Apa itu KVM VPS? Ini Kelebihan & Rekomendasinya

kvm

KVM VPS, atau Virtual Private Server berbasis Kernel-based Virtual Machine, telah menjadi solusi unggul dalam dunia hosting dan virtualisasi. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menikmati kebebasan dan fleksibilitas layaknya memiliki server fisik tanpa harus menghadapi kompleksitas dan biaya yang terkait.

Apa itu KVM VPS?

KVM VPS adalah

KVM atau (Kernel-based Virtual Machine) merupakan teknologi yang cukup populer digunakan untuk kebutuhan virtualisasi VPS. KVM difungsikan untuk membagi server fisik secara virtual. 

Server fisik tadi diubah menjadi beberapa resource dedicated atau VPS. Layanan hosting yang menggunakan teknologi KVM secara otomatis dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus. 

Namun, perlu kamu tahu KVM adalah mesin virtual yang bekerja di kernel server sistem operasi Linux. Pada kernel server Linux, KVM dapat bekerja secara optimal dan memiliki kemampuan upgrade kapasitas (skalabilitas).

Kelebihan KVM 

kelebihan kvm vps

KVM memiliki beberapa kelebihan. Berikut kelebihan yang dapat kamu rasakan saat menggunakan KVM:

1. Memiliki Resource yang Tinggi

Kelebihan VPS KVM yang pertama yakni memiliki resource atau sumber daya yang tinggi. Umumnya, website yang bersifat e-commerce memiliki trafik yang cukup tinggi. Oleh karena itu, website memerlukan resource yang juga tinggi. 

Lonjakan trafik terjadi terutama ketika ada diskon atau promo, maka untuk mengatasi hal tersebut KVM telah memiliki kapasitas yang besar. Mulai dari penyimpanan RAM, processor, dan VPS server yang cukup andal.

Cek Konten Lainnya:
VPS Indonesia: Tips Memilih Server Pribadi Yang Bebas Worry

VPS KVM sangat disarankan untuk website yang membutuhkan sumber daya data yang besar. Dengan demikian website e-commerce yang menyimpan data atau file penggunanya mulai dari foto hingga video aman dengan resource yang tinggi. 

2. Data Center Terdapat di Indonesia

Kelebihan dari KVM yang berikutnya adalah memiliki data center di Indonesia. Data center merupakan pusat data yang memegang peran krusial dalam memastikan kinerja dari VPS. Data center menjaga VPS agar tetap stabil. 

Selain itu, Data Center juga menyimpan seluruh data konfidensial para pengguna, sehingga berpengaruh terhadap keamanan VPS. Dengan adanya Data Center yang berlokasi di Indonesia, maka keamanan data kamu terjamin. 

Terutama bagi website yang memiliki target utama pengunjung Indonesia. Adanya Data Center dapat membantu memaksimalkan kinerja untuk mencapai target audiens yang diinginkan. 

3. Memiliki Layanan dan Fitur yang Lengkap

VPS KVM memiliki layanan dan fitur yang cukup lengkap. KVM menyediakan CPU dan RAM yang sangat berguna untuk membuat kinerja website menjadi stabil. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir server down saat trafik sedang naik. 

Fitur dari KVM yang dapat menambah kinerja website menjadi lebih stabil. KVM juga akan menyediakan RAM dan CPU pada setiap pengguna. Jadi, kamu tidak perlu khawatir server akan terganggu oleh pengguna lain. 

4. Lebih Fleksibel

Kelebihan berikutnya dari KVM yakni lebih fleksibel untuk berbagai jenis operasi. Pasalnya, KVM dapat mendukung sistem Windows maupun Linux. Konfigurasi server yang dari KVM mendukung kedua sistem tersebut. 

Oleh karena itu, KVM sangat fleksibel untuk kamu gunakan. Sebab, pada VPS lainnya hanya dapat digunakan pada satu sistem operasi. Misalnya, VPS Openvz yang hanya bisa digunakan pada sistem Linux saja.

Dengan fleksibilitas yang dimiliki VPS KVM. Memungkinkan para pengguna, menggunakan VPS KVM ini di sistem Windows maupun Linux. Terlebih para website developer di Indonesia sendiri masih banyak menggunakan Windows.

Cek Konten Lainnya:
Proxmox: Fitur, Fungsi dan Kelebihannya

5. Memiliki Performa yang Stabil dan Efisien

Keunggulan VPS KVM lainnya yakni memiliki performa yang lebih stabil. Selain itu, kelebihan dari VPS KVM seperti resource yang tinggi, membuat kinerja dari VPS KVM sangat efisien. 

Lebih memilih VPS KVM vs OpenVZ? Saat ini para pengembang lebih banyak menggunakan KVM karena memiliki uptime server yang mumpuni. Performa yang stabil dan efisien dari VPS KVM ini karena KVM beroperasi di kernel Linux. 

Pasalnya, kernel Linux telah dilengkapi berbagai fitur yang memungkinkan kinerja server lebih stabil. Selain itu, resource yang dimiliki masing-masing pengguna membuat beban dari server lebih ringan. 

6. Mudah saat Memindahkan Server

Saat kamu ingin memindahkan server fisik dari KVM secara geografis, maka caranya cukup mudah. Kamu tidak perlu khawatir performa website yang tengah berjalan akan terganggu. 

Dengan demikian, kamu tetap bisa memindahkan server meski website sedang berjalan. Kemudahan ini ada, karena KVM telah memiliki fitur “Live Migration” yang memungkinkan penggunanya untuk memindah server.

Misalnya, apabila kamu ingin memindahkan hardware maupun membagi load antar komputer host. Kamu bisa melakukannya tanpa mengkhawatirkan akan terjadi downtime. 

7. Menggunakan Remote VNC

Keunggulan selanjutnya dari VPS KVM adalah telah menggunakan Remote VNC. Remote VNC berguna untuk melakukan kontrol dari jarak yang jauh terhadap perangkat yang sedang kamu gunakan.

Remote VNC dapat bekerja selama resource website masih terhubung dengan jaringan Local Area Network atau yang biasa disebut LAN. Dengan kemudahan melakukan kontrol jarak jauh tentunya sangat menguntungkan. 

Terutama bagi kamu yang memiliki jadwal padat, dapat dengan mudah dan fleksibel mengontrol dan memonitoring website. Bahkan, kamu bisa melakukannya dari jarak jauh, kapanpun kamu mau. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu VMware? Fitur, Cara Kerja, dan Kelebihannya

8. Memiliki Tingkat Keamanan yang Terjamin

Kelebihan terakhir yakni KVM memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Bahkan, standar keamanan data yang dimiliki KVM telah mencakup SELinux (Security-enhanced Linux) dan sVirt (Secure Virtualization). 

SELinux akan membantu menjaga keamanan internal server. Sementara sVirt berguna untuk melindungi server dari serangan hacking, ransomware, phising, dan berbagai gangguan lainnya.

Oleh karena itu, keamanan data KVM cukup terjamin dengan standar keamanan yang cukup tinggi. Kamu tidak perlu takut akan kebocoran hingga hacking data pada website.

Dapatkan VPS KVM di Jagoan Hosting

vps kvm

Layanan pertama yang bisa kamu pilih yakni KVM VPS Indonesia, Sob. Terutama bagi kamu yang membutuhkan website yang memiliki kemampuan menampung data dalam jumlah besar. 

Apa itu VPS KVM? Teknologi yang dapat membagi server fisik secara virtual. VPS KVM ini sangat cocok untuk website dengan trafik tinggi. Selain itu, pada teknologi ini, kamu bisa memegang kendali penuh untuk pengelolaan website.

vps

Dengan demikian, KVM VPS banyak digunakan oleh para website developer profesional yang memiliki trafik tinggi. Banyak fitur seperti Full Virtualization, Dedicated Resource, serta Swap Management.

Jagoan Hosting merupakan penyedia layanan VPS dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Ada banyak paket VPS yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan website kamu.Jika kamu mencari layanan VPS dengan teknologi KVM, Jagoan Hosting menyediakan VPS KVM murah dan berkualitas. Dapatkan Cloud VPS berbasis teknologi KVM di Jagoan Hosting sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tools monitoring server
Read More
10+ Tools Monitoring Server Terbaik, Siap Awasi Performa
Tools monitoring server memiliki peran penting dalam mengelola sebuah server. Fungsinya tidak lain untuk mengawasi berbagai aspek seperti…
cara membuat server teamspeak 3
Read More
Cara Membuat Server Teamspeak 3 Sendiri di Windows & CentOs
Teamspeak adalah salah satu media komunikasi voice menggunakan internet protokol untuk menghubungkan pengguna di sebuah jaringan.  Jika kamu…