Apa itu Node Package Manager (NPM)? Fungsi & Cara Installnya

npm adalah
Photo by olia danilevich from Pexels

Apa itu NPM? NPM adalah package manager yang digunakan untuk platform Node.js. Fungsi utamanya yakni memberikan wadah kepada developer JavaScript agar bisa saling berbagi modul.

Tak hanya itu. NPM juga dapat membantu serta memudahkan para developer dalam mengembangkan aplikasi dan koding mulai dari nol. 

Nah, jika kamu masih cukup awam di dunia perkodingan JavaScript, istilah NPM mungkin terdengar sedikit asing di telinga. Namun, jangan khawatir. Sebab, Jagoan Hosting akan membahas secara tuntas mulai dari pengertian, cara menggunakan hingga cara install NPM di perangkat kamu. Jadi, simak sampai habis yuk!

Apa itu NPM?

npm adalah
Photo by Christina Morillo from Pexels

Sebelum berbicara mengenai topik ini lebih jauh, perlu diketahui bahwa kepanjangan NPM adalah Node Package Manager. Dimana pengertian NPM adalah package manager yang dipakai untuk platform Node js. 

NPM adalah suatu package dengan dua kegunaan, yang pertama yaitu repository online dimana penggunanya dapat membagikan modul Node.js dan aplikasi buatannya. Jika ingin menggunakan sebuah modul, kamu hanya perlu mencarinya di repository ini, mendownload, dan menginstallnya di komputer.

Kegunaan yang kedua, NPM adalah command line yang bisa menyalurkan interaksi kepada platform online, seperti browser dan server. Utilitas ini dapat menginstall dan menguninstall package, mengelola versi dan dependency yang diperlukan untuk mengerjakan proyek. 

Dengan adanya dua fungsi tersebut, tentu akan membuat proyek kamu akan lebih cepat. Lalu, bagaimana cara kerja NPM? Simak di ulasan di bawah ini, Sob.

Cara Kerja NPM

Untuk dapat menggunakan NPM, kamu perlu menginstal node.js karena node.js dan NPM berada di dalam satu bundle. 

Cek Konten Lainnya:
Sistem Informasi: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Contohnya

Utilitas command line package manager memungkinkan node.js bekerja dengan baik. Dan untuk menggunakan package tersebut, proyek kamu harus memiliki file bernama package.json. 

npm adalah
Photo by hitesh choudhary from Pexels

Ketika kamu membuat suatu proyek baru menggunakan NPM, maka NPM akan request untuk mengisi data proyek yang akan dibuat. Berikut data yang harus kamu isi di dalam proyek:

  • Nama proyek
  • Versi
  • Deskripsi
  • Entry point
  • Tes command
  • Repository git
  • Keyword
  • Lisensi
  • Dependensi
  • devDependency

Data-data tersebut lah yang nantinya akan mempermudah dalam membuat dan mengidentifikasi proyek. 

Baca juga: React Native Adalah: Pengertian dan Hal-Hal Seputar [Lengkap]

Fungsi Node Package Manager

NPM digunakan untuk mengelola dependensi perangkat lunak Node.js yang digunakan dalam sebuah proyek, seperti framework atau library.

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari NPM:

1. Mengelola dependensi

NPM memungkinkan pengguna untuk menginstal, menghapus, dan memperbarui dependensi perangkat lunak yang dibutuhkan dalam sebuah proyek Node.js. NPM juga dapat menangani dependensi yang saling terkait, memastikan semua paket yang dibutuhkan oleh proyek dapat berjalan dengan baik.

2. Menyimpan dan mendistribusikan paket

NPM menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mendistribusikan paket Node.js mereka. Pengguna dapat dengan mudah membagikan paket mereka dengan komunitas atau mempublikasikan paket mereka ke registry NPM yang terbuka.

3. Membantu dalam pengembangan

NPM menyediakan alat pengembangan, seperti pengujian dan debugging, yang dapat membantu pengembang dalam mengembangkan proyek mereka. NPM juga menyediakan berbagai macam plugin dan ekstensi untuk Node.js yang dapat membantu pengembang dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka.

4. Membuat dan menjalankan skrip

NPM memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan skrip yang dapat membantu dalam pengembangan dan manajemen proyek. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan skrip khusus dalam file package.json yang dapat digunakan untuk menjalankan tugas tertentu.

Cara Install NPM

Cara install NPM berbeda-beda, tergantung dari perangkat yang kamu gunakan. Nah, berikut telah Jagoan Hosting rangkum cara install NPM di windows dan juga Mac.

Cara Install NPM di Windows

Untuk dapat menggunakan NPM, kamu tentu harus menginstal node.js runtime di komputer. Kabar baiknya, Sob, node.js sudah satu paket dengan installer NPM. 

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Apa Itu Kriptografi? Sejarah, Contoh & Algoritmanya

1. Install node.js dan NPM

Jika perangkat mu dijalankan oleh Windows, maka langkah pertama dari cara install NPM adalah mengunduh installer node.js dari situsnya. Jika kamu ingin menggunakan fitur-fitur terbaru, kamu bisa mengunduh installer versi terbaru yang ada di button sebelah kanan. Namun, sebenarnya installer versi lama pun tidak masalah jika kamu memerlukan fitur terbaru. 

Sesudah selesai pengunduhan, jalankan installer-nya dan ikuti step-step yang ada di window instalasinya. 

2. Cek instalasi node.js dan NPM

Untuk memastikan instalasi berjalan lancar, kamu bisa memeriksanya dengan menjalankan dua perintah seperti berikut melalui command prompt

node -v

npm -v

Setelah kamu memasukkan kedua perintah tersebut, command prompt akan menampilkan versi NPM dan node.js yang sudah terinstall di perangkat.

3. Install modus NPM

Telah di sebutkan sebelumnya bahwa salah satu kegunaan NPM adalah untuk menginstall berbagai modul node.js di repository. Kamu bisa mengetik perintah di bawah ini untuk mempersingkat langkah instalasinya jika kamu sudah tahu modul yang di inginkan.

npm install <nama_modul>

npm i <nama_modul>

Kamu hanya perlu mengganti <nama_modul> dengan nama modul yang ingin di install. Cukup mudah di pahami bukan perintah tersebut?

4. Membuat aplikasi sederhana dengan NPM

Oleh karena NPM dan node.js sudah terinstall di perangkat kamu, sekarang tinggal waktunya untuk membuat aplikasi seperti yang akan di jelaskan di poin berikutnya. 

Cara Install NPM di Mac

npm adalah
Photo by olia danilevich from Pexels

1. Instal node.js

Apabila kamu pengguna Mac, langkah pertama dari cara install NPM adalah memasang node.js dari nodejs.org

2. Periksa apakah NPM dan node.js sudah terinstal

Setelah menginstal node.js dengan NPM, selanjutnya konfirmasi bahwa keduanya sudah terpasang dengan menggunakan salah satu perintah flag -v untuk memeriksa versi :

node -v dan node npm -v

3. Menguji node.js

Setelah paket node.js selesai terinstal pada Mac, kamu bisa menguji apakah ia berfungsi dengan memulai server web sederhana. 

Baca juga: Node adalah: Pengertian dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

Cara Menggunakan NPM untuk Membuat Aplikasi

Karena NPM dan node.js sudah terinstal di perangkat kamu, sekarang saatnya membuat aplikasi sederhana “Hello World”.

1. Langkah pertama dari cara menggunakan NPM adalah, ketikkan perintah berikut di Windows PowerShell (Direkomendasikan menggunakan Windows PowerShell) :

Cek Konten Lainnya:
Ingin Sukses Bisnis Online? Gunakan Tools Wordpress Ini

c:\Users\<username>\myprogram.js

Jangan lupa Sob untuk mengganti <username> dengan nama perangkat yang kamu gunakan. Intinya perintah di atas di gunakan untuk membuat sebuah file bernama myprogram.js. Yang ketika di jalankan, akan ada pernyataan bahwa file tersebut tidak ada. Kemudian, sistem akan menanyakan apakah kamu ingin membuat file tersebut atau tidak. 

Klik Yes untuk mengiyakan. 

2 .Langkah kedua dari cara menggunakan NPM adalah, buka file myprogram.js yang sudah kamu buat tadi di text editor yang kamu gunakan, lalu masukkan perintah berikut.  

var http = require(‘http’);

 http.createServer(function (req, res) {

   res.writeHead(200, {‘Content-Type’: ‘text/html’});

   res.end(‘Hello World’);

 }).listen(8080);

Jika sudah, save dan close file tersebut.

3. Ketiga, masuk ke Windows PowerShell dan jalankah kode ini :

node \users\<your_username>\myprogram.js

Kode ini berfungsi untuk menjadikan perangkat kamu sebagai server yang menjalankan aplikasi. Windows Defender akan memberi peringatan bahwa perangkat kamu dapat menerima traffic. Karena hanya percobaan, cukup hiraukan peringatan tersebut.

Sekarang, kamu sudah bisa mengakses localhost:8080 melalui web browser, teks “Hello World” akan muncul di halaman tersebut. Dan untuk mematikan program ini, tinggal masuk ke Windows Powershell dan tekan CTRL + keyboard C.

Cara Menggunakan NPM untuk Membuat Aplikasi
Photo by Thirdman from Pexels

Setelah menginstal NPM dengan mengikuti langkah-langkah di atas, apakah kamu sudah siap untuk menggunakan NPM di proyek kamu? 

Ngomong-ngomong nih Sob, kamu bisa loh mencoba modul package dari Jagoan Hosting, yakni XCube. XCube sendiri adalah kumpulan template untuk VPS yang sudah siap di pilih dan di instal sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mudahnya, Tanpa perlu download, kamu sudah bisa menginstallnya! Konfigurasi VPS kamu jadi lebih cepat dan kamu juga lebih siap memulai langkahmu.

Itu tadi informasi yang tak boleh kamu lewatkan seputar Node Package Manager. Jika disimpulkan, NPM adalah package manager untuk berbagi modul Node.js ke sesama developer, di mana hal tersebut mampu membuat aktivitas mereka lebih efektif khususnya dalam mengerjakan proyek-proyeknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
ZYA CBT
Read More
Apa itu ZYA CBT? Ini Fitur dan Kelebihannya
Dunia pendidikan juga tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Berbagai sistem konvensional kini ikut beralih ke internet, salah satunya…
cloud object storage
Read More
Apa itu Cloud Object Storage? Kelebihan & Keuntungannya
Melakukan optimasi website perlu kamu tingkatkan supaya performanya maksimal. Terlebih lagi jika penggunaannya membutuhkan kapasitas daya penyimpanan yang…