Hardware adalah istilah untuk menyebut perangkat keras yang erat kaitannya dengan komputer atau laptop. Artinya, seluruh jenis komponen komputer yang wujud fisiknya dapat dilihat dan dirasakan langsung itu termasuk hardware. Namun sebenarnya, apa saja macam-macam hardware, fungsi, cara kerja, dan contohnya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu hardware?

Hardware adalah semua jenis komponen pada komputer yang memiliki bentuk fisik, bisa dilihat, dan dirasakan. Jadi, dapat dikatakan pengertian hardware adalah alat fisik komputer yang gunanya untuk melakukan beberapa proses seperti input, output, dan proses.

Ciri-ciri hardware

Beberapa ciri-ciri hardware adalah sebagai berikut.

1. Memiliki bentuk fisik

Salah satu perbedaan software dan hardware adalah bentuknya. Software hanya dapat dilihat tampilannya namun tidak memiliki bentuk fisik, sementara hardware mempunyai bentuk fisik yang bisa dilihat dan dirasakan.

2. Umumnya bersifat keras

Beberapa contoh hardware adalah keyboard, printer, scanner, dan perangkat lainnya yang bersifat keras.

3. Terdapat di bagian luar komputer

Kebanyakan hardware berada di bagian luar komputer. Namun, tidak semuanya. Beberapa di antaranya ada yang berada di dalam komputer, contohnya RAM dan CPU.

4. Media penghubung antara user dan software

Hardware adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan antara user dan software, dimana akan menerima input kemudian memberikan output kepada user.

Fungsi hardware

Utamanya, fungsi hardware adalah untuk memudahkan pengguna komputer dengan seperangkat alat komputer yang bekerja secara baik. Namun, jika dijabarkan ada beberapa fungsi hardware secara spesifik, yaitu:

1. Memberi output

Fungsi hardware yang pertama adalah untuk memberikan output kepada user setelah proses pengolahan input dilakukan.

2. Menerima input

Fungsi hardware selanjutnya adalah menerima input. Selain memberikan output, hardware juga menerima input yang dikirimkan oleh user.

3. Menyimpan informasi dan data

Hardware adalah perangkat keras di mana mempunyai fungsi untuk menyimpan data output. Biasanya output tersebut akan disimpan dalam perangkat penyimpanan komputer.

4. Mengolah informasi dan data

Selanjutnya, fungsi hardware adalah untuk mengolah data yang kemudian menjadi informasi baru yang berguna agar dapat dipahami oleh manusia.

Jenis-jenis hardware

Ada macam-macam hardware beserta contohnya yang perlu kamu ketahui, Sob. Ini penjelasannya.

1. Hardware output

Hardware output adalah perangkat yang berfungsi untuk menghasilkan informasi baru atau data yang berguna sehingga dapat dimengerti oleh user. Informasi baru tersebut dikeluarkan melalui perangkat lain, seperti:

  • Monitor

Monitor mempunyai fungsi menampilkan informasi yang sudah diproses. Dengan begitu, pengguna dapat melihat informasi tersebut.

  • Printer

Printer adalah hardware yang berfungsi mencetak informasi atau data ke dalam kertas berupa tulisan atau gambar.

  • Speaker

Speaker adalah hardware yang berfungsi mengubah gelombang listrik menjadi gelombang audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

2. Hardware input

Hardware input adalah perangkat masukan yang berperan memasukkan data berupa gambar, teks, video, dan audio ke dalam komputer. Berikut beberapa contoh hardware input:

  • Mouse

Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor. Selain itu, mouse juga dapat menjalankan perintah praktis dan cepat. Umumnya mouse terdiri dari tiga tombol, dimana dua tombol klik di kiri dan kanan lalu satu tombol scroll di tengah.

  • Keyboard

Keyboard adalah unit yang cukup penting dalam pengolahan data dengan komputer. Adapun fungsinya ialah memasukkan huruf, angka, dan simbol sebagai media bagi user untuk melakukan perintah yang diperlukan.

  • Scanner

Contoh hardware output ini berfungsi untuk menggandakan atau menyalin gambar dan teks kemudian menyimpannya ke dalam memori komputer.

3. Hardware process

Hardware process atau proses hardware adalah perangkat yang berguna untuk memproses data dan mengolahnya pada komputer. Perangkat ini bisa disebut sebagai otak komputer karena melakukan proses penting terhadap data yang diinputkan. Beberapa contoh hardware process adalah:

  • CPU

CPU adalah perangkat yang berguna untuk mengontrol seluruh proses pada komputer, baik itu instruksi, pengelolaan, hingga menghasilkan output yang diinginkan.

  • VGA

Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengolah dan memproses data grafis. Nantinya, output bisa ditampilkan pada layar monitor komputer.

  • RAM

RAM adalah jenis hardware yang dapat menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.

4. Storage device

Sesuai namanya, storage device berarti perangkat penyimpanan. Ini merupakan bagian dari hardware dimana fungsinya adalah menyimpan data komputer. Beberapa hardware yang termasuk ke dalam jenis ini antara lain:

  • Hard disk

Hard disk atau juga biasa disebut dengan HDD adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder. Harddisk bisa terpasang di dalam maupun luar perangkat.

  • Flash disk

Flash disk adalah perangkat keras penyimpanan data yang konektornya berupa USB. Konektor ini akan memudahkan perangkat terhubung ke komputer maupun media lainnya. Flash disk dapat kamu gunakan untuk memindahkan suatu data dari satu komputer ke komputer lainnya.

  • Optical disk

Optical disk merupakan media penyimpanan yang bisa dibaca maupun ditulis oleh cahaya laser, dimana bentuk umumnya adalah berupa CD atau DVD.

5. Perangkat tambahan

Perangkat tambahan hardware adalah alat yang membantu komputer untuk menjalankan perintah user. Perangkat ini biasanya disebut dengan istilah periferal, gunanya untuk menghubungkan perangkat komputer dengan koneksi internet.

Salah satu contohnya adalah modem. Modem dapat kamu gunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya.

Cara kerja hardware

Cara kerja hardware adalah didasarkan pada perintah. Ini disebut juga dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah tersebut, hardware bisa melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. 

Adapun 3 instruksi dasar untuk menjalankan hardware adalah sebagai berikut:

  • Instruksi dasar input, yaitu instruksi yang bisa memberikan informasi kepada perangkat lunak lainnya menggunakan perantara driver. Dalam hal ini perangkat lunak tersebut yaitu sistem operasi. Ini terjadi saat user menggunakan hardware, contohnya mengetik menggunakan keyboard atau mengklik dengan mouse.
  • Instruksi dasar proses, yaitu instruksi yang berperan untuk penengah antara proses input atau output. Instruksi ini hanya terjadi dalam suatu hardware, bukan sistem komputer secara menyeluruh.
  • Instruksi dasar output, yaitu instruksi yang terjadi saat ada perintah untuk menggunakan hardware tersebut dari pengguna.

Demikian penjelasan seputar apa itu hardware, termasuk ciri, fungsi, jenis, hingga cara kerjanya. Dari ulasan di atas dapat dipahami bahwa suatu komputer tidak akan bisa beroperasi secara normal tanpa adanya hardware. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk merawat komponen-komponen hardware agar tetap dapat bekerja sesuai fungsinya.
Untuk kamu, para pembaca disini, dukung setiap kebutuhanmu di dunia digital dengan layanan dari Jagoan Hosting. Provider terbaik masa kini yang selalu berinovasi dan memberikan lebih kepada para jagoannya, seperti harga layanan yang ramah di kantong dibanding dengan penyedia layanan manapun! Segera dapatkan penawaran terbaik dari Jagoan Hosting hanya disini!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like