Apa itu Software? Fungsi, Ciri, Jenis & Contohnya

software

Jika kamu merupakan pengguna setia komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah software. Jelas saja, sebab arti software adalah perangkat lunak komputer yang di butuhkan oleh banyak aktivitas seperti membuat desain, menonton video, melakukan editing, ataupun sesederhana memutar musik pilihan. Lalu sebenarnya pengertian software? Berikut selengkapnya.

Apa itu software?

pengertian software

Perangkat lunak atau software adalah bagian dari komputer yang terdiri dari beberapa perintah di mana pengoperasiannya di lakukan melalui mesin komputer. Dengan kata lain, software adalah perangkat yang tidak punya wujud fisik. Penjelasan lebih lanjut, pengertian software adalah perangkat lunak berisi data yang di program atau di simpan dengan fungsi-fungsi tertentu.

Dalam pembuatannya, software adalah perangkat yang di kembangkan oleh pengembang (developer) atau pemrogram (programmer) menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan dapat dikombinasikan dengan kode yang dapat di kenali perangkat keras, di mana dalam hal ini ialah PC atau komputer.

Perangkat lunak di rancang untuk memfasilitasi pekerjaan manusia. Contohnya seperti menghitung, membuat dokumen, mengedit gambar, dan sebagainya.

Selain itu, dengan software kamu juga bisa melakukan pengeditan video, pembuatan desain, permainan game, dan masih banyak lagi. Nah, karena pengembang sendiri terus mengembangkan software secara teratur, tentunya akan ada lebih banyak fitur yang membuat perangkat lunak lebih mudah di gunakan oleh pengguna.

Ciri-ciri software

ciri-ciri software

Adapun ciri-ciri software adalah sebagai berikut.

1. Perangkat penunjang hardware

Software bertanggung jawab untuk mengelola perangkat keras pada komputer. Dengan begitu komputer bisa bekerja dengan baik tergantung pada apa yang perlu di butuhkan dan dilakukan.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Spoofing: Contoh Kasus serta Cara Menghindarinya

2. Bersifat open source, freeware, shareware, atau commercial

Ciri-ciri software berikutnya adalah software dapat di gunakan oleh siapa saja secara gratis. Tetapi developer atau programmer pada dasarnya memiliki ketentuan tertentu yang biasanya di sertakan saat pengguna ingin mengunduh software tersebut.

3. Butuh file installer untuk menginstalnya

Untuk menggunakan software dan mengoperasikannya, kamu membutuhkan file installer untuk menginstall software pada komputer. Barulah setelah itu kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

4. Mudah terserang virus komputer

Software adalah perangkat lunak yang memiliki ciri-ciri mudah terserang virus, baik dari situs sumber kamu mendownload atau bahkan dari virus yang telah ditanamkan. Untuk mencegah hal buruk terjadi di perangkatmu, ada baiknya untuk menginstall antivirus yang terpercaya sehingga komputer dan laptop akan lebih aman.

Fungsi software

Berikut beberapa fungsi software yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting:

  1. Sebagai pelengkap komputer agar dapat dioperasikan dengan baik oleh perintah-perintah tertentu.
  2. Mengontrol hardware yang ada pada komputer sehingga dapat di gunakan dan bekerja dengan baik sesuai kebutuhan.
  3. Menjadi penghubung antara beberapa software dengan hardware komputer.
  4. Menjadi penerjemah perintah software ke dalam bahasa mesin, supaya hardware bisa menerimanya dengan baik.
  5. Mengidentifikasi program di dalam komputer.

Jenis-jenis software dan contohnya

Jenis Software dan Contohnya

Semakin berkembangnya teknologi membuat jenis-jenis software pun makin beragam. Bahkan saat ini sudah banyak perangkat lunak mulai dari yang gratis hingga berbayar. Adapun jenis-jenis software adalah sebagai berikut.

1. Operating system

Salah satu jenis software adalah operating system. Perangkat lunak ini berfungsi mengelola semua perangkat keras yang terhubung ke CPU komputer. Operating system juga membantu menerjemahkan aktivitas dengan mengelola proses yang di perintah pengguna lalu di sebarkan ke CPU sehingga perintah tersebut dapat di jalankan dengan benar di komputer. Contoh operating system software adalah Microsoft Windows, UNIX, MacOS, Linux.

2. Programming language

Jenis software programming language adalah bahasa yang di gunakan untuk menulis program. Contoh software ini meliputi HTML, JAVA, PHP, C, C++ dan masih banyak lainnya. Bahkan jika kamu membuat bahasa pemrograman ini, kamu tetap memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program berdasarkan metode dan struktur dalam bahasa pemrograman itu sendiri.

Cek Konten Lainnya:
Otomatisasi Perkantoran: Jenis, Tujuan & Perangkat Pendukung

3. Program aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang umumnya kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari. Perangkat lunak ini bisa berfungsi sesuai tujuan pembuatannya. Contoh software program aplikasi adalah Microsoft Office Excel, Microsoft Office Word, dan MYOB.

Jenis software berdasarkan distribusinya

jenis sofware berdasarkan distribusinya

Nah, di samping jenis-jenis software di atas, kamu juga perlu tahu beberapa jenis software berdasarkan di stribusinya, Sob. Berikut penjelasannya.

1. Adware

Adware adalah software yang di rancang dengan tujuan membagikan iklan online secara otomatis ke dalam layar komputer pengguna. Jenis perangkat lunak ini juga bisa menghasilkan pendapatan melalui metode pay per click (PPC).

2. Firmware

Ini adalah jenis penyimpanan perangkat lunak hanya-baca. Properti ini tidak dapat di ubah, jadi jika kamu mengalami masalah fungsional, kamu tidak perlu melakukan perubahan atau pengembangan lebih lanjut.

3. Freeware

Freeware adalah jenis software yang tidak memiliki batasan waktu tertentu. Namun, sebagian besar perangkat lunak jenis ini punya fitur yang tidak cukup sempurna untuk di gunakan.

4. Malware

Malware adalah jenis software yang di anggap berbahaya jika di salahgunakan. Pasalnya, malware di rancang untuk menginfeksi komputer dan merusaknya. Terdapat banyak jenis malware, salah satunya adalah virus komputer.

5. Opensource

Opensource adalah jenis software yang kode sumbernya bisa di buka. Kamu juga dapat mengubah, meningkatkan, dan mendistribusikannya kembali tanpa harus membayar. Jenis software ini di kembangkan oleh programmer menggunakan suatu bahasa pemrograman khusus.

6. Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang dapat di gunakan secara gratis. Jenis software ini biasanya di gunakan sebagai demonstrasi dengan fungsionalitas dan waktu penggunaan terbatas.

7. Spyware

Spyware adalah jenis software yang di rancang sebagai mata-mata setiap aktivitas user. Software ini juga sering disalahgunakan untuk melakukan pencurian data komputer.

Perbedaan Antara Software dan Hardware

Dalam pengertian yang sederhana, perbedaan antara software dan hardware adalah sebagai berikut:

  • Hardware adalah perangkat keras fisik yang dapat dilihat dan disentuh.
  • Software adalah program atau aplikasi yang diinstal pada perangkat keras.
Cek Konten Lainnya:
Mengenal Apa itu Google Groups, Fungsi dan Cara Membuatnya

Namun, perbedaan antara keduanya tidak hanya terletak pada aspek fisik dan non-fisik saja. Ada beberapa perbedaan antara software dan hardware yang perlu diketahui, yaitu:

1. Sifat

Hardware memiliki sifat yang statis dan konstan, karena berupa perangkat keras yang telah dibuat dalam bentuk tertentu. Sedangkan software memiliki sifat yang dinamis dan dapat diubah-ubah, karena berupa program atau aplikasi yang dapat diubah atau dikembangkan.

2. Bentuk

Hardware memiliki bentuk yang bervariasi tergantung pada jenis dan fungsi perangkatnya, seperti keyboard, mouse, atau monitor. Sedangkan software tidak memiliki bentuk fisik, karena berupa program atau aplikasi yang diinstal pada perangkat keras.

3. Fungsi

Hardware berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi yang diinstal pada komputer, serta memberikan input dan output kepada pengguna. Sedangkan software berfungsi untuk memberikan instruksi kepada hardware tentang apa yang harus dilakukan, serta membantu pengguna melakukan tugas-tugas tertentu.

4. Ketergantungan

Hardware dan software saling tergantung satu sama lain untuk membuat komputer berfungsi dengan baik. Hardware membutuhkan software untuk memberikan instruksi dan mengontrol seluruh aktivitas komputer. Sedangkan software membutuhkan hardware untuk menjalankan program atau aplikasi yang diinstal.

Itu dia ulasan seputar software, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga contohnya. Meski dinamakan perangkat lunak, sebenarnya komputer juga tidak bisa beroperasi maksimal tanpa adanya software. Sebagai pengguna, kamu pun dapat menambahkan aneka software yang memang sesuai dengan kebutuhan dan mampu mempermudah pekerjaanmu sehari-hari.

Nah, buat kamu yang tidak hanya sebagai pengguna software, tetapi juga pengembang software. Pastikan kamu memilih server dari Jagoan Hosting yaitu, VPS Indonesia. Dengan layanan ini kamu bisa bebas mengelola server untuk berbagai macam kebutuhan aplikasimu. Jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhanmu dengan Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Password Manager Terbaik
Read More
Apa itu Password Manager? Ini 5 Rekomendasi Terbaik 2022
Sebagian dari kamu pasti sering lupa pasword, sehingga tak jarang harus melakukan reset berulang kali. Sementara, jika membuat…
pembelajaran daring dan luring
Read More
Pembelajaran Daring dan Luring, Lebih Senang yang Mana Nih?
Pembelajaran Daring dan Luring – Selama pandemi virus Covid-19 ini muncul di Indonesia sejak 2020, banyak sekolah maupun…