Project Cycle Management – Mengerjakan suatu proyek tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal tersebut memerlukan manajemen proyek yang baik agar semua bisa berjalan dengan lancar dan dengan hasil yang maksimal.

Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang siklus manajemen proyek khususnya bagi pemula yang baru saja terjun ke dalam dunia pembuatan proyek. Dalam siklusnya, akan ada tahapan-tahapan yang wajib dilalui secara urut dan lengkap.  Berikut penjelasannya!

Apa Itu Project Cycle Management?

Sob, sebelum lebih jauh membahas tentang apa saja tahapan-tahapan yang harus dilalui, bukankah lebih baik jika mengetahui lebih dulu apa definisi dari Project Cycle Management?

Ini bertujuan agar mempermudah kamu yang masih awam dalam memahami Project Cycle Management itu sendiri. Meski sebenarnya istilah ini bukanlah hal yang baru, namun faktanya mayoritas masyarakat masih belum memahaminya. 

Project Cycle Management atau siklus manajemen proyek adalah siklus perencanaan detail yang dirancang sebelum mulai melakukan sebuah proyek yang dimaksud. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan dari proyek tersebut dengan melakukan pendekatan yang disebut manajemen proyek.

Penentuan cakupan dan tahapan-tahapan kegiatan proyek serta peranan/tugas penyelenggara proyek menyangkut hak dan kewajiban antara pengguna jasa dan penyedia jasa. 

Penerima hak kontrak jasa pelaksana konstruksi sebagai penyedia jasa akan melakukan koordinasi menyiapkan kebutuhan sumber daya konstruksi meliputi dana, tenaga kerja, material, peralatan, dan menyusun metode kerja yang akan dilakukan kedepannya.

Umumnya, pimpinan pelaksana yang ditugaskan sudah berpengalaman melaksanakan pekerjaan konstruksi yang akan dilakukan. Namun, bukan berarti harus menguasai manajemen proyek secara menyeluruh dan mendetail. 

Tahapan Project Cycle Management

Siklus manajemen proyek memiliki tahapan-tahapan tertentu, dimana setiap tahapannya tidak boleh dilewati oleh pelaksana proyek. Bahkan hal tersebut harus dilakukan secara urut. 

1. Tahapan Konsepsi adalah Fase Pertama Project Cycle Management

project cycle management
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Tahapan yang pertama adalah konsepsi. Dalam tahapan ini manajemen yang dilakukan masih seputar pra-perencanaan atau hanya sebatas gambaran konsep secara umum saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam tahapan ini, yakni:

  • Pembuatan proposal proyek 
  • Evaluasi isi administrasi proposal
  • Melakukan negosiasi

2. Tahapan Perencanaan

Setelah tahapan pertama selesai, selanjutnya akan dilakukan perencanaan. Pada tahapan ini, ada 2 hal yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin, yaitu :

  • Penyiapan rencana proyek yang biasanya berisi tentang jadwal pekerjaan, rincian anggaran rencana SDM, masalah yang mungkin terjadi, dan masih banyak lagi. 
  • Melakukan penentuan proyek secara rinci yang berisi tentang spesifikasi kebutuhan proyek dan user. 

Yang terpenting adalah perencanaan ini harus dilakukan dengan matang dan detail. Sebab, jika masih terdapat masalah yang kurang jelas maka eksekusi proyek pun akan terkendala.

3. Tahapan Eksekusi

Tahapan ini memakan waktu yang sangat lama dibanding dengan tahapan lainnya. Tahapan ini juga merupakan implementasi nyata dari tahapan perencanaan yang sebelumnya sudah dilakukan.

Di tahap ini, semua yang sudah direncanakan akan dilakukan dengan baik sesuai dengan planning. Namun, jika ternyata rencana yang disusun kurang sesuai dengan kondisi nyata di lapangan, rencana tersebut bisa direvisi untuk mencocokkannya dengan keadaan sekitar.

4. Tahapan Operasi

project cycle management
Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Setelah proyek selesai dibuat maka akan diserahkan pada user. Kini saatnya Project Cycle Management tiba pada tahapan operasi.  Secara singkat, pada tahapan ini biasanya proyek sudah selesai dan lengkap, sudah melalui beberapa macam uji coba dan dipastikan siap digunakan. 

Itu tadi tahapan-tahapan yang ada pada Project Cycle Management. Bagaimana Sob? Sekarang udah paham kan apa itu Project Cycle Management dan tahapan-tahapannya? Pastinya udah, dong! 

Nah, jika proyek kamu membutuhkan server yang keren dan dapat memenuhi segala kebutuhan, bisa banget nih coba berlangganan VPS terbaik di Jagoan Hosting.

Didukung dengan Processor AMD Epyc dan Intel Xeon dijamin performanya bukan main. Untuk resources bisa kamu pilih sesuai paket yang sesuai. Yuk, segera berlangganan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penawaran terbaik seperti domain, hosting, dan lainnya disini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like