VPS Indonesia – VPS atau Hosting? Mungkin kamu masih bingung nih, Sob. Di antara VPS dan Hosting, sebenarnya yang mana sih yang lebih baik. Bahkan, mungkin masih ada yang bingung nih sebenarnya VPS dan Hosting itu hal yang sama atau berbeda. It’s okay, Sob. Kali ini Jagoan Hosting akan mengupas tuntas seputar VPS dan Hosting. Benarkan keduanya adalah yang berbeda atau malah sebenarnya VPS dan Hosting adalah hal yang sama. Artikel Jagoan Hosting kali ini juga akan menjawab pertanyaan banyak orang yang kerap kebingungan, mana yang lebih baik di antara keduanya. Langsung aja kita bahas seputar VPS Indonesia vs Hosting Indonesia.

VPS Indonesia
gambar dari unsplash

Mengapa region Indonesia?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang VPS dan hosting, kita bahas dulu tentang region atau wilayah pilihannya. Kenapa sih memilih region Indonesia? Kenapa kita nggak memilih region lain seperti Singapura atau negara lainnya? Padahal kan lumayan, kita bisa merasakan berselancar di luar negeri tapi dengan versi digitalnya.

Sebenarnya, boleh-boleh aja kok kalau kamu lebih memilih menggunakan region yang berbeda. Namun, tentu saja pemilihan region ini akan memunculkan dampak positif dan negatifnya tersendiri. Untuk keperluan bisnis seperti website perusahaan, brand, toko online atau hal-hal yang serupa lebih disarankan memilih region yang sesuai dengan domisili tempat perusahaan atau brand tersebut dikembangkan. Akan lebih baik kalau toko online yang kamu kelola menggunakan hosting dengan region negara yang sama dengan negara yang kamu tempati.

Kenapa begitu? Agar target sasaran visitor kamu bisa lebih mudah dijangkau. Proses optimasi website dan isi konten website-nya juga jadi lebih mudah. Begitu juga untuk keperluan portofolio. Sobat Jagoan Hosting yang membuat portofolio dengan target sasaran klien di wilayah Indonesia juga sebaiknya memilih hosting atau VPS Indonesia. Jadi kira-kira begitu Sob alasan kenapa sebaiknya memilih region Indonesia.

VPS vs Hosting

Setelah membahas tentang region, sekarang kita memasuki pembahasan tentang VPS vs Hosting. Secara umum, VPS dan Hosting adalah hal yang sama. Fungsinya juga sama yaitu sebagai media penyimpanan data-data website kamu. Baik VPS maupun Hosting diperlukan untuk menyimpan segala data yang kamu unggah ke website. Dengan begitu, data-data ini bisa dilihat oleh para visitor atau pengunjung website kamu, Sob. Nggak cuma itu, dengan menggunakan VPS atau Hosting, data-data yang kamu unggah bisa terjamin keamanannya. Ini adalah kesamaan dari VPS dan Hosting ya, Sob.

Lalu, apa yang membedakan VPS dengan Hosting. Bedanya adalah di kepemilikan dan besaran kapasitasnya. Biasanya, hosting yang ditawarkan adalah shared hosting. Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah hosting yang penggunaannya harus berbagi dengan orang lain. Satu server hosting akan digunakan oleh lebih dari satu orang. Karena hal inilah, biasanya kapasitas penyimpanannya tidak begitu besar.

Berbeda dengan VPS, Sob. VPS itu adalah Virtual Private Server. Dari namanya aja kita udah bisa tau kalau server VPS hanya akan digunakan oleh satu orang atau satu pemilik. Satu server ini bisa kamu atur sesuai kebutuhan kamu. Semuanya bisa kamu selesaikan sendiri. Besaran kapasitasnya juga jauh lebih besar dibandingkan hosting.

Mana yang lebih baik?

VPS vs Hosting. Jadi, mana yang lebih baik?

Jawabannya adalah nggak ada yang lebih baik dan nggak ada yang lebih buruk. Entah VPS, entah Hosting sama-sama baik, Sob. Namun, ada hal yang bisa kamu pertimbangkan ketika akan memilih salah satunya. Pertimbangan ini akan bermanfaat untuk kamu agar pilihan yang kamu ambil bisa benar-benar pas dengan kebutuhan kamu yang sebenarnya.

  1. VPS untuk website besar yang pengunjungnya sangat banyak. Sedangkan, Hosting Indonesia untuk website rintisan.
  2. VPS untuk brand ternama, Hosting Indonesia untuk toko online dan portofolio.
  3. VPS untuk yang perlu kapasitas penyimpanan super besar, Hosting Indonesia untuk website yang hanya memerlukan kapasitas penyimpanan yang tidak begitu besar

Itu dia tiga pertimbangan yang bisa kamu jadikan pedoman saat akan memutuskan akan memilih VPS Indonesia atau Hosting Indonesia. Untuk memudahkan proses pemilihannya, kamu bisa coba cek penawaran layanan VPS dan Hosting dari Jagoan Hosting. Coba lihat masing-masing spesifikasinya dan pilihlah yang paling pas dengan kebutuhan kamu. Jagoan Hosting, penyedia layanan VPS dan Hosting terbaik di Indonesia.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like