Jika tertarik untuk mempelajari web programming, XAMPP adalah salah satu software yang patut kamu coba. Walau mungkin gaungnya belum terdengar populer di Indonesia, aplikasi XAMPP sebenarnya akan sangat membantu para developer dalam menghemat anggaran pembuatan website. Mengapa demikian?

XAMPP ternyata mampu menyimpan file website ke dalam localhost sehingga peran web hosting pun dapat tergantikan. Untuk lebih jelasnya, simak langsung pembahasan lengkapnya dalam artikel Jagoan Hosting berikut ini yuk, Sob!

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah aplikasi web server open source atau bebas yang bisa digunakan pada sistem operasi cross-platform misalnya Windows, Linux dan MacOS.

Aplikasi XAMPP adalah software komputer yang penamaannya diambil dari akronim kata X (cross platform) A (Apache), M (MySQL), P (PHP), dan P (Perl) dimana program-program tersebut tersedia di dalamnya.

XAMPP dipakai untuk membuat web server lokal di komputer atau localhost. Aplikasi XAMPP memudahkan dalam mendesain, keperluan testing website dan pengembangannya, yang semua file bisa diakses melalui web browser komputer kita nih, Sob.

XAMPP adalah versi offline dari website pada komputer, hal ini akan berguna melakukan pengujian fitur baru pada website, memodifikasi tema maupun plugin, dan juga mempelajari dasar-dasar website untuk pengembangan.

Sejarah aplikasi XAMPP

Sejarah awal terbentuknya aplikasi XAMPP adalah software yang dikembangkan Apache Friends di tahun 2002. Apache Friends terdiri dari tim inti (core), pengembang (development), dan pendukung (support).

Proyek ini mempunyai tujuan mendukung dan mempromosikan penggunaan dari Apache web server. Dalam pengembangannya sampai saat ini ada beberapa versi XAMPP yang bisa diunduh secara gratis melalui website resmi.

Fungsi XAMPP

XAMPP adalah aplikasi yang bekerja offline layaknya web hosting biasa namun tidak bisa diakses oleh banyak orang. Fungsi XAMPP digunakan untuk pengujian fitur dan menampilkan konten pada website localhost kepada orang lain tanpa harus terkoneksi internet.

Selain itu ada beberapa fungsi XAMPP lainnya yang juga patut kamu ketahui, Sob. Berikut daftarnya.

1. Akses dan modifikasi database PhpMyAdmin

Fungsi XAMPP adalah sebagai aplikasi untuk mengatur halaman database pada PhpMyAdmin melalui akses server lokal komputer tanpa koneksi internet. PhpMyAdmin berfungsi untuk mengedit, menghapus, memperbarui, menambahkan user dan database dengan mudah.

Baca juga: PostgreSQL vs MySQL : Mana yang lebih Baik?

2. Menguji fitur dan mengakses website tanpa internet

Tak hanya itu, fungsi XAMPP adalah sebagai aplikasi untuk menguji kinerja fitur dan juga menampilkan konten yang ada di dalam website localhost tanpa koneksi internet. Kamu hanya perlu mengakses XAMPP control panel.

3. Menjalankan Laravel

Berikutnya fungsi XAMPP adalah sebagai aplikasi yang bisa menjalankan Laravel. Laravel adalah framework milik PHP yang mempunyai fungsi untuk mempermudah programmer mengembangkan tampilan website.

Komponen penting aplikasi XAMPP

Setelah membahas fungsi XAMPP, kita akan membahas komponen pentingnya. Beberapa komponen yang menunjang fungsi XAMPP ialah seperti control panel dan htdocs. Setidaknya ada 5 komponen penting dalam XAMPP. Apa aja Sob?

Htdocs

Htdocs XAMPP adalah sebuah folder bagian dari XAMPP yang berfungsi menyimpan berbagai file dan dokumen yang akan ditampilkan di website. Kapasitas penyimpanan Htdocs bergantung pada penyimpanan di komputer.

Control panel

Control panel XAMPP adalah layanan yang memberikan akses untuk mengatur database, mengunggah file, mengelola fitur dan konfigurasi terkait website.

PhpMyAdmin

PhpMyAdmin XAMPP adalah program untuk mengolah database website yang sedang dikembangkan. Kamu bisa mengakses PhpMyAdmin dengan berkunjung ke situs http://localhost/phpMyAdmin.

Config

Config XAMPP adalah sebuah menu yang digunakan untuk melakukan beberapa konfigurasi mendasar pada aplikasi XAMPP.

Netstat

Netstat XAMPP adalah sebuah menu yang berguna untuk memastikan apakah ada aplikasi lain yang menggunakan port XAMPP pada komputer.

Baca juga: 2 Jenis-Jenis Database, Pengertian, Contoh & Penjelasannya

Fitur XAMPP

Seperti kita tahu pada penjelasan sebelumnya, XAMPP adalah aplikasi untuk mengembangkan web di server lokal. Nah, setiap fitur pada XAMPP akan membantu kamu menjalankan proses perencanaan, pengembangan, dan pengujian aplikasi web. Apa aja sih Sob fitur-fiturnya? Beberapa fitur pada XAMPP adalah sebagai berikut.

PHP

PHP adalah bahasa scripting backend umum dalam membuat web. Pengguna dapat menggunakan PHP untuk membuat situs web dan aplikasi yang kompleks.

MySQL

MYSQL adalah sistem manajemen basis data open source atau bebas dan fitur ini dapat kamu nikmati secara gratis. MYSQL adalah RDBMS yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web guna mengatur konten, menanganinya, mengambilnya, dan me-refresh-nya.

Apache

Server Apache adalah open source software gratis yang berguna saat browser meminta data, gambar, atau catatan, server HTTP menyajikan file tersebut. Teknologi ini banyak digunakan oleh perusahaan hosting untuk membangun VPS dan shared hosting.

Cara instal XAMPP

Cara instal XAMPP terbilang cukup mudah. Berikut ini merupakan beberapa langkah cara instal XAMPP dengan mudah dan cepat. Yuk simak, Sob!

  • Cara instal XAMPP yang pertama, kunjungi situs laman resmi pada link berikut, http://www.apachefriends.org/en/index.html. Siapkan koneksi internet dan unduh.
  • Setelah selesai mengunduh, lakukan ekstrak file dan mulai tahap instalasi sesuai petunjuk.
  • Tentukan file direktori penyimpanan aplikasi XAMPP dengan memperhitungkan kapasitas penyimpanan program pada komputer. Opsi paling baik letakkan pada local disk system agar lebih mudah dalam pengembangan.
  • Terakhir, tunggu proses instalasi hingga selesai dan XAMPP siap diakses secara offline menggunakan bantuan localhost.

Baca juga: Apa Itu Deface Website? Jenis, Cara Mencegah & Mengatasinya

Cara menggunakan aplikasi XAMPP

Setelah tahu cara instal XAMPP, selanjutnya untuk menggunakan aplikasi XAMPP, kamu bisa ikuti cara berikut.

  • Pertama buka dahulu aplikasi XAMPP.
  • Tekan tombol bertuliskan Start untuk menjalankan modul Apache dan MySQL (kebutuhan database).
  • Setelah aplikasi berjalan tanpa ada pesan error, lalu akses localhost dengan menuliskan alamat URL pada web browser.

Kelebihan dan kekurangan XAMPP

XAMPP mempunyai beragam fitur dan cara instal yang mudah. Tetapi seperti software lain, XAMPP juga tidak luput dari kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan XAMPP adalah:

Kelebihan

  • XAMPP adalah Multi Cross-Platform yang bisa bekerja pada Windows, MacOS dan Linux.
  • Cukup dengan satu perintah, bisa memulai dan menghentikan seluruh server web dan tumpukan database.
  • XAMPP tersedia versi lengkap dan standar.
  • Mempunyai beragam fitur seperti PHP, MySQL dan Apache, yang berjalan melalui control panel.
  • Aplikasi XAMPP mencangkup OpenSSL, phpMyAdmin, MediaWiki, Joomla, WordPress, dan banyak lagi modul tambahan.

Kekurangan

Berbicara mengenai kekurangan XAMPP, jika dibandingkan dengan server WAMP, konfigurasi dan pengaturan pada XAMPP lebih sulit.

Itu dia Sob penjelasan seputar aplikasi XAMPP yang berhasil kami rangkum untukmu. Bagaimana, tertarik menggunakan XAMPP untuk mengembangkan aplikasi web? Jika masih ada pertanyaan, silahkan langsung tuliskan di kolom komentar ya, Sob!


Nah bila proses instalasi XAMPP telah berhasil, jangan lupa untuk mengimport datanya ke layanan hosting terbaik dari Jagoan Hosting! Cuma 9 ribu per bulan, lho! Mengapa kamu memerlukannya? Sebab dengan jaminan keamanan dan akses data yang super cepat, website milikmu tentu akan dapat bekerja secara lebih optimal. Yuk cek pilihan paketnya sekarang juga!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like