTTPS dari HTTP.
  2. Transmit, Transmit adalah Software FTP Client yang paling populer untuk para pengguna Mac, khususnya bagi kalangan para pengembang web. Namun sayangnya transmit bukanlah software gratis, Kamu setidaknya harus mengeluarkan uang  sebesar $34 untuk satu lisensi.
  3. gFTP, gFTP adalah sebuah software open source FTP client sederhana untuk sistem operasi berbasis Linux. FTP Client ini hampir mirip dengan Filezilla baik dari segi mengupload ataupun mengedit file.

Konfigurasi DNS pada VPS

Setup VPS - DNS Server
DNS Server – Image Source : Medium.com

DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. DNS sangat penting untuk VPS kamu, Agar VPS kamu bisa diakses melalui nama domain, bukan menggunakan IP.

Kamu harus bisa menghubungkan antara VPS dan nama domain yang sudah kamu sewa sebelumnya agar VPS kamu bisa diakses melalui nama domain, Sehingga user tidak perlu menghafal IP.

Untuk mengarahkan domain ke VPS kamu bisa mengikuti tutorial mengarahkan domain ke VPS menggunakan A record. 

Konfigurasi  VPS -Setting DNS Jagoan Hosting
Menu Manage DNS Jagoan Hosting

Jika kamu menyewa domain dari dari jagoan hosting kamu bisa masuk ke member area untuk settingnya. Kamu bisa menuju menu manage domain dan pilih menu setting DNS. Kemudian tambahkan A Record dengan IP VPS kamu. 

Setup SSL pada VPS

Konfigurasi VPS - Setup SSL
SSL | Image Source by Buildthis.io

SSL Certificate adalah sebuah file data yang bekerja secara digital dan membuat website andaotomatis terenkripsi sehingga data anda tidak akan terbaca oleh hacker yang mencoba merentas website anda.

SSL sangat penting untuk dipasang di website, Karena SSL membantu mengamankan data pengguna dan tentunya data milik kamu dari orang yang tidak bertanggung jawab. SSL memiliki versi free dan berbayar. Nah SSL sendiri memiliki beberapa jenis, Berikut Jenis-jenis SSL :

  1. Domain Validation SSL, SSL jenis ini adalah ssl yang paling murah atau yang paling rendah kelasnya. Dan untuk validasinyapun sangat mudah, Cukup dengan mevalidasi menggunakan email saja.
  2. Organization Validation SSL, SSL ini dipakai untuk validasi organisasi, atau digunakan untuk badan usaha yang berada di belakang nama domain yang didaftarkan. Untuk validasinya cukup sulit karena membutuhkan dokumen tentang legalitas badan usaha.
  3. Extended Validation SSL, SSL jenis ini dikategorikan sebagai yang paling premium karena merupakan sebuah standar validasi tertinggi terhadap sebuah organisasi atau perusahaan. Dan persyaratan untuk validasi lebih sulit dibandingkan jenis SSL lainnya.

Itulah beberapa cara konfigurasi VPS dan apa saja aplikasi yang harus di install di VPS baru kamu. Nah kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi lainnya sesuai kebutuhan kamu. Dan beberapa aplikasi diatas merupakan aplikasi yang umum dan banyak dipasangan dalam VPS.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like