Ujian online lancar tanpa hambatan – Melakukan aktivitas belajar secara online saat ini memang sudah familiar banget ya, Sob? Terlebih lagi dengan kondisi yang nggak memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara offline karena terhalang oleh pandemi, sehingga pembelajaran virtual menjadi solusinya.

Selain belajar, melakukan evaluasi melalui ujian online juga menjadi pembiasaan baru dan mengharuskan para pelajar untuk beradaptasi dengan cepat. Maka dari itu, instansi pendidikan harus mempermudah para pelajar supaya dapat mengikuti pembelajaran hingga ujian online dengan cara menyediakan platform khusus, misalnya saja seperti website resmi sekolah.

Cara Adaptasi Belajar Secara Online

Kemajuan teknologi yang memberikan dampak pada sektor pendidikan diharapkan mampu mempermudah sekaligus mengikuti perkembangan zaman saat ini. Namun, tidak sedikit para pelajar, khususnya di Indonesia yang mengalami permasalahan dalam proses adaptasi belajar secara online.

Oleh karena itu, para pengajar dan instansi sekolah juga turut berkontribusi agar para siswa dapat beradaptasi dengan pembelajaran online secara cepat. Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk mewujudkannya?

1. Ubah Gaya Pengajaran

Karena memanfaatkan pengajaran secara virtual, menjadikan para pengajar harus kreatif dalam menyampaikan materi. Mulai dari penggunaan PowerPoint hingga share screen, semuanya dapat diterapkan asalkan memudahkan para pelajar untuk memahaminya.

Terlebih lagi dengan pengerjaan ujian harian atau evaluasi singkat setelah pembelajaran materi, baik mengirimkan tugas melalui link Google Docs atau melalui student site para siswa. Berikan alternatif pembelajaran paling sederhana ketika belajar secara online, sehingga para siswa dapat dengan mudah dalam mengikuti sesi belajar.

2. Manfaatkan Platform Online

ujian online lancar tanpa hambatan
Photo by Mometrix Test Prep on Unsplash

Jika instansi sekolah belum mempunyai website resmi yang mendukung proses pembelajaran para siswa, memanfaatkan platform online seperti Zoom dan Gmeet dapat menjadi solusi. Kegiatan belajar dapat dilakukan dengan cara membuat room yang interaksinya melalui video call

Meskipun pertemuan tatap muka dilakukan secara online, setidaknya para pelajar dapat melihat dan mendengar secara langsung para pengajar dalam mengajarkan sebuah materi pembelajaran.

3. Berikan Sesi Tanya-Jawab Agar Nanti Ujian Online Lancar Tanpa Hambatan

Memberikan waktu untuk sesi tanya jawab memang sangat membantu para pelajar untuk menanyakan kembali hal yang tidak mereka mengerti setelah proses belajar. Namun, masih banyak para pelajar yang malu untuk menanyakan hal tersebut saat sesi tanya jawab, sehingga solusinya adalah berikan alternatif kepada mereka untuk melanjutkan pertanyaan. Misalnya saja melalui personal chat seperti WhatsApp atau Line.

Kiat-Kiat Sukses Ujian Online

Setelah melalui proses belajar selama satu semester, biasanya para pelajar akan menghadapi ujian sebagai tes akhir apakah berhak lanjut untuk naik kelas atau tidak. Pasti ada sedikit rasa khawatir ketika mengikuti ujian, terlebih lagi jika dilangsungkan secara online.

Eits, tenang saja! Supaya lebih siap dalam menghadapi ujian online, ada kiat sukses untuk diterapkan supaya lebih percaya diri saat menjawab soal-soal yang diberikan. Nggak perlu cara yang ribet, terapkan aja cara-cara berikut ini!

1. On-Time, Biar Ujian Online Lancar

ujian online lancar tanpa hambatan
Photo by lucas law on Unsplash

Meskipun melakukan ujian secara online, akan tetapi tetap harus on-time saat mengikuti ujian. Jangan sampai karena telat memasang alarm atau lupa dengan jadwal mata pelajaran yang akan diujikan, jadinya kamu nggak bisa ikut ujian tepat waktu.

2. Mempersiapkan Peralatan Ujian Agar Ujian Online Lancar Tanpa Hambatan

Persiapkan juga peralatan ujian yang dibutuhkan supaya prosesnya lancar. Jika menghadapi ujian matematika, menggunakan kalkulator atau catatan kecil juga bisa dipersiapkan supaya nggak buang-buang waktu untuk mencari alat yang dibutuhkan. Pastikan juga koneksi internet kamu juga nggak terganggu, ya!

3. Cari Tempat yang Paling Nyaman

Usahakan cari tempat yang paling nyaman untuk ditempati selama ujian online berlangsung. Kamu bisa menggunakan kamar tidur atau ruang keluarga, yang terpenting jauhi suara bising yang dapat mengganggu konsentrasi kamu.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu dapat mengikuti ujian online lancar secara tanpa hambatan. Terlebih lagi jika pihak sekolah mampu menyediakan fasilitas khusus sebagai media pembelajaran online untuk para pelajar, pastinya kegiatan belajar hingga ujiannya pun juga semakin lancar!

Jika membutuhkan rekomendasi VPS terbaik, Jagoan Hosting sebagai penyedia server terbaik mendukung adanya gerakan digitalisasi pendidikan di Indonesia dengan menghadirkan layanan berupa VPS X.

Dengan menggunakan layanan VPS X dari Jagoan Hosting, instansi pendidikan seperti sekolah mempunyai kebebasan dalam mengatur resource server untuk kebutuhan aktivitas pembelajaran. Mulai dari server ujian online, server PPDB online, hingga sistem akademik, semuanya bisa digunakan tanpa takut khawatir mengalami kendala saat mengaksesnya.

Untuk informasi mengenai fasilitas tambahan serta harga yang ditawarkan oleh Jagoan Hosting, kamu bisa langsung klik di sini terlebih dahulu, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like