Malware adalah sebuah software berbahaya yang bisa merusak sistem komputer hingga jaringan server kamu, loh. Jika tidak dideteksi lebih dini, ini bisa menghilangkan data bahkan merusak fungsi beberapa hardware.

Karena begitu berbahaya, tentu kamu perlu mengenali apa itu malware hingga contohnya agar bisa melakukan tindakan secepatnya jika dibutuhkan. Yuk cek artikel mengenai malware dari Jagoan Hosting berikut ini!

Pengertian Malware

malware adalah
Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Jadi, apa itu malware? Malware adalah kepanjangan dari Malicious Software yang dibuat untuk untuk memasuki dan meretas sistem komputer, server atau jaringan tanpa sepengetahuan pemilik atau pengguna perangkat komputer. 

Perangkat lunak ini sengaja diciptakan secara khusus untuk bekerja secara ilegal dan tersembunyi untuk merusak perangkat, mengambil data tanpa izin atau mencuri, dan menyebabkan kerusakan pada perangkat lunak

Perangkat lunak satu ini memang sesuatu yang harus diwaspadai bagi pemilik perangkat komputer. Hal ini karena malware berhubungan langsung dengan jaringan internet yang biasanya digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer.

Terlebih lagi saat ini banyak kegiatan yang membutuhkan jaringan internet dan malware biasanya sangat mudah untuk dimasukkan melalui jaringan internet. 

Para hacker dan cracker dapat meretas komputer dari pintu belakang  (backdoor) atau bisa juga dengan sengaja ditanamkan pada situs ilegal untuk meretas data.

Perbedaan virus dan malware

Kita sudah memahami bahwa malware merupakan perangkat lunak yang harus diwaspadai, begitu juga dengan virus. Lalu apakah keduanya sama? Jawabannya adalah malware dan virus berbeda.

Malware ini biasanya diciptakan oleh orang-orang yang sudah ahli dan memahami pembuatan perangkat lunak dan memahami sistem keamanan pada perangkat lunak. Malware juga sangat berbahaya karena dengan mudah bisa dimasukkan ke dalam jaringan internet, apalagi jika user sering beraktivitas menggunakan jaringan internet.

Sedangkan virus merupakan salah satu jenis malware yang biasanya menginfeksi dan merusak file. Virus tidak lebih berbahaya dengan malware, virus dapat menyebar pada file kemudian merusak fungsi inti sistem, dan selanjutnya menghapus atau hanya merusak file, biasanya file yang telah kena virus kamu tidak akan bisa membuka dan menggunakannya lagi.

Virus maupul malware keduanya merupakan perangkat lunak yang berbahaya dan sengaja dibuat untuk merusak komputer dan mencuri data.

Akibat Malware

Berikut ini adalah beberapa akibat malware yang harus kamu ketahui.

  1. Mengubah tampilan website

Malware dapat masuk dan meretas website defacements. Biasanya tujuan meretas ini agar membuat pengunjung website menjauh karena website-mu biasanya akan dimasukkan pesan-pesan negatif.

  1. Malvertising, Iklan berisi malware

Selain dapat merusak tampilan website, malware juga bisa dimasukkan ke dalam iklan. Caranya adalah dengan menyebarkan malware pada iklan online pada beberapa situs online website. Malvertising ini biasanya masuk melalui dua cara yaitu, dari klik dan dari metode drive by atau pengunjung hanya bisa terinfeksi malware jika mengunjungi website yang diretas.

  1. Hacker mendapatkan akses penuh di dalam web

Dengan malware, hacker bisa masuk ke dalam website, dan dampaknya bisa mengubah susunan website, mengambil data visitor dan data penting lainnya.

  1. Tidak muncul di search engine

Malware juga bisa mengakibatkan situs web yang kamu miliki tidak bisa muncul jika dicari di search engine seperti, Google, Yahoo, dan mesin pencari lainnya. Biasanya mesin pencari juga akan memberikan peringatan terhadap website-website yang sudah diserang oleh malware.

Emang ya ancaman di dunia maya tuh nggak ada habisnya dan nggak selamanya berselancar di internet itu aman! Kabar baiknya sebagai provider VPS dan hosting terbaik di Indonesia, Jagoan Hosting bisa menghalangi dan melindungi website kamu kamu dari serangan malware karena sudah dilengkapi dengan Imunify360.

Selain itu, Jagoan Hosting juga sudah resmi bergabung dengan MANRS (Mutually Agreed Norms for Routing Security).  Itu artinya kalau kamu menggunakan produk dan layanan Jagoan Hosting, keamanan routing kamu terjamin, Sob!

Jenis Malware

Setelah mengetahui beberapa dampak buruk akibat malware, kamu juga perlu mengetahui beberapa jenis malware yang patut kamu waspadai. Berikut ini adalah jenis-jenis malware.

1. Virus

Virus merupakan salah satu jenis malware yang bisa menempel pada file atau dokumen di perangkat komputer. Jenis malware satu ini dirancang agar dapat menghilangkan data atau informasi pengguna saat menggunakan dan menggunakan dokumen.

2. Trojan

Trojan merupakan malware yang biasanya melakukan penyamaran pada aplikasi atau software. Jenis malware satu ini akan bekerja aktif ketika ada pengguna yang mengunduh software yang telah diserang oleh trojan, ketika pengguna mulai mengunduh, trojan akan secara cepat menyebar dan mulai mencuri berbagai informasi penting penggunanya.

3. Adware

Salah satu software yang bisa menampilkan iklan secara pop-up ketika pengguna mengklik atau melakukan tindakan tertentu. Namun, adware ini dikategorikan sebagai salah satu jenis malware yang tidak semuanya berbahaya, meski begitu adware mampu merusak sistem software dengan mengirim malware yang biasanya disebut dengan spyware.

4. Worm

Worm ini memiliki keahlian khusus yaitu, bisa menggandakan dirinya sendiri kemudian menyebarkan ke perangkat lunak komputer. Worm ini juga bisa masuk dari jaringan internet atau aplikasi yang diinstall oleh pengguna.

5. Ransomware

Salah satu jenis malware yang cukup berbahaya karena digunakan untuk melakukan cybercriminal, biasanya hackers akan meminta tebusan setelah meretas dan mencuri data pengguna menggunakan Ransomware. Malware ini biasanya dipasang melalui attachment email, website, serta pesan pendek.

Cara Mengatasi Malware

malware adalah
Photo by Anete Lusina from Pexels

Lalu, bagaimana cara mengatasi malware yang terbukti ampuh? Tenang, Jagoan Hosting akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi malware di bawah ini.

  1. Menggunakan wordfence untuk wordpress

Jika websitemu menggunakan layanan WordPress, maka kamu perlu menggunakan wordfence untuk mengelola dan memonitoring keamanan pada situs secara real time. Menggunakan wordfence merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi serangan malware.

  1. Menggunakan safe mode

Cara efektif lainnya adalah dengan menggunakan safe mode. Sistem ini memungkinkan komputer untuk bisa melakukan perbaikan pada perangkat lunak dan sistem yang dirusak oleh malware. Cara untuk mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol F8 dan tunggu hingga muncul pilihan Safe Mode dan klik pilihan tersebut.

  1. Putuskan jaringan internet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, malware mudah masuk dan merusak perangkat komputer melalui jaringan internet. Sehingga, jika kamu sudah mulai melihat ciri-ciri perangkat komputer yang terserang malware segera putuskan jaringan internet.

  1. Melakukan backup data secara rutin

Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data komputer dan simpan di hardisk eksternal atau cloud seperti, Google Drive, Dropbox dan sebagainya. Sehingga, jika perangkat komputermu diserang oleh malware, kamu masih memiliki data yang ter-backup dengan baik.

  1. Hapus temporary file dan program asing

Salah satu cara untuk menghindari malware adalah dengan cara scanning virus yang ada di komputer. Sebelum itu, kamu perlu untuk menghapus temporary file agar mempercepat proses pemindaian, dan juga memberikan space lebih untuk disk komputer. Selain itu, kamu juga bisa menghapus beberapa file yang tidak dikenal atau file yang kamu curigai mengandung malware berbahaya.

Cara Hapus Malware

Malware memiliki kemampuan menyebar dengan cepat, hanya dalam hitungan menit malware bisa otomatis menyebar ke semua sistem perangkat komputer yang kamu miliki.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus malware dengan cepat dan ampuh. Jika kamu pengguna komputer dan sering beraktivitas menggunakan jaringan internet, mulai siapkan strategi untuk menghindari serta menghilangkan malware dengan tepat, kamu bisa cek cara lengkapnya pada artikel 7 Cara Menghilangkan Malware Dengan Cepat.

Serangan malware tentu tidak bisa kamu anggap remeh. Kamu pasti tidak ingin kehilangan data penting yang ada di dalam laptop kamu. Untuk itu, lakukan cara mengatasi malware yang telah kami jelaskan di atas, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like