10+ Contoh Cloud Computing (Layanan dan Penerapannya)

contoh cloud computing

Terdapat banyak contoh cloud computing yang penggunanya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, pekerja, hingga perusahaan.

Sistem berbasis cloud belakangan ini memang semakin populer sebagai solusi untuk memenuhi tuntutan perkembangan teknologi informasi. Pasalnya, sistem ini menawarkan aksesibilitas tinggi dan mudah.

Masih bingung, Sob? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya.

Contoh Cloud Computing

contoh cloud computing

Mengutip dari laman Google Cloud, cloud computing adalah ketersediaan sumber daya komputasi (seperti penyimpanan dan infrastruktur) berdasarkan permintaan, sebagai layanan melalui internet.

Jadi, cloud computing memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai pekerjaan terkait komputasi, termasuk mengolah data, menyimpan, dan mengakses.

Bedanya dari penggunaan komputer biasa yaitu pengguna tidak perlu melakukan instalasi perangkat terlebih dahulu. Kamu bisa langsung melakukan pengolahan data selama terhubung ke internet dan masuk ke akun yang terdaftar.

Cloud computing ada banyak jenisnya. Bahkan beberapa di antaranya mungkin merupakan layanan yang sudah sering kamu gunakan.

Mari simak beberapa contoh cloud computing berikut:

1. Google Drive

Nama salah satu layanan dari Google ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi pengguna internet. Google Drive menyediakan ruang penyimpanan gratis hingga 15GB.

Kamu bisa menggunakan kapasitas tersebut untuk menyimpan berbagai file, baik berupa dokumen, gambar, musik, video, atau jenis file lain.

File yang tersimpan pada Google Drive bisa kamu akses kapan saja asalkan terhubung ke internet.

Selain itu, Google Drive memiliki fitur sinkronisasi, yang mana memungkinkan file tersimpan bisa kamu akses dari berbagai perangkat yang berbeda. Google Drive juga otomatis terintegrasi dengan berbagai tools Google lainnya.

Menariknya lagi, Google Drive menawarkan opsi untuk menambah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan dengan membayar.

2. Dropbox

Dropbox menawarkan layanan penyimpanan file berbasis cloud yang bisa kamu akses dari mana saja. Menariknya lagi, Dropbox menyediakan penyimpanan gratis bagi pengguna dengan kapasitas sebesar 10 GB hingga 1 terabyte.

Salah satu keunggulan penyimpanan Dropbox yaitu pada kemudahan untuk membuat backup. Menariknya lagi, tersedia fitur untuk melakukan sinkronisasi file secara otomatis dengan desktop.

Contoh pemanfaatan cloud computing ini adalah untuk menyimpan dan membagikan file berukuran besar, seperti foto dan PowerPoint.

3. Media Sosial

Platform sosial media memerlukan hosting yang berkualitas untuk mengelola dan menyimpan data secara real-time.

Cek Konten Lainnya:
7 Manfaat Aplikasi Notion yang Lagi Hits, Udah Tahu Belum?

Nah, komunikasi berdasarkan sistem cloud memungkinkan kemampuan click-to-call dari situs jaringan sosial, sehingga pengguna bisa melakukan pengiriman pesan secara instan.

Berbagai media sosial dibangun menggunakan teknologi cloud computing, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Sosial media menggunakan cloud computing dalam berbagai hal, seperti untuk menyimpan data pengguna. Cloud computing juga memungkinkan sosial media untuk dapat memproses dan menganalisa data pengguna,

Dengan begitu, platform sosial media mampu menampilkan konten sesuai preferensi pengguna.

4. Mega Cloud

Hampir sama seperti Dropbox, Mega merupakan contoh layanan cloud computing berupa ruang penyimpanan gratis. Menariknya, Mega menyediakan free space hingga 50 GB.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan space tersebut untuk menyimpan berbagai file. Misalnya, untuk back up file penting atau memindahkan file saat penyimpanan perangkat mulai penuh.

Pengguna juga tidak perlu khawatir masalah keamanan privasi. Pasalnya, layanan Mega menggunakan enkripsi end-to-end untuk mencegah pihak luar, termasuk Mega sendiri untuk melihat data tersimpan.

5. Amazon Web Service (AWS)

Amazon Web Service menyediakan cloud computing berdasarkan permintaan dan API pada perorangan, perusahaan, dan instansi pemerintahan. Sistem pembayaran dari layanan ini berdasarkan penggunaan.

Jenis layanan atau produk cloud yang tersedia dari AWS sangat banyak dan beragam. Kamu bisa menggunakan layanan secara individual atau dalam kombinasi tertentu.

6. Microsoft 365

Contoh aplikasi cloud computing ini merupakan produk dari Microsoft. Sebelumnya, platform ini memiliki nama Office 365.

Microsoft 365 mencakup berbagai layanan online, seperti OneDrive, Outlook.com, dan Microsoft Teams. Penggunaan layanan cloud computing ini berdasarkan subscription. Jadi, kamu membayar biaya bulanan, Sob.

Keuntungan berlangganan Microsoft 365 yaitu kamu dapat menikmati versi terbaru dari berbagai software produktivitas Microsoft, seperti Microsoft Word, Excel, dan Outlook.

7. SkyDrive

Layanan cloud computing berikutnya yaitu SkyDrive. Seperti halnya Google Drive, SkyDrive juga merupakan penyedia ruang penyimpanan berbasis cloud.

Layanan yang dikembangkan oleh Microsoft ini menawarkan 7GB penyimpanan gratis. Pengguna juga bisa menggunakan lebih banyak dengan membayar.

Dengan mengunggah file ke SkyDrive, maka kamu bisa mengakses file tersebut dari mana saja dan kapan saja. SkyDrive juga memudahkan pengguna dalam berbagi file tersimpan.

8. Layanan Email

Aplikasi layanan email juga memanfaatkan teknologi berbasis cloud. Seperti yang kita tahu, email kini telah menjadi salah satu media komunikasi yang paling umum.

Tidak hanya untuk perorangan, banyak perusahaan juga memanfaatkan email untuk berkomunikasi. Pasalnya, email memungkinkan pengiriman pesan secara instan dan hemat biaya.

Perusahaan biasanya menggunakan email dengan domain khusus. Nah, pemanfaatan email bisnis tersebut juga termasuk penerapan cloud computing dalam perusahaan.

Cek Konten Lainnya:
Incognito Mode - Definisi, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya
email bisnis

Upgrade pengalamanmu dengan layanan Email Hosting dari Jagoan Hosting. Dapatkan keandalan, keamanan, dan dukungan terbaik untuk bisnismu.

Mau email bisnis yang lebih baik? Segera beralih ke Email Hosting Murah dari Jagoan Hosting!

9. Electronic Health Record

Selain perusahaan komersial, cloud computing juga dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Salah satu contoh cloud computing dalam bidang kesehatan yaitu Electronic Health Record (EHR).

Melansir dari Wikipedia, EHR merupakan koleksi tersistematis informasi kesehatan dari pasien dan populasi yang tersimpan secara elektronik dalam format digital.

Penggunaan EHR memungkinkan praktisi kesehatan untuk mengakses informasi medis pasien dengan cepat. Selain itu, EHR juga membantu memastikan data pasien selalu up to date, akurat, dan resmi.

10. Digital Banking

Contoh penerapan cloud computing berikutnya yaitu pada layanan digital banking.

Penggunaan teknologi cloud dapat meningkatkan berbagai aspek dari sektor perbankan, mulai dari pengalaman pengguna hingga keamanan. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mengakses layanan bank semudah melakukan klik.

Aplikasi cloud computing pada bank meliputi data analisis, deteksi dan pencegahan penipuan, serta CRM (customer relationship management).

Sebagai contoh dalam aspek CRM, bank menggunakan cloud computing untuk mengelola data dan interaksi klien. Hal ini memungkinkan bank untuk dapat mengetahui dan menampilkan layanan yang sesuai dengan preferensi klien.

11. Layanan Streaming

Nah, layanan yang satu ini pasti sudah tidak asing buat kamu yang hobi streaming.

Layanan streaming juga menggunakan teknologi cloud untuk menampilkan video ke berbagai perangkat secara online.

Pertama, pengguna membuat konten video dan mengunggahnya ke server cloud. Kemudian video akan ditranskode ke dalam format efisien yang dapat dengan mudah disiarkan langsung ke penonton dari seluruh dunia.

Teknologi cloud memungkinkan platform streaming video mampu mendukung penskalaan pada berbagai tingkat untuk kecepatan, bandwidth, dan penghematan biaya.

Adapun platform streaming berbasis cloud contohnya Cloudflare Stream, SproutVideo, Livestream, DailyMotion, Dacast, Viostream, dan banyak lagi.Nah, itulah 10 lebih contoh cloud computing.

Sekarang sudah jelas, kan, Sob. Kamu bisa dengan mudah menemukan atau bahkan menggunakan cloud computing tersebut.

Jagoan Hosting punya semua yang kamu butuhkan untuk mengambil langkah untuk pakai layanan berbasis Cloud. Cek beberapa layanan berbasis Cloud kami:

  • Cloud Hosting
cloud hosting

Hemat waktu dan tingkatkan kinerja website-mu dengan Cloud Hosting. Cek beragam paket yang sesuai dengan kebutuhanmu!

  • VPS (Virtual Private Server)
vps cloud

Dapatkan kontrol penuh atas lingkungan hostingmu dengan VPS Murah Indonesia. Skalabilitas, keamanan, dan kecepatan yang kamu inginkan ada di sini.

  • Email Bisnis
Cek Konten Lainnya:
10 Tips Meningkatkan Performa Pengiriman Email Bisnismu
kerjasama via email lebih meyakinkan

Jangan biarkan email menjadi beban. Pindah email bisnis murah Jagoan Hosting dan nikmati keandalan, keamanan, email pake domain sendiri dan fitur-fitur canggih.

FAQ Seputar Contoh Cloud Computing

Apa saja jenis Cloud Computing?

Ada beberapa jenis layanan cloud computing yang umum digunakan, termasuk:

  1. Infrastructure as a Service (IaaS):
    • Contoh: Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, Google Cloud Platform (GCP)
    • IaaS menyediakan infrastruktur komputasi virtual, seperti server, jaringan, dan penyimpanan, yang dapat disewa oleh pengguna. Pengguna dapat mengelola dan mengonfigurasi lingkungan komputasi mereka sendiri.
  2. Platform as a Service (PaaS):
    • Contoh: Jagoan Hosting, Jagoan Cloud, Google App Engine, Microsoft Azure App Service
    • PaaS memungkinkan pengembang untuk membangun dan menjalankan aplikasi tanpa harus khawatir tentang infrastruktur yang mendasarinya. Ini menyederhanakan pengembangan dan hosting aplikasi.
  3. Software as a Service (SaaS):
    • Contoh: Salesforce, Google Workspace, Microsoft 365
    • SaaS adalah aplikasi perangkat lunak yang di-host dan diakses melalui internet. Pengguna dapat mengaksesnya dengan mendaftar dan masuk ke layanan tersebut, tanpa perlu menginstal atau mengelola perangkat lunak di perangkat lokal mereka.
  4. Function as a Service (FaaS) atau Serverless Computing:
    • Contoh: AWS Lambda, Azure Functions, Google Cloud Functions
    • FaaS adalah layanan yang memungkinkan pengembang menjalankan kode fungsi kecil (fungsi lambda) tanpa harus mengelola server atau infrastruktur yang mendasarinya. Biaya biasanya berdasarkan pada penggunaan yang sebenarnya.
  5. Container as a Service (CaaS):
    • Contoh: Google Kubernetes Engine (GKE), Amazon Elastic Kubernetes Service (EKS), Azure Kubernetes Service (AKS)
    • CaaS memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengotomatisasi kontainer Docker dan orkestrasi dengan menggunakan alat seperti Kubernetes.
  6. Database as a Service (DBaaS):
    • Contoh: Amazon RDS, Azure SQL Database, Google Cloud SQL
    • DBaaS menyediakan layanan database yang dikelola sepenuhnya kepada pengguna. Ini termasuk penyediaan, pemeliharaan, dan perawatan database.
  7. Storage as a Service:
    • Contoh: Amazon S3, Google Cloud Storage, Microsoft Azure Blob Storage
    • Layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna menyimpan dan mengelola data mereka di cloud dengan cepat dan skalabilitas tinggi.
  8. AI as a Service (AIaaS):
    • Contoh: Google AI Platform, IBM Watson, Microsoft Azure AI
    • AIaaS menyediakan akses ke algoritma dan teknologi kecerdasan buatan yang siap digunakan, memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam aplikasi mereka.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
distro linux
Read More
Inilah 15+ Distro Linux Terbaik dan Paling Populer
Linux adalah salah satu sistem operasi open source yang membebaskan siapa saja untuk mengembangkan sistemnya secara gratis. Itulah…
game pertama di dunia
Read More
5 Daftar Game Pertama di Dunia yang Populer pada Masanya
Di era digital saat ini, perkembangan game tentu menjadi salah satu bagian yang terus meningkatkan kepopulerannya di tengah…