MySQL adalah salah satu sistem manajemen database yang bersifat open source. Sementara, database sendiri sangat dibutuhkan dalam membuat aplikasi atau website untuk menyimpan berbagai data berupa informasi.

Beberapa data yang perlu disimpan oleh aplikasi atau website diantaranya seperti username, password, informasi dan sebagainya. Karena itu diperlukan adanya sistem manajemen database seperti MySQL. 

Apa itu MySQL?

Nah, dari pengertian MySQL singkat di atas, dapat kita uraikan lagi bahwa MySQL adalah suatu Database Management System (DBMS) dengan perintah dasar Structured Query Language (SQL) yang seringnya dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi dan website. DBMS MySQL cukup populer bahkan kabarnya penggunanya mencapai angka 6 juta di seluruh dunia.

MySQL adalah open source DBMS yang terbagi menjadi dua bentuk lisensi, yakni Free Software dan Shareware. Free Software artinya siapa saja bisa mengakses perangkat lunak tersebut, sementara itu Shareware merupakan perangkat lunak berpemilik yang mempunyai batasan atau limitasi dalam pemakaiannya.

MySQL juga termasuk ke dalam Relational Database Management System (RDBMS) di mana istilah baris, tabel, dan kolom digunakan pada struktur database ini. Metode relational database pada MySQL juga dipakai sebagai penghubung antara software dan server database.

Cara Kerja MySQL

Agar memperoleh gambaran yang lebih jelas seputar MySQL, ada baiknya apabila kamu mengetahui cara kerja MySQL. Jika dilihat dari sisi teknis, cara kerja MySQL memang cukup rumit terlebih bagi pemula.

Namun, jangan khawatir. Di sini kita akan bahas cara kerja MySQL secara sederhana supaya lebih mudah dipahami. Pertama-tama, setiap perangkat harus sudah terhubung ke server melalui jaringan khusus atau network. Selanjutnya dari cara kerja MySQL adalah:

  1. MySQL membuat database untuk memodifikasi sekaligus menyimpan data dan menentukan keterkaitan tabel-tabel di dalamnya.
  2. Perangkat client membuat request (permintaan) dengan perintah spesifik menggunakan bahasa SQL.
  3. Server akan menerima dan menjalankan perintah dan langsung memberikan atau menampilkan informasi yang diminta client pada layarnya.

Baca juga: 12 Jenis-Jenis Database, Pengertian, Contoh & Penjelasannya

Fungsi MySQL

Tadi sudah dijelaskan jika MySQL adalah sistem manajemen database untuk menyimpan data pada website dan aplikasi. Jadi, fungsi utama MySQL adalah mengelola informasi di database pada sisi server menggunakan bahasa pemrograman SQL.

Perlu diketahui, hampir semua pihak hosting menyediakan MySQL untuk pengembangan website. Pengertian MySQL yang memiliki banyak fungsi ini akan membantu kamu untuk pengelolaan basis data pada web. Nah, jika kamu membutuhkan hosting yang tepat untuk websitemu, gunakan saja layanan Unlimited Hosting dari Jagoan Hosting!

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Tapi, apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan MySQL dibandingkan DBMS lainnya? Yuk langsung saja simak kelebihan dan kekurangan MySQL adalah:

Kelebihan MySQL

Jika kamu masih ragu menggunakan MySQL, beberapa keuntungan dari MySQL berikut wajib kamu ketahui. Kelebihan MySQL adalah:

1. Open Source

MySQL adalah sistem manajemen database bersifat open source. Artinya, DBMS ini gratis. Namun, kinerjanya tetap baik. Jika kamu mengalami kebingungan atau masalah selama pemakaian, tak perlu risau. Sebab sudah banyak dokumentasi serta komunitas yang membahas mengenai MySQL untuk membantumu.

2. Terjamin Keamanannya

MySQL adalah sebuah DBMS open source dengan sistem keamanan yang baik. Terdapat lebih dari satu lapisan keamanan pada MySQL sebut saja level nama host hingga subnet mask. Tak hanya itu, enkripsi kata sandi level tinggi juga ditawarkan oleh MySQL untuk membuat datamu terlindungi.

3. RAM yang Dibutuhkan Tidak Terlalu Besar

RAM servermu hanya berkapasitas 1 GB? Tenang saja, kamu tetap bisa menggunakan MySQL lho! MySQL adalah Database Management System yang tidak membutuhkan RAM berukuran besar. Menarik, bukan?

4. Bisa Multi User

Kelebihan MySQL yang tak kalah penting adalah DBMS ini mendukung multi user atau bisa dipakai secara bersamaan oleh beberapa user tanpa khawatir projek yang dikerjakan mengalami crash.

5. Mendukung Bahasa Pemrograman Lain

MySQL juga mendukung bahasa pemrograman selain bahasa pemrograman SQL itu sendiri. Sehingga, proses penembangan website yang membutuhkan berbagai macam bahasa pemrograman pun bisa berjalan lebih efektif dengan sistem manajemen database berikut.

6. Mendukung Berbagai Macam Data

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui tentang kelebihan MySQL adalah DBMS ini mendukung macam-macam data, mulai dari text, date, character, float dan lain-kain. Tentunya hal tersebut sangat membantu pengelolaan database server pada website atau aplikasi yang kamu kembangkan.

7. Struktur Tabel Fleksibel

MySQL mempunyai struktur tabel yang terbilang lebih mudah digunakan dan cukup fleksibel khususnya saat proses ALTER ABLE.

Baca juga: Apa itu IP Address? Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Kekurangan MySQL

Setiap hal pastinya memiliki dua sisi yaitu kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula pada MySQL. Nah, beberapa kekurangan dari MySQL adalah:

1. Kurang Cocok Mengelola Data yang Besar

Sayangnya, MySQL masih belum cocok digunakan untuk mengelola data berukuran besar sebab DBMS ini memang ditujukan bagi perangkat berkapasitas kecil. Sebagai alternatif, kamu dapat memanfaatkan BigQuery atau Big Data.

2. Kurang Cocok untuk Pengembangan Game

MySQL kurang tepat untuk kamu pilih apabila kamu berencana mengembangkan game karena manajemen databasenya kurang cocok untuk mengelola aplikasi serupa. Disarankan kamu memakai metode Cloud pada database supaya lebih real time.

3. Technical Support yang Kurang Memadai

Meski sudah banyak komunitas dan dokumentasi yang tersedia di internet, namun technical support MySQL masih tergolong minim sehingga tak jarang pengguna kesulitan selama pengoperasiannya.

Itu dia Sob penjelasan mengenai apa itu MySQL beserta fungsi dan cara kerjanya. MySQL adalah sistem manajemen database yang penting untuk kamu pelajari apabila ingin mengembangkan aplikasi atau website. Semoga info ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti informasi lebih lengkap mengenai teknologi dan bisnis di Jagoan Hosting.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like